Inilah 10 Kegiatan Yang Dirindukan Saat Ramadhan Tiba, Kamu Juga?

0
2772

Ramadhan adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia, tentunya di Indonesia. Banyak aktivitas yang dilakukan ketika bulan puasa tiba yang biasanya tidak dilakukan di bulan lainnya.

Tak terasa sudah 2 tahun kita melewati Ramadhan dengan suasana COVID-19. Setiap kegiatan harus mengikuti protokol kesehatan atau bahkan ditiadakan karena harus menjaga jarak dan menjauhi kerumunan.

Kemudian tahun ini kita mendapatkan kabar yang sedikit melegakan, karena jumlah yang terpapar COVID-19 telah menurun walaupun belum secara drastis. Tetapi setidaknya dari kebijakan dan peraturan pemerintan kita dapat melakukan kegiatan yang dirindukan saat ramadhan.

Apakah ada kegiatan yang kamu rindukan saat Ramadhan tiba? Apa saja yang kamu kangenin? Nah, di artikel kali ini akan membahas 10 kegiatan yang dirindukan saat Ramadhan tiba dan akan bernostalgia bareng. Berikut ulasannya!

Membangunkan Sahur

kegiatan yang dirindukan saat ramadhan
Membangunkan dengan gendang (source: Kompas.com)

Kegiatan yang dirindukan saat Ramadhan tiba tentunya sekelompok orang yang berkeliling di sekitar lingkungan kamu untuk membangunkan orang-orang untuk sahur. 

Mereka biasanya berkeliling sambil memukul bedug dan meneriakkan “sahur” untuk membangunkan warga komplek dan sebagian kota cara membangunkan sahur di mic masjid yang dimana mereka tadarus dan tidur di masjid. 

Di Indonesia, tradisi ini menjadi kegiatan berkesan saat ramadhan yang masih banyak dilakukan di seluruh kota di Indonesia. Meski begitu, metode yang digunakan berbeda-beda. Tapi tetap saja menyenangkan dan membuat suasana terasa ramai dan semangat untuk bangun sahur untuk berpuasa kembali. Kamu pernah ikutan nggak nih untuk bangunin sahur keliling kampung?

Sahur on The road

sahur on the road - kegiatan yang dirindukan saat ramadhan
Pemuda-pemuda membagi makanan sahur di jalan (source: Tribunnews)

Sahur on the road kegiatan yang dirindukan saat Ramadhan tiba yang biasanya para kalangan remaja atau mahasiswa melakukan sahur bersama di rumah makan atau warung tertentu. Jadi ketika lagi merantau khususnya mereka sahur bareng bersama teman.

Kemudian ada juga nih yang melakukan kegiatan sahur on the road ini untuk berbagi makanan. Jadinya bisa sekalian ikut berbuat kebaikan nih dan menambah pahala.

Nah kalau kamu pernah ikutan sahur on the road? Yang terpenting jangan melakukan hal yang berbahaya dan tidak menganggu warga lainnya ya saat sahur.

Ngabuburit

ngabuburit - kegiatan yang dirindukan saat ramadhan
Mengunjungi pasar ramadhan untuk persiapan berbuka (source: iStock)

Menunggu waktu sebelum berbuka puasa atau ngabuburit juga adalah kegiatan yang wajib ada pas bulan puasa datang. Ngabuburit sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Umumnya, orang mengisi waktu luang ini dengan berbagai aktivitas, seperti keluar rumah sambil membeli jajanan untuk berbuka.

Banyak tempat-tempat yang menjual makanan buka puasa dipadati orang yang menjadikannya ajang wisata kuliner di bulan Ramadhan.

Buka Puasa Bersama

Inilah 10 Kegiatan Yang Dirindukan Saat Ramadhan Tiba, Kamu Juga? - 2024
Berbuka puasa bersama keluarga (source: iStock image)

Salah satu kegiatan yang selalu ada selama bulan puasa adalah berbuka puasa bersama alias bukber. Kegiatan Ramadhan ini dilakukan baik bersama keluarga, teman atau rekan kerja. 

Meski saat ini di tengah pandemi kegiatan kita begitu terbatas, kita bisa kok mempersiapkan acara buka puasa bersama keluarga inti di rumah dan membuat suasana berbuka bersama semakin hangat dan seru.

Hal kecil yang dapat mempernyaman suasana ialah mempersiapkan makanan yang dimasak bersama sama di meja kecil atau menggelar tikar untuk bisa duduk bareng bareng, ngobrol bersama dan sholat magrib bersama. momen seperti ini adalah kegiatan yang dirindukan saat bulan puasa dan sangat berharga sekali.

Tetapi jika sudah diperbolehkan berkumpul dengan banyak orang, kegiatan bukber ini akan melibatkan banyak orang lho. Bisa dijadikan sebagai reunian teman-teman yang sudah lama tak bertemu. Atau jadi acara untuk mendekatkan diri dengan rekan kerja di kantor.

Bagi-Bagi Takjil atau Makanan Untuk Berbuka

Inilah 10 Kegiatan Yang Dirindukan Saat Ramadhan Tiba, Kamu Juga? - 2024
BErbagi takjil di jalan (source: iStock image)

Kalau kegiatan yang satu ini pasti dong kegiatan yang dirindukan saat Ramadhan tiba dan rutin dilakukan setiap Ramadhan. Kegiatan yang yang memberikan manfaat kepada sesamanya. Biasanya dalam kegiatan ini dilakukan oleh remaja masjid, organisasi kampus maupun secara pribadi dan masih banyak lagi lainnya. 

Ada yang membagikan takjil di pinggir jalan. Ada juga yang membagikan makanan di sekitar rumah, panti asuhan, mesjid dan lainnya. Selain sebagai ladang pahala, kegiatan ini juga bisa mempererat tali silahturahmi dengan sesama lho.

I’tikaf di Masjid

Inilah 10 Kegiatan Yang Dirindukan Saat Ramadhan Tiba, Kamu Juga? - 2024
Melakukan I’tikaf di masjid saat bulan ramadhan (source:iStock image)

I’tikaf merupakan kegiatan yang dirindukan saat Ramadhan tiba yang penuh dengan kebaikan. Melakukan I’tikaf di masjid itu pada sepuluh malam terakhir di bulan suci Ramadhan. 

Ada beberapa riwayat mengatakan, Selama menjalankan I’tikaf dianjurkan memperbanyak dzikir, sholawat atas nabi Muhammad SAW, membaca tafsir, tilawatil Qur’an dan ibadah lainnya. Hukum dari I’tikaf itu adalah sunnah. Akan tetapi menjadi wajib apabila diiringi dengan nadzar sebelumnya. 

Keutamaan menjalankan I’tikaf adalah siap menyambut Lailatul Qadar, Mendekatkan diri kepada Allah SWT, Bentuk ketaatan kepada ajaran Rasulullah SAW, Didoakan oleh malaikat, Dijauhkan dari neraka, Diampuni dosa yang lampau dan Dibangunkannya istana di surga, 

Hal ini dilakukan untuk meraih keutamaan Lailatul Qadar yang waktunya dirahasiakan Allah SWT. Dengan kerahasiaan itu, maka siapapun dari kita harus menyempatkan waktu dan senantiasa mengisi setiap malam Ramadhan nya dengan berbagai kegiatan dan ibadah. 

Pesantren Kilat

Inilah 10 Kegiatan Yang Dirindukan Saat Ramadhan Tiba, Kamu Juga? - 2024
Sekumpulan anak-anak mengaji bersama (source: Shutterstock image)

Hayo, siapa yang pernah ikutan pesantren kilat saat masih sekolah? Kegiatan satu ini tidak pernah terlewatkan juga selama Ramadhan. Umumnya pesantren kilat ini dilakukan oleh siswa SD, SMP hingga SMA.

Kegiatan ini memberikan tempat untuk mereka belajar agama dan menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk, menyenangkan dan mendapatkan manfaat yang luar biasa.

Khatam Al-Quran

Inilah 10 Kegiatan Yang Dirindukan Saat Ramadhan Tiba, Kamu Juga? - 2024
Khatam Al-Qur’an di bulan ramadhan (source: iStock image)

Kegiatan yang dirindukan saat Ramadhan tiba adalah Khatam Al-Quran. Ini merupakan salah satu kegiatan yang berkah di bulan suci, bulan dimana Alquran diturunkan. Membaca dan khatam di bulan Ramadhan merupakan amalan yang besar untuk mendapatkan limpahan pahala. 

Membaca Al-Quran juga merupakan sunnah Nabi, ia selalu menyelesaikan Al-quran setiap tahunnya di bulan Ramadhan. Waktu yang tepat untuk membaca Al Quran adalah saat selesai sholat. 

Tips nya 1 juz dalam Al-Qur’an terdiri dari 10 lembar, jadi lebih baik membaca 2 lembar dalam setiap sholat, artinya sholat wajib lima waktu dalam satu hari dikalikan 2 lembar yaitu 10 lembar dan  bisa menyelesaikan 1 juz. Jadi untuk bisa khatam 30 juz harus menargetkan seperti ini. 

Mudik

Inilah 10 Kegiatan Yang Dirindukan Saat Ramadhan Tiba, Kamu Juga? - 2024
Mudik Ramadhan dan lebaran jalur kereta api (source: iStock image)

Mudik merupakan hal yang tak pernah terlewatkan dan salah satu kegiatan yang dirindukan saat Ramadhan tiba ataupun hari raya Idul Fitri. Hal ini termasuk tradisi yang sangat melekat di masyarakat Indonesia untuk balik ke kampung halaman untuk melepas rindu dengan keluarga.

Walaupun dengan kondisi jalur lalu lintas yang cukup padat, harga tiket yang melonjak tinggi, serta menghabiskan waktu puluhan jam di perjalanan tidak menutup kemungkinan masyarakat untuk mudik 

Sayangnya, pada tahun 2021 pemerintah memberi imbauan terkait dilarang mudik karena menghindari penularan COVID-19. Untuk kebijakan di tahun 2022 aturan perjalanan terbaru yaitu masyarakat yang sudah 2 kali vaksin tetap wajib melakukan test PCR/Antigen, dan untuk sudah vaksin 3 kali atau vaksin booster tidak perlu melakukan test.

Jadi, apakah kamu siap untuk mudik tahun ini? Jangan lupa persiapkan diri sebelum mudik ya.

Takbiran

Inilah 10 Kegiatan Yang Dirindukan Saat Ramadhan Tiba, Kamu Juga? - 2024
Warga takbiran dengan membawa obor (source: iStock image)

Setelah berpuasa selama 30 hari, tradisi takbiran merupakan kegiatan yang dirindukan saat Ramadhan tiba dan rutin setiap menjelang hari raya Idul Fitri. Biasanya kegiatan takbiran ini berkumpul di masjid atau berkeliling kampung dengan membawa obor sambil memukulkan bedug dan bershalawat. 

Takbiran menjadi salah satu kegiatan Ramadhan yang sangat seru, dimana biasanya juga bisa berkumpul bersama keluarga besar sambil menghidupkan petasan dan kembang api bersama. 

Setiap daerah memiliki tradisi yang berbeda untuk menyambut ramadhan. Contohnya seperti Aceh mereka memeriahkannya dengan istilah meugang yaitu kegiatan memberikan atau mengirim daging pada saat malam takbiran kepada lingkungan sekitar dan meugang juga diistilahkan sebagai makan-makan bersama keluarga besar.

Bagaimana sudah sudah siap untuk melakukan hal seru yang bikin rindu di bulan Ramadhan? Kegiatan mana sih yang menurut kamu paling ditunggu-tunggu? Semua dong pastinya. 

Jangan lupa dalam setiap kegiatan Ramadhan yang menyenangkan, kita harus mencari yang baik untuk bisa mendapatkan berkah dan pahala yang besar di tahun ini. Dan juga di bulan ini kita tidak bermalas-malasan dan tetap melakukan kegiatan yang produktif saat Ramadhan.

Semangat menjalankan ibadah puasa.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments