Kebangkitan UMKM: 7 Cara Sukses Bisnis Online Selama Ramadhan 2022

312
12 min read

Tahukah kamu, kini isu mengenai kebangkitan UMKM Go digital menjadi isu yang paling banyak di Indonesia dan mulai meningkat strategi pemasaran saat pandemi COVID-19 melanda. Sebelumnya UMKM mengalami masa penurunan jumlah permintaan sehingga produksi menurun. 

Presiden Joko Widodo pada acara Peresmian Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Tahun 2022 melalui konferensi video di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (28/03/2022) dilansir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika indonesia. 

Presiden mengatakan bahwa di tahun 2022 akan menargetkan 20 juta UMKM untuk onboarding atau go digital dan masuk ke platform marketplace. Kemudian menargetkan untuk meningkatkan UMKM Go Digital 24 juta di tahun 2023 dan 30 juta di tahun 2024. 

Gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (Garnas BBI)  berhasil menambah 3,7 juta UMKM ke dalam ekosistem digital, sehingga total pelaku UMKM yang telah on board atau masuk ke  platform digital hingga akhir tahun 2020 mencapai 11,7 juta unit UMKM dan telah mencapai 17,3 juta di tahun 2021. 

Strategi yang digunakan untuk mencapai target UMKM masuk ke platform digital ialah meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) UMKM. “Memberikan pelatihan keahlian-keahlian baru, mengenal dan memanfaatkan teknologi produksi, serta berbagai teknologi digital yang bermanfaat bagi pengembangan usaha,” ucap Presiden. Hal ini dikarenakan masih rendahnya literasi digital, kapasitas produksi yang kecil, kualitas produksi yang belum konsisten, serta akses pasar yang belum optimal.

Namun saat ini literasi digital sudah semakin banyak dilakukan dan para pelaku UMKM tidak susah mendapatkan wawasan. Sudah saatnya kamu sebagai pelaku UMKM melakukan transformasi digital karena sekarang permintaan pasar pun tinggi. Hampir semua orang memanfaatkan teknologi dan sosial media untuk kegiatan transaksi jual-beli.

cara sukses bisnis online
Kini saatnya pelaku UMKM bertransformasi digital demi mensukseskan bisnis yang dimiliki (Sumber: iStock Photo)

Di artikel kali ini akan membahas UMKM yang telah berhasil go digital dan cara sukses bisnis online selama Ramadhan yang bisa kamu coba. Yuk simak sampai akhir ya!

UMKM Yang Berhasil Go Digital

Apa saja sih UMKM yang sudah berhasil Go Digital? Apa saja kiat yang mereka lakukan untuk memajukan bisnis mereka? Ada 3 brand terkemuka yang berawal dari UMKM yang sudah dirangkum yang bisa memotivasi kamu untuk memulai Go Digital.

Shopatblow

shopatblow
Instagram: shopatblow

Produk Shopatblow ini merupakan produk sepatu lokal wanita yang telah berhasil menjual produknya lebih dari 1000 pasang sepatu. Shopatblow menerima lonjakan pemesanan ketika mulai berjualan online melalui marketplace shopee. Pada saat itu Shopatblow berpartisipasi di campaign akhir tahun Shopee pada 2019. 

Untuk memperluas pemasarannya, Vincent selaku founder dari Shopatblow melakukan expansi tim dan Dropship di Shopee untuk perkembangan bisnisnya. Kemudian Shopee menyumbangkan penjualan untuk Shopatblow hingga 90 ribu pasang sepatu. 

Dari sinilah, Vincent mendapat suatu tugas baru yaitu membuat cara kerja dan pengelolaan sistem yang jauh lebih efisien. Adaptasi digital yang dilakukan pemilik Shopatblow, Vincent berhasil mengembangkan bisnisnya, yang sekarang telah memiliki 180 lebih karyawan dan telah memiliki pabrik produksi dan kantor Shopatblow. 

Kini pengrajin mereka telah tersebar di lima daerah yaitu Bogor, Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Tangerang. Selama 2 tahun perjuangan Shopatblow bersama Shopee mencatat pencapaian hingga 40-60 ribu pasang sepatu wanita setiap bulannya melalui Shopee. 

Brodo Indonesia

brodo indonesia
Instagram: Bro.do

Brodo Indonesia adalah salah satu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang sukses karena memanfaatkan teknologi. Founder sekaligus COO dari Brodo, Putera Dwi Karunia mengatakan, pelaku UMKM harus berani memanfaatkan platform digital untuk memajukan usaha atau bisnisnya. 

Pemanfaatan platform digital tidak terbatas hanya di penjualan saja, tetapi untuk pemasaran, informasi produk, layanan konsumen, sampai mencari pengetahuan, network dan peluang usaha. 

Kemudian menurut Founder Brodo ini, kita bagi pelaku UMKM agar bisa bertahan dan sukses di era digital. Pertama, soal produk. Pelaku UMKM harus melakukan riset pasar sebelum memutuskan untuk membuat atau menjual produk. “Jangan sampai sudah menaruh produk ke market tapi belum di riset dan dites. Jadi pastikan dulu kalian pede dengan produk yang akan kalian pasarkan.” ujar nya. 

Kedua, Kreativitas. ia menilai, saat ini makin banyak perusahaan, termasuk berskala besar yang bergabung di dunia internet. Daripada itu, kreativitas lah yang membedakan kamu dengan brand yang lainnya. terakhir, komitmen. 

Baca Juga  Apa Saja Kelebihan WhatsApp API Business Untuk Bisnis Online?

Pelaku bisnis khususnya UMKM harus memiliki komitmen penuh untuk memutuskan terjun untuk memasarkan produk kamu secara digital. Kemudian ia menambahkan, bahwa ia memulai usaha dari no dan ia lebih banyak menjual produknya secara online.

Grandvilleabon

grandvile abon
Instagram : grandvilleabon

UMKM ini adalah usaha F&B yang bernama Granvilleabon milik Jessica FS. Awal ia memulai usahanya ia mengalami kesulitan untuk memberikan makanan yang disukai oleh anaknya, yang berusia 5 tahun saat itu. Kemudian ia menemukan ide di benaknya untuk menciptakan bisnis makanan yang disukai oleh anaknya.

Sebelumnya ia melakukan penjualan secara offline di pasar tradisional. Namun karena keterbatasan media promosi dan sistem pengiriman, membuatnya cukup sulit menjangkau segmen pasar yang lebih luas. Hal tersebut mendorongnya untuk mengembangkan bisnisnya secara digital, dimana ia bergabung bersama Shopee.

Dengan strategi pemasaran yang ia buat, bisnis abon ini  berhasil menarik minat yang tinggi. Kesuksesan Grandvilleabon menjadi salah satu bukti nyata dari kontribusi pelaku UMKM yang didukung oleh platform digital ecommerce seperti Shopee untuk bisa merealisasikan digitalisasi UMKM dalam sektor makanan. 

7 Cara Sukses Bisnis Online Selama Ramadhan

Gimana, apakah kamu jadi semakin bersemangat untuk memulai bisnis online terutama di bulan Ramadhan ini? Setelah mengetahui UMKM yang sukses beralih ke Go Digital, inilah giliranmu untuk mulai!

Ada baiknya kamu ketahui dulu cara sukses bisnis online di bawah ini untuk memulai bisnis online di bulan puasa. Yuk simak bersama-sama.

Pahami produk yang kamu jual

Cara sukses bisnis online selama Ramadhan adalah mengenali produk yang seperti apa sih yang akan kamu jual ke pelanggan kamu. Apa kelebihan dari produk yang kamu jual? Mungkin yang terlintas di benak kamu adalah harga terjangkau dan memiliki kualitas yang baik. Dalam mengelola bisnis online, kamu harus memahami produk-produk yang akan dijual ke market. mengetahui kelebihan produk bisnis kamu dengan kompetitor lain. 

Misalnya kamu bisa mencari solusi dari apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pelanggan selama bulan Ramadhan. Mereka tertarik dengan jenis produk yang seperti apa serta konsep dari bisnis kamu khususnya buat penjualan di bulan Ramadhan. 

Tidak masalah, jika kamu memiliki produk yang sama dengan kompetitor lain. Dengan kamu memiliki nilai dan konsep yang unik, maka produk yang kamu jual secara online akan populer di pasaran. Kamu harus memahami dan dapat dengan jelas mengartikulasikan mengapa produk kamu adalah solusi untuk masalah mereka.

Ketika sudah menemukan beberapa konsep bisnis online yang mantap. Kamu bisa meneliti dari buyer persona seperti kebiasaan pelanggan, target market, trend di pasar seperti apa dan keputusan membeli.

Pahami value dan perilaku pelanggan

Memasuki Bulan Ramadhan, tentunya kebutuhan yang diperlukan pelanggan itu berbeda dari hari biasa sebelum memasuki Ramadhan. Dan perilaku pelanggan atau consumer behavior saat Ramadhan juga berbeda.

Value dan kebiasaan pelanggan itu sangat penting. Maksud memahami nilai pelanggan disini ialah membentuk suatu kepercayaan dan pendekatan yang ramah dimana mereka siap untuk membeli dari penawaran yang menarik. 

pahami value dan kebiasaan konsumen - cara sukses bisnis online
Pahami value sebelum menjalankan bisnis online (Sumber: iStock Photo)

Terdapat hasil data report insight dari Facebook di tahun 2021 pada saat Ramadhan. Produk yang cenderung paling banyak dibeli adalah yang pertama fashion 58% untuk GenZ dan sebanyak 51% GenX. 

Peningkatan belanja selama Ramadhan disambut dengan konsumen yang secara aktif dengan mencari barang murah. Umumnya penjual menawarkan penawaran promosi seperti buy 1 get 1, hadiah gratis dan promo extra. Penawaran ini berlaku terutama untuk yang berkaitan dengan makanan, fashion dan barang-barang rumah tangga. 

Bermitra dengan pemasok produk kualitas terbaik

Cara sukses bisnis online selama Ramadhan berikutnya adalah bermitra dengan vendor produk.  Adanya kerjasama dengan pemasok yang dapat diandalkan akan menghasilkan pengertian dan pemahaman yang baik akan kebutuhan dan keperluan masing-masing pihak sehingga dapat meningkatkan penghasilan perusahaan.

Dengan  pasokan produk yang stabil tentunya akan terhindar dari kehabisan stok saat pembeli mencarinya. Semakin banyak produk yang bisa dijual maka keuntungan penjualan  akan terus meningkat.

Memasarkan produk di social media

Cara sukses bisnis online selanjutnya yang wajib dilakukan adalah dengan memasarkan produk di social media. Di zaman sekarang yang serba online, cara ini merupakan kewajiban bagi para pelaku UMKM. Kamu bisa memasarkan produk melalui beragam social media seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, hingga TikTok.

Kamu bisa memasarkan produk secara organic maupun dengan iklan atau ads. Untuk ads, kamu bisa menggunakan Facebook atau Instagram Ads untuk memaksimalkan penjualan produk UMKM yang kamu rintis. Kamu bisa belajar tentang ads lebih lanjut di sini atau bisa menggunakan jasa Facebook Ads.

Baca Juga  15+ Ide Bisnis Digital Terbaik & Menguntungkan di Tahun 2022

Agar kamu bisa memahami lebih dalam tentang social media marketing, kamu bisa membaca artikel blog Exabytes lainnya di sini.

Meningkatkan penjualan dengan content

Cara sukses bisnis online yang patut dilakukan adalah dengan memanfaatkan content di social media. Di era teknologi yang sebagian setiap kegiatan menggunakan media sosial. Terutama pada pembuatan content, ini merupakan salah satu alat paling efektif untuk menjangkau audiens yang lebih luas dengan cara yang lebih kreatif.

Ketika membuat konten, buatlah yang bermanfaat dan relevan dengan produk yang kamu jual. Misalnya, kamu menjual kosmetik berupa lipstik, kamu bisa membuat video how do I look dengan berbagai warna lipstik tersebut. Kemudian memberikan hasil testimoni dari produk lipstik yang digunakan.  

Contoh konten make up yang ada di Instagram Reels (Sumber: Instagram @esqacomestics)

Dari konten diatas bisa kamu buat sebuah video yang unik untuk bisa menarik perhatian. Bagikan konten tersebut ke media sosial melalui akun resmi bisnis kamu. Sosial media yang sangat populer dengan impact yang besar saat ini adalah Tiktok, Instagram dan Facebook. ketiganya memiliki fitur yang berbeda, tetapi pada dasarnya konsep dan triknya tetap sama.

Contoh lain seperti, kamu menggunakan tema aestetik untuk feed instagram bisnis kamu. Karena itu sesuai dengan target market yang kamu punya dan membuat interaksi dengan pelanggan. Hal tersebut bisa menjadi ketertarikan bagi pelanggan untuk berkunjung ke laman yang kamu punya.  

Statistik pemasaran menunjukkan bahwa perusahaan menghabiskan 46% dari anggaran mereka untuk pembuatan konten. Kamu perlu memastikan konten tersebut sesuai dengan tujuan kamu dan secara efektif mencapai target kamu. 

Strategi pemasaran konten selalu berkembang karena kebutuhan dan ketertarikan akan sesuatu selalu berubah. Jadi, bersiaplah dan konsisten untuk meningkatkan konten bisnis online selama Ramadhan 

Berjualan di e-commerce

Selama pandemi, keseruan Ramadhan beralih ke platform online seperti e-commerce dan marketplace. Di tahun kedua pandemi ini, semakin banyak brand yang beralih ke strategi digital untuk mengelola kampanye mereka. 

Konsumen juga mencari alternatif untuk memenuhi kebutuhan dan merayakan Ramadhan di tengah pembatasan Covid-19 dan mencari bagaimana cara sukses bisnis online selama Ramadhan.

Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, banyak ecommerce yang mengalami lonjakan penjualan yang sangat signifikan. Seperti shopee mengalami lonjakan dengan campaign “Big Ramadhan Sale 2021”, mencatat sekiranya total 130 juta produk UMKM yang telah terjual. Disamping itu ada Tokopedia yang mencatat 1.000 penjualan produk berbeda dalam waktu 1 jam. 

Bagi kamu yang ingin sukses bisnis online selama Ramadhan, kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk meningkatkan jumlah permintaan dari pelanggan. 
Dari data Facebook insight yang dilansir oleh Sirclo tahun 2021, 69% pembeli Ramadhan yang di survei di Indonesia setuju bahwa bisnis online selama Ramadhan adalah waktu emas untuk berburu penawaran menarik. Hal ini menyebabkan menyebabkan 53% pembeli membeli lebih banyak selama musim Ramadhan.

Membuat website bisnis online

Cara sukses bisnis online yang terakhir adalah dengan membuat website untuk bisnis online. Membangun bisnis online tidak hanya berhenti dengan platform social media saja. Untuk go digital juga khususnya pelaku UMKM memerlukan website yang dapat memperluas kesempatan pemasaran dalam menjangkau pasar.

membuat website dapat menjadi salah satu cara sukses bisnis online
Membuat website dapat mensukseskan bisnis online (Sumber: Unsplash).

Ada kalanya jika kamu menggunakan website yang cepat, mudah dan nyaman saat dikunjungi maka konsumen melihat produk kamu semakin tinggi. Dengan adanya website, kredibilitas bisnis kamu akan semakin dipercaya dan terlihat lebih profesional.

Tenang, kamu bisa mendapatkan website yang baik dari Exabytes Indonesia. Exabytes dapat membantu dalam membuat, mengembangkan, sekaligus konsultasi website bisnis kamu. Exabytes adalah perusahaan hosting yang mendukung pelaku UMKM untuk meningkatkan website bisnis mereka. 

Salah satu bukti bahwa Exabytes berhasil membantu UMKM adalah dalam ajang kompetisi Indonesia Website Award. Exabytes Indonesia memberi apresiasi terhadap komunitas website developer, sekaligus mendukung pemerintah memberi edukasi terkait transformasi digital terhadap publik, untuk mewujudkan indonesia digital nation.

Tidak perlu khawatir, sekarang untuk membuat website tidak perlu keahlian coding kok. Di Exabytes, kamu bisa membuat website bisnis online kamu sendiri. Kami menyediakan juga menyediakan domain untuk identitas bisnis hingga hosting untuk website. Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa mengunjungi Exabytes Indonesia.

Gimana nih? Apakah kamu jadi termotivasi membaca artikel di atas hingga cara sukses bisns online? Dari pembahasan ini, semoga di tahun ini lebih banyak lagi UMKM indonesia yang bertransformasi digital dan bisa mengembangkan produknya go digital dan go global. Apakah kamu siap bertransformasi digital?

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments