7 Kegunaan Dedicated Server Yang Wajib Kamu Ketahui!

588
Kegunaan Dedicated Server
6 min read

Hi Exabytes Friends! Siapa diantara kamu yang masih ragu mau pindah ke dedicated server? Atau… siapa yang udah pindah ke dedicated server tapi masih nggak tahu beberapa kegunaan yang dimiliki dedicated server.

Tenang, di artikel kali ini mimin akan membahas beberapa kegunaan unggul yang dimiliki dedicated server dan wajib banget kamu ketahui baik untuk yang sudah berpindah ke dedicated server ataupun yang belum pindah ke dedicated server! Simak baik-baik yaa~

Sebelum menelusuri kegunaannya, ada baiknya kamu mengetahuinya terlebih dahulu nih. Dedicated server adalah sebuah layanan hosting yang menyediakan akses kepada penggunanya untuk menyewa satu server khusus tanpa berbagi dengan orang lain. Server ini sangat disarankan untuk website yang telah berkembang dan mendapatkan trafik dalam jumlah yang besar.

Nah, server ini memiliki beberapa hal menarik lho yang perlu kamu ketahui juga.

Hal menarik pertama adalah server ini memiliki kegunaan yang unggul bagi sebuah website karena dalam hal mengantisipasi lonjakan kunjungan dalam jumlah yang besar, dedicated server ini dapat diandalkan. Hal yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki website penyedia game ataupun usaha kecil yang ingin mencoba ide baru dan nggak memiliki budget besar untuk setup data center. 

7 Kegunaan Dedicated Server Yang Wajib Kamu Ketahui! - 2021

Meskipun dedicated server memiliki biaya yang lebih tinggi dari shared hosting yang sudah didengar dan digunakan kebanyakan orang, biaya ini dapat sebanding untuk menjaga website yang kamu miliki agar nggak terjadi crash. Terutama untuk kamu yang memiliki perusahaan yang memerlukan suatu website yang dapat dibuka secara lancar setiap saat. Hal ini juga sangat direkomendasikan untuk para pemilik website e-commerce toko online ya guys~

Kestabilan server ini juga dapat mendukung dan meningkatkan kinerja SEO kamu seperti masalah pada page speed dan pengurangan server error. Hal tersebut dapat kamu monitor pada console google webmaster.

Daripada berlama-lama lagi, berikut 7 kegunaan dari menggunakan dedicated server baik untuk website maupun aplikasi kamu yang wajib kamu ketahui! 

Menggunakan Alamat IP Dedicated 

dedicated server

Ketika kamu akan atau sudah menggunakan layanan ini, kamu dapat bebas memilih alamat IP dedicated untuk server kamu. Hal ini memberimu kontrol administratif pada server dan identitas yang unik.

Baca Juga  Maksimalkan Performa Website dengan Dedicated Server Hingga 200 Mbps

Dapat Meningkatkan Traffic SEO

Sama halnya seperti segala sesuatu pada lingkungan digital. Server hostingmu memainkan peran besar terhadap peringkat organik website yang kamu miliki. Salah satu keutamaan server ini adalah website kamu dapat lebih cepat diakses. 

dedicated server dapat meningkatkan traffic seo

Kenapa? Rupanya hal ini akan mengurangi tingkat bouncing, meningkatkan pengalaman pelanggan dan juga memastikan kamu nggak terjebak dalam lingkungan yang buruk. Dengan berbagi sumber daya dan server dengan orang lain, kamu mengandalkan mereka untuk juga bermain dengan aturan yang ada. 

Keamanan Yang Terjamin

dedicated lebih aman

Dibandingkan dengan shared hosting dan jenis-jenis jaringan bersama, dedicated server memberikan tingkat yang nggak tertandingi nih soal keamanan! Sementara pilihan awal yang baik untuk usaha kecil, shared hosting memberikan perusahaan dan webmaster akses ke semua sumber daya pada server, yang dapat menimbulkan ancaman keamanan yang signifikan untuk bisnis yang menyimpan data sensitif. 

Untuk mencegah dan mengurangi permasalahan seperti ini, dedicated server akan beroperasi dalam hubungannya dengan patch keamanan dan memberikan update reguler untuk melindungi file yang kamu miliki. 

Hal ini akan meminimalkan kemungkinan pelanggaran keamanan. Dunia digital berkembang, persyaratan keamanan yang diminta oleh badan pemerintah tumbuh. Bisnismu harus mempersiapkan potensi pembaruan masa depan yang bisa menyelesaikan kewajiban persyaratan untuk server untuk memiliki akses yang aman ketat. 

Fleksibilitas dan Peningkatan Kontrol

Kebanyakan pemilik website pasti akan setuju bahwa salah satu keuntungan terbesar dari dedicated server adalah peningkatan kontrol dan fleksibilitas. Sebuah server yang digunakan hanya oleh satu website dimana perusahaanmu memiliki akses yang nggak terbatas ke berbagai aspek dari server. 

Hal ini menciptakan lingkungan yang optimal untuk website yang kamu miliki sehingga website perusahaanmu mendapatkan peningkatan jumlah pengunjung dan sumber daya yang fleksibel saat ada lonjakan kunjungan, semisal setelah press release.

Peningkatan Bandwidth

Menjadi satu-satunya pengguna server, hal ini dapat memberikan websitemu jumlah bandwidth yang maksimum sehingga downtime jauh lebih kecil dan mencegah lambatnya akses ke website yang kamu miliki. Hal ini dikarenakan selalu tersedia bandwidth yang cukup yang berarti websitemu selalu dapat diakses lebih cepat. 

Baca Juga  New Normal Promo Juli

Pengalaman pengguna juga akan meningkat seiring lancar dan cepatnya mengakses websitemu. Nah, satu fakta yang harus kamu tahu adalah speed dan user experience merupakan salah satu faktor kunci dari keberhasilan optimasi website lho~

Memiliki Kebebasan Kustomisasi 

Dalam penggunaan dedicated server ini sendiri, kamu diberikan kebebasan untuk menyesuaikan server berdasarkan kebutuhan pribadi dan preferensi yang kamu inginkan. Hal ini dapat dikonfigurasi untuk keperluan manajemen database atau membangun sebuah mail server berkinerja tinggi.

Performa dan Kinerja yang Tinggi 

performa kinerja tinggi

Dedicated server beroperasi atau bekerja pada tingkat optimal karena dedicatd server ini hanya melayani satu website atau satu perusahaan. Pengalaman pengguna ditingkatkan melalui kecepatan beberapa kali lipat yang diberikan oleh dedicated server. 

Bahkan ketika website ini mengalami lalu lintas dan pergerakan yang padat, para pengguna masih dapat mengakses website. Hal ini berarti membuktikan bahwa video dan foto yang akan dimuat di website dapat dengan cepat dan lancar diakses. Hal ini berpotensi dapat memberikan kontribusi padat tingkat bouncing yang lebih rendah untuk website yang kamu miliki. 

Tingkat bouncing sendiri adalah rasio pengunjung yang hanya mengakses ke 1 halaman websitemu saja dan nggak kembali lagi mengunjungi websitemu.

Nah guys itulah tadi ke 7 kegunaan yang dimiliki dedicated server. Mengambil keputusan untuk beralih dari shared hosting ke dedicated server memang nggak mudah. Selain melibatkan peningkatan modal yang lumayan besar, layanan dedicated server juga memerlukan keahlian yang cukup baik untuk melakukan kontrol server.

Meski begitu, layanan dedicated server sendiri sangat direkomendasikan bagi para pemilik website toko online serta website perusahaan yang aktivitas utamanya bergantung pada ranah digital. Selain untuk meminimalisir resiko keamanan, dengan berinvestasi ke layanan server mandiri maka data-data rahasia perusahaan atau bisnis yang kamu miliki relatif lebih aman dari potensi kerusakan.

Jadi, bagaimana menurut kamu? Apakah sudah siap untuk beralih menggunakan dedicated server? Jika kamu tertarik, salah satu rekomendasi yang bisa kamu coba adalah layanan dedicated server dari exabytes. Dengan pengalamannya sejak tahun 2001, layanan dedicated server dari exabytes sangat terpercaya lho~

Silahkan mencoba dan semoga bermanfaat! 

Credits : Aisya Damayanti Sumarno

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak