Kelebihan dan Kekurangan cPanel Berserta Manfaatnya

34
blog exabytes
5 min read

Sejauh ini, cPanel dianggap sebagai control panel hosting yang digunakan oleh sejuta umat. Namun, mana yang paling populer pasti yang terbaik?

Oleh karena itu, kamu harus mengetahui kelebihan dan kekurangan cPanel terlebih dahulu. Tapi tenang, kamu tidak salah kok. Kali ini Exabytes akan memberikan kelebihan dan kekurangan cPanel.

Apakah Exabytes Friends penasaran? Simak artikel selengkapnya!

Manfaat Dari cPanel

kelebihan dan kekurangan cpanel

cPanel adalah perangkat lunak panel kontrol hosting berbasis Linux untuk mengelola fitur yang ditawarkan oleh penyedia hosting murah dengan mudah dengan antarmuka yang ramah pengguna

Pada dasarnya keunggulan cPanel tidak jauh berbeda dengan software control panel hosting lainnya. Artinya, untuk memudahkan kamu melakukan konfigurasi sebagai berikut:

Lihat informasi dasar tentang hosting

Dengan cPanel, kamu dapat menemukan informasi dasar mengenai akomodasi yang kamu sewa. Misalnya, untuk memeriksa alamat IP hosting yang diberikan oleh penyedia hosting atau untuk menemukan informasi server dengan melihat servername di cPanel.

Instal perangkat lunak yang berbeda

Dengan cPanel, kamu menginstal berbagai perangkat lunak untuk menyederhanakan pengembangan situs web. Sebagian besar perangkat lunak dapat kamu temukan melalui Penginstal Aplikasi Softaculous.

Buat dan kelola akun email

Ingin membuat email dengan nama domain kamu sendiri, seperti [email protected]? Mudah! cPanel memungkinkan kamu untuk membuat email dengan domain yang sudah kamu dafarkan, lho.

Kelola dan buat cadangan file situs web

Keuntungan lain dari cPanel adalah mengelola file-file milik situs web kamu. Dengan cPanel, kamu dapat berlatih mengunggah situs web ke penyimpanan kamu atau mengakses file dari jarak jauh menggunakan metode File Transfer Protocol (FTP).

Oh ya, cPanel juga memungkinkan kamu untuk mem-backup file website dengan mudah. Ini adalah tindakan pencegahan, jika sewaktu-waktu file kamu tidak sengaja terhapus atau rusak.

Membuat dan mengelola database

cPanel menawarkan berbagai fitur untuk memudahkan kamu mengelola database. Misalnya seperti membuat database MySQL, menambahkan akun pengguna, menentukan hak akses untuk setiap pengguna.

Manajemen domain dan DNS

Tidak hanya database, cPanel juga berguna untuk mengatur hal-hal yang berhubungan dengan domain. Mulai dari penambahan domain tambahan, pembuatan subdomain di cPanel, konfigurasi domain atau alias parkir, hingga konfigurasi DNS di cPanel.

Kelebihan dan Kekurangan cPanel

Kelebihan cPanel

cPanel adalah layanan hosting web Linux yang memudahkan pengelolaan domain, host, dan situs web. Pengguna akan merasakan banyak manfaat karena panel kontrol ini memiliki bebarapa keunggulan.

Lalu apa saja kelebihan cPanel, berikut pembahasannya:

Populer dan tersedia secara luas di hosting

Kelebihan dan Kekurangan cPanel Berserta Manfaatnya - 2022

Menurut survei oleh W3Techs, cPanel adalah panel kontrol hosting paling populer kedua dengan 8.4%. Bahkan di Indonesia, cPanel jauh lebih populer.

Bisa dibilang hampir semua penyedia hosting menjadikan cPanel sebagai software resmi mereka untuk mengelola fitur-fitur yang mereka tawarkan.

Hemat waktu dan uang

cPanel juga dikenal gratis, menggunakannya tidak hanya menghemat waktu tetapi juga sangat mudah digunakan. Ini juga menghemat uang karena cPanel gratis sehingga siapa pun dapat menggunakannya.

Bagi kamu yang tertarik dengan dunia web hosting namun terbatas biaya dapat mempertimbangkan cPanel ini.

Mudah digunakan untuk pemula

Kelebihan lain dari cPanel dapat dilihat adalah kemudahan. Panel kontrol ini memiliki layar GUI (Graphical User Interface). Otomatis membuatnya lebih mudah dipahami dan digunakan bahkan untuk pemula.

Selain itu, fitur cPanel juga diatur berdasarkan kategorinya masing-masing. Jadi kamu tidak akan kesulitan menemukan fitur yang kamu butuhkan.

Fitur yang banyak

Kelebihan dari cPanel berikutnya adalah ketersediaan fitur yang banyak. Saking lengkapnya, kamu bisa menggunakan beberapa fitur berbeda untuk tujuan yang sama.

Misalnya, untuk melakukan pencadangan, cPanel memberi kamu tiga opsi berbeda. Dari JetBackup, Backup Wizard dan fitur backup bawaan.

Panduan dan dokumentasi yang lengkap

Semakin populer perangkat lunak, biasanya semakin lengkap manualnya. Hal yang sama berlaku untuk cPanel. Perangkat lunak konsol ini menyediakan dokumentasi yang cukup luas di situs resminya.

Sekarang, kamu sudah mengetahui beberapa kelebihan cPanel. Tentu saja software ini juga memiliki kekurangan. Apa saja itu? Jawabannya ada di poin berikutnya!

Kekurangan cPanel

cPanel memiliki banyak kelebihan seperti yang dijelaskan di atas, tetapi jelas panel kontrol ini juga memiliki beberapa kekurangan.

Meskipun cPanel adalah panel kontrol yang banyak dicari, sebelum menggunakannya, pertimbangkan kekurangannya di bawah ini:

Performanya agak lambat

Kekurangan cPanel yang pertama adalah kinerjanya yang agak lambat. Ini adalah hasil dari ratusan fitur yang dijejalkan ke dalam perangkat lunak.

Secara otomatis, storage resource bagi pengguna akan lebih cepat habis, karena digunakan untuk menginstal cPanel dan kontennya.

Parameter dapat diubah secara otomatis

Meskipun cPanel juga mudah digunakan, tampaknya banyak pengguna yang sering bingung karena beberapa pengaturan berubah secara tiba-tiba.

Oleh karena itu, webmaster harus memeriksa pengaturan secara berkala. Ketika ada perubahan, kamu bisa langsung mengembalikannya seperti semula.

Beberapa menjalankan perangkat lunak yang tidak dapat diupgrade

Jika kamu memprioritaskan keamanan, cPanel tampaknya memiliki kelemahan di area ini karena beberapa web host menjalankan perangkat lunak tanpa melakukan upgrade.

Sehingga lebih rentan terhadap serangan virus yang tentunya membahayakan keamanan data di database website.

Membingungkan beberapa pengguna

Kekurangan cPanel selanjutnya selalu berkaitan dengan fitur. Banyaknya opsi fitur untuk tujuan yang sama dapat membingungkan beberapa pengguna.

Alih-alih memudahkan kamu karena banyak pilihan, kamu mungkin tidak tahu fitur mana yang harus digunakan bukan?

Biaya langganan yang mahal

Karena merupakan software berbayar, maka biaya sewa cPanel cukup tinggi. Varian termurah seharga $15,99 atau setara dengan Rp.230.000 per bulan.

Meski begitu, jika kamu membeli hosting yang dikelola dari penyedia layanan, sewa cPanel biasanya lebih murah karena sudah termasuk biaya pendaftaran hosting.

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan cPanel. Eits, jangan kemana-mana dulu karena kita masih punya informasi lebih lanjut di poin selanjutnya!

kekurangan dan kelebihan cpanel

Sudah Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan cPanel?

Dari penjelasan lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan cPanel, dapat kami rangkum sebagai berikut:

Kelebihan cPanel: Kaya fitur, mudah digunakan untuk pemula, populer dan banyak tersedia di hosting, serta dokumentasi dan tutorial yang lengkap.

Kekurangan cPanel: Performanya sedikit lambat, membingungkan bagi sebagian pengguna, dan biaya berlangganan yang tinggi.

Jadi, apakah kamu ingin mencoba cPanel? Jika demikian, pilihlah penyedia hosting yang tidak hanya mendukung cPanel tetapi juga memiliki reputasi yang baik seperti Exabytes.

Sekarang mari kita coba hosting murah terbaik dari Exabytes!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments