Memahami 9 Fungsi Firewall Pada Jaringan Komputer

41
blog exabytes
9 min read

Seiring berjalannya waktu, internet tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Pasalnya, internet dapat menyediakan berbagai macam sarana informasi dan komunikasi yang tentunya tidak dibatasi oleh jarak kepada penggunanya.

Meskipun memiliki berbagai manfaat yang dapat mempermudah kehidupan masyarakat, internet juga dapat memiliki potensi risiko yang berdampak negatif bagi penggunanya. Salah satunya terkait keamanan, dan berbagai data pribadi semakin mudah diakses orang lain.

Maka tidak heran jika pengguna internet membutuhkan sistem proteksi yang dapat melindungi komputer atau perangkat yang digunakan untuk mengakses internet dari berbagai ancaman. Sistem proteksi ini disebut firewall.

Fungsi firewall pada jaringan komputer berguna untuk melindungi dari berbagai jenis serangan komputer asing. Jika komputer memiliki sistem keamanan firewall, kemungkinan data komputer atau server web yang terhubung tidak dapat diakses oleh siapa pun di internet.

Biasanya firewall dapat mendeteksi jika ada sesuatu yang salah, seperti pihak lain yang mencoba mengakses informasi pribadi, maka aktivitas tersebut secara otomatis dianggap sebagai ancaman dan diblokir oleh firewall.

Fungsi firewall pada jaringan komputer dapat digunakan pada berbagai perangkat lunak, perangkat keras dan sistem yang terdapat pada komputer. Selain fungsi firewall dalam sebuah jaringan komputer, penting juga untuk memahami cara kerja dan manfaat memiliki firewall.

Berikut ini, Exabytes telah merangkum dari berbagai sumber fungsi firewall dalam jaringan komputer serta penjelasan lengkap cara kerjanya dan manfaat yang bisa didapat darinya.

Fungsi Firewall Pada Jaringan Komputer

firewall adalah

Jadi apakah penting untuk menggunakan firewall? Mungkin kamu yang belum pernah terkena ancaman internet akan bertanya-tanya tentang fungsi firewall. Namun, kamu harus ingat bahwa ancaman virus atau malware dapat menyerang jaringan komputer siapa pun, jadi sebaiknya kamu waspada.

Mengaktifkan perlindungan menggunakan firewall adalah pertahanan utama untuk mencegah masuknya ancaman ke jaringan utilitas kamu. Berikut adalah beberapa fungsi firewall lainnya:

Kontrol dan pantau aliran data

Fungsi firewall jaringan komputer yang pertama berguna untuk mengontrol dan memantau aliran data yang bergerak dalam jaringan. Fungsionalitas firewall juga mencakup modifikasi paket data yang masuk dan kemampuan untuk menutupi alamat IP.

Mencatat aktivitas pengguna

Ketika pengguna komputer mengakses data, firewall menyimpan data tersebut sebagai dokumen (file log). Adanya catatan data tersebut akan digunakan untuk mengembangkan sistem keamanan komputer. Kemudian fungsi firewall adalah untuk mengotentikasi akses ke jaringan.

Pantau penggunaan bandwidth

Firewall tidak hanya berguna untuk memastikan keamanan jaringan komputer. Selain fungsi utama firewall, juga dapat digunakan untuk memonitor dan membatasi bandwidth yang digunakan.

Misalnya, kamu dapat menetapkan batasan untuk hiburan, gambar, dan musik. Kemudian prioritaskan bandwidth untuk konten yang lebih penting.

Sebagai pos untuk keamanan jaringan

Selain itu, fungsi firewall pada jaringan komputer mampu mengontrol lalu lintas data saat mengakses jaringan pribadi yang dilindungi. Semua trafik yang keluar atau masuk ke jaringan harus melewati firewall untuk dikontrol, baik melalui filtering, throttling atau bahkan denial.

Firewall itu sendiri akan bekerja berdasarkan kriteria seperti alamat IP komputer sumber, port TCP/UDP sumber, alamat IP komputer tujuan, port TCP/UDP tujuan, dan informasi dari header.

Blokir pesan yang mengganggu

Kamu menerima pesan misterius bahwa komputer kamu dalam bahaya. Jika kamu tidak segera menginstal beberapa program, komputer akan mati setelah beberapa detik. Apakah pesan seperti itu terdengar familier bagi kamu?

Jika kamu pernah mendapatkan pesan ini, kemungkinan firewall komputer kamu tidak terpasang dengan benar. Jadi apapun jenis komputernya, jangan lewatkan instalasi dan konfigurasi firewallnya, ya!

Blokir konten yang tidak diinginkan

Selain memblokir spam dan virus, fungsi firewall adalah memblokir situs web atau konten dari alamat tertentu. Kamu dapat mengatur secara manual jenis konten yang tidak boleh diakses melalui komputer.

Mencegah kebocoran informasi

Fungsi firewall pada jaringan komputer tidak hanya untuk merekam aktivitas pengguna. Firewall juga mampu mencegah kebocoran informasi berharga. Sederhananya, firewall akan mencegah pengguna mengirim file rahasia atau nilai rahasia ke pihak lain tanpa menyadarinya.

Jadikan game online lebih aman dan nyaman

Kemudian fungsi firewall adalah untuk memastikan pengalaman bermain game online yang lebih nyaman. Pasalnya, game online memiliki risiko dan celah keamanan. Hal ini disebabkan cepatnya pertukaran data yang terjadi antar jaringan. Jadi peretas dapat memasukkan malware ke komputer kamu.

Meskipun server game online sering kali dilengkapi dengan fitur keamanan tingkat lanjut, kamu harus waspada terhadap firewall yang dikonfigurasi di komputer kamu sendiri.

Akses layanan VPN

Fungsi terakhir dari firewall adalah untuk memfasilitasi jaringan pribadi virtual atau koneksi VPN. Melalui layanan ini, pengguna dapat mengakses intranet kamu.

Dengan layanan yang sama, kamu dapat mengakses konten atau situs web yang sebelumnya telah diblokir oleh pihak tertentu. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan produktivitas, kolaborasi, dan berbagi data.

Setelah mengetahui beberapa fungsi firewall, akan lebih lengkap jika kamu juga mengetahui berbagai manfaat dari firewall. Langsung saja ke poin berikutnya!

Manfaat Firewall Pada Jaringan Komputer

Lalu, dari berbagai penjelasan mengenai fungsi firewall dalam sebuah jaringan komputer hingga cara kerja dan jenisnya, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan firewall? Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Pertama, firewall dapat melindungi dari berbagai informasi pengguna yang berharga dan rahasia yang dapat bocor tanpa izin pemiliknya.
  • Kedua, firewall sangat berguna sebagai filter yang digunakan untuk mencegah lalu lintas tertentu mengalir melalui subnet jaringan.
  • Ketiga, keberadaan firewall memiliki peran lain seperti memodifikasi paket data di firewall yang dikenal dengan Network Address Translation (NAT).
  • Keempat, penggunaan firewall yang sangat hkamul untuk mendukung keakuratan data seperti informasi keuangan, spesifikasi produk, harga produk dan lainnya.

Cara Kerja Dari Firewall

Cara kerja firewall adalah menyaring data (paket) antar jaringan di internet. Ini mungkin atau mungkin tidak mengizinkan komputer untuk mengakses paket.

Nah, firewall menggunakan tiga metode untuk mengamankan jaringan. Firewall dapat menggunakan satu, dua, atau kombinasi dari tiga metode berikut untuk mengamankan jaringan. Simak penjelasan berikut untuk lebih jelasnya:

Penyaringan paket (Packet filter)

Firewall menggunakan aturan tertentu untuk melihat apakah data diizinkan masuk ke jaringan. Setiap paket diuji secara individual atau dalam isolasi. Jika paket dikirim dalam kelompok, setiap paket diperiksa secara individual.

Setelah paket dianggap berbahaya, itu tidak akan diizinkan untuk menembus. Jika tidak, ketika paket dianggap aman, paket tersebut dikirim ke sistem yang meminta.

Stateful inspection

Sistem ini melacak paket yang diterima dengan operasi sebelumnya. Paket yang diterima kemudian diperiksa terhadap database paket. Jika paket memiliki implikasi positif atau tidak menunjukkan risiko bahaya, paket tersebut diteruskan ke sistem yang meminta.

Setelah firewall selesai memeriksa paket, ia akan merespons dengan salah satu dari tiga cara.

  • Pertama, accept atau menerima. Dengan kata lain, firewall akan mengizinkan lalu lintas melalui jaringan.
  • Kedua, reject atau menolak. Ini berarti firewall menolak lalu lintas dan merespons dengan tampilan “kesalahan yang tidak dapat dijangkau”.
  • Terakhir, drop atau lewati tempat-tempat firewall menurunkan lalu lintas tanpa mengirim pesan.

Proxy service

Proxy service adalah aplikasi yang bertindak sebagai penghubung antar sistem di jaringan. Aplikasi proxy berada di dalam firewall dan bertanggung jawab untuk memverifikasi paket yang dipertukarkan di jaringan.

Kita dapat mengatakan bahwa sistem ini lebih efisien. Memang, semua informasi diverifikasi secara terpusat. Bisa dibilang cara kerja ini lebih rumit karena layanan proxy mencoba menciptakan hubungan kesamaan antar jaringan. Proxy tampaknya terhubung langsung ke jaringan, meskipun hanya mencoba meniru mekanisme serupa.

fungsi firewall

Berbagai Jenis Firewall Yang Ada Pada Jaringan Komputer

Setelah memahami apa saja fungsi firewall dalam sebuah jaringan komputer dan bagaimana cara kerjanya, tidak lengkap rasanya jika belum mengetahui berbagai jenis firewall yang ada pada sebuah jaringan komputer.

Hardware firewall

Jenis firewall pertama adalah firewall perangkat keras. Seperti namanya, firewall perangkat keras adalah perangkat keras yang terdapat di dalam sistem jaringan, seperti router.

Firewall ini membutuhkan konfigurasi agar berfungsi dengan baik. Agar berfungsi, firewall perangkat keras menggunakan penyaringan untuk mengidentifikasi paket utama, sumber, dan tujuan.

Secara internal, sistem membandingkan data sesuai dengan aturan yang ditetapkan. Kemudian memutuskan data mana yang harus dihapus atau diteruskan ke tujuan.

Software firewall

Ada firewall perangkat keras, tentu ada juga firewall perangkat lunak. Jenis firewall ini sering dibuat sebagai aplikasi terpisah atau sebagai fitur tambahan dari perangkat lunak anti-virus.

Software firewall merupakan solusi yang tepat untuk melindungi jaringan pengguna internet di rumah. Karena memiliki kemampuan untuk melindungi lalu lintas dari internet ke komputer kamu dan sebaliknya, serta mencegah kamu dari virus Trojan dan Worms.

Cloud firewall

Seperti namanya, firewall cloud menyediakan perlindungan jaringan berbasis cloud dan transaksi data. Seperti teknologi berbasis cloud lainnya, ini dikelola oleh vendor eksternal.

Oleh karena itu, tidak heran jika cloud firewall sering disebut sebagai firewall as a service atau FaaS. Banyak perusahaan bermitra dengan FaaS untuk melindungi intranet mereka dan infrastruktur cloud (IaaS atau PaaS) yang mereka bangun.

Proxy firewall

Proxy firewall bertindak sebagai perantara komputer dan server untuk berkomunikasi di internet. Caranya adalah dengan meneruskan request dari komputer seolah-olah request tersebut berasal dari proxy itu sendiri.

Dengan menyembunyikan identitas asli komputer, proxy dapat melindungi komputer dari kemungkinan serangan berbahaya.

Packet filtering firewall

Packet Filtering Firewall adalah firewall yang bekerja dengan cara menyaring paket-paket yang akan masuk ke sistem. kamu harus tahu bahwa ketika transfer data terjadi, data sebenarnya dikirim sebagai paket.

Oleh karena itu, untuk masuk, paket harus melewati filter yang ditetapkan oleh firewall packet filtering. Oleh karena itu, meskipun kamu tergolong senior dibandingkan jenis firewall lainnya, jangan ragukan kemampuan packet filtering dari firewall tersebut, OK!

Stateful inspection firewall

Firewall inspeksi stateful adalah firewall yang dapat melacak asal paket melalui TCP dan membuka isi paket. Di satu sisi, jenis paket ini adalah kombinasi dari firewall pemfilteran paket dan port level sirkuit.

Menariknya, tingkat keamanan firewall cek stateful cukup tinggi. Namun sayangnya, dapat menurunkan kinerja sistem, terutama komputer atau server dengan spesifikasi rendah.

Circuit-level gateways

Circuit-level gateways adalah firewall berbasis sesi yang merupakan lapisan ketiga dari model OSI. Secara umum, fungsinya adalah untuk memastikan bahwa setiap koneksi dan sesi yang melewati TCP (Transmission Control Protocol) aman.

Port tingkat sirkuit ini sering menjadi bagian dari jenis firewall lain atau dibangun ke dalam jenis perangkat lunak tertentu.

Next-generation firewall

Next-generation firewall berikutnya adalah alat keamanan yang menggabungkan fungsi jenis firewall lainnya. Misalnya, verifikasi paket, koneksi TCP plus sesi, dan banyak lagi.

Singkatnya, next-generation firewall berikutnya memverifikasi setiap transaksi data dari atas ke bawah dan tidak fokus pada satu aspek saja.

Gunakan Firewall Sekarang!

Firewall adalah sesuatu yang tidak bisa dilewati sebelum mengakses Internet. Teknologi ini memastikan bahwa kamu dapat menjelajahi Internet tanpa khawatir terkena virus atau data kamu dicuri.

Dalam artikel ini, kamu mempelajari tentang fungsi firewall, manfaat firewall, jenis-jenis firewall, dan bahkan cara kerjanya. Semoga setelah ini, kamu tidak akan ragu untuk selalu menyalakan firewall, apa pun perangkatnya.

Oh ya, kami telah menjelaskan sedikit bahwa firewall dapat dipasang di server untuk melindungi host dan pengguna situs web. Seperti Exabytes, bekerja dengan firewall aplikasi web yang disebut Imunify360.

Imunify360 bertindak sebagai penghalang terhadap serangan jahat yang ingin menyusup ke situs web pelanggan. Menariknya, Imunify360 Exabyte akan diaktifkan secara otomatis sejak kamu mulai mengaktifkan penyimpanan.

Beralih ke penyimpanan paling aman dari Exabytes!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments