Fungsi RAM Pada Web Hosting Yang Harus Kamu Ketahui

31
blog exabytes
7 min read

Kamu yang cukup mengetahui tentang teknologi mungkin tidak asing dengan istilah web hosting. Istilah ini mengacu pada tempat di internet untuk menyimpan data untuk situs web kamu. Saat hosting, web hosting membutuhkan RAM yang cukup. Namun, apakah fungsi RAM pada web hosting sebatas ini saja? Mari kita belajar lebih banyak bersama-sama.

Sebelum membahas lebih jauh tentang fungsi RAM pada web hosting, mari kita kenalan dulu dengan web hosting. Agar kamu memiliki situs web, kamu harus memiliki web hosting terlebih dahulu.

Pilihan web hosting juga bervariasi dari web hosting murah hingga mahal. Jika ingin mendesain website yang interaktif, tentunya membutuhkan banyak space dan resource hosting. Ini juga termasuk jumlah RAM. Kehadiran RAM memegang peranan penting agar website kamu dapat berfungsi secara maksimal.

Apa Itu RAM?

ram pada web hosting

Mari kita mulai dengan apa yang dimaksud dengan RAM. RAM (Random Access Memory) adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpanan. Jika kamu memiliki PC, laptop, atau perangkat lain, kamu dapat menemukan RAM yang terpasang pada komponen ini.

Jadi yang dimaksud dengan RAM adalah sarana penyimpanan data digital dalam sebuah perangkat komputasi. Jadi apa perbedaan antara RAM server dan RAM PC? Fungsi RAM server pada web hosting juga kurang lebih sama dengan RAM PC. Sebagai media penyimpanan, RAM tidak hanya digunakan untuk menyimpan data berupa gambar atau video.

Di web hosting, fungsi caching ini juga berguna untuk menyimpan perintah yang dirancang untuk memudahkan navigasi di situs.

Nama random access dalam RAM berasal dari proses membaca data yang diakses perangkat secara acak. Adapun perbedaan antara RAM PC dan RAM server, kamu tidak akan menemukan bentuk fisik dari RAM server.

Tidak seperti RAM PC, yang dapat kamu temukan dalam bentuk fisik, memori yang terdapat dalam sebuah host bersifat virtual. Kelebihan dari RAM virtual ini antara lain kapasitasnya dapat diubah menggunakan kalibrasi melalui sistem, fitur atau software.

Agar berfungsi, RAM memiliki struktur berikut:

  • Input storage – berfungsi untuk menampung data yang diinput.
  • Output storage – untuk menampilkan olahan data ke perangkat output.
  • Program storage – untuk memproses instruksi semua program ketika akan diakses.
  • Working storage – sebagai penyimpanan data yang sudah diolah.

Fungsi RAM Pada Web Hosting

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fungsi RAM pada web hosting adalah sebagai media penyimpanan. Namun selain itu, jumlah RAM yang tepat memiliki fungsi lain untuk situs web kamu.

Penyimpanan data sementara

Fungsi RAM pada web hosting adalah untuk menyimpan data. Tidak seperti ruang disk, penyimpanan RAM hanya bersifat sementara saat data perlu diproses. Oleh karena itu, data yang tersimpan di RAM akan hilang saat server di-restart.

Misalnya, RAM adalah memori jangka pendek sedangkan ruang disk digunakan untuk penyimpanan data jangka panjang.

Manajemen situs yang mudah

Jumlah RAM tergantung pada jenis situs web akan membantu kamu mengelola konten dengan lebih mudah dan dengan kebebasan penuh. Pasalnya, website harus mengatur proses penentuan kebutuhan RAM yang harus dimiliki.

Salah satu jenis website yang direkomendasikan dengan RAM besar adalah toko online. Hal ini dikarenakan banyak data yang diproses secara bersamaan di website toko online, mulai dari tampilan produk, manajemen pembayaran, penyimpanan keranjang belanja hingga daftar keinginan.

Nah, jika banyak pengunjung situs web toko online mengakses halaman yang berbeda, RAM yang terbatas dapat menyebabkan masalah akses. Oleh karena itu, besaran RAM harus disesuaikan dengan jenis website.

Jadikan halaman web lebih cepat

Saat menentukan apakah akan membeli web hosting, kamu perlu mempertimbangkan jumlah RAM yang dibutuhkan. Jumlah RAM penting untuk memungkinkan akses lebih cepat ke situs web kamu.

Dengan kata lain, untuk mendapatkan hasil maksimal dari RAM stick ini, kamu perlu memikirkan dengan cermat jenis situs web yang ingin kamu buat.

Jika kamu menginginkan website interaktif yang memiliki banyak menu dan menampilkan foto dan video, kamu membutuhkan banyak RAM. Tidak hanya memengaruhi penyimpanan data, fungsi RAM juga memastikan semua aspek yang terlihat dari situs web kamu dapat diunduh dengan cepat.

Akses cepat ke website kamu akan memudahkan pengunjung menemukan informasi yang kamu sajikan. Kecepatan mengakses situs web juga akan meningkatkan pengalaman pengguna.

Tentu saja, kamu akan cenderung meninggalkan situs web yang membutuhkan kecepatan akses lambat. Ini dapat dihindari dengan menyesuaikan persyaratan situs dan jumlah RAM.

Mendatangkan jumlah traffic yang lebih baik

Kecepatan mengakses sebuah website secara tidak langsung akan membuat orang lain senang ketika mengunjungi website tersebut. Apalagi jika situs tersebut memberikan informasi penting dan relevan. Oleh karena itu, fungsi RAM yang terkait dengan kecepatan website juga akan menguntungkan kamu saat traffic sedang bagus.

Traffice sebuah website merupakan salah satu kriteria keberhasilan sebuah website. Semakin tinggi lalu lintas, semakin baik kemungkinan peringkat situs web kamu di mesin pencari Google.

Salah satu cara terbaik untuk mengarahkan lalu lintas adalah memastikan bahwa situs web kamu terus berfungsi secara optimal. Fungsi RAM berperan dalam memastikan pengunjung dapat menikmati website kamu dengan nyaman.

Dari pengalaman pengguna yang menyenangkan ini, pengguna juga dapat secara sukarela mempromosikan situs web kamu. Hal ini akan berdampak pada peningkatan trafik data. Jika kamu menggunakan situs web untuk menjual, kamu bisa mendapatkan manfaat dari RAM.

fungsi ram pada web hosting

Berapakah Jumlah RAM Yang Ideal?

Jika kamu sudah mengetahui apa itu RAM dan fungsi RAM pada web hosting, pertanyaan selanjutnya yang akan muncul adalah berapa besar RAM yang saya butuhkan? Karena RAM tidak gratis, tentu saja kamu harus menyeimbangkan potensi peningkatan kinerjanya dengan kebutuhan dan anggaran kamu.

Untuk melakukan ini, kamu perlu mempertimbangkan beberapa faktor yang dapat memengaruhi kinerja server tekait dengan jumlah RAM yang dimiliki sistem.

Berikut beberapa pertimbangan yang bisa digunakan untuk membandingkan saat memilih RAM:

Sistem operasi

Miliki sistem operasi yang berfungsi sebagai fondasi perangkat lunak di mana kamu akan membangun semua elemen lain dari segala sesuatu yang berjalan di server kamu. Jadi pilihan sistem operasi kamu dapat berdampak besar pada berapa banyak RAM yang kamu butuhkan.

Control panel

Control panel akan meminta elemen memori aktif. Banyak pengguna mengabaikan panel kontrol untuk mengkompensasi potensi hilangnya memori dan kinerja.

Content Management System

CMS atau content management system seperti WordPress, Drupal, dan Joomla membutuhkan lebih banyak RAM. Dan tentunya ketiga CMS ini adalah yang paling banyak digunakan sehingga kamu pasti akan membutuhkan banyak RAM.

Aplikasi

Aplikasi seperti email, firewall, dan anti-virus juga dapat menghabiskan banyak ruang di penyimpanan kamu. Hal ini dapat menyebabkan kebutuhan yang lebih besar untuk RAM tambahan.

Konten

Jika dedicated server kamu berisi banyak konten dinamis, itu akan membutuhkan lebih banyak RAM. Di sisi lain, jika kamu memiliki banyak konten statis, kamu akan membutuhkan lebih sedikit RAM.

Caching

Tergantung pada pengaturan kamu, fitur ini sebenarnya dapat mengurangi kebutuhan memori sistem kamu. Caching yang dikonfigurasi dengan benar menggunakan server proxy dapat meningkatkan kinerja sekaligus mengurangi penggunaan RAM. Caching paling baik digunakan untuk situs web kamu.

Traffic

Ini mungkin salah satu faktor terpenting. Website dengan trafik yang banyak juga membutuhkan lebih banyak RAM untuk menyajikan halaman web kepada pengunjung.

Perbedaan Penggunaan RAM Pada Web Hosting

Persyaratan RAM setiap situs web berbeda, tergantung pada sistem manajemen konten ‘CMS’ yang digunakan, jenis konten, jumlah traffic.

Itu sebabnya, penyedia hosting murah Indonesia seperti Exabytes menawarkan paket hosting berbeda yang dapat kamu pilih tergantung pada kebutuhan RAM situs web kamu.

harga web hosting exabytes

Lebih penting lagi, kamu harus memilih paket hosting dengan spesifikasi yang tepat. Sebab, jika jumlah RAM tidak mencukupi, website kamu bisa melambat, bahkan tidak bisa diakses.

Misalnya, jika kamu memiliki situs web toko online yang memerlukan banyak sumber daya, jenis paket EBiz 13 Plus mungkin menjadi opsi untuk memenuhi kebutuhan situs kamu.

Pertimbangkan Kapasitas RAM Sebelum Kamu Membeli Hosting

Storage RAM adalah ruang untuk penyimpanan sementara data arsip. Tidak hanya itu, fungsi RAM pada web hosting adalah untuk membantu memuat website lebih cepat, mengelola website dengan lebih mudah, dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Intinya, pastikan kamu memilih hosting yang memiliki RAM yang sesuai dengan kebutuhan kamu agar situs tetap bisa diakses secara normal.

Nah, Exabytes adalah layanan hosting yang menawarkan paket berbeda dengan jumlah RAM yang berbeda. Dari 1 GB hingga 16 GB dapat disesuaikan dengan kebutuhan website seperti toko online yang membutuhkan resource besar.

Apa yang kamu tunggu? Pilih paket hosting dengan RAM sesuai kebutuhan kamu!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments