Cara Mendapatkan Domain Untuk Website Ecommerce Kamu

0
1429

Menjalankan bisnis online berarti siap dengan segala tantangan, risiko, dan peluang yang ada. Salah satu tantangan yang bahkan muncul di awal langkah adalah memilih nama domain yang tepat. 

Mendapatkan nama domain untuk website ecommerce memang bukan hal yang mudah, namun bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan nama domain yang pas.

Untuk bisa mendapatkan nama domain yang pas, pastikan untuk menghindari kesalahan memilih nama domain. Lengkapi informasi tentang domain agar semakin tahu langkah apa saja yang harus diambil untuk menemukan nama domain yang cocok.

Hendak membangun situs web ecommerce? Coba intip cara mendapatkan domain untuk website ecommerce melalui artikel satu ini yuk!

Cara Mendapatkan Domain Untuk Website Ecommerce

domain untuk website ecommerce
Sumber : iStock

Saat ini, kesempatan untuk mengembangkan bisnis semakin terbuka lebar di dunia online. Akan tetapi, hal tersebut harus ditunjang dengan adanya situs  web yang tepat. Hendak membangung situs web ecommerce tetapi belum punya pilihan domain yang tepat?

Yuk intip beberapa tips dan cara mendapatkan domain untuk website ecommerce berikut ini:

Daftarkan Nama Brand

Seperti apa pilihan domain yang tepat untuk situs ecommerce? Setiap orang tentunya memiliki ide masing-masing dalam memilih nama domain. Namun, mengapa tidak terlebih dahulu mendaftarkan nama brand?

Mungkin kamu sudah tahu kalau beberapa nama brand yang begitu terkenal seperti BMW, Coca-Cola, Amazon, dan Apple menggunakan nama brand sebagai nama domain. Mengapa demikian?

Nama domain akan selalu terhubung dengan nama brand bahkan di ingatan para audiens. Amazon mampu mendapatkan hampir 60 persen trafik dari orang-orang yang mengetikkan nama brand secara langsung saat hendak mengunjungi website Amazon.

Saat seseorang mengetikan nama brand milikmu di browser namun ternyata mereka diarahkan ke situs web yang berbeda. Hal tersebut bisa membuat mereka kebingungan. Alhasil, kamu bisa kehilangan kepercayaan dari audiens atau calon pelanggan. 

Namun, jika kamu belum memiliki nama brand, coba daftarkan nama domain dengan pertimbangan SEO, yaitu menggunakan keyword yang kamu targetkan.

Buat Kriteria Penting Untuk Domain

buat daftar kriter untuk mendapatkan domain untuk website e-commerce
Sumber : flickr

Ingin tahu cara mendapatkan domain untuk website ecommerce? Untuk bisa merealisasikan hal tersebut, coba buat kriteria penting dari domain yang akan kamu pilih. Kriteria tersebut bisa kamu buat dengan mempertimbangkan banyak hal seperti strategi pemasaran yang digunakan atau hal penting lain.

Bagi yang memprioritaskan pencarian organik, penggunaan keyword dalam nama domain dirasa cocok. Sementara untuk yang lebih aktif di media sosial, pencarian berbayar, email marketing, affiliate marketing, dan pay per click, keyword mungkin bukan prioritas utama.

Dalam menentukan kriteria yang harus ada pada domain, kamu juga bisa mempertimbangkan beberapa hal yang berhubungan dengan brand, seperti nama brand, produk atau jasa yang akan dijual, industri bisnis yang akan kamu masuki, target pelanggan, dan masih banyak lagi.

Cari Nama Domain Yang Pas

Cara mendapatkan nama domain untuk website ecommerce yang juga tidak boleh kamu anggap sepele adalah mencari nama domain yang pas. Misalnya, kamu sudah memiliki bisnis dengan nama atau brand yang sudah dikenal oleh banyak orang. Itu artinya, kamu bisa menggunakan nama tersebut sebagai nama domain.

Untuk bisa mendapatkan lebih banyak pengakuan dan kepercayaan dari calon pelanggan, identitas bisnis harus konsisten baik secara online maupun offline. Jadi, sebaiknya tidak menggunakan dua nama berbeda apabila hal tersebut masih bisa dihindari.

Sayangnya, menemukan nama domain yang pas dan sesuai dengan nama bisnis tidak semudah yang dibayangkan. Terlebih jika kamu ingin menggunakan ekstensi domain yang populer seperti domain.COM. 

Apabila nama domain dengan ekstensi tersebut tidak bisa kamu dapatkan, jangan berkecil hati karena kamu bisa mencoba menggunakan ekstensi domain lain.

Perluas Pilihan Ekstensi Domain

perluas ekstensi domain untuk website ecommerce
Sumber : iStock

Apabila kamu mengetahui banyak hal tentang domain, tentunya kamu tahu kalau domain.COM merupakan ekstensi domain populer. Domain.COM merupakan salah satu dari ekstensi domain original atau Top Level Domain (TLD).

Meski demikian, domain.COM bukanlah satu-satunya pilihan ekstensi domain yang bagus dan cocok. Kamu bisa mempertimbangkan berbagai pilihan ekstensi domain lain seperti domain.ID sesuai dengan negara tempat bisnis dijalankan, domain.NET, domain.BIZ, dan ekstensi lain.

Saat hendak membuat nama domain untuk website ecommerce, sebaiknya perluas pilihan ekstensi domain. Jadi, kamu bisa mengetahui bahwa ada banyak pilihan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. 

Tertarik untuk mencoba menggunakan ekstensi domain unik yang bisa membuatmu tampil berbeda dari kebanyakan bisnis di luar sana? Simak selengkapnya di artikel satu ini!

Masukkan Keyword yang Relevan

Berbicara tentang keyword yang relevan dalam memilih nama domain untuk website ecommerce, tentunya kita akan mengingat betapa pentingnya SEO. SEO atau search engine optimization adalah sebuah upaya untuk mengoptimasi tisu web agar bisa mendapatkan ranking teratas di mesin pencari sesuai dengan keyword yang ditargetkan.

Sering belanja online? Coba ingat pembelian terakhirmu! Mungkin kamu melakukan pencarian secara online yang pada akhirnya membantu dalam membuat keputusan akhir. Dalam hal ini, tentu saja kamu tidak sendiri karena sekitar 51 persen pembeli menggunakan Google untuk melakukan riset produk.

Saat kamu fokus dalam mendapatkan trafik, pastikan kamu sudah mendaftarkan nama domain dengan keyword tertarget. Menambahkan keyword pada nama domain akan sangat bermanfaat bagi pengguna maupun mesin pencari.

Pengguna internet bisa dengan cepat mengetahui apa yang situs web tawarkan sebelum mereka mengkliknya. Di samping itu, penggunaan keyword pada naam domain akan memberikan indikasi yang kuat sehingga mesin pencari bisa tahu seperti apa situs web yang kamu kelola.

Sayangnya, kamu harus berhati-hati karena beberapa nama domain tampak seperti spam. Alhasil, domain-domain tersebut membantu produk yang terjual. 

Jangan biarkan pengunjung berpikir bahwa kamu menawarkan produk yang tidak sesuai dengan kebutuhan mereka hanya karena memaksakan menggunakan keyword yang justru dapat merugikanmu secara bisnis.

Pilih Domain Yang Pendek dan Simple

Sering mendapatkan tips memilih nama domain? Dari banyaknya sumber yang kamu baca, pastinya kamu tidak asing dengan tips memilih domain yang dibuat pendek dan simple.

Nama domain yang lebih pendek akan lebih mudah diingat. Tidak ada yang lebih penting dibandingkan dengan nama domain yang bisa dengan lantang diucapkan. Bayangkan saat berbicara dengan orang asing tentang bisnis yang kamu jalankan dan kamu memberitahukan nama URL situs milikmu. 

Dalam situasi tersebut, tentunya kamu tidak harus menjelaskan apapun atau bahkan harus mengeja URL tersebut. Akan tetapi, kamu ingin mereka tetap mengingat nama domain milikmu hingga akhirnya mereka bisa mengakses situs web mu.

Belum yakin dengan domain pilihanmu? Coba lakukan percobaan dengan mengatakan nama domain tersebut kepada teman-teman. Kemudian, lihat apakah mereka bisa menuliskannya dengan benar atau tidak. Misalnya, nama domain seperti theardrobe.store tampak pendek dan simple sehingga mudah untuk dieja dan diingat.

Cek domain yang akan kamu daftarkan untuk memastikan bahwa nama domain tersebut masih tersedia atau belum digunakan oleh pihak manapun.

Domain Mampu Menarik Perhatian

Seperti apa domain yang tepat untuk website ecommerce? Saat sedang mencari nama domain untuk keperluan tersebut, tentunya domain harus mampu menarik perhatian para audiens. Dengan begitu, kamu bisa segera menarik minat calon pelanggan yang juga turut membantu dalam membangun brand.

Sebaiknya sertakan nama brand yang unik pada domain yang akan kamu daftarkan dan gunakan untuk situs web ecommerce. Hal tersebut juga akan membantu bisnis kamu mendapatkan pengakuan dan kepercayaan dari para pelanggan. 

Nama domain juga harus terlihat di berbagai platform media sosial. Jadi, audiens dan calon pelanggan bisa mengenali bahwa brand kamu konsisten di semua jaringan. 

Berbicara tentang media sosial, coba simak berbagai platform media sosial untuk bisnis lebih sukses. Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan upaya baik dalam membangun kesadaran terhadap merek maupun memasarkan produk.

Tampil Lebih Profesional Dengan Domain Premium Untuk Website Ecommerce

Sudah yakin dengan pilihan domain untuk website ecommerce? Bagaimana dengan pilihan ekstensi domainnya? Apakah kamu tetap akan menggunakan ekstensi pilihanmu?

Apabila ingin tampil lebih profesional, mengapa tidak menggunakan domain premium? Dengan begitu, situs web milikmu akan tampak lebih kredibel dan dapat dipercaya. Hal tersebut akan berdampak baik bagi perkembangan situs web dan bisnis kamu.

Cari tahu lebih lengkap tentang domain premium dengan menghubungi Exabytes sekarang juga. Selain domain premium, tersedia juga domain murah sehingga kamu bisa mendapatkan domain sesuai dengan budget dan begitu ramah kantong.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments