10+ Mesin Pencari Selain Google Yang Aman dan Nyaman

0
1842

Jika kamu berpikir mesin pencari hanyalah Google maka kamu salah. Karena banyak sekali mesin pencari selain Google yang sekarang bisa kamu pilih maka bisa menjadi alternatif jika kamu ingin mencari informasi.

Setidaknya saat ini sudah ada lebih dari 20 mesin pencari selain Google yang dapat kamu gunakan. Nah pada artikel kali ini kami akan membahas beberapa di antaranya untuk kamu. Mari kita simak selengkapnya!

Mesin Pencari Selain Google Yang Bisa Kamu Gunakan

Google didirikan pada tahun 1998 dan saat ini merupakan mesin pencari terkemuka dan digunakan oleh sekitar 78% pengguna internet. Meskipun Google adalah mesin pencari utama, namun tidak dapat dipisahkan dari masalah privasi penggunanya.

Jika kamu mungkin berpikir bahwa mesin pencari Google tidak memberikan keamanan yang kamu harapkan, berikut adalah beberapa mesin pencari selain Google yang dapat kamu pilih.

Twitter

mesin pencari selain google - twitter

Twitter mungkin juga tidak dianggap sebagai mesin pencari. Namun, dalam keadaan darurat, Twitter adalah saluran informasi yang jauh lebih efektif daripada mesin pencari biasa. Hal ini juga tercermin dalam tagline Twitter, “See what’s happening in the world right now” atau “Lihat apa yang terjadi di dunia sekarang”. Dengan Twitter, kamu tidak akan ketinggalan berita tentang topik yang sedang dibahas.

Cara kerjanya cukup sederhana. Kamu hanya perlu memasukkan beberapa kata kunci atau tagar di kotak pencarian. Kamu kemudian akan melihat banyak kemungkinan hasil pencarian. Dari tweet terpopuler, tweet terbaru, akun Twitter terkait, foto, video, berita, dan acara.

Jika kamu tidak puas dengan hasilnya, Twitter juga menawarkan opsi pencarian yang lebih komprehensif. Kamu dapat mengatur filter untuk menemukan tweet tertentu yang kamu cari. Kamu dapat menambahkan filter untuk akun yang kamu cari, lokasi, waktu, bahasa, rentang waktu, dan lainnya.

Baidu

mesin pencari selain google - baidu

Baidu adalah mesin pencari terbesar kedua berdasarkan pangsa pasar setelah Google. Mesin pencari China ini juga sangat populer di China. Bahkan, Baidu menguasai lebih dari separuh pangsa pasar di negara tirai bambu tersebut.

Baidu menawarkan banyak fitur yang sama dengan Google. Selain fungsi pencarian konten web, Baidu juga dikenal sebagai mesin pencari dengan kemampuan pencarian konten MP3 yang mumpuni.

Selain pencarian kata kunci, Baidu juga dikenal dengan banyak pilihan pencarian lainnya. Seperti halnya Google, Baidu juga dilengkapi dengan fungsi pencarian suara. Fitur ini memudahkan pencarian item di mesin pencari.

Belum lagi, Baidu juga memiliki opsi pencarian gambar. Kamu dapat mengunggah potongan gambar pada kolom yang tersedia, sehingga Baidu akan segera menampilkan konten yang mungkin terkait dengan gambar yang diunggah.

Bing

mesin pencari selain google - bing

Bing merupakan mesin pencari dengan pangsa pasar terbesar setelah Google dan Baidu. Yang menonjol dari mesin pencari ini adalah aspek visual yang berubah. Saat kamu mengunjungi beranda Bing, kamu akan melihat foto beresolusi tinggi yang diambil di berbagai belahan dunia. Kamu dapat mengubah tampilan ini dengan mengklik tanda < atau > di kanan bawah.

Selain antarmuka yang intuitif, Bing juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Salah satunya adalah tempat penyimpanan data hasil pencarian. Dari halaman pencarian kamu dapat menekan tombol dengan ikon plus dan halaman yang kamu inginkan disimpan di bagian My Saves.Fitur ini tentunya memudahkan kamu untuk mengarsipkan halaman-halaman penting. Kamu juga tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga atau menyimpan URL secara manual.

Bing juga terhubung ke Microsoft Office Online. Melalui situs yang sama, kamu dapat membuat berbagai dokumen online. Dari Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Sway, hingga OneDrive. Kamu hanya perlu masuk dengan akun Microsoft kamu untuk mengakses dan membuat dokumen yang diinginkan.

Yahoo! Search

mesin pencari selain google - yahoo search

Kamu pasti tahu Yahoo! Search. Mesin pencari ini mulai terkenal pada tahun 2000-an, namun kemudian hilang dengan munculnya mesin pencari baru seperti Google dan Bing. Sekarang Yahoo! bermitra dengan Microsoft dan Bing untuk memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dan komprehensif kepada pengguna. Melalui kerja sama ini, Yahoo! juga menyediakan akses pencarian dalam 38 bahasa.

Selain fungsi pencarian, Yahoo! juga terintegrasi dengan berbagai layanan berita terpercaya. Salah satunya adalah Yahoo! Answers, dimana kamu dapat mengajukan pertanyaan bertema berbeda untuk dijawab orang. Selain itu, ada Yahoo! Finance sebagai sumber informasi bisnis dan ekonomi yang cukup terkini.

DuckDuckGo

10+ Mesin Pencari Selain Google Yang Aman dan Nyaman - 2024

DuckDuckGo adalah mesin pencari yang menghargai privasi kamu. Itu tidak mengumpulkan data apa pun yang kamu berikan ke mesin pencari. Entah itu data kata kunci atau informasi pribadi.

DuckDuckGo juga tidak melacak pencarian kamu. Oleh karena itu, tidak dapat menjual data kepada pengiklan. Pada saat yang sama, mesin pencari ini akan secara otomatis menonaktifkan robot pelacak iklan. Dengan cara ini data pribadi kamu akan tetap aman.

Itu tidak berarti hasil pencarian DuckDuckGo tidak akurat. Alih-alih membatalkan pendaftaran data pribadi dan kata kunci, DuckDuckGo mengumpulkan hasil pencarian dari 100 sumber berbeda. Dari crawler itu sendiri, situs crowd-source, Bing, Yandex, dan lainnya. Inilah mengapa hasil pencarian dari mesin pencari ini selalu dapat diandalkan.

Search Encrypt

10+ Mesin Pencari Selain Google Yang Aman dan Nyaman - 2024

Mirip dengan DuckDuckGo, Search Encrypt adalah mesin pencari yang memperhatikan privasi dan keamanan data. Ini menggabungkan Secure Socket Layer (SSL) dengan enkripsi AES-256 untuk melindungi data kamu. Keduanya memastikan tidak hanya data yang tidak akan dicuri oleh peretas dan bot, tetapi juga aman dengan pengguna lokal yang terhubung ke komputer kamu.

Di sisi lain, Search Encrypt juga menyediakan pencarian video dan peta yang aman. Untuk peta, Search Encrypt menggunakan peta dari Open Street Map, sebuah proyek kolaborasi yang dapat dimodifikasi secara bebas.

Dalam hal pencarian video, mesin pencari ini memblokir iklan sekaligus melindungi data pribadi kamu dan kata kunci pencarian yang kamu gunakan. Alhasil, hasil pencarian video yang kamu temukan mungkin tidak selengkap Google. Meski begitu, fitur keamanan yang cukup lengkap menjadikan Search Encrypt sebagai browser yang layak untuk dicoba.

Yandex

10+ Mesin Pencari Selain Google Yang Aman dan Nyaman - 2024

Yandex adalah mesin pencari buatan Rusia. Sejak 1997, Yandex telah berkomitmen untuk membantu konsumen dan bisnis mengelola dunia online dan offline dengan lebih baik. Visi ini juga diwujudkan dalam berbagai fitur dan layanan Yandex.

Untuk mesin pencarinya sendiri, Yandex selalu mengumpulkan data pribadi pengguna, kata kunci pencarian, dan riwayat pencarian. Namun, ini tidak terjadi tanpa alasan. Yandex sengaja mengumpulkannya untuk memaksimalkan relevansi hasil pencarian. Data juga dikumpulkan dengan persetujuan pengguna.

Selain itu, Yandex juga menyediakan banyak fitur lain yang tidak kalah dengan Google. Mesin pencari ini mencakup fitur pencarian gambar, video, peta, terjemahan, dan App Metrica yang setara dengan Google Analytics. Dilihat dari semua fitur yang ditawarkan, Yandex bisa jadi pilihan bagi kamu yang serius ingin merelakan layanan Google.

Qwant

10+ Mesin Pencari Selain Google Yang Aman dan Nyaman - 2024

Mesin pencari ini merupakan alternatif lain untuk melindungi privasi dan data pribadi di internet. Qwant berjanji akan menjadi mesin pencari yang melindungi data pribadi kamu dan menampilkan hasil pencarian senetral mungkin. Tidak ada apa pun di internet yang sengaja dihapus atau dihilangkan oleh Qwant.

Namun, Qwant bukan hanya tentang privasi dan hasil pencarian. Mesin pencari ini juga dilengkapi dengan banyak fitur unik. Salah satunya, kamu bisa mencari konten dari berbagai website dan direktori e-commerce melalui Qwant. Untuk melakukannya, cukup ketik “&” diikuti dengan huruf pertama halaman web yang kamu inginkan. Misalnya, kamu dapat mencari tablet Kindle di Amazon dengan mengetik “&a Kindle Fire 8” dan mengklik opsi Amazon di ajax yang muncul. Kamu akan langsung diarahkan ke halaman kategori Amazon.

Selain itu, Qwant menawarkan dua produk mesin pencari lainnya. Keduanya adalah Qwant Junior yang didedikasikan untuk anak-anak dan Qwant Music yang didedikasikan untuk menemukan lagu dan musik. Ada juga Qwant Board, semacam media sosial untuk berbagi dan menyimpan hasil pencarian.

Wolfram Alpha

10+ Mesin Pencari Selain Google Yang Aman dan Nyaman - 2024

Visi Wolfram Alpha adalah membuat semua jenis pengetahuan dapat diakses oleh publik. Visi inilah yang mendorongnya untuk mengatur sendiri berbagai website terkemuka. Kemudian kompilasi informasi menjadi indeks yang mudah dipahami.

Mesin pencari ini menampilkan hasil pencarian berupa data dan fakta. Semua ditampilkan dalam satu halaman. Sekilas pengoperasian mesin pencari ini agak membingungkan. Hal ini dikarenakan hasil pencarian yang ditampilkan cenderung sangat singkat. Namun, jika kamu memiliki pertanyaan spesifik atau pertanyaan berbasis sains tertentu, maka Wolfram Alpha adalah jawabannya.

Startpage

10+ Mesin Pencari Selain Google Yang Aman dan Nyaman - 2024

Privasi itu penting. Hal yang sama berlaku untuk hasil pencarian lengkap. Itu sebabnya Startpage ada. Mesin pencari ini berhasil menggabungkan keamanan data pribadi kamu dan hasil pencarian yang relevan.

Bagaimana? Startpage secara legal membayar Google untuk menggunakan sistem mesin pencarinya. Dengan cara ini, Startpage berhasil menyajikan hasil pencarian terlengkap di internet.

Namun, itu tidak berhenti di situ. Startpage juga membayar Google untuk menghapus pelacak yang mengumpulkan informasi pribadi kamu. Akibatnya, tidak ada informasi pribadi yang dicuri dan hasil pencarian ditampilkan sebagai netral. Sebuah inovasi yang menarik bukan?

Dogpile

10+ Mesin Pencari Selain Google Yang Aman dan Nyaman - 2024

Dogpile adalah salah satu mesin pencari berbasis meta tertua. Browser ini mengumpulkan hasil pencarian dari berbagai mesin pencari. Beberapa diantaranya adalah Google, Yahoo!, Yandex, dan masih banyak lagi mesin pencari lainnya.

Dengan cara ini kamu dapat menghemat waktu dengan mendapatkan semua kemungkinan hasil pencarian dalam satu mesin pencari. Coba bandingkan dengan memasukkan kata kunci satu per satu ke mesin pencari yang berbeda. Selain itu, Dogpile mengakui bahwa mesin pencarinya dapat menampilkan hasil pencarian 50% lebih banyak daripada browser lain.

Selain performanya, Dogpile bisa kamu jadikan sebagai alternatif dari Google dengan fitur tampilan dan rekomendasinya. Dari segi tampilan, Dogpile memiliki desain yang cukup klasik dan kuno. Ini juga yang membedakan browser ini dengan browser lainnya. Apalagi fitur saran yang tersedia di sidebar kanan juga cukup kaya dan beragam.

Wiki.com

10+ Mesin Pencari Selain Google Yang Aman dan Nyaman - 2024

Apakah kamu penggemar Wikipedia atau situs serupa? Jika demikian, Wiki.com adalah mesin pencari untuk kamu!

Wiki.com adalah mesin pencari yang didedikasikan untuk web atau konten web dalam bentuk wiki atau basis pengetahuan. Melalui browser ini kamu bisa mendapatkan informasi lengkap tentang topik tertentu. Cara ini tentu lebih efisien dibandingkan mencari informasi di satu website dan melengkapi informasi lain di website lain.

Mesin pencari ini menawarkan empat opsi pencarian. Keempat opsi tersebut adalah all wikis, wikipedia only, people’s wikis only, dan encyclopedias only. Selain itu, wiki.com juga memiliki opsi untuk mencari wiki kamu sendiri. Opsi ini terletak di bagian bawah halaman. Dengan opsi ini, kamu dapat memaksimalkan hasil pencarian yang kamu inginkan.

Lebih menarik lagi, kamu dapat menambahkan halaman wiki atau situs wiki yang kamu miliki di database wiki.com. Untuk ini, kamu hanya perlu menghubungi wiki.com dan pengembang akan segera mengimpornya ke database. Selama situs yang kamu buat memiliki konten yang cukup, tentu saja, dan tidak mungkin melakukan spam.

Ask.com

10+ Mesin Pencari Selain Google Yang Aman dan Nyaman - 2024

Ask.com awalnya adalah platform tanya jawab yang dibuat pada tahun 1996. Saat ini, Ask.com telah berkembang menjadi mesin pencari dengan pangsa pasar terbesar keenam di dunia.

Ask bekerja seperti mesin pencari umum. Kamu dapat memasukkan kata kunci yang kamu cari di kolom pencarian. Jadi, dalam sekejap, Ask.com akan menampilkan jenis konten yang paling relevan berdasarkan kata kunci. Ada dua jenis hasil pencarian yang bisa dipilih, yaitu answers atau web dan video content.

Mesin pencari ini juga memiliki plug-in yang dapat ditambahkan ke browser kamu. Dengan perangkat lunak tambahan ini, kamu bisa mendapatkan banyak konten menarik langsung di layar kamu. Tentunya konten yang ditampilkan akan disesuaikan dengan topik yang kamu minati.

Gibiru

10+ Mesin Pencari Selain Google Yang Aman dan Nyaman - 2024

Gibiru merupakan browser yang memperhatikan aspek privasi sekaligus moderasi konten. Inilah mengapa Gibiru adalah alternatif yang bagus jika kamu mengkhawatirkan kedua masalah ini. Di bidang keamanan, Gibiru mengaku tidak mencatat kata kunci pengguna, riwayat pencarian, dan alamat IP. Oleh karena itu, Gibiru tidak akan menjual data pribadi kamu kepada pihak ketiga.

Namun, berhenti di situ saja tidak cukup. Gibiru juga peduli dengan moderasi konten. Browser ini berpikir bahwa mesin pencari sering menyembunyikan beberapa konten di bawah standar. Ini menyulitkan situs baru untuk menemukan pembaca. Itu sebabnya Gibiru menawarkan dua opsi dalam hasil pencarian, All Results dan Uncensored.

Jika kamu ingin hasil pencarian terbatas pada web dan gambar, Gibiru akan menjadi alternatif yang tepat. Karena dengan fitur di atas, Gibiru hanya menyediakan dua pilihan jenis konten yang akan dicari. Jenis konten seperti lokasi, video, dan produk belum tersedia di browser ini.

Internet Archive

10+ Mesin Pencari Selain Google Yang Aman dan Nyaman - 2024

Agak sulit mengatakan bahwa Internet Archive adalah mesin pencari. Namun, berdasarkan berbagai mesin pencari yang disebutkan sebelumnya, Internet Archive dapat diklasifikasikan ke dalam direktori yang dikelola manusia atau mesin pencari.

“Browser” ini dapat bertindak sebagai perpustakaan atau museum yang menyimpan buku, film, perangkat lunak, musik, dan website. Kamu dapat mengakses semua ini secara gratis dari mana saja dan kapan saja. Melalui Internet Archive, kamu dapat menemukan dokumen berharga yang bahkan mungkin tidak muncul di hasil pencarian Google.

CC Search

10+ Mesin Pencari Selain Google Yang Aman dan Nyaman - 2024

CC Search adalah solusi untuk mendapatkan berbagai konten gambar dengan lisensi gratis. Berkat mesin pencari ini kamu bisa mendapatkan gambar yang indah. Kamu dapat menggunakan gambar-gambar tersebut sebagai dokumentasi atau ilustrasi tambahan dalam berbagai karya kamu. Mulai dari website, presentasi, poster, dan lainnya.

Tidak perlu khawatir pembuat gambar meminta karyanya untuk dilukis. Semua gambar yang muncul di CC Search disertifikasi untuk mematuhi sistem lisensi Creative Commons. Artinya, semua gambar memiliki hak untuk digunakan secara luas oleh publik.

Saat ini CC Search hanya menyediakan konten visual berupa gambar. Gambar untuk hasil pencarian di CC Search diambil dari database 18 website. Beberapa diantaranya adalah DeviantArt, Flickr, SVGSilh, dan Brooklyn Museum. Di masa mendatang, CC Search akan menambahkan fungsi pencarian teks dan audio.

Slideshare

10+ Mesin Pencari Selain Google Yang Aman dan Nyaman - 2024

Kamu mungkin tidak pernah menganggap Slideshare sebagai mesin pencari. Namun demikian, mesin pencari buatan LinkedIn ini adalah solusi bagi 80 juta profesional yang mencari inspirasi, dokumentasi, dan pengetahuan tentang berbagai topik. Semua ini disajikan dalam bentuk presentasi, gambar, video, dokumen, dan konten visual yang menarik.

Slideshare memiliki visi untuk membantu orang belajar dengan cepat dengan materi visual di situs web mereka. Setidaknya ada 18 juta konten terdaftar termasuk 40 kategori yang dapat ditemukan di sana.

Dengan Slideshare, kamu bebas menyimpan konten yang menurut kamu berguna. Bahkan, kamu dapat mengunduh konten apapun yang kamu inginkan dan menyimpannya ke komputer pribadi, tablet, atau ponsel cerdas kamu.

Swisscows

10+ Mesin Pencari Selain Google Yang Aman dan Nyaman - 2024

Swisscows adalah mesin pencari alternatif yang berkomitmen untuk melindungi privasi dan penggunaan data pribadi. Seperti mesin pencari serupa, Swisscows tidak menyimpan data pribadi dan riwayat pencarian pengguna.

Tapi komitmen Swisscows tidak berhenti disitu. Mesin pencari ini juga memiliki server sendiri untuk menjamin keamanan data. Swisscows juga menempatkan pusat datanya di Pegunungan Alpen, Swiss. Daerah ini dianggap sebagai salah satu bunker teraman di dunia. Bahkan, mesin pencari ini juga menempatkan segala sesuatu yang berhubungan dengan data di luar AS dan Uni Eropa. Hal ini dilakukan untuk menjamin keamanan data.

Selain komitmennya terhadap privasi data, Swisscows juga berdedikasi pada konten ramah keluarga. Mesin pencari ini menyensor konten kekerasan dan kebencian, serta pornografi. Sebaliknya, itu mempromosikan nilai-nilai etika dan pendidikan dari media digital.

Untuk fiturnya sendiri, ada dua hal hebat yang ditawarkan Swisscows. Pertama, opsi regional search. Dengan opsi ini, kamu dapat memaksimalkan relevansi hasil pencarian berbasis lokasi kamu. Kedua, title-like map. Fitur ini menawarkan opsi pemfilteran berdasarkan seberapa dekat kata kunci dengan topik yang lebih besar. Filter ditampilkan dalam kotak dengan berbagai ukuran dan warna merah atau biru.

Ecosia

10+ Mesin Pencari Selain Google Yang Aman dan Nyaman - 2024

Privasi dan keamanan data pribadi hanyalah salah satu keunggulan Ecosia. Namun, daya tarik utama dari mesin pencari ini adalah komitmennya untuk menjaga lingkungan. Ecosia menanam pohon setiap (kurang lebih) 45 pencarian.

Ini bukan hanya tentang menanam pohon di tempat yang dibutuhkan. Ecosia juga berkomitmen untuk mengoperasikan operasinya dengan minimal – gas karbon akibat konsumsi energi dari minyak bumi atau bahan bakar fosil -. Untuk alasan ini, Ecosia membangun panel surya khusus untuk menjalankan servernya 24 jam sehari.

Untuk memastikan semua operasi dilakukan secara adil, Ecosia juga rajin menerbitkan laporan keuangan dan laporan penanaman pohon di beberapa negara. Semua ini tersedia sebagai laporan bulanan dan tersedia untuk umum. Dengan begini, kamu tidak perlu khawatir dengan penipuan dan tuduhan penipuan yang sering dilontarkan di Ecosia.

Boardreader

10+ Mesin Pencari Selain Google Yang Aman dan Nyaman - 2024

Boardreader adalah mesin pencari yang unik. Tidak seperti kebanyakan mesin pencari, Boardreader didedikasikan untuk menemukan grup atau forum di internet. Jadi, jika kamu sedang mencari tempat untuk mengobrol dan mendapatkan informasi secara fleksibel, maka Boardreader adalah jawabannya.

Kamu baru saja memasukkan kata kunci. Boardreader kemudian akan merekomendasikan forum yang relevan di platform seperti Yahoo! Answers dan Reddit. Kamu juga dapat menambahkan filter untuk kata kunci yang kamu cari. Ada filter untuk jenis posting, waktu posting forum, bahasa forum, domain, relevansi, dan beberapa banyak hasil pencarian yang ingin kamu tampilkan.

Tidak hanya itu, Boardreader juga memiliki analitik bawaan selain tombol filter. Fitur ini menganalisis tren dan volume pencarian untuk kata kunci yang kamu cari.

Semua itu adalah mesin pencari yang dapat digunakan sebagai alternatif dari Google. Beberapa mesin pencari menawarkan privasi yang berbeda dari penyedia mesin pencari Google, yang kini diapresiasi oleh banyak pengguna di seluruh dunia.

Jika ada pertanyaan seputar internet dan dunia digital marketing, silahkan tinggalkan komentar di bawah.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments