8+ Strategi Visual Marketing Untuk Meningkatkan Minat Pelanggan

32
banner digital marketing

Seperti apa marketing yang tepat untuk bisnis? Pada dasarnya, setiap strategi marketing itu mampu memberikan hasil. Akan tetapi, tingkat efektifitasnya tergantung pada target konsumen masing-masing bisnis.

Jika ingin meningkatkan minat pelanggan, pertimbangkan strategi visual marketing. Strategi pemasaran tersebut bisa melengkapi strategi-strategi pemasaran yang sedang kamu terapkan atau solusi untuk strategi yang dinilai kurang memberikan hasil optimal.

Mengenal Apa Itu Strategi Visual Marketing

mengenal apa itu strategi visual marketing
Sumber: shutterstock

Sudah tidak asing dengan istilah marketing atau pemasaran? Akan tetapi, bagaimana kamu bisa mendeskripsikan visual marketing? Secara singkat, strategi visual marketing bisa kita artikan sebagai kegiatan branding menggunakan konten visual berupa gambar, video, grafik, dan sebagainya.

Menggunakan strategi visual marketing berarti menawarkan produk atau jasa dengan lebih interaktif. Dengan demikian, target audiens akan memiliki gambaran pesan serta nilai produk atau jasa di dalam benak mereka.

Selain itu, strategi pemasaran satu ini juga akan membuat produk atau jasa tergambar dengan lebih nyata. Pada akhirnya, kamu akan bisa meningkatkan penjualan.

Agar lebih bisa memahami strategi visual marketing, sebaiknya cari tahu dahulu perbedaan traditional marketing vs digital marketing.

Kelebihan Visual Marketing

kelebihan dari strategi visual marketing
Sumber: shutterstock

Setiap strategi marketing yang pebisnis atau brand terapkan, tentunya memiliki berbagai kelebihan. Lalu, bagaimana dengan visual marketing? Apa saja kelebihan penggunaan strategi visual marketing? 

Berikut adalah uraian lengkapnya untuk kamu yang tertarik menerapkan strategi pemasaran satu ini:

Audiens Bisa Menangkap Kesan dalam konten Visual dengan Lebih Cepat

Salah satu kelebihan dari penerapan strategi visual marketing adalah kesan yang terkandung dalam konten visual bisa audiens tangkap dengan lebih cepat. Pada dasarnya, manusia bersifat visual.

Otak manusia dapat menyimpan informasi baru berbentuk visual hingga 60 ribu kali lebih cepat dibandingkan dengan informasi dalam bentuk teks. Mata mengirimkan sekitar 90 persen informasi berbentuk visual ke otak.

Bisa Berfungsi Sebagai Iklan

Dalam menjalankan bisnis, promosi, iklan, dan pemasaran akan menjadi tiga hal yang sangat melekat. Akan tetapi, apakah kamu akan menghabiskan semua uang untuk ketiganya? Mari kita simak hal penting satu ini!

Saat menerapkan strategi visual marketing, kamu tidak hanya memasarkan produk tetapi juga mengiklankannya. Konten visual akan membuat pembaca menemukan iklan produk dengan lebih mudah melalui gambar relevan yang kamu gunakan.

Alhasil, konten marketing yang kamu gunakan bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Meski demikian, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan promosi dan iklan.

Untuk yang menjalankan bisnis secara online, kebutuhan akan iklan produk atau jasa bisa didapatkan dengan memilih jasa Google Ads atau Facebook Ads. Pemilihan layanan jasa iklan tersebut bisa disesuaikan dengan tujuan dan target audiens yang kamu atur.

Satu Konten Visual Dapat Mewakili Berbagai Hal

Kelebihan lain yang tidak bisa disepelekan dari strategi visual marketing adalah kemampuan konten tersebut. Tahukah kamu kalau satu konten visual bisa mewakili berbagai hal? Bahkan hanya menggunakan konten visual, misal berupa gambar saja, kamu tidak perlu menambahkan teks atau kata-kata.

Namun, gambar atau konten visual lain harus kamu sesuaikan dengan informasi yang hendak disampaikan. Sehingga konten visual bisa mewakili perusahaan dalam menunjukkan maksud dan tujuan dari konten visual tersebut.

Strategi Visual Marketing

berbagai pilihan strategi visual marketing
Sumber: shutterstock

Untuk memasarkan produk atau jasa, kamu bisa mencoba berbagai strategi visual marketing berikut ini:

Gabungkan Gambar dan Tulisan

Berbicara tentang strategi visual marketing, apakah kamu sudah mencoba berbagai strategi pemasaran namun belum mendapatkan hasil maksimal? Untuk bisa meningkatkan penjualan, kamu bisa coba menggabungkan gambar dan tulisan.

Cara ini merupakan salah satu strategi visual marketing yang sudah banyak diterapkan para pelaku bisnis dan marketer. Gabungan antara kedua jenis konten tersebut bisa kamu terapkan seperti dalam konten yang dibagikan di media sosial. Dimana kamu bisa menyertakan gambar dengan tulisan yang menarik perhatian para audiens.

Selain teks pada gambar, kamu juga bisa menambahkan caption. Jadi, setiap postingan di media sosial akan tampak lebih menarik dan lebih banyak orang yang mencari tahu produk atau jasa apa yang kamu tawarkan. 

Gabungan antara gambar dan tulisan juga bisa kamu terapkan dalam iklan atau bentuk promosi lain bahkan saat menjalankan pemasaran tradisional.

Cari tahu juga apa itu social media marketing melalui artikel satu ini.

Gunakan Video

Strategi visual marketing selanjutnya adalah menggunakan video. Memanfaatkan video sebagai bentuk konten adalah hal yang tepat terutama di jaman sekarang. Bagaimana bisa?

Mayoritas pengguna internet memiliki kebiasaan menghabiskan waktu untuk menonton video. Saat ini, bahkan semakin banyak platform penyedia video menarik. Itulah kenapa video mempunyai jangkauan yang luas di berbagai media sosial.

Akan tetapi, kamu tidak boleh sembarangan dalam membuat video. Pastikan konten video yang kamu bagikan itu menarik. Selain itu, jangan lupa untuk menyisipkan pesan promosi menggunakan cara menyenangkan dalam waktu yang singkat.

Buat Infografik

Sudah menerapkan banyak strategi marketing tetapi penjualan masih belum menunjukan peningkatan yang signifikan? Kali ini kamu bisa mencoba strategi visual marketing dengan membuat infografik.

Untuk bisa menarik perhatian para audiens, kamu bisa membuat konten informatif yang berisi data atau fakta singkat. Tambahkan infografik agar konten bisa lebih menarik dan lebih mudah dipahami. Nah, infografik tersebut bahkan bisa mewakili ribuan kata. 

Dibandingkan menyajikan konten berupa tulisan hingga ribuan kata, akan lebih baik jika buat konten yang singkat dan padat. Kemudian tambahkan infografik untuk menunjang konten tersebut.

Bagi yang masih penasaran atau keliru dengan perbedaan digital marketing dan internet marketing, silahkan baca artikel ini.

Bagikan Konten Visual di Media Sosial

Dengan tingkat pengguna aktif yang tinggi, tidak heran jika media sosial kini menjelma menjadi salah satu wadah atau media pemasaran yang menjanjikan.

Perkembangan media sosial yang begitu pesat menjadikan sosmed lebih dari sekedar media untuk terhubung antara pengguna. Brand atau bisnis dapat menggunakan medsos untuk mendapatkan visibilitas online, branding, hingga menghasilkan pundi-pundi rupiah melalui penjualan online.

Media sosial juga bisa membantu membangun sekaligus menjaga hubungan baik dengan para pelanggan sembari memperluas jangkauan audiens yang lebih banyak lagi. 

Hal tersebut memungkinkan kamu mendapatkan sambutan yang baik saat menerapkan strategi visual marketing melalui konten visual di berbagai platform media sosial.

Lakukan Webinar

Tujuan dari pemasaran termasuk menggunakan visual adalah menghasilkan prospek yang bisa diubah menjadi calon pelanggan, bukan? Untuk yang ingin mulai menerapkan strategi visual marketing, coba lakukan webinar. 

Pilihlah topik yang menarik sesuai dengan minat para audiens target. Juga sesuaikan topik tersebut dengan keahlian dari tim kamu.

Gunakan Meme yang Menarik

Meme atau mim kian hari kian menyebar luas dengan begitu cepat. Di era digital, berbagai hal bisa diunggah dengan begitu cepat ke media sosial, termasuk meme. Biasanya meme hadir dalam bentuk gambar ekspresi atau orang yang dibuat untuk menghibur atau menyinggung perilaku manusia jaman sekarang.

Meme juga bisa berupa video yang bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu strategi visual marketing. Meme yang menarik akan mampu menarik perhatian pengguna internet, terutama di media sosial.

Buat Kursus Email

Memiliki kemampuan atau keahlian akan sangat membantu dalam menjalankan sebuah bisnis. Keahlian tersebut bisa kamu bagikan dengan orang lain melalui kursus email. Pilihan kursus bisa sangat beragam yang berhubungan dengan bisnis yang kamu jalankan.

Misalnya, jika bisnismu berfokus pada produk makeup, kamu bisa membagikan kursus makeup dengan berbagai jenis pilihan makeup yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan para audiens. Bisa daily makeup, makeup kondangan, atau jenis makeup lainnya.

Gunakan Optimasi Gambar

Sudah terbiasa dengan istilah optimasi? Search Engine Optimization atau SEO merupakan upaya yang bisa pemilik atau pengelola situs web lakukan agar situs web bisa ditemukan di halaman hasil pencarian. 

Optimasi juga bisa kamu lakukan pada gambar. Hal tersebut tentunya akan sangat membantu terutama bagi kamu yang sedang mencari strategi visual marketing yang tepat.

Saat mengoptimasi gambar, itu artinya kamu harus menerapkan kaidah-kaidah  SEO, seperti memperhatikan hak cipta gambar pada gambar yang kamu gunakan. Ukuran gambar yang tepat juga akan berpengaruh dalam hal optimasi.

Belum menguasai teknik SEO atau tidak punya banyak waktu untuk berfokus pada kebutuhan optimasi? Tenang saja, kamu bisa mengandalkan jasa SEO seperti yang disediakan oleh Exabytes.

Perkaya Blog dengan Visual

Untuk melengkapi strategi visual marketing yang kamu rencakan atau bahkan sudah berjalan, mengapa tidak mencoba memperkaya blog dengan visual? Seorang blogger harus selalu mencari ide dan strategi agar orang-orang tidak merasa bosan dengan postingannya.

Oleh sebab itu, perlu sedikit sentuhan yaitu dengan menambahkan konten visual baik berupa gambar, bagan, meme, infografis, atau video. Konten tersebut harus relevan dengan isi blog. Selain terlihat lebih kaya, blog yang berisi konten visual juga akan lebih menarik.

Kombinasi antara warna dan ilustrasi akan dapat meningkatkan retensi sembari memengaruhi pembaca untuk membaca hingga akhir tulisan blog. Kamu juga bisa menambahkan CTA di akhir post blog. Sehingga akan semakin banyak prospek baru yang menghampirimu. 

Kesimpulan

Dengan banyaknya strategi visual marketing yang ada, para pebisnis bisa menerapkan trial and error hingga menemukan strategi marketing yang sesuai. Terlepas dari apapun strategi visual marketing yang akan dipilih, lakukan evaluasi agar bisa melihat hasilnya.

Bila kali ini ingin berfokus pada digital marketing, Exabytes merupakan tempat yang tepat untuk mendapatkan berbagai layanan digital marketing. Cari tahu lebih lanjut sekarang juga!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments