Pahami 10 Tren Bisnis Yang Akan Berkembang di Tahun 2020

173
6 min read

Hi Exabytes Friends!

Bisnis selalu bergerak dinamis seiring dengan berjalannya waktu. Di tahun 2020 ini, beberapa hal pun mulai berubah mengikuti perkembangan zaman mengikuti trend yang ada. Salah satu yang paling signifikan adalah perubahan bisnis konvensional ke bisnis online.

Dengan kita mengikuti trend, kita bisa meningkatkan bisnis kita dan mampu bersaing dengan bisnis lainnya, terutama di bisnis online yang setiap harinya selalu merangkak naik. Hal ini tentu menjadi kunci penting apalagi untuk kamu yang baru saja merintis usaha bisnis.

Berikut ini adalah tren bisnis yang akan berkembang di tahun 2020 yang dapat kamu simak dalam tulisan di bawah ini

Komunikasi Serba Mobile

Internet, smartphone, email akan menjadi alat untuk berkomunikasi yang tidak pernah lepas apalagi bagi generasi milenial zaman sekarang. Untuk meningkatkan komunikasi antar karyawan, banyak bisnis beralih menggunakan aplikasi komunikasi di smartphone. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas kerja, meningkatkan keterlibatan dan lainnya. 

Pahami 10 Tren Bisnis Yang Akan Berkembang di Tahun 2020

Bisnis Tradisional Akan Memanfaatkan E-Commerce Sehingga E-commerce Akan Mendominasi

Perlahan namun pasti, bisnis tradisional akan memanfaatkan platform digital dan bertransformasi menjadi e-commerce yang lebih efektif untuk meningkatkan penjualan mereka. Bisnis digital atau e-commerce lebih efektif karena kita tidak perlu menyiapkan tempat serta dapat menghemat waktu dan budget. Berbicara dari sudut pandang pelanggan, e-commerce juga semakin banyak menjadi pilihan customer karena melalui platform ini, pelanggan dapat menemukan dan membeli kebutuhan apapun hanya dengan satu kali klik. Selain menghemat waktu, pelanggan juga menghemat biaya transportasi dengan berbelanja online.

Pahami 10 Tren Bisnis Yang Akan Berkembang di Tahun 2020

Memberikan Pilihan Yang Sesuai Kepada Pelanggan

Sebagai pemilik bisnis, kita perlu memberikan pengalaman pelanggan (customer experience) yang memuaskan. Salah satunya adalah merekomendasikan produk yang mirip yang sesuai dengan pencarian. Misalnya saja kita membeli baju, maka akan muncul rekomendasi baju yang disesuaikan dengan kebutuhan kita. Beberapa e-commerce sudah menerapkan mesin smart personalization yang digunakan untuk mengenali niat pelanggan. Mesin ini akan mengurangi pilihan yang tidak relevan dan memberikan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Diprediksi bisnis digital yang menerapkan ini akan meningkatkan keuntungan mereka hingga 15% di tahun 2020. 

Baca Juga  Ini Dia 10 Tema WordPress Religi dan Amal di 2020 
Pahami 10 Tren Bisnis Yang Akan Berkembang di Tahun 2020

Review Pelanggan Sangat Penting

Selain harga, calon pelanggan biasanya mempertimbangkan untuk membeli barang karena ulasan atau review. Review pelanggan memainkan peran penting dalam mempengaruhi calon pelanggan untuk membeli produk. Menurut data dari Fan & Fuel, sebanyak 92% orang ragu untuk membeli produk bila tidak ada ulasan. Karena ulasan tersebut membuat calon pelanggan merasa lebih aman jika orang lain sudah mencoba dan memeriksa produk tersebut apakah produk atau jasa tersebut baik atau buruk. 

Pahami 10 Tren Bisnis Yang Akan Berkembang di Tahun 2020

Story Akan Mengambil Alih Feed Instagram

Instagram masih menjadi platform sosial media terbaik untuk memasarkan produk. Saat ini orang-orang mulai bergeser menggunakan Story ketimbang Feed di Instagram. Story adalah konten video pendek berdurasi 15 detik yang akan hilang setelah 24 jam. Awalnya fitur ini diperkenalkan oleh Snapchat namun Instagram pun mengikuti jejak ini dan menjadi trend saat ini. 

Pahami 10 Tren Bisnis Yang Akan Berkembang di Tahun 2020

Story berpeluang lebih berpengaruh memasarkan produk karena durasinya yang pendek dan mayoritas orang lebih sering melihat Story yang daripada scrolling feed instagram. Nah, bila produk kamu ingin dilrik, kamu harus kreatif menyajikan konten story Instagram untuk menarik perhatian audiens.

Peluncuran Teknologi 5G

Sudah kita ketahui bahwa tahun 2020 akan ada revolusi teknologi terbaru yaitu peluncuran 5G. Jaringan 5G siap menawarkan kecepatan unduh rata-rata 1Gbps. Dengan kecepatan yang kencang, hal ini dapat mengubah cara kita berinteraksi di internet yang menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Tentu saja ini sangat menguntungkan pemilik bisnis karena mereka dapat berkomunikasi dengan lebih cepat.

Baca Juga  10 Tools Instagram untuk Menambah Followers di 2020
Pahami 10 Tren Bisnis Yang Akan Berkembang di Tahun 2020

Pekerja Jarak Jauh (Remote) Semakin Berkembang

Belum semua bisnis kecil memiliki infrastruktur untuk menampung para pekerjanya. Salah satu solusi yang dilakukan adalah bekerja jarak jauh (remote). Pekerja bisa melakukan pekerjaan baik di rumah atau co-working place selama memiliki laptop, handphone dan internet untuk mobilisasi pekerjaan. Mereka juga tidak perlu kerja sesuai dengan jam kerja asalkan pekerjaan mereka bisa selesai on time sesuai dengan deadline yang dibutuhkan. 

Pahami 10 Tren Bisnis Yang Akan Berkembang di Tahun 2020

Kebahagiaan Karyawan Menjadi Prioritas

Karyawan yang bahagia bukan hanya tentang perkara gaji yang tinggi. Beberapa hal-hal kecil yang dapat membuat mereka bahagia seperti perlakuan yang baik atau lingkungan kerja yang nyaman. Tempat kerja yang modern, ruang kerja terbuka atau dinding yang berwarna-warni dapat membuat suasana hati menjadi senang. Bila karyawan bahagia, karyawan tersebut bisa lebih berkontribusi dan menjadi produktif secara optimal. 

Pahami 10 Tren Bisnis Yang Akan Berkembang di Tahun 2020

Big Data Untuk Bisnis Kecil

Sejauh ini Big Data digunakan untuk perusahaan besar untuk melakukan bisnis dan pemasaran. Tetapi Big Data akan segera dimanfaatkan oleh bisnis kecil. Aplikasi analitik yang mudah digunakan telah menjamur yang akan membuat kontekstualisasi big data lebih mudah. Penting bagi setiap bisnis untuk memiliki strategi big data yang kompetitif agar bisnis mereka bisa lebih menonjol. Data yang dimiliki tidak hanya kompetitif tetapi juga harus menawarkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti agar menjadi lebih efektif.

Pahami 10 Tren Bisnis Yang Akan Berkembang di Tahun 2020

AI Tidak Akan Mengambil Alih

AI diperkirakan tidak akan mengambil alih pekerjaan manusia tetapi AI membantu dalam mendukung memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan. AI akan menjadi rekan kerja yang menolong pekerjaan kita menjadi lebih efisien dan melayani pelanggan dengan 

Pahami 10 Tren Bisnis Yang Akan Berkembang di Tahun 2020

Bagaimana, apakah trend bisnis ini membuka wawasanmu? Semoga bisa membantu meningkatkan bisnismu ya!

Credit to Audina Chairunnisa

Visit her linkedin: https://www.linkedin.com/in/audina-chairun-nisa-760303158

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here