Panduan Install Laravel di Windows

108
Panduan Install Laravel di Windows
5 min read

Di waktu framework PHP belum populer seperti sekarang atau belum muncul sekitar tahun 2002, Salah satu cara untuk membuat website yaitu menggunakan PHP murni. Kamu perlu menulis kode dari awal sampai akhir untuk membangun website tersebut yang menjadi kurang efektif dan menghabiskan waktu. Namun seiring teknologi yang berkembang, kini tersedia framework PHP yang memudahkan Kamu untuk membangun website secara terstruktur dan efisien. 

Beberapa framework tersebut yang cukup populer saat ini yaitu CodeIgniter, Laravel, Yii Framework. Nah jika Kamu sebelumnya pengguna PHP murni dan ingin mengenal lebih dalam framework ini, silahkan ikuti artikel ini sampai akhir. 

Pada artikel ini Kami akan coba bahas framework laravel terlebih dahulu dan memberikan panduan install Laravel di Windows. Selamat membaca.

Pengertian Framework Laravel

Laravel adalah salah satu framework PHP yang paling populer digunakan di seluruh dunia untuk membangun aplikasi web mulai dari proyek kecil hingga besar. Laravel adalah pilihan pengembang profesional karena kinerja, fitur, dan skalabilitasnya. 

Laravel memiliki struktur MVC (Model View Controller) yang membuatnya mudah dipelajari dan membuat prototype aplikasi web dengan cepat. Laravel menghilangkan kesulitan dalam pengembangan aplikasi web dengan menyediakan fitur bawaan seperti authentication, mail, routing, sessions dan masih banyak lagi.

Laravel sangat mudah untuk disesuaikan sehingga Kamu dapat membuat struktur proyek Kamu sendiri yang memenuhi permintaan aplikasi web Kamu. Dengan sintaks Laravel yang indah dan elegan, Kamu dapat menulis kode yang cukup jelas dan ekspresif.

Laravel dibuat oleh Taylor Otwell pada tahun 2011, sejak itu dia telah banyak mengembangkan framework ini dan membuatnya compatible dengan teknologi web terbaru.

Baca Juga  17 Istilah dalam Dunia Hacking yang Wajib Anak IT Ketahui 

Aplikasi Pendukung Laravel

Sebelum masuk ke pembahasan utama panduan install Laravel di Windows, perlu diperhatikan bahwa ada beberapa aplikasi pendukung yang harus Kamu install dahulu. Berikut ini 2 aplikasi pendukung yang harus Kamu download dan install : 

Kamu bisa download 2 aplikasi tersebut di link yang sudah Kami sediakan diatas, setelah itu install 2 aplikasi tersebut namun dimulai dengan menginstall XAMPP terlebih dahulu.

Untuk cara install XAMPP Kamu hanya perlu klik next saja sampai akhir. Untuk install Composer hampir sama hanya klik next saja, namun pastikan lokasi tempat instalasi Composer harus berada di C:\xampp\php\php.exe. 

Jika Kamu sudah menginstal 2 aplikasi tersebut, maka selanjutnya Kamu sudah bisa masuk ke pembahasan utama artikel ini yaitu panduan install Laravel di Windows.

Panduan Install Laravel di Windows

Cara install Laravel di Windows sebenarnya cukup mudah, Kamu hanya perlu 4-5 langkah untuk menginstalnya. Silahkan simak panduannya sampai akhir.

Masuk ke CMD

Pertama Kamu masuk terlebih dahulu ke CMD atau Command Prompt. Kamu tekan tombol di keyboard Win+R, lalu ketik CMD dan tekan tombol OK.

Install Laravel di Windows

Masuk ke Direktori XAMPP

Jika sudah masuk ke terminal CMD, langkah selanjutnya yaitu Kamu perlu masuk ke dalam direktori file server. Lokasinya yaitu di xampp/htdocs. Untuk bisa ke direktori tersebut, Kamu ketikkan perintah atau kode dibawah ini pada terminal CMD.

cd \xampp\htdocs
Instal Laravel

Install Framework Laravel

Saat ini Kamu sudah berada di direktori file server yaitu xampp/htdocs. Selanjutnya yaitu install Laravel yang mana file Laravel tersebut ada di repositori Github. Silahkan masukkan perintah dibawah ini pada terminal Command Prompt Kamu. 

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel nama_projectmu
Cara Install Laravel

Untuk nama_projectmu, Kamu bisa ganti sesuai keinginan atau bisa juga nama project yang akan dikerjakan. Jika sudah, Kamu tekan tombol Enter untuk memulai install. Composer mulai memproses download data laravel sekaligus melakukan penginstalan Laravel di direktori htdocs. Pastikan jaringan atau koneksi internet Kamu stabil agar proses ini bisa berjalan lancar.

Baca Juga  Apa Saja Kelebihan WhatsApp API Business Untuk Bisnis Online?
Langkah Memasang Laravel

Cek Instalasi Laravel

Jika proses instalasi Laravel sudah berhasil, maka seharusnya di dalam direktori /xampp/htdocs akan terlihat folder baru sesuai dengan nama project yang tadi Kamu masukkan.

Cara Pasang Laravel

Untuk memastikan bahwa Laravel benar – benar sudah terinstal, Kamu bisa kembali ke terminal Command Prompt tadi. Pastikan direktori berada di /xampp/htdocs. Jika sudah berada di direktori tersebut, silahkan masukkan kode dibawah ini pada terminal dan tekan Enter:

Php artisan serve
Laravel

Nanti pada terminal muncul tulisan Laravel Development Server Started dan ada sebuah URL disampingnya seperti dibawah ini. Kamu bisa masukkan URL tersebut di browser http://127.0.0.1:8000/. Jika install Laravel berhasil maka di web browser akan tampil halaman web seperti di bawah ini:

Tampilan Laravel

Tampilan diatas menandakan Laravel sudah terpasang di Windows.

Kesimpulan

Sekian informasi dari Kami mengenai panduan install Laravel di Windows. Laravel ini mempunyai fitur dan packages yang bisa Kamu tambahkan sendiri. Laravel layak Kamu pertimbangkan untuk membuat aplikasi web yang cukup kompleks. Namun tentu saja, Kamu perlu menyesuaikan dengan kebutuhan aplikasi web yang Kamu buat atau kembangkan.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Kamu semua. Jika Kamu ingin mencoba membuat website menggunakan Laravel dan langsung online silahkan gunakan Web Hosting dari Exabytes gratis domain dan SSL dengan harga terjangkau. Miliki website impianmu yang cepat dan aman bersama Exabytes.

Baca Juga: Penyebab Deindex Google dan Cara Mengatasinya