17 Cara Jitu Meningkatkan Traffic Website Kamu

498
Cara Jitu Meningkatkan Traffic Website
Raih Kemenangan
11 min read

Bagi pengusaha dan marketers, tidak ada hal yang lebih penting dibandingkan pelanggan. Banyak orang mencoba berbagai strategi marketing untuk diterapkan untuk bisnis. Salah satunya dengan menggunakan website.

Tetapi banyak orang yang hanya mementingkan tampilan desain website yang menarik saja, namun tidak mempertimbangkan cara untuk menarik pengunjung datang. Alhasil, website tidak efektif digunakan dan kamu akan kalah saing dengan kompetitor lain karena websitemu memiliki traffic yang rendah atau bahkan konten websitemu tidak muncul di halaman pencarian.

Mungkin banyak yang merasa website tidak efektif dalam menarik pengunjung. Apa sih yang menyebabkan website kamu memiliki pengunjung yang sedikit? Bagaimana cara meningkatkan traffic website? Semua itu tergantung dari strategi yang kamu lakukan untuk menonjolkan website kamu dibandingkan website yang lain. Yuk kita pahami lebih lanjut cara meningkatkan traffic website pada artikel dibawah ini!

Apa itu Traffic Website?

Traffic website mengacu kepada pengguna yang mengunjungi website. Traffic website merupakan jumlah pengguna yang mengunjungi website, durasi kunjungan pengguna selama di website, konten atau informasi yang mereka lihat, dan lainnya. Semua hal tersebut akan tercatat pada server. Data-data tersebut nantinya akan dapat dianalisis oleh pemilik website untuk lebih memahami aktivitas pengunjung website.

Dengan mengetahui data traffic website, pemilik website dapat menganalisis bisnis mereka lancar atau tidak, konten seperti apa yang paling menarik pengunjung, dan lainnya.

Kenapa Perlu Meningkatkan Jumlah Traffic Website?

Traffic website akan sangat membantu perkembangan bisnis kita. Berikut merupakan faktor-faktor yang menjadi alasan pentingnya traffic website:

Mengetahui keefektifan kegiatan marketing yang dilakukan

Dengan mengetahui traffic website, kita akan mengetahui strategi pemasaran kita efektif atau tidak. Kita dapat mengevaluasi strategi sebelumnya berdasarkan data traffic website yang tercatat. Selanjutnya, kita bisa memilih langkah yang akan diambil agar website semakin efektif dan menarik pengunjung lebih banyak.

Mengumpulkan informasi mengenai pengguna

Traffic website berisi data-data konkret terkait pengguna yang mengunjungi website kita. Kita dapat melakukan analisis mengenai apa yang dicari dan dilihat oleh pengguna. Sehingga kita dapat mengetahui topik apa yang disukai pengguna, link yang menarik perhatian mereka, apakah pengunjung pada akhirnya melakukan transaksi, dan lainnya. Sehingga kita dapat memahami seperti apa pengunjung website kita.

Meningkatkan SEO dan kredibilitas mesin pencarian

Dengan meningkatnya traffic website, maka peringkat website akan semakin tinggi pada mesin pencarian. Tingginya peringkat website akan memengaruhi pengunjung untuk datang. Hal ini dikarenakan apabila seseorang mencari suatu kata kunci melalui mesin pencarian, website kamu akan lebih mungkin ditampilkan di urutan peringkat atas mesin pencarian.

Menghasilkan lebih banyak petunjuk, perubahan, dan pelanggan

Dengan traffic website, kita akan mengetahui mengenai apa yang perlu ditingkatkan dan perlu dihilangkan dari website kita, konten seperti apa yang populer. Dengan traffic website yang meningkat, informasi dari website telah dipahami oleh para pengunjung sehingga berpotensi untuk melakukan transaksi pembelian juga.

Cara Meningkatkan Traffic Website

Cara meningkatkan traffic website

Seorang pemilik website dituntut untuk pandai dalam memasarkan website mereka. Kita harus bisa membentuk kegiatan-kegiatan dalam dunia digital agar website kita dikenal banyak orang. Terobosan baru dan konsistensi dalam memasarkan produk harus dilakukan agar website kita lebih baik dibandingkan kompetitor. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan traffic website:

1. Advertise

Kita bisa menampilkan iklan website kamu di berbagai platform. Masing-masing platform memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri tergantung dari tujuan mana yang ingin kita capai. Apabila kita ingin traffic website juga berpengaruh kepada meningkatnya penjualan, maka kita bisa menggunakan kata kunci yang menjual sebagai strategi pemasarannya. Beberapa kegiatan pengiklanan yang bisa kita lakukan yaitu Google Search Advertising dan Google Maps Advertising.

Advertise untuk meningkatkan traffic website
  • Google Search Advertising

Google Ads ini merupakan strategi marketing berbayar. Dimana website kita akan tampil pada peringkat atas mesin pencarian terhadap kata kunci tertentu. Peringkat akan disesuaikan dengan relevansi kata kunci yang dicari oleh pengunjung. Google Search Advertising hanya akan meminta pembayaran ketika seseorang memencet iklan bisnis kamu.

  • Google Maps Advertising

Kita juga bisa menggunakan Google Maps Advertising untuk website kita. Iklan ini memungut biaya, namun feedback yang didapatkan sangat tinggi. Jika menggunakan iklan seperti ini, website kita akan muncul di peringkat atas pada Google Maps.

2. Memasarkan melalui Sosial Media

Social media untuk meningkatkan traffic website

Dalam membuat sebuah website, kita harus aktif memasarkan bisnis kita pada platform lain. Kita tidak boleh hanya mengandalkan pengunjung datang sendiri. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan memasarkan melalui sosial media.

Baca Juga  Kenalan Dengan Clubhouse Yuk, Aplikasi Audio Chat Yang Sedang Viral!

Sosial media yang kamu pilih harus disesuaikan dengan bisnis kamu. Apabila bisnis kamu mengandalkan foto atau gambar produk, maka kamu bisa menggunakan platform seperti Pinterest, Instagram, TikTok. Sosial media dapat mengoptimalkan pemasaran yang dilakukan karena iklan akan ditampilkan sesuai dengan target yang diinginkan.

3. Display Advertising

Display Advertising

Display Advertising merupakan iklan yang berbentuk gambar atau video yang dipasang untuk memasarkan produk atau jasa sebuah perusahaan. Display Advertising biasanya dipasang pada website-website yang relevan dengan bisnis pemasang iklan tersebut. Pasti kamu sudah sering melihat iklan sejenis ini. Biasanya display advertising dapat dimuat di berbagai posisi seperti atas, samping, dan bawah. Display advertising akan membuat bisnis kita terlihat profesional, meningkatkan brand awareness, dan juga pelanggan.

4. Retargeting Advertising

Retargeting Ads dapat tampil pada sebuah website atau sosial media. Iklan jenis ini biasanya ditujukan kepada orang-orang yang sudah pernah mengunjungi website atau menjadi pelanggan pada bisnis kita. Sehingga iklan ini dibuat untuk menarik pelanggan itu untuk kembali datang.

5. Buat Judul dan Konten yang Menarik

Judul menjadi faktor penting yang dapat menarik pengunjung. Jika judul yang dibuat saja tidak menarik, pengunjung akan malas untuk membaca isinya. Hal itu akan mempengaruhi traffic website kamu juga. Pengunjung akan malas untuk melihat isi website lainnya karena tidak menarik untuk dibaca. Alhasil website kamu akan sepi pengunjung, guys!

6. Optimasikan Search Engine Optimization (SEO)

optimasikan SEO

Kamu sangat membuang kesempatan apabila tidak memanfaatkan SEO pada website. Optimasikan penggunaan SEO untuk konten website. SEO yang baik akan membuat website memiliki peringkat tinggi pada mesin pencarian. Untuk memaksimalkannya, kamu juga bisa menggunakan link internal yang mengarahkan pengunjung ke konten yang lain. Dengan memasukkan link internal, kamu juga membuat pengalaman mudah dan bermanfaat kepada para pengguna.

7. Gunakan Long-Tail Keyword

Longtail Keyword untuk SEO agar bisa meningkatkan traffic website

Kata kunci yang baik akan berdampak besar pada traffic website kita. Cobalah gunakan Long-Tail Keyword pada konten kamu. Maksudnya adalah kamu bisa menggunakan kata kunci yang panjang dan disukai oleh pengunjung. Kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu mengenai kata kunci yang paling dicari oleh pengguna. Sehingga konten website kamu akan semakin besar kesempatannya untuk muncul pada peringkat atas mesin pencarian.

8. Unggah Konten ke Linkedin

Linkedin banyak digunakan sebagai platform untuk mencari pekerjaan. Namun, platform Linkedin juga dijadikan sebagai platform untuk menerbitkan konten website kamu, lho! Linkedin sudah menjadi tempat penerbitan konten setiap perusahaan. Konsisten dalam menyebarkan konten ke Linkedin akan memengaruhi traffic website kamu. Publikasikan konten yang menarik dan cantumkan link website kita untuk meningkatkan traffic website kita.

9. Gunakan Email Marketing

email marketing

Selanjutnya adalah menggunakan email marketing. Biasanya email marketing digunakan untuk memberikan update terbaru terkait perusahaan, newsletter, penawaran menarik, dan lainnya.

Dengan menggunakan email marketing akan sangat membantu dalam meningkatkan traffic website kita. Selain itu juga membantu perusahaan untuk tetap menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Jangan lupa untuk mencantumkan link yang mengarah kepada website kita. Jika kamu butuh email marketing, Exabytes memiliki layanan Email Marketing Ebuzzzz lho.

Baca Juga  Yuk Cari Tahu Algoritma TikTok Agar Videomu Viral

Hal yang perlu dihindari dari penggunaan email marketing yaitu spamming. Hindari terlalu banyak mengirim email kepada pelanggan dalam waktu yang berdekatan. Hal tersebut akan membuat pelanggan menjadi tidak nyaman bahkan sampai berhenti berlanggan dengan perusahaan kita.

10. Pastikan Website Responsif dan Cepat

Apabila kamu ingin mengarahkan pengunjung ke website, perlu diperhatikan apakah website kamu dapat digunakan di berbagai perangkat seperti smarthphone. Buatlah website yang mobile friendly sehingga pengguna dapat mengakses dari smartphone dimana saja dan kapan saja.

Optimalkan website secara teknis seperti ukuran file foto, struktur halaman, dan lainnya. Website harus dapat diakses dengan cepat oleh pengguna. Website yang lambat akan membuat pengunjung meninggalkan website kamu lebih cepat.

11. Pelajari Analisis Data Website

Pelajari analisis website

Kamu dapat lakukan analisis insights website sehingga kamu mengetahui hal yang harus ditingkatkan dan hal yang hanya membuang waktu saja. Insights data ini akan menunjukan berbagai informasi terkait mulai dari jumlah pengunjung, link yang mereka tekan, konten yang mereka cari, cara mereka sampai ke website, dan lainnya. Kamu bisa mencoba Google Analytics untuk melihat traffic website kamu.

12. Riset Kompetitor

Dalam mengoptimalkan sebuah website, kita juga harus melakukan riset kepada kompetitor kita. Kita bisa melihat apa yang sedang ia kerjakan, topik seperti apa yang sedang banyak dibuat oleh perusahaan sejenis, dan lainnya. Lalu kita bisa membuat konten sejenis yang lebih kreatif dan inovatif lagi. Sehingga akan mendatangkan traffic website lebih banyak lagi.

13. Gunakan Google My Business

Google My Business

Penggunaan Google My Business dalam website kamu dapat menarik pengunjung datang tujuh kali lebih banyak lho guys! Kamu perlu mencantumkan informasi yang lengkap dan sesuai sehingga pengguna dapat melihat bahwa perusahaan kamu sesuai dengan kebutuhan mereka. Apabila informasi yang dicantumkan sesuai dengan pengguna, maka mereka akan langsung mengunjungi website atau bahkan langsung melakukan transaksi dengan kamu.

14. Manfaatkan Backlink

Backlink adalah link pada sebuah website yang mengarahkan pengguna ke website. Backlink sangat berpengaruh lho terhadap website. Kita bisa mencantumkan link website kita pada halaman lain yang banyak pengunjung. Sehingga memungkinkan bagi mereka untuk mengunjungi website kamu.

Selain menarik pengunjung lebih banyak, backlink dapat meningkatkan traffic website kita. Semakin banyak backlink dari situs yang berkualitas akan memengaruhi website kamu untuk mencapai peringkat atas pada mesin pencarian Google.

15. Perbarui Konten yang Sudah Lama

Pengelola website harus melakukan evaluasi konten mereka. Konten yang sudah expired atau telah lama diunggah dapat di update kembali. Konten dengan topik yang sama tersebut dapat diperbarui dan disesuaikan dengan situasi dan perilaku masyarakat saat ini.

16. Buat Webinar Gratis

Kamu bisa membuat webinar gratis untuk para pengikut website kamu, lho! Siapa tahu pengunjung website milikmu gemar mencari ilmu baru untuk meningkatkan potensi diri mereka. Manfaatkan isu terkini dan bermanfaat untuk dijadikan topik webinar lho.

Kamu bisa mengundang pembicara handal dan disukai oleh masyarakat untuk menarik pengunjung lebih banyak. Dengan membuat event webinar maka pengunjung akan banyak yang datang ke website untuk sekedar mencari informasi, melakukan pendaftaran, atau mengajukan pertanyaan.

Influencer Marketing

Influencer marketing

Terakhir, yang lagi ngetrend juga adalah infleuncer marketing. Banyak orang mengikuti figur terkenal untuk dijadikan hiburan atau sumber informasi terkini. Manfaatkan dan ajak kolaborasi influencer untuk bekerja sama dengan perusahaan kamu. Kamu bisa mencari influencer yang kemampuan atau kegiatannya sesuai dengan bisnis kamu.

Startegi marketing ini sangat efektif karena dapat langsung mendapatkan feedback besar. Selain itu, strategi ini tidak membutuhkan biaya yang besar bahkan banyak influencer yang tidak mematok biaya dalam mempromosikan sebuah produk. Kamu juga bisa memilih influencer di berbagai media sosial seperti Twitter, Instagram, TikTok, dan lainnya.

Banyak banget kan cara-cara untuk meningkatkan traffic di website? Sayang banget kalau punya website tapi traffic kamu masih rendah. Oleh karena itu, mulai coba yuk beberapa langkah di atas untuk menaikkan traffic website kamu.

Semoga tips ini bisa bermanfaat untukmu ya, Exabytes Friends!

Credit : Carissa Dea Chrestella Prayudhi

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
Raih Kemenangan