Inilah Pengaruh Backlink Terhadap Website

84
10 min read

Halo, Exabytes friends! Mungkin kata backlink udah gak asing di telinga kamu, terutama buat kamu yang berkecimpung di dunia teknologi informasi. Backlink sendiri juga merupakan kata yang paling sering dipakai di dalam dunia search engine of optimization (SEO) loh.

Tapi, banyak juga masyarakat awam di luar sana yang masih keliru dan salah paham mengenai backlink ini. Jadi di artikel kali ini, kita akan sama-sama belajar untuk mengerti lebih dalam mengenai backlink, mengapa backlink ini essentials dan kenapa backlink ini penting untuk SEO website kamu, tips mendapatkan Backlink ataupun manfaatnya. Kita juga akan membahas atribut dari backlink ini dan tidak lupa perbedaannya dengan link lain.

Yuk, cari tahu dulu apa itu backlink!

Apa itu Backlink?

Inilah Pengaruh Backlink Terhadap Website

Nah, backlink ini merupakan sebutan link yang menuju ke dalam suatu halaman, post ataupun situs web. Link ini ditanamkan di website lain dan mengarahkannya ke website yang di optimisasi. Jadi, kata gampangnya adalah si pengguna backlink ini mereferensikan suatu tautan atau link yang diarahkan ke website lainnya. 

Contohnya bisa kita lihat seperti skenario di bawah ini:

Contohnya adalah kita sedang membuat konten artikel mengenai ‘Ada Jutaan Pengguna Smartphone di 2020,’ maka hal yang kita lakukan adalah research terlebih dahulu informasi relevan untuk menuliskan konten tersebut. Setelah itu, kita sebagai penulis akan memberikan referensi link “Data Pengguna Smartphone” dari website A yang telah kita research sebelumnya. Jadi, kita sendiri telah melakukan backlink ke website A. 

Nah, cara kita memakai Backlink adalah dengan memberikan suatu link ke situs lain (outbound link) adalah dengan menggunakan anchor text tertentu.

Atribut Backlink

Untuk backlink ini sendiri, ada dua atribut yang biasa digunakan, yaitu Backlink Dofollow dan Backlink Nofollow. Keduanya memiliki fungsi berbeda nih dalam hal SEO! 

Backlink Dofollow

Pertama ada Backlink Dofollow yang merupakan suatu link yang meminta search engine untuk mengikuti website yang dimasukkan dalam link tersebut. Jadi, robot pencari akan menggunakan link yang ada dalam postingan sebagai salah satu yang harus di index oleh mereka. Singkatnya atau lebih mudahnya, Backlink Dofollow adalah link yang dapat di klik langsung menuju ke situs yang ditargetkan.

Seperti contohnya, kita bisa klik link Google ini dan langsung menuju ke halaman Google tersebut karena linknya aktif. 

Backlink Nofollow

Yang kedua ada Backlink Nofollow. Backlink Nofollow ini adalah kebalikan dari Backlink Dofollow, yaitu link yang tidak dapat menuju langsung ke suatu halaman dan link tersebut tidak aktif, jadi ini hanyalah tulisan biasa dan tidak bisa menuju ke situs yang ditargetkan.

Nofollow link memberikan cara bagi webmaster untuk memberitahu mesin pencari “Jangan ikuti tautan di halaman ini” atau “Jangan ikuti tautan khusus ini”.

Awalnya, tautan nofollow muncul di meta tag tingkat halaman, dan menginstruksikan search engine untuk tidak mengikuti link atau tautan keluar pada suatu halaman.

Contoh untuk memperjelasnya:

Google merupakan Link Dofollow (karena bisa di klik)

Google merupakan link Nofollow (karena link tidak aktif)

Perbedaan mereka berdua terletak di dalam linknya, di Link Dofollow, link tersebut aktif dan dapat membawa kita ke halaman lain sedangkan Nofollow Link tidak.

Perbedaan External Link dengan Internal Link

Inilah Pengaruh Backlink Terhadap Website

Menggunakan link internal dan eksternal yang relevan di situs kita pada akhirnya akan meningkatkan visibilitas pencarian dan rank situs web kita loh. Dengan mengenali lebih banyak tentang struktur link kita dari pos ini dapat membantu konten kita untuk tampil di peringkat yang lebih tinggi.

External Link (Backlink)

External link adalah link yang mengarahkan kita untuk menuju ke website lainnya. Hal ini dilakukan untuk memberikan informasi tambahan dan referensi kepada satu website. 

Biasanya tautan ini digunakan dalam posting blog tempat kita menautkan posting blog kita ke situs web lain. Nah, cara ini akan membantu situs web kita untuk peringkat yang baik pada hasil search engine.

Internal Link

Internal link adalah hyperlink yang menunjuk pada domain yang sama dengan domain yang ada pada link (sumber). Jenis link ini digunakan untuk melakukan tautan internal halaman situs web kita seperti jika kita memiliki postingan blog yang lama, maka kita bisa melakukan link internal dengan posting blog baru (related post). Ini adalah faktor yang sangat penting dari SEO. 

Baca Juga  Prediksi Tren dan Optimalisasi Website dengan SEO (Ulasan Webinar EDD On Air)

Jika satu blog situs web kita mendapatkan lebih banyak lalu lintas daripada blog lain yang kita tautkan di dalam post (Backlink Dofollow), ini akan meningkatkan traffic website kita. Hal ini juga dapat membantu mesin pencari dalam menganalisis banyaknya halaman pada situs kita.

Internal link ini sama sama memiliki pengaruh dengan external link (backlink). Bedanya, pemilik website bisa mengendalikan 100% jumlah, lokasi, dan strukturnya.

Pengaruh Backlink Terhadap Website

Inilah Pengaruh Backlink Terhadap Website

Setelah mengenal lebih lanjut apa itu Backlink, atribut dari Backlink dan juga perbedaannya dengan Internal Link, disini kita akan sama sama membahas apa sih pengaruhnya Backlink terhadap Website kita, apa saja manfaat yang bisa Backlink berikan kepada website yang kamu punya. Yuk, langsung disimak manfaatnya dibawah ini!

Meningkatkan Kredibilitas Website di Mata Search Engine

Secara mudahnya, Backlink ini dapat memberitahu Google bahwa situs yang kita miliki merupakan suatu situs yang dapat dipercaya dan memberikan informasi yang benar-benar diinginkan oleh pembaca dan juga tidak berisi hoaks. 

Semakin banyak backlink yang diterima oleh blog/website, maka situs kita ini akan dianggap semakin berkualitas. Karena mendapat banyak referensi dari situs lain.

Namun, hal ini bukanlah menjadi sebuah acuan. Tetap saja kualitas diatas kuantitas, backlink yang berpengaruh positif adalah yang kualitasnya oke dan didapatkan dengan cara alami, bukan dengan spam di komentar website orang lain. 

Hal ini akan berdampak buruk terhadap ranking website kita. Selain itu, apabila backlink yang didapatkan adalah dari sumber tidak jelas juntrungnya maka ini juga akan sangat mempengaruhi situs kita dan website kita akan dianggap sebagai website spam yang tidak jelas. 

Meningkatkan Kualitas SEO DAN SERP

Jumlah backlink bukanlah pengaruh utama terhadap keberhasilan suatu website dalam menempati halaman pertama search engine. Website yang memiliki banyak backlink belum tentu dapat mengalahkan website yang hanya memiliki jumlah backlink yang sedikit.

Balik lagi dalam poin pertama, kualitas dari backlink tersebut juga berpengaruh terhadap Search Engine Results Pages (SERPs) dan SEO suatu website. 

Meningkatkan Traffic Website

Yang ini adalah hal yang jelas merupakan manfaat dari penggunaan Backlink. Semakin banyak backlink yang kita miliki dari berbagai situs web, semakin besar peluang kita untuk meningkatkan traffic website. Dan itu tentunya dari situs website yang memberi Anda backlink.

Brand Awareness

Nah, hal ini sungguh menguntungkan untuk kita sebagai website yang diberikan backlink dari situs web lain. Situs web lain yang menautkan ke situs web kita pastinya akan memberikan kita visibilitas ke para audiencenya dan juga dengan hal tersebut mereka akan lebih aware dengan situs web yang kita punya. Lain daripada itu, hal ini tentunya akan juga membawa mereka masuk ke dalam website kita dan melihat apa yang kita tawarkan atau hal lainnya, ini bisa dikategorikan sebagai pengiklanan gratis loh! Jadi, kita anggap saja kalau ini bentuk iklan gratis!

Membuat Hubungan Baru

Ketika audience membaca konten yang baik dan melihat kepada backlink ke sumber atau penulis tersebut, pastinya mereka akan penasaran dan mereka  akan dengan mudahnya mengklik pada backlink ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang siapa dan apa sih isi yang ditawarkan di link tersebut.

Hal ini juga bisa membuat banyak newsletter untuk bergabung dengan newsletter kita loh. Mereka mungkin terhubung dan mengikuti profil media sosial kamu atau mereka mungkin membaca blog kamu dan kemudian menandainya atau berlangganan RSS feed kamu. Jadi, link sederhana ini dapat membawa hubungan baik antara website yang kita punya dan juga audience bersama-sama tanpa bantuan search engine.

Hubungan Jangka Panjang

Internet di zaman sekarang ini adalah salah satu sumber data besar yang akan terus tumbuh dan akan selalu diakses sebagai sumber informasi oleh banyak orang. Jika kita bisa mendapatkan link berkualitas tinggi yang membentuk direktori terkemuka, ini akan menjadikan website kita sebagai situs web yang akan terus muncul selama bertahun-tahun yang akan datang dan tentunya akan membantu untuk mengarahkan traffic website kita. 

Baca Juga  Ini Dia Beberapa Tools Praktis untuk Cek Traffic Website yang Super Mudah!

Tips Mendapatkan Backlink

Setelah mengenal dan mengetahui manfaat yang didapatkan dari backlink untuk Website, tentunya kita semua pasti ingin dong mendapatkan backlink ini, tapi gimana ya caranya? 

Inilah Pengaruh Backlink Terhadap Website

Idenya sebenarnya sangat sederhana sih, kamu bisa cukup minta situs yang kamu mau untuk request backlink. Ini cara langsung untuk mendapatkan backlink, selain berfungsi dengan baik, cara ini juga sangat mudah. Namun, terkadang permintaan kamu bakalan diabaikan karena itu bukan prioritas mereka. Lainnya, permintaan kamu bakalan ditolak mentah-mentah. Belum tentu kamu bahkan mendapatkan respons, buruknya lagi respon yang didapatkan bisa saja tidak sesuai dengan respons yang kamu inginkan. 

Backlink yang berkualitas tidak didapatkan dengan mudah loh, jadi kita harus tau banyak strategi untuk membangun backlink baik yang berkualitas. 

Jadi apa sih sekiranya yang harus kita lakukan? Kita harus membuat permintaan backlink yang tidak mungkin mereka abaikan atau tolak. Memang bukan pekerjaan yang mudah, namun jika kita mengenali apa sih yang dicari maka itu semua akan jauh lebih mudah.

Nah, berikut akan kami bagikan tips dan cara mendapatkan backlink berkualitas di website yang kamu punya.

Bangun Kredibilitas

Awal untuk mendapatkan backlink yang sangat berkualitas, maka kita harus membuat kredibilitas kita terlebih dahulu. Karena website biasanya ingin backlink berkualitas yang pastinya didapatkan dari website yang juga berkualitas. 

Konten yang relevan

Hal lain yang perlu kita lakukan untuk mendapatkan backlink adalah untuk melakukan riset dan menargetkan situs web mana yang akan kita request untuk backlink. Namun, tentunya konten yang kita tuliskan haruslah relevan dan cocok dengan situs web tersebut, tidak mungkin mereka akan backlink website milik kita apabila konten yang kita buat tidak satu tema dengan apa yang mereka berikan pada audiencenya. 

Buat Konten Yang Unik

Selain konten kamu lengkap dan relevan, pastinya konten kamu harus unik dan stand out dari konten lainnya. Bahkan, lebih baik jika membuat konten yang belum pernah ada sebelumnya.

Punya Pengaruh

Selain konten kita relevan, konten kita juga wajib untuk memiliki pengaruh terhadap readers, maka Google akan segera menilai website kamu tidak hoaks dan berkualitas yang tentunya akan meningkatkan SEO website kamu.

Menjalin Relasi Pertemanan

Untuk seorang blogger, jangan sampai terlewat untuk ikut bergabung dalam sebuah komunitas. Misalnya seperti komunitas blogger beauty se-Jakarta yang menjadi wahana efektif untuk saling bertukar pikiran mengenai beauty related dan juga kita akan menambah jejaring pertemanan. 

Kalau kamu beruntung, bisa jadi bakalan ada satu atau dua orang yang tertarik dengan website kamu dan bersedia untuk diajak saling bertukar link yang akan memberikan manfaat untuk kedua belah pihak.

Skyscraper

Skyscraping ini sendiri adalah proses menemukan konten di website kamu yang sudah bagus, lalu membuatnya semakin populer lagi. Konsep ini awalnya dibuat oleh Brian Dean dari Backlinko. Skyscraper hingga saat ini tetap merupakan cara yang efektif untuk menghasilkan ide konten unik yang bisa menghasilkan tautan ke website kamu.

Infografis

Mengandalkan visual, menarik untuk dilihat, membuat banyak orang memilih dan menyukai infografis. Banyak sekali content creator yang membagikan konten infografis mereka. Ketika kita sudah membuat infografis untuk website yang kita punya, mungkin ada orang tertarik yang akan membagikan infografis relevan ini ke website yang mereka punya, tentunya mereka akan menautkan ke website kamu melalui backlink. Jika mereka menautkan website milik kamu, berarti kita telah menemukan dan juga mendapatkan backlink yang berkualitas.

Sekian informasi tentang tips bagaimana caranya untuk memperoleh backlink yang berkualitas, beberapa pengaruh backlink terhadap website kamu, dan juga pengertian lebih jelas mengenai backlink dan perbedaannya dengan link lain.

Setelah melihat informasi diatas, ayo mulai sekarang ikuti tips dan trik yang diberikan agar mendapatkan backlink yang berkualitas untuk membantu situs web kamu biar ada di posisi pencarian yang lebih bagus di mesin pencarian yaa. Sangat disarankan buat kalian Exabytes friends untuk menggunakan Backlink ini untuk mengoptimalkan SEO website kamu! 

Semoga dengan informasi ini dapat memberikan gambaran kepada teman teman di Exabytes dan dapat kalian jadikan sebagai salah satu referensi untuk bisa mendapatkan backlink yang valid dan berkualitas.

Credit : Derisna Waisa

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here