Penjelasan Backlink, Pengertian, Jenis, Hingga Cara Mendapatkannya

0
2619

Dalam dunia SEO, backlink merupakan salah satu hal yang umum untuk perlu diketahui dan pelajari. Backlink memiliki peran yang cukup penting pada saat melakukan upaya SEO untuk website kamu.

Melihat perspektif dari search engine seperti halnya Google, penjelasan backlink merupakan suatu hal yang dianggap sebagai sebuah cara memverifikasi relevansi dan otoritas dari website milik kamu.

Dalam SEO, pembuatan konten dan optimasi website terhitung penting dikarenakan dibutuhkan suatu website yang dapat menjawab keinginan dari audiens.

Namun, hal tersebut tidaklah cukup, konten berkualitas perlu dibantu dengan backlink untuk memvalidasi website yang kamu miliki sehingga tingkat kepercayaannya menjadi tinggi.

Mendapatkan backlink seperti halnya mendapat rekomendasi dari orang lain, kamu akan menjadi semakin dikenal dan dipercaya oleh seseorang.

Lantas, apa sebenarnya backlink itu? Apa manfaat backlink terhadap upaya SEO yang kamu lakukan? Seperti apa saja macam-macam jenis backlink yang ada? Bagaimana cara mendapatkan dan mengimplementasikannya? Serta hal apa saja yang perlu untuk kita ketahui untuk mengimplementasikan backlink?

Seluruh pertanyaan tadi akan dijawab dan dibahas melalui artikel ini.

Penjelasan Backlink

penjelasan backlink

Pada dasarnya backlink merupakan tautan pada sebuah halaman web yang akan mengarah ke situs lain. Jenis Backlink terbagi menjadi dua, yaitu backlink Dofollow dan Nofollow

Ketika seseorang menautkan link pada situs kamu, maka dapat dikatakan kamu memiliki backlink dari mereka. Begitu pula sebaliknya, ketika kamu menautkan link pada situs mereka, maka mereka memiliki backlink dari kamu.

Hal itu disebut sebagai external link dan inbound link, external link ketika kamu menanamkan link untuk menuju website lain dan inbound link ketika orang lain menanamkan link untuk menuju website kamu. Kegiatan ketika kamu membangun backlink dapat disebut juga sebagai link building.

Saat ini, kebutuhan backlink semakin berkembang pesat dikarenakan naiknya pula kampanye berbasis SEO untuk kegiatan marketing. Lantas, apa sebenarnya manfaat dari backlink dan mengapa backlink dapat memainkan peran sepenting itu?

Baca Juga: Inilah Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow

Manfaat Backlink

Melakukan backlink dapat diibaratkan sebagai memberikan rekomendasi terhadap orang lain, hal tersebut nantinya akan meningkatkan kepercayaan orang luar terhadap kamu. Selain itu, backlink juga memiliki banyak manfaat lain hingga dapat berperan penting dalam SEO.

Berikut merupakan beberapa manfaat dari backlink:

Meningkatkan Peringkat Pada SERPs

Backlink pada dasarnya seperti voting suara dari website lain, search engine akan memperhitungkan suara-suara ini sebagai salah satu pertimbangan untuk meningkatkan ranking.

Semakin banyak suara yang kamu dapatkan maka semakin tinggi ranking yang diperoleh.

Mempercepat Indexing

Search engine bekerja dengan mula-mula melakukan crawling pada website. Crawling mencari tahu kumpulan halaman dari website yang kemudian akan ke tahap selanjutnya yaitu indexing.

Indexing merupakan proses pengarsipan dari hasil data yang dikumpulkan pada proses crawling. Jumlah backlink yang sesuai dapat berfungsi untuk mempercepat proses indexing.

Namun, perlu dicatat pula bahwa tidak semua backlink dapat berpengaruh pada indexing dan diperlukan backlink yang berkualitas untuk di indexing.

Meningkatkan Page Authority dan Domain Authority

Page authority atau disingkat PA merupakan sebuah matriks untuk mengukur kekuatan URL pada halaman website. PA dihitung menggunakan skor dengan rentang 1 hingga 100.

Semakin tinggi PA yang dimiliki halaman website, akan meningkatkan ranking pada hasil search engine. Backlink dapat berfungsi untuk meningkatkan skor PA.

Selain PA, backlink juga berperan meningkatkan skor DA. Berbeda dengan PA, DA atau domain authority merupakan matriks yang digunakan untuk mengukur keseluruhan dari website, bukan halaman saja.

Skor PA dan DA dapat menjadi pertimbangan untuk menilai kualitas dari sebuah website.

Membangun Hubungan dengan Situs Lain

Dalam melakukan upaya backlink terdapat interaksi yang dilakukan dengan website lain. Backlink memungkinkan kamu membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan website tersebut, terutama apabila kedua website memiliki target yang serupa.

Membangun Reputasi Website

Bagi search engine, website yang memiliki banyak backlink dapat dikatakan sebagai website yang populer. Dikarenakan backlink menandakan website lain merekomendasikan website kamu.

Maka dari itu, penting untuk memperoleh backlink berkualitas sebanyak-banyaknya.

Jenis-Jenis Backlink

Backlink mempunyai berbagai jenis, berikut merupakan beberapa jenis dari backlink:

  • Guest post backlink, guest posting atau guest blogging merupakan upaya menulis konten pada website lain. Melalui hal tersebut kamu dapat menyertakan pula backlink pada konten untuk sekaligus meningkatkan kredibilitas dari website kamu.
  • Editorial backlink, merupakan backlink yang natural dari satu website satu ke website lainnya, bentuk backlink ini dapat berupa sitasi referensi, dan sumber informasi. Cara mendapatkan editorial backlink adalah dengan meningkatkan konten dari website hingga semenarik mungkin.
  • Comment backlink, merupakan backlink yang disertakan ketika melakukan post pada suatu kolom komentar di website lain. Comment backlink umumnya dilakukan pada website yang memiliki kualitas tinggi. Comment backlink memiliki kekurangan dimana apabila dilakukan secara berlebihan dapat mempengaruhi reputasi.
  • Relationship-based backlink, backlink yang dibuat ketika terdapat hubungan erat dengan webmaster atau jurnalis lain. Webmaster lain akan memiliki kecenderungan untuk memberikan backlink ketika kamu membuat suatu konten.
  • Free tool backlink, merupakan upaya backlink dengan mempromosikan tool yang sekiranya dapat berguna dalam membantu permasalahan pada bisnis terkait.
  • Acknowledgement backlink, backlink yang dipublikasikan ketika kamu melakukan donasi, sponsor, atau upaya lainnya sehingga mendapat pengakuan dari website yang kamu bantu.
  • Do-follow backlink, merupakan backlink dimana website lain meminta search engine untuk memperhatikan website kita untuk dimasukkan pada skor SEO. Berikut merupakan contoh dari do-follow backlink:

Penjelasan Backlink, Pengertian, Jenis, Hingga Cara Mendapatkannya - 2024

  • No-follow backlink, merupakan backlink dimana website lain meminta search engine untuk tidak memperhatikan website dan tidak dimasukkan pada skor SEO. Namun, link tetap disediakan, berikut merupakan contoh dari no-folllow link:

Penjelasan Backlink, Pengertian, Jenis, Hingga Cara Mendapatkannya - 2024

Cara Mendapatkan Backlink

Kamu mempelajari mengenai pengertian dari backlink, kemudian mengetahui manfaatnya hingga jenis-jenisnya. Namun, bagaimana sebenarnya cara kamu mendapatkan backlink?

Berikut merupakan beberapa metode yang dapat dilakukan untuk mendapatkan backlink, metode tersebut diantaranya sebagai berikut:

Add

Add merupakan metode mendapatkan backlink dengan secara manual menambahkan link pada suatu website. Metode ini mudah untuk dilakukan karena kamu dapat melakukannya secara langsung.

Terdapat beberapa bagian dari website yang dapat secara langsung kamu tambahkan link. Adapun beberapa teknik dalam melakukan metode ini yaitu:

  • Blog comments,
  • Membuat profil sosial,
  • Melakukan posting pada forum, komunitas, dan website Q&A,
  • Membuat job search listings.

Ask

Metode yang dilakukan dengan cara menjangkau pemilik website lain untuk secara langsung meminta mereka untuk menambahkan link pada website terkait.

Adapun hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan metode ini adalah mengetahui apa yang dapat kamu tawarkan pada website yang kamu targetkan.

Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu:

  • Guest blogging, membuat konten yang berguna bagi website target,
  • Skyscrapper technique, menunjukkan sumber yang lebih baik ketimbang sumber yang sebelumnya digunakan target,
  • Broken link building, membantu target untuk memperbaiki “deadlink pada website mereka,
  • Image link building, meminta imbalan karena telah menggunakan image dari website kamu.

Buy

Mendapatkan backlink dengan mengeluarkan biaya. Metode ini tidak sepenuhnya direkomendasikan dikarenakan tidak seharusnya kamu mengeluarkan biaya untuk memperoleh suatu link.

Metode ini juga cukup berbahaya dikarenakan dapat menyebabkan penalti pada website.

Earn

Mendapatkan link organik dari pengunjung website, earn dimaksudkan ketika website lain melakukan link pada website kamu tanpa adanya penjangkauan secara langsung dari kamu.

Hal ini dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas konten pada website pribadi sehingga dapat menjangkau website lain dengan sendirinya.

Hal-Hal Penting Dalam Backlink

Jadi, dari seluruh pembahasan sebelumnya, kita telah mengetahui teori-teori dasar mengenai backlink hingga cara mendapatkannya. Namun, kamu tidak dapat secara asal melakukan upaya backlink.

Hal ini dikarenakan Google tidak menilai backlink hanya dari kuantitas saja, melainkan menilai kualitasnya juga. Backlink yang tidak berkualitas juga berbahaya karena dapat merugikan kamu.

Maka dari itu, penting untuk menyeleksi backlink yang layak dan tidak layak digunakan. Berikut merupakan beberapa kriteria backlink yang berkualitas:

Relevansi

Pada saat kamu menanamkan backlink, perlu dipastikan website dimana kamu menaruh backlink merupakan website yang relevan dengan konten-konten yang kamu publikasikan.

Umumnya, dalam memastikan hal ini adalah dengan membuat skala prioritas, website mana yang kira-kira berpotensi untuk ditanamkan backlink, diurutkan dari sangat, cukup, hingga tidak relevan.

Contoh backlink yang relevan adalah misalnya kamu membuat blog review yang membahas mengenai makanan, maka baiknya adalah tempat kamu menanamkan backlink adalah blog yang membahas hal yang serupa.

Kamu bisa saja menanamkan backlink pada website yang tidak relevan, misalnya apabila website tersebut membahas konten beragam seperti halnya portal berita.

Traffic

Selanjutnya, selain relevansi kamu juga perlu mempertimbangkan traffic yang dihasilkan dari tempat kamu menanamkan link. Kamu perlu memastikan website yang kamu tanamkan link memiliki traffic yang tinggi.

Adapun hal ini dapat diukur menggunakan tools backlink checker seperti Ahrefs.

Authority

Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah authority atau tingkat kredibilitas dari website tempat kamu menanamkan link. Sama seperti traffic, tingkat kredibilitas ini juga dapat diperiksa menggunakan Ahrefs.

Ahrefs akan mengukur seberapa banyak backlink berkualitas yang ada pada sebuah website dan semakin tinggi skor yang didapatkan maka semakin berpotensial untuk menanamkan backlink.

Editorial Konten

Konten website yang tepat untuk ditanamkan backlink biasanya merupakan konten yang dilakukan editorial dengan baik. Website seperti portal berita umumnya, memiliki kualitas editorial yang tinggi dan tepat untuk ditanamkan backlink.

penjelasan backlink

Sebagai salah satu upaya SEO, backlink merupakan salah satu poin penting dalam berkembangnya suatu website. Dengan ini, kita telah mengetahui mendetail mengenai backlink mulai dari pengertian dasar, alasan mengapa harus kita gunakan, hingga cara menerapkannya.

Hal yang tersisa sekarang adalah menerapkan ilmu yang didapat pada website kamu.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments