Inilah Pengaruh Penggunaan Domain Untuk Bisnis Online

73
Pengaruh Penggunaan Domain
Free Credit Exabytes
12 min read

Tak Kenal Maka Tak Sayang!

Itulah hal yang tidak asing lagi kita dengar dikala kita ingin mengetahui identitas seseorang, atau kita ingin mengenal lebih dekat dengan seseorang, serta bisa juga hanya untuk sekedar basa-basi. Tak kenal maka tak sayang artinya kita ingin mengetahui identitas seseorang, untuk mengenal dan memahami lebih lanjut tentang dirinya. Oleh karena itu, identitas merupakan suatu hal yang penting dalam berkehidupan sehari-hari.

Inilah Pengaruh Penggunaan Domain Untuk Bisnis Online

Mengapa kita harus memiliki identitas?

Karena jika tidak memiliki identitas, kita pasti bingung dan cenderung sulit dikenal oleh orang lain. Oleh sebab itu, semua orang di dunia ini pasti memiliki identitas diri mereka masing-masing, hal ini dilakukan guna mempermudah hal-hal yang nantinya berkaitan dengan mereka. Seperti contohnya, orang ingin memanggil kita saat bertemu kita di jalan, sudah pasti orang tersebut perlu memanggil kita dengan nama, tidak mungkin hanya menggunakan kode tubuh atau melihat dari jauh.

Identitas bukan hanya diperlukan oleh manusia, namun bisnis online pun memerlukannya saat ini. Lantas, identitas seperti apa yang dimaksud?

Dalam dunia bisnis, seorang pelaku bisnis sudah pasti ingin bisnisnya “gong” dan dikenal oleh banyak orang. Tidak dapat kita pungkiri saat ini bisnis berkembang pesat di seluruh penjuru dunia, jenisnya pun bermacam-macam, seperti fashion, food and beverages, jewelry, dan lain-lain. So, jika kamu berbisnis sudah pasti kamu memiliki banyak saingan yang ada, entah yang lebih dahulu terjun dalam jenis bisnis yang kamu tekuni, maupun yang baru bahkan timingnya tepat sama seperti bisnismu. Oleh karena itu, bisnismu harus memiliki identitas agar lebih mudah dikenal orang dan dapat dengan cepat grow on public.

Inilah Pengaruh Penggunaan Domain Untuk Bisnis Online

Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar kata identitas bisnis?

Mimin yakin masih sedikit orang yang tau tentang domain. Apa sih pentingnya domain untuk kepentingan bisnis? Kenapa bisnis kamu harus memiliki domain sendiri? Apa yang terjadi jika bisnismu tidak memiliki domain? Apakah domain berdampak besar pada kelancaran dan ke “gong” an bisnis online yang kamu jalani?

Inilah Pengaruh Penggunaan Domain Untuk Bisnis Online

Dibawah ini, mimin akan membahas dan mengupas tuntas tentang apa saja pengaruh domain untuk bisnis online yang sedang kamu jalani, so, stay tune ya, Exabytes Friends!

Mengembangkan potensi berbisnis online dengan bantuan domain

Seiring hadirnya teknologi yang begitu pesat dan tidak dapat kita bendung serta pungkiri lagi, perkembangan bisnis atau usaha digital juga mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan teknologi yang saat ini hadir ditengah-tengah era digital dan globalisasi ini. Kini banyak orang yang sudah sangat mudah dengan hanya mencarinya di platform google. Hal ini tentu saja mempermudah kita untuk mencari barang-barang yang sulit kita temukan secara offline.

Dengan berkembang pesatnya bisnis online di era digital saat ini dan semua orang bisa mendapatkan apa yang diinginkan lewat online dengan sangat mudah, tentu kamu para pebisnis online harus sigap dengan adanya kemajuan ini. Salah satu tindakan sigap yang dapat diambil oleh para pebisnis online adalah memiliki domain dan website untuk melancarkan bisnis online yang dimiliki. Tetapi, mungkin masih ada banyak orang yang meragukan untuk apa memiliki domain untuk bisnis online yang dimiliki.

Inilah Pengaruh Penggunaan Domain Untuk Bisnis Online

Apa manfaat dari menggunakan domain untuk bisnis online?

Pertama, kamu harus memahami apa itu domain, dan apa manfaat menggunakan domain pada bisnis online kamu. Pentingnya domain untuk bisnis online kamu adalah tidak membuang kesempatan market yang besar di era digital, yang jelas sekali sebelumnya sangat terbatas. Sebelum memilih domain, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal penting.

Baca Juga  Pahami 10 Tren Bisnis Yang Akan Berkembang di Tahun 2020

Pengertian Domain

Domain adalah sebuah nama yang khas atau unik untuk mengidentifikasi suatu server komputer di jaringan internet sehingga para pengguna lebih mudah untuk mengaksesnya tanpa harus mengingat IP address server. IP address server sendiri adalah sebuah kombinasi string unik yang terdiri dari empat angka yang dipisahkan oleh titik. Contohnya seperti 192. 168. 1. 1.

Kamu juga perlu memahami, peran domain itu sendiri terhadap website yang kamu miliki. Jika kamu ingin membuat website untuk bisnismu, domain memiliki peran yang sangat penting. Tidak hanya memudahkan calon konsumen untuk mencari website tanpa harus menuliskan alamat IP, namun domain juga menjadi identitas atau brand yang melekat dari bisnis yang kamu miliki. Untuk itulah pemilihan nama Domain penting untuk bisnis yang akan atau sedang kamu jalani. Tidak hanya sebagai identitas bisnis, Domain yang unik dan mudah diingat oleh calon pembeli adalah salah satu faktor agar bisnismu mudah ditemukan oleh calon pembeli dengan memanfaatkan teknologi digital yang sudah ada dan kian berkembang.

Jenis dan contoh nama Domain

Banyak sekali jenis dan contoh domain yang ada di seluruh penjuru dunia dan biasanya nama domain dapat dibedakan berdasarkan ekstensinya. Tentu saja pemilihan Domain untuk bisnis berbeda dengan pemilihan Domain yang digunakan para personal blogger. Berikut adalah contoh domain dan penggunaannya yang sudah mimin rangkum untuk Exabytes Friends!

Inilah Pengaruh Penggunaan Domain Untuk Bisnis Online

1.       Top Level Domain

Kode Domain dan Penggunaannya:

  1. .com untuk komersial
  2. .co.id untuk bisnis resmi
  3. .edu untuk pendidikan dan penelitian
  4. .mil untuk militer
  5. .gov untuk pemerintahan (non militer)
  6. .ac.id untuk akademik
  7. .net untuk layanan bantu untuk network
  8. .org untuk organisasi lain
  9. .id untuk Domain Negara Indonesia
  10. .cn untuk Domain Negara Tiongkok
  11. .us untuk Domain Negara Amerika
  12. .sg untuk Domain Negara Singapura
  13.  .my untuk Domain Negara Malaysia
  14. .uk untuk Domain Negara Inggris

2.       Second Level Domain

Second Level Domain adalah nama Domain yang didaftarkan oleh seseorang atau suatu instansi tertentu untuk keperluan bisnis mereka. Second Level Domain ini sendiri levelnya berada dibawah Top Level Domain.

3.       Third Level Domain

Third Level Domain merupakan nama domain yang berada sebelum STD dan LTD, atau biasa disebut juga dengan sub domain. Jenis domain seperti ini biasanya digunakan untuk membuat laman baru dari situs utama atau keperluan tertentu, misalnya untuk keperluan membuat email.

Mengapa membuat domain berpengaruh untuk kepentingan bisnismu?

Pemilihan nama domain untuk keberlangsungan bisnis online merupakan hal yang cukup penting, karena mengingat seluruh alamat IP merupakan salah satu hal yang nantinya akan menyulitkan bagi calon konsumenmu. Memilih nama domain yang singkat dan unik nantinya akan memudahkan pengguna internet atau calon konsumenmu dalam menemukan situs web kamu di internet. Dengan mempermudah pengguna mengingat nama domainmu, juga akan meningkatkan kesadaran merek bisnismu. Oleh karena itu, memilih dan memiliki nama domain sangat penting dan berpengaruh untuk kamu yang sedang menjalankan bisnis onlinemu, maupun kamu yang baru akan memulai bisnis online mu.

Inilah Pengaruh Penggunaan Domain Untuk Bisnis Online

Nama domain yang unik dan mudah diingat oleh para pengguna internet akan memberikan kamu keuntungan sebagai pebisnis online. Beberapa kriteria domain yang bagus adalah unik, singkat, sehingga calon konsumen akan mudah mengingatnya. Yang perlu kamu ketahui juga, saat ini beberapa perusahaan juga sedang gencar-gencarnya memasarkan bisnisnya dan banyak melakukan riset khusus sebelum menentukan nama domain untuk bisnis mereka.  Selain itu, mimin juga merangkum beberapa alasan lain mengapa domain berperan penting dalam kelangsungan bisnis online mu:

1.       Meningkatkan nilai kredibilitas bisnis online

Memiliki website dengan domain sendiri ini tentunya akan meningkatkan kredibilitas bisnis online mu dan tentunya akan terlihat lebih profesional di mata pengguna internet khususnya calon konsumenmu. Memiliki domain sendiri tentu lebih terlihat meyakinkan dibanding kamu memakai second level domain.

Inilah Pengaruh Penggunaan Domain Untuk Bisnis Online

2.       Membangun nama brand

Memiliki website dengan juga memiliki domain sendiri nantinya dapat meningkatkan kesadaran pengguna internet terhadap bisnis onlinemu. Lama kelamaan mereka akan mengingat bisnismu dan disitulah eksistensi bisnis onlinemu mulai tercipta. Menyenangkan bukan mendengar bisnis mu dikenal oleh banyak orang?

Baca Juga  11 Cara Menambah Penghasilan dengan #DiRumahAja Melalui Internet
Inilah Pengaruh Penggunaan Domain Untuk Bisnis Online

3.       Menarik lebih banyak perhatian dari calon konsumen

Dengan memiliki bisnis yang terintegrasi dengan website yang online 24 jam, artinya calon konsumenmu dapat mengakses toko onlinemu selama 24 jam nonstop. Dengan itu, kamu berkesempatan memperluas bisnismu, karena dengan waktu 24 jam tersebut memungkinkan untuk pelanggan membeli produk dari laman websitemu. Kamu belum memiliki website dan ingin memulai membuat website? Kamu dapat mempelajari cara mudah membuat website dan mengoptimalkannya loh, Exabytes Friends!

Inilah Pengaruh Penggunaan Domain Untuk Bisnis Online

4.       Mempermudah informasi

Dengan memiliki website dan domain yang unik, tentunya kamu akan mempermudah para pelanggan mendapatkan informasi tentang layanan terbaru yang ada di bisnismu. Seperti misalnya diskon, promo, produk terbaru, dan lain lain. Hal ini sangat menguntungkan kamu selaku pebisnis online loh!

 Inilah Pengaruh Penggunaan Domain Untuk Bisnis Online

Tips memilih nama Domain untuk Bisnis:

Saat kamu membuat nama website pastinya kamu akan menggunakan nama bisnismu untuk ditampilkan di laman website pribadi milik bisnismu. Namun pemilihan domain tidak hanya sekedar pemilihan nama, hal ini juga memerlukan beberapa perhatian. Jika kamu belum tau atau mungkin baru ingin memulai bisnis onlinemu, ada baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu agar nama domainnya bisa sesuai dengan bisnis yang kamu jalani saat ini. Selain itu, riset nama untuk domain diperlukan juga guna mencegah terjadinya fenomena nama domain yang sama atau mirip dengan kompetitor bisnis online yang anda jalani. Berikut beberapa tips memilih nama domain untuk bisnis online kamu!

Inilah Pengaruh Penggunaan Domain Untuk Bisnis Online

1.       Keyword atau kata kunci

Lakukan riset kecil tentang bisnis yang sedang kamu jalani, lalu tentukan keyword atau kata kunci dari bisnis kamu tersebut. Jika kamu ingin mengoptimalisasikan penggunaan SEO (Search Engine Optimization) maka caranya adalah dengan meletakkan kata kunci atau keyword pada domain dan halamannya. Kamu juga perlu memperhatikan hal berikut: apakah kata kunci atau keyword memiliki hubungan dengan brand yang kamu jual. Lalu kamu juga harus menghindari kata kunci atau keyword berlebih pada domain yang kamu pilih.

Inilah Pengaruh Penggunaan Domain Untuk Bisnis Online

2.       Hindari tanda hubung dan angka

Jika diperlukan hindari tanda hubung dan angka dalam pemilihan domain bisnis online kamu! Kecuali memang nama brand atau bisnis kamu sudah familiar dengan hal tersebut!

3.       Cek ketersediaan nama domain yang kamu pilih

Pastikan domain yang kamu inginkan masih tersedia untuk kamu pilih lalu kamu daftarkan. Setelah kamu cek dan masih tersedia, segera daftarkan domain yang kamu inginkan. Karena satu domain hanya dapat dimiliki oleh satu owner. Jika sudah digunakan oleh orang lain, maka kamu tidak dapat menggunakan nama domain tersebut dan harus mencari nama domain yang lain.

Inilah Pengaruh Penggunaan Domain Untuk Bisnis Online

4.       Hak cipta

Meskipun nama domain yang kamu inginkan sudah dimiliki oleh orang lain, kamu bisa saja mengganti ekstensinya. Seperti contohnya email.com milik orang lain kamu ubah menjadi email.id atau email.co.id atau ekstensi lainnya. Meskipun hal tersebut mungkin saja kamu lakukan, tapi sebaiknya urungkan niatmu untuk melakukannya karena bisa saja kamu terjerat masalah karena kamu memakai nama domain orang lain, terutama dalam dunia bisnis. Jadi, sebaiknya ciptakan hal yang unik dan orisinil ya, Exabytes Friends! Jika kamu merasa kesulitan untuk mendaftarkan domain, kamu bisa menghubungi para penyedia jasa pembuatan domain kok! Jadi kamu ga perlu worry untuk memilih nama domain. 

Inilah Pengaruh Penggunaan Domain Untuk Bisnis Online

Cara mendapatkan Domain untuk Bisnis

Saat ini, banyak sekali penyedia jasa membuat domain dan juga menyediakan jasa hosting untuk domain tersebut. Di Indonesia sendiri sudah banyak yang menyediakan jasa pembuatan domain dengan harga yang miring dan terbilang sangat affordable bagi para pemilik bisnis online. Kamu hanya tinggal memilih penyedia jasa pembuatan domain dengan harga yang bervariasi, tentu dengan kualitas yang bervariasi pula. Jadi, kamu bisa menentukan hal tersebut sesuai dengan yang kamu inginkan.

Inilah Pengaruh Penggunaan Domain Untuk Bisnis Online

Itulah beberapa hal yang dapat mimin sampaikan seputar pentingnya memiliki Domain dalam menjalankan bisnis online kamu! Semoga hal-hal diatas bermanfaat dan kamu dapat menerapkannya dengan segera!

Stay safe and stay healthy, Exabytes Friends!

Credits : Aisya Damayanti Sumarno

Free Credit Exabytes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here