5+ Cara Cek IP Hosting Website dengan Mudah dan Cepat

0
2757

Bagi Anda yang sedang mencari cara cek IP hosting website, Anda berada di artikel yang tepat!

Sebab, artikel ini akan membantu Anda dalam mencari tahu IP hosting sebuah website. Alamat IP tersebut nantinya bisa digunakan untuk mendapatkan info tentang lokasi situs website tertentu. Setiap perangkat yang terhubung ke internet memiliki nomor unik masing-masing.

Terkadang, setiap situs website yang ada di internet memiliki lebih dari satu alamat IP yang ditetapkan untuk website tersebut. Sebagian mungkin saja tidak terlalu peduli dengan alamat IP sebuah website.

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata mengetahui IP sebuah website sangat bermanfaat? Terutama mengetahui IP dari website Anda sendiri. Maka dari itu, sebelum membahas hal teknikal berkaitan dengan cara cek IP hosting sebuah website, sebaiknya Anda mengetahui manfaat dari mengetahui IP sebuah website. Apa saja? Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

​Alasan Harus Mengetahui IP Website

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa semua perangkat dan website yang ada di internet memiliki IP address masing-masing. Adanya IP Address ini berguna untuk setiap website dalam membantu browser ketika mencari informasi penting di website.

Maka dari itu, mengetahui alamat IP sebuah website akan sangat bermanfaat dalam memastikan penyebab jaringan gagal terkoneksi dan bisa memblokir website tertentu, sehingga Anda bisa mengamankan komputer Anda dari website yang berbahaya.

Tidak hanya itu saja, mengetahui alamat IP website juga memungkinkan Anda untuk bisa mengakses website yang telah diblokir, melakukan pengaturan pengalihan pemblokiran website, serta bisa menemukan lokasi geografis server website yang digunakan.

​Cara Cek IP Hosting Website dengan Mudah dan Cepat

Kami telah merangkum beberapa cara cek IP hosting website, Anda bisa memilih salah satu dari beberapa cara tersebut berdasarkan cara yang menurut Anda lebih mudah.

​Cek IP Hosting via Member Area Exabytes Indonesia

Tentu saja, bagi pengguna Exabytes cara yang paling mudah cek IP hosting adalah melalui member area. Bagi Anda yang belum memiliki akun, silahkan buat akun terlebih dahulu di halaman register dan order salah satu paket hosting dengan memanfaatkan promo hosting yang ada.

Setelah Anda memiliki akun dari Exabytes, Anda bisa ikuti setiap langkah-langkah yang kami jelaskan di bawah ini untuk mengetahui IP website yang digunakan.

Langkah 1: Login melalui halaman client area Exabytes dan masukkan username dan password di kolom yang tersedia dan klik tombol Login.

Langkah 2: Setelah berhasil masuk ke member area, klik menu Layanan/Services.

Cara cek ip hosting: Setelah masuk klik Layanan.

Langkah 3: Di halaman My Products & Services klik salah satu layanan web hosting Indonesia yang Anda gunakan, dalam demo ini kami memiliki paket hosting WP 12 Beginner. Klik Manage Product.

Pada halaman Produk saya & Layanan klik tombol Atur Produk pada salah satu layanan yang Anda gunakan.

Langkah 4: Scroll dan Anda nanti akan menemukan IP Address dari hosting yang Anda gunakan.

Scroll dan Anda nanti akan menemukan IP Address dari hosting yang Anda gunakan.

Bagaimana, mudah bukan? Anda bisa mencoba cara di atas ya! Kita lanjutkan ke cara berikutnya, barangkali Anda ingin mencoba berbagai cara mudah lainnya.

​Cek IP Hosting via cPanel

Cara lainnya yang bisa Anda coba adalah melalui cPanel, caranya sangat mudah yaitu Anda bisa login terlebih dahulu ke member area dan login ke cPanel website yang Anda gunakan.

Detail langkah-langkahnya ada di bawah ini ya!

Langkah 1: Login terlebih dahulu ke halaman member area Exabytes Indonesia.

Langkah 2: Setelah berhasil masuk ke member area, klik menu Layanan/Services.

Setelah masuk klik Layanan.

Langkah 3: Di halaman My Products & Services klik salah satu layanan web hosting Indonesia yang Anda gunakan, dalam demo ini kami memiliki paket hosting WP 12 Beginner. Klik Manage Product.

Pada halaman Produk saya & Layanan klik tombol Atur Produk pada salah satu layanan yang Anda gunakan.

Langkah 4: Scroll dan klik Manage My Hosting.

Langkah 5: Scroll dan temukan tombol Manage my hosting, kemudian klik tombol tersebut.

Langkah 5: Nantinya Anda akan diarahkan ke halaman control panel hosting(dalam demo ini kami menggunakan jenis hosting dari Plesk).

Langkah 5: Nantinya Anda akan diarahkan ke halaman control panel hosting(dalam demo ini kami menggunakan jenis hosting dari Plesk).

Langkah 6: Di halaman plesk tersebut klik menu Websites & Domains > tab Hosting & DNS > Web Hosting Access.

Di halaman plesk tersebut klik menu Websites & Domains > tab Hosting & DNS > Web Hosting Access.

Langkah 7: Halaman berikutnya akan menampilkan detail informasi dari hosting yang Anda gunakan, lengkap dengan IP Address.

Halaman berikutnya akan menampilkan detail informasi dari hosting yang Anda gunakan, lengkap dengan IP Address.

Untuk menerapkan cara di atas, Anda harus login terlebih dahulu dengan username dan password yang Anda gunakan. Jika Anda tidak ingin repot login terlebih dahulu, maka Anda bisa cek IP hosting di email yang Anda hubungkan ke hosting.

​Cek IP Hosting via Email

Cara ini jauh lebih mudah karena ketika Anda membeli salah satu layanan hosting Indonesia, biasanya penyedia layanan akan memberikan detail informasi hosting ke email. Di email tersebut biasanya terdapat IP Address hosting dari website yang Anda gunakan.

Langkah 1: Login terlebih dahulu ke email aktif yang Anda gunakan untuk membeli salah satu layanan hosting.

Langkah 2: Melakukan pencarian di kolom pencarian yang berkaitan dengan layanan hosting yang Anda beli.

Langkah 3: Jika sudah ditemukan, buka pesan tersebut dan IP hosting sudah bisa Anda temukan di pesan tersebut.

Jika sudah ditemukan, buka pesan tersebut dan IP hosting sudah bisa Anda temukan di pesan tersebut.

Tapi, bagaimana jika Anda tidak sengaja menghapus email yang berisikan informasi detail tentang hosting yang Anda gunakan? Tenang, masih ada cara lain untuk cek IP hosting website Anda.

​Cek IP Hosting via CMD

Untuk cek IP hosting website bisa melalui CMD dan setiap sistem operasi biasanya memiliki command prompt yang bisa Anda gunakan untuk cek IP hosting website. Cara menerapkannya adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Tekan tombol kombinasi Ctrl + Alt + T secara bersamaan dan aplikasi terminal command prompt akan secara otomatis terbuka.

Langkah 2: Jika aplikasi Command prompt sudah terbuka, gunakan perintah ping diikuti dengan domain website. Misalnya saja website Anda berada di contoh.mainkit.id maka cara penggunaan perintahnya adalah ping contoh.mainkit.id.

Jika aplikasi Command prompt sudah terbuka, gunakan perintah ping diikuti dengan domain website. Misalnya saja website Anda berada di contoh.mainkit.id maka cara penggunaan perintahnya adalah ping contoh.mainkit.id.

Langkah 3: Setelah memasukkan perintah di langkah 2, klik Enter dan nantinya di Command Prompt tersebut akan muncul IP Address dari website yang Anda gunakan.

Apakah cara tersebut masih terlalu ribet karena harus memasukkan beberapa baris kode? Tenang, kami masih punya cara cek IP hosting website yang jauh lebih mudah.

​Cek IP Hosting via Website check-host.net

Cara lainnya yang bisa Anda gunakan untuk cek IP hosting sebuah website adalah menggunakan salah satu layanan aplikasi web-based tools yaitu check-host.net.

Langkah 1: Buka browser kesayangan Anda dan buka halaman website check-host.net.

Buka browser kesayangan Anda dan buka halaman website check-host.net.

Langkah 2: Masukkan nama domain website yang ingin Anda cek IP hosting yang digunakan dan tekan Ping.

Langkah 3: Setelah Anda melakukan Ping, tunggu beberapa saat sampai informasi dimunculkan di website tersebut. Seperti gambar berikut ini:

Setelah Anda melakukan Ping, tunggu beberapa saat sampai informasi dimunculkan di website tersebut. Seperti gambar berikut ini:

Apakah ada website checker lain? Tentu saja ada, check-host.net hanya salah satu saja dari banyaknya aplikasi web-based tools. Selain menggunakan check-host.net, Anda juga bisa cek IP hosting di website Small SEO Tools.

​Cek IP Hosting via Website Small SEO Tools

Selain check-host.net, Anda juga bisa menggunakan salah satu layanan gratis dari Small SEO Tools bernama domain IP lookup. Website tersebut bisa cek IP hosting sebuah website dengan cepat, bahkan Anda bisa cek 10 website sekaligus.

Bagaimana caranya? Yuk kita cari tahu!

Langkah 1: Kunjungi website Small SEO Tools.

Kunjungi website Small SEO Tools.

Langkah 2: Scroll sampai ketemu menu Domains Tools dan klik Domain IP Lookup.

Scroll sampai ketemu menu Domains Tools dan klik Domain IP Lookup.

Langkah 3: Sekarang, Anda hanya cukup memasukkan alamat domain website dan klik Domain IP Lookup, tunggu beberapa saat sampai menampilkan informasi yang Anda perlukan.

Sekarang, Anda hanya cukup memasukkan alamat domain website dan klik Domain IP Lookup, tunggu beberapa saat sampai menampilkan informasi yang Anda perlukan.

Layanan ini juga bisa Anda gunakan untuk membantu dalam optimasi SEO website, jadi tools yang tersedia tidak hanya domain IP lookup saja. Nah bagaimana, apakah ingin segera mencoba cara ini? Mudah kok!

​Cek IP Hosting Website Sekarang Juga!

Itu adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengecek IP hosting sebuah website. Jika Anda merupakan pelanggan Exabytes Indonesia, maka cara via email akan jauh lebih mudah. Karena kami biasanya selalu mengirimkan detail informasi setelah Anda melakukan order hosting.

Anda juga bisa menggunakan cara lainnya seperti via CMD dan website checker untuk cek IP hosting website orang lain. Tujuan mengetahui IP hosting bisa untuk apa saja, misalnya saja untuk memblokir situs website tersebut, karena biasanya untuk melakukan pemblokiran harus mengetahui terlebih dahulu IP hosting website yang digunakan.

Selamat mencoba ya! 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments