Pengertian Bandwidth, Jenis, Fungsi, dan Contohnya

95
Pengertian Bandwidth
5 min read

Di era sekarang ini istilah bandwidth bukanlah hal yang asing. Anda mungkin pernah mendengarnya, entah itu pada paket internet, hosting, server, dan sebagainya. Sebagian besar orang juga menyebut bandwidth sebagai kecepatan transfer data, padahal arti bandwidth tidak sesempit itu.

Lalu, apa sebenarnya pengertian bandwidth itu? Jika Anda ingin tahu lebih lanjut, setelah ini kami akan menjelaskan itu, bukan hanya tentang apa itu bandwidth tetapi juga fungsi, cara kerja, jenis, dan contohnya. Mari simak lebih lanjut.

Pengertian Bandwidth dan Cara Kerjanya

Bandwidth adalah volume dari informasi yang dapat dikirim dari satu titik ke titik lainnya melalui sebuah koneksi atau sambungan dalam waktu tertentu. Bandwidth baru ada ketika minimal dua buah perangkat terhubung, satu berfungsi sebagai host sedangkan satu lagi sebagai klien.

Cara kerja bandwidth dapat kita analogikan pada air dalam sebuah ember. Air ini akan kita pindahkan ke ember lainnya dengan menggunakan sebuah selang. Kedua ember menjadi titik awal dan akhir, selang adalah koneksi atau sambungan, air adalah data. Sedangkan laju atau debit air melalui selang adalah bandwidth itu.

Lebih lanjut, sebuah bandwidth memiliki satuan bit per detik atau bits per second (bps). Penulisan ukuran bandwidth umumnya dalam satuan megabits per second (Mbps). Selain itu, bit juga bisa dikonversi ke byte (B), di mana 1 byte sama dengan 8 bit. Itu berarti 800 Mbps sama dengan 100 MBps.

ilustrasi kabel ethernet yang memiliki Bandwidth
Kabel ethernet adalah perangkat yang memiliki bandwidth (Sumber: Pixabay)

Jenis-jenis Bandwidth

Di awal tulisan tadi kami menyebutkan beberapa hal yang erat kaitannya dengan istilah bandwidth, tapi nyatanya semua itu adalah produk digital. Pasalnya, internet berjalan berkat transmisi sinyal digital, sementara bandwidth juga ada pada sinyal analog.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa jenis bandwidth yang ada.

Bandwidth Analog

Bandwidth analog adalah besarnya rentang frekuensi (dalam satuan Hertz) di mana sebuah sinyal dapat diperoleh secara akurat. Bandwidth analog ini memiliki ukuran yang lebih rendah dari pada bandwidth digital.

Bandwidth Digital

Bandwidth digital adalah jumlah dari pulsa per detik yang diukur dalam bits per second (bps). Tipe bandwidth ini menggunakan sinyal digital dalam transmisinya. Ukuran bandwidth digital lebih besar atau lebar dari bandwidth analog.

Fungsi Bandwidth

Berdasarkan pengertian yang sudah kami jelaskan di atas, maka kita dapat menggunakan bandwidth untuk berbagai fungsi berikut.

Ukuran Kecepatan Jaringan

Fungsi bandwidth sebagai ukuran kecepatan jaringan adalah fungsi yang paling umum. Hal ini sangat lumrah kita lihat pada jaringan, khususnya internet. Bahkan kecepatan ini terbagi dua lagi, yaitu bandwidth download dan upload.

Semakin tinggi nilai bandwidth sebuah jaringan, maka akan semakin tinggi kecepatan atau laju aliran data yang dapat ia transfer.

Pembagi Kecepatan Transfer Data

Anda juga bisa membagi kecepatan transfer data pada jaringan Local area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN) yang Anda miliki. Pembatasan kecepatan ini dapat Anda lakukan dengan menurunkan bandwidth hingga nilai tertentu.

Ketika bandwidth terbatas, jaringan bisa menjadi lebih stabil karena tidak ada klien atau perangkat tertentu yang menguras bandwidth tersebut.

Bandwidth
Ilustrasi router LAN (Sumber: Pixabay)

Memberi Batas Ukuran Transfer Data

Fungsi bandwidth yang terakhir adalah pemberi batas ukuran transfer data. Nyatanya bandwidth bukanlah sumber daya yang tidak terbatas, sehingga butuh pengaturan agar sebuah jaringan dapat terus kita gunakan.

Fungsi pembatas ini juga sangat berkaitan dengan Fair Usage Policy (FUP) dan juga total transfer data yang ada pada layanan tertentu, contohnya adalah hosting. Tentang ini, kita akan bahas setelah ini.

Contoh Bandwidth

Berikut beberapa contoh bandwidth yang bisa kita temukan di berbagai lokasi dan industri.

Contoh Bandwidth Secara Umum

Secara umum, kita bisa melihat contoh-contoh bandwidth pada layanan internet hingga jasa penyediaan server. Selain itu, bandwidth juga merupakan hal yang umum pada teknologi jaringan seperti teknologi telepon seluler.

Bandwidth jaringan 4G tentu lebih besar dari pada 3G, sedangkan 5G memungkinkan bandwidth yang jauh lebih besar dari keduanya. Teknologi terbaru umumnya memiliki bandwidth yang lebih tinggi karena mendukung kecepatan yang lebih tinggi juga.

Contoh Bandwidth pada VPS

Anda juga bisa menemukan istilah dan ukuran bandwidth pada Virtual Private Server (VPS). Contoh bandwidth pada VPS bisa kita lihat pada layanan tertentu. Sebagai contoh, layanan VPS murah dari Exabytes bisa memberikan bandwidth mulai 100 Mbps dengan 1TB total transfer data.

Itu berarti pengguna dapat mengakses server VPS pada kecepatan 100 Megabit per detik atau setara 12,5 MBps. Semakin bagus paket VPS, maka semakin besar juga bandwidth yang pengguna bisa dapatkan.

Adanya spesifikasi bandwidth pada VPS akan membantu pengguna dalam mengembangkan aplikasi pada server tersebut. Sebab VPS seringkali digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan trafik yang tinggi.

Pengertian Bandwidth, Jenis, Fungsi, dan Contohnya - 2021
Ilustrasi server (Sumber: Pixabay)

Contoh Bandwidth Pada Hosting

Bandwidth pada hosting adalah jumlah total data yang dapat ditransfer dari server ke klien atau pengguna. Biasanya bandwidth memiliki batas seperti 100GB maupun lebih besar atau lebih kecil dari itu. Batas tersebut akan diatur ulang setiap awal bulan.

Lebih lanjut, kebanyakan hosting yang ada saat ini memiliki batas bandwidth yang unlimited atau tidak terbatas. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir website mereka tidak bisa diakses karena batas bandwidth telah tercapai.

Hanya saja, Anda tetap harus memperhatikan dengan baik spesifikasi hosting yang akan Anda beli. Kabar baiknya, hosting murah Exabytes bisa jadi pilihan terbaik untuk Anda. Kami menawarkan bandwidth yang besar hingga unlimited bandwidth untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Web hosting kami juga menggunakan media penyimpanan Solid State Drive (SSD) yang memungkinkan pengguna dapat mengakses website Anda dengan cepat, serta beberapa fitur terbaik lainnya.

Kesimpulan

Bandwidth adalah sumber daya yang tidak bisa dipisahkan dari teknologi saat ini, khususnya teknologi server dan jaringan. Ia juga memiliki berbagai fungsi penting yang berkaitan dengan kecepatan dan jumlah transfer data dari satu titik ke titik tertentu.

Sadar atau tidak, bandwidth sangat dekat dengan kehidupan kita. Tidak hanya pada jaringan internet, TV yang kita sering tonton juga menggunakan bandwidth pada transmisi jaringannya. Dengan kata lain, besar dan kecilnya bandwidth sangat mempengaruhi pengalaman pengguna.

Oleh karena itu, pastikan Anda mempertimbangkan bandwidth dalam memilih produk atau layanan terkait. Nah, jika Anda butuh hosting dan VPS, kami siap mendengarkan apapun kebutuhan Anda. Jangan sungkan untuk mengontak dan mendiskusikannya dengan kami.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments