Penjelasan Meta Tag, Fungsi Hingga Manfaatnya Untuk SEO

0
1909

Apa itu Meta Tag? Meta Tag adalah deskripsi yang kamu lihat di halaman hasil pencarian saat menjelajah internet.

Mendapatkan situs web di halaman pertama hasil pencarian itu sulit. Mengapa? Selain banyak pesaing, algoritma peringkat hasil pencarian Google juga sangat tidak terduga. Inilah sebabnya mengapa kamu harus terus mengoptimalkan situs web kamu agar tetap berada di halaman pertama mesin pencari.

Yah, SEO adalah cara untuk meningkatkan peringkat dan lalu lintas situs web. Dalam SEO kamu akan menemukan perintah untuk mengoptimalkan meta tag.

Menurut kamu mengapa meta tag harus dioptimalkan, ya? Jadi bagaimana cara memasang meta tag dengan benar di situs web kamu.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas secara detail mulai dari penjelasan meta tag, fungsi dan cara memasang meta tag yang benar untuk website kamu.

Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Meta Tag?

Meta tag adalah deskripsi yang ditampilkan atau muncul di halaman hasil pencarian. Sederhananya, meta tag adalah deskripsi konten. Meta tag akan memberitahu Google tentang konten kamu.

Kamu harus tahu bahwa meta tag tidak disertakan dalam konten kamu. Namun, meta tag ini biasanya terdapat di bagian “head” pada halaman source code.

Meta tag ini sebenarnya ditulis dalam HTML, ditempatkan di header website kamu. Namun, jika kamu tidak memiliki pengetahuan HTML, kamu dapat menggunakan plugin SEO di WordPress.

Meta tag juga merupakan salah satu teknik SEO. Oleh karena itu, meta tag sangat penting untuk diingat. Kamu perlu mengoptimalkannya agar website kamu bisa muncul di halaman pertama mesin pencari.

Meta tag sendiri terdiri dari tiga jenis, yaitu meta tag (tag title), meta deskripsi, dan meta keyword. Simak penjelasan ketiganya berikut ini.

Meta Title

Meta title atau title tag adalah judul yang muncul pada halaman hasil pencarian. Kamu dapat mengklik meta title ini untuk menuju ke situs web yang dimaksud.

Meta title ada di bagian atas setiap hasil pencarian. Judul alias meta title akan mengumumkan konten kepada pengunjung. Berikut adalah contoh meta title.

penjelasan meta tag

Meta title juga berguna untuk memberitahu kamu tentang isi utama halaman. Kamu dapat mengedit judul meta itu sendiri menggunakan kode HTML. Namun, jika kamu menggunakan WordPress, kamu cukup menulis judul di kolom meta title atau SEO title.

Meta Deskripsi

Meta deskripsi adalah kutipan atau ringkasan konten situs web yang muncul di halaman pencarian. Meta deskripsi ini berada di bawah meta title.

Meta deskripsi ini akan memberikan gambaran umum tentang konten situs kamu yang dapat dilihat di halaman hasil pencarian. Sebelum membuka link artikel, pengunjung bisa melihat preview konten kamu terlebih dahulu.

Selain itu, dengan menulis deskripsi yang jelas, ringkas, dan menarik, kemungkinan besar situs web kamu akan mendapatkan lebih banyak lalu lintas.

Meta Keyword

Meta keyword ini berisi informasi tentang kata kunci situs web. Kata kunci diperlukan untuk menginformasikan mesin pencari tentang konten artikel dan artikel di situs web kamu.

Juga pastikan untuk menggunakan kata kunci yang relevan untuk konten kamu. Kata kunci ini juga harus ada dalam konten kamu. Google sekarang sangat pintar dalam menganalisis konten, jadi kamu tidak bisa hanya memasukkan kata kunci.

Cara memasang meta keyword sebenarnya tidak terlalu sulit. Kamu dapat menggunakan plugin SEO sehingga kamu tidak harus berurusan dengan pengkodean secara langsung. Kamu baru saja mengisi beberapa kata kunci konten kamu di kolom meta keyword.

Apa Saja Fungsi Meta Tag?

Mengapa meta tag harus dipasang di halaman web? Jawabannya adalah untuk memudahkan Google mengindeks situs kamu. Google akan mencocokan kata kunci pada halaman dengan pencarian.

Selain itu, orang dapat dengan mudah melihat konten agregat situs kamu. Meta deskripsi juga dapat digunakan untuk mengelabui pengguna agar mengklik ke situs kamu. Dengan menulis meta title dan meta deskripsi yang catchy, traffic website kamu bisa meningkat.

Jadi, apakah meta tag memainkan peran penting dalam peringkat hasil pencarian Google?

Faktanya, algoritma Google dalam menentukan peringkat halaman web adalah teka-teki yang sulit untuk dipecahkan. Google semakin pintar dalam membaca dan menafsirkan konten situs web kamu, sehingga konten situs web yang diisi kata kunci tidak dapat menipu Google.

Google sendiri telah menyatakan tidak lagi menggunakan kata kunci atau meta keyword dalam algoritmanya untuk menentukan hasil pencarian.

Namun, beberapa pakar SEO menyarankan untuk terus menambahkan meta keyword. Menurutnya, menambahkan meta keyword dapat mengoptimalkan website. Selain itu, meta tag selalu penting karena mereka memainkan peran penting dalam memberikan informasi kepada pengguna tentang judul dan deskripsi situs web kamu.

Bagaimana Cara Memasang Meta Tag?

Setelah semua penjelasan di atas, kita pasti sepakat bahwa meta tag adalah sesuatu yang sangat penting untuk sebuah website, bukan? Tapi pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara memasang meta tag? Nah, meta tag ini bisa diatur secara manual menggunakan kode HTML seperti di bawah ini.

<head>
<title>Judul halaman website Anda</title>
<meta name=”description” content=”Deskripsi/rangkuman halaman tersebut”>
<meta name=”keywords” content=”kata kunci 1, kata kunci 2″>
</head>

Namun, jika kamu menggunakan CMS WordPress untuk membangun situs web kamu, kamu dapat lebih mudah mengoptimalkan meta tag kamu dengan bantuan plugin SEO. Salah satu plugin yang bisa digunakan adalah Yoast SEO. Berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk menginstal meta tag dengan Yoast SEO.

Menginstal Terlebih Dahulu Yoast SEO

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menginstal plugin Yoast SEO. Memang selain Yoast SEO masih banyak plugin WordPress SEO lainnya, namun kami sengaja memilih Yoast karena merupakan salah satu yang paling populer dan mudah digunakan.

Sekarang setelah berhasil menginstal dan mengaktifkan plugin Yoast SEO, mari kita mulai membuat halaman atau posting baru di website. Kamu dapat melihat kotak Yoast SEO dibawah editor posting/halaman kamu. Ini terlihat seperti ini.

kotak yoast

Memasukkan Keyword/Kata Kunci Yang Akan Dioptimasikan

Langkah selanjutnya adalah memasukkan kata kunci yang dapat dioptimalkan ke dalam kotak “Frasa kata kunci utama”. Sebagai catatan, Yoast tidak mendukung pembuatan meta keyword karena Google sendiri, sebagai mesin pencari terbesar, tidak lagi menggunakan meta keyword untuk menentukan peringkat situs web. Jadi kamu bisa menggunakan kolom kata kunci Yoast.

Yoast akan menggunakan kata kunci yang telah kamu cetak untuk menganalisis SEO friendly dari konten yang kamu buat di halaman ini. Ini akan sangat memudahkan optimasi SEO On-Page. Berikut ini contohnya:

mengisi-kata-kunci-yoast

Menambahkan Meta Title

Setelah menambahkan kata kunci, kamu dapat menambahkan meta title atau judul SEO pada halaman yang kamu buat. Jika kamu ingin menggunakan judul yang sama dengan judul halaman, kamu tidak perlu mengubah apa pun, biarkan apa adanya. Namun, jika kamu ingin mengedit judul agar lebih optimal, silahkan edit judul dengan mengosongkan pengaturan default terlebih dahulu.

meta-title-yoast

Menambahkan Meta Deskripsi

Langkah terakhir yang dapat kamu ambil adalah menambahkan meta deskripsi untuk halaman tersebut. Harap tulis ringkasan konten situs kamu, pastikan untuk memasukkan kata kunci dalam ringkasan. Tulis hingga Yoast menunjukkan bilah hijau atau bilah di bawah kotak meta deskripsi.

meta-description-yoast

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, kamu dapat memeriksa bagian “Analisis SEO” untuk melihat rekomendasi Yoast untuk optimasi SEO on-page. Cobalah untuk mendapatkan ikon hijau untuk membuat halaman kamu tampil lebih baik di halaman hasil pencarian. Jika demikian, silahkan posting atau perbarui konten kamu. Yoast SEO bisa sangat berguna untuk menambahkan meta tag tanpa harus mengedit kode HTML secara manual.

Kesimpulan Dari Penjelasan Meta Tag

Meta tag adalah elemen dalam HTML yang dapat digunakan untuk menyajikan konten atau konten halaman web ke mesin pencari. Mesin pencari menggunakan crawler untuk mengenali setiap halaman di internet.

Meta tag menyederhanakan pekerjaan merayap sehingga perayap bisa mendapatkan informasi yang benar. Fakta ini menjadikan optimasi meta tag sebagai salah satu teknik optimasi SEO.

Nah, kamu bisa menggunakan meta tag ini untuk meningkatkan visibilitas website kamu di Google atau mesin pencari lainnya. Jika kamu menggunakan WordPress, harap gunakan Yoast SEO lebih awal.

Namun, jika website kamu belum berbasis WordPress, maka Exabytes memiliki WordPress hosting Indonesia terbaik yang dapat membantu kamu memiliki website dengan performa terbaik untuk pribadi maupun pekerjaan kamu.

Sudah punya website? Ingatlah untuk terus mengoptimalkan situs web kamu agar muncul di halaman pertama mesin pencari. Pertama, periksa layanan SEO Exabytes agar kamu dapat mengelola situs web kamu dengan lebih baik!

Terima kasih telah membaca.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments