Panduan Meta Tag: Definisi, Jenis, dan Manfaatnya [Lengkap]

0
3227

Sebagai seorang pemilik website atau blog, kita tentu akan senang jika website kita bisa tampil di halaman pertama hasil pencarian atau SERP. Tampil di halaman pertama, apalagi di urutan teratas, akan membuat website banyak dikunjungi oleh pengguna internet sehingga bisa meningkatkan rasio click through rate. Hanya saja, ada banyak upaya atau optimasi yang perlu dilakukan agar website tampil di posisi terbaik, salah satunya adalah optimasi meta tag dari website tersebut.

Pernahkah Anda mendengar tentang apa itu meta tag sebelumnya? Kali ini, kita akan membahas lebih lanjut terkait meta tag, mulai dari pengertian, jenis, fungsi, hingga cara memasangnya.

Apa Itu Meta Tag

Meta tag adalah serangkaian kode yang berisi informasi metadata atau deskripsi dari sebuah konten atau halaman website. Elemen meta dibuat dalam bentuk kode HTML yang diletakkan setelah kode <head> pada header sebuah website. Sehingga, meta tag tidak berada di dalam konten secara langsung.

Namun meskipun meta tag diletakkan pada header situs, Anda tidak perlu khawatir, ada tool atau alat khusus yang bisa Anda gunakan untuk menyiapkan dan mengoptimasi meta tag itu. Ini akan kita bahas nanti, sebelum itu mari kita kenali lebih lanjut jenis dan fungsi meta tag terlebih dahulu.

Jenis Meta Tag

Jika tadi kita sudah membahas mengenai pengertian meta tag, kali ini kami akan menjelaskan jenis-jenis dari meta tag tersebut. Meta tag atau tag meta terbagi menjadi 3 jenis, yaitu meta title, meta description, dan meta keyword. Apa saja perbedaan dari ketiga meta tag tersebut? Mari kita bahas lebih lanjut.

Meta Title

Ketika menggunakan mesin pencari untuk menemukan informasi tertentu, Anda pasti akan menemukan beberapa daftar website di halaman hasil pencarian atau SERP, bukan? Berbagai website itu tampil dengan judul-judul konten yang berkaitan dengan kata kunci yang Anda masukkan.

Judul yang muncul itulah yang disebut sebagai meta title atau title tag. Jika Anda mengklik judul tersebut, maka Anda akan dialihkan pada halaman dari website atau situs itu. Judul pada meta title bisa sama atau bahkan berbeda dengan judul asli dari halaman.

Meta title dapat dioptimasi sedemikian rupa dengan memasukkan kata kunci ke dalamnya sehingga menjadikan halaman tertentu di sebuah website menjadi SEO friendly dan lebih mudah dikenali oleh mesin pencari. Berikut contoh meta title yang terlihat di SERP:

contoh meta title pada serp
Contoh meta tile pada SERP.

Meta Description

Meta description adalah rangkuman atau cuplikan yang berupa teks singkat. Panjang teks ini umumnya 70-155 karakter. Anda bisa menggunakan meta description untuk menjelaskan pada pembaca rangkuman dari isi halaman website Anda.

Sama halnya dengan meta title, meta description bisa dioptimasi sedemikian rupa sehingga website Anda berpeluang untuk tampil di urutan teratas SERP dan mendapatkan trafik yang tinggi. Salah satu caranya adalah memasukkan kata kunci pada meta description. Berikut contoh dari meta description:

meta description
Contoh meta description pada SERP.

Namun jangan khawatir jika meta description yang telah Anda buat tidak sesuai dengan apa yang Google tampilkan. Kini Google memang cenderung mengambil kalimat yang dirasa lebih sesuai dengan search intent dan apa yang dibutuhkan oleh pengguna. Karenanya, sebaiknya kamu mengoptimasi SEO meta description tersebut dengan baik agar web crawler bisa merayapinya dengan baik.

Meta Keyword

Meta keyword adalah tag yang berisi informasi mengenai kata kunci yang ada pada halaman website. Menerapkan meta keyword akan membantu mesin pencari untuk mengenali dengan baik konten dari website Anda. Dengan adanya meta keyword, mesin pencari akan menemukan kata kunci dengan lebih mudah.

Meskipun Anda bisa mengoptimasi kata kunci dengan meta keyword, sebaiknya tidak mencoba mengelabui mesin pencari dengan kata kunci yang tidak ada di konten tersebut, karena algoritma mereka semakin baik dalam mengenali berbagai kecurangan.

Nah, dari ketiga jenis meta tag di atas, meta title dan meta description adalah elemen meta yang paling umum dioptimasi oleh para webmaster. Namun meskipun begitu Anda bisa mengoptimasi ketiganya.

Fungsi Meta Tag

Keberadaan meta tag pada sebuah website bisa dibilang sangat penting, pasalnya meta tag berfungsi untuk membuat mesin pencari mengenal situs dengan baik, sehingga bisa mendapatkan peringkat yang tinggi di hasil pencarian. Hal ini dikarenakan meta tag berisi info-info penting yang dibutukan oleh robot perayap mesin pencari itu sendiri.

Tanpa adanya meta tag, mesin pencari akan mengambil kata secara acak pada konten website dan itu tidak bagus bagi SEO. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa meta tag sangat berguna dalam Search Engine Optimization (SEO).

Bagaimana, tertarik untuk menggunakan meta tag? Jika iya, di bawah kami lampirkan cara menggunakan dan mengoptimasi meta tag pada website Anda.

Cara Memasang Meta Tag dengan Mudah

Setelah semua penjelasan di atas, kita tentu bisa bersepakat bahwa meta tag adalah sesuatu yang sangat penting bagi sebuah website, bukan? Namun pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara memasang meta tag tersebut? Nah, meta tag dapat dipasang secara manual dengan menggunakan kode HTML seperti di bawah ini.

<head>
<title>Judul halaman website Anda</title>
<meta name="description" content="Deskripsi/rangkuman halaman tersebut">
<meta name="keywords" content="kata kunci 1, kata kunci 2">
</head>

Namun jika Anda menggunakan CMS WordPress dalam membangun website, Anda bisa mengoptimasi meta tag dengan lebih mudah berkat bantuan plugin SEO. Salah satu plugin yang bisa digunakan adalah Yoast SEO. Berikut beberapa langkah memasang meta tag dengan mudah dengan Yoast SEO.

Install Yoast SEO

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memasang plugin Yoast SEO. Memang, selain Yoast SEO masih banyak plugin SEO WordPress lainnya, namun kami sengaja memilih Yoast karena plugin ini termasuk salah satu yang umum dan mudah untuk digunakan.

Nah, setelah berhasil memasang dan mengaktifkan plugin Yoast SEO, selanjutnya mulailah membuat halaman atau postingan baru di website. Anda dapat melihat kotak Yoast SEO di bawah editor postingan/halaman Anda. Tampilannya seperti ini.

tampilan optimasi meta tag Yoast SEO
Tampilan optimasi meta tag Yoast SEO

Masukkan Kata Kunci yang Dioptimasi

Langkah selanjutnya adalah memasukkan kata kunci yang bisa dioptimasi pada kotak “Frasa kata kunci utama”. Sedikit informasi, Yoast tidak mendukung pembuatan meta keyword karena sebenarnya Google sendiri, sebagai mesin pencari terbesar, sudah tidak menggunakan meta keyword lagi untuk merangking website. Jadi, Anda bisa gunakan kolom kata kunci Yoast itu saja.

Yoast akan menggunakan kata kunci yang Anda tuliskan untuk menganalisa seberapa SEO friendly konten yang telah Anda buat pada halaman tersebut. Ini akan sangat memudahkan dalam optimasi SEO On-Page. Berikut adalah contohnya:

Masukkan Kata Kunci yang Dioptimasi di Yoast SEO

Tambahkan Meta Title

Setelah menambahkan kata kunci, Anda bisa menambahkan meta title atau judul SEO pada halaman yang Anda buat. Jika Anda ingin menggunakan judul yang sama dengan judul halaman, Anda tidak perlu mengubah apa-apa, biarkan apa adanya. Namun jika Anda ingin mengubah judul agar lebih teroptimasi, silakan ubah judul dengan menghapus settingan default terlebih dahulu.

Tambahkan Meta Title di Yoast SEO

Tambahkan Meta Description

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menambahkan meta description untuk halaman tersebut. Silakan tuliskan rangkuman dari konten halaman Anda, pastikan Anda memasukkan kata kunci dalam rangkuman tersebut. Tulislah hingga Yoast menunjukkan bar atau batang hijau di bawah kotak meta description.

Tambahkan Meta Description di Yoast SEO

Setelah melakukan langkah di atas, Anda bisa mengecek bagian “Analisis SEO” untuk melihat saran Yoast terhadap optimasi SEO On-Page halaman Anda. Usahakan mendapatkan ikon hijau agar halaman Anda bisa tampil lebih baik di halaman hasil pencarian. Jika sudah, silakan publikasikan atau perbaharui konten Anda. Yoast SEO dapat sangat membantu dalam menambahkan meta tag tanpa harus mengedit kode html secara manual.

Kesimpulan

Meta tag adalah sebuah elemen dalam HTML yang dapat berfungsi memperkenalkan isi atau konten dari sebuah website pada mesin pencari. Adapun mesin pencari menggunakan robot perayap dalam mengenali setiap halaman yang ada di internet. Meta tag menyederhanakan pekerjaan robot perayap tersebut sehingga bisa mendapatkan informasi yang tepat. Fakta itulah yang membuat optimasi meta tag menjadi salah satu teknik optimasi dalam ilmu SEO.

Nah, Anda bisa memanfaatkan meta tag ini untuk meningkatkan visibilitas situs Anda di Google ataupun mesin pencari lainnya. Jika Anda menggunakan WordPress, silakan gunakan Yoast SEO tadi. Namun jika website Anda belum berbasis WordPress, Exabytes memiliki hosting WordPress Indonesia terbaik yang bisa membantu Anda memiliki website dengan performa terbaik, baik untuk personal maupun bisnis Anda.

Sudah memiliki website? Jangan lupa untuk terus mengoptimasi website Anda agar bisa tampil di halaman pertama mesin pencari. Konsultasi terlebih dahulu di layanan SEO Exabytes untuk bisa mengelola website lebih baik!

Terima kasih sudah membaca.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments