Pada artikel sebelumnya mengenai 5 Cara Meningkatkan Kredibilitas Website, saya ingin berbagi mengenai pentingnya punya Domain .id atau Domain Indonesia buat kamu yang serius dalam membangun brand image (nama baik) website kamu di internet.

Selain mendapatkan kepercayaan pengunjung website atau calon pembeli, website .id kamu juga akan memiliki beberapa kelebihan dari website pesaing kamu yang tidak memiliki domain .id.

Posisi Lebih Tinggi di Google

increase google ranking

Website dengan alamat .id berpeluang berada diposisi lebih tinggi atau halaman pertama mesin pencari karena lebih mudah dikenali Google (dan search engine lain) target pengunjungnya (geolocation). Selain itu, pengguna internet juga dapat dengan cepat mengenali negara sebuah website berasal.

Cara Termurah dan Termudah Mengamankan sebuah Brand

Pernah punya pengalaman mendaftarkan hak cipta atau merek dagang? Untuk sebuah merek bisa memakan biaya jutaan rupiah di Departemen Hukum dan HAM. Belum lagi persoalan administrasi, surat-menyurat yang panjang dan lama (2-5 tahun). Untuk pelaku usaha yang baru saja memulai usaha tentu hal ini cukup memberatkan.
Dengan membeli domain .id, kamu cuma butuh beberapa jam untuk bisa mendaftarkan merek kamu di internet. Syaratnya pun cukup mudah, cuma perlu KTP dan SIUP/TDP/AKTA (jika memiliki). Apalagi harga domain .id cuma Rp. 139.000 untuk 2 tahun.

Ketika kamu sudah punya domain .id, orang lain yang ingin mendaftarkan mereknya di HKI akan berfikir dua kali untuk mendaftarkan merek yang sama karena dia tidak bisa membeli domain .id lagi karena domain yang dia mau telah kamu beli duluan :). Tetapi kami menyarankan kamu tetap mendaftarkan merek kamu di Departemen Hukum dan HAM supaya tercatat secara hukum ya.

Baca Juga  Saatnya Pindah Web Hosting Segera Kalau Kamu Mengalami 5 Hal Ini

Melipatgandakan Keuntungan

merek melipat gandakan keuntungan

Masih perlu diperjelas? 🙂 Begitu pentingnya brand image sehingga peningkatan harga bisa berkali-kali lipat dari produk tanpa merek. Ketika sebuah brand sudah mampu membuat konsumen brand itu bangga sehingga menjadi konsumen loyal, di situlah keberhasilan sebuah bisnis, contohnya Apple Computer.

Menghindari Penipuan

KTP menjadi salah satu syarat pendaftaran kepemilikan domain .id sehingga identitas pemilih website dengan domain .id bisa diketahui dengan pasti. Hal ini dapat mengurangi penipuan misalkan email berisi permintaan transfer sejumlah uang dari email dengan alamat andi@tokokomputer.id. Saya sendiri belum pernah mendapati email penipuan ataupun spam dari domain negara seperti domain dengan ekstensi .id ini.

Menghindari Salah Sasaran

Ketika website kamu sudah memiliki alamat .id, kemungkinan orang lain salah atau bingung antara merek lain dengan merek kamu, menjadi lebih kecil.
Kesalahan merek sering terjadi, bahkan pernah terjadi pada 2 merek terkenal seperti Twitter dan Snapchat yang kehilangan jutaan dollar potensi investasi beberapa tahun lalu.
Bayangkan kalau kamu menghabiskan uang untuk promosi tapi hasilnya dinikmati oleh merek lain cuma karena keduanya memiliki nama yang hampir sama.

Untuk kamu yang sudah memiliki website dengan alamat .com, jangan khawatir karena kamu bisa mengarahkan banyak domain (baik itu .com, .id, .co.id, dan sebagainya) ke 1 website. Ini hal yang biasa dilakukan oleh banyak orang salah satu alasannya supaya nama domain itu tidak di ambil dan disalahgunakan oleh pihak lain. Ayo beli domain id sekarang!

Baca Juga  Apa Itu SSL Certificate?

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here