Setelah kamu membaca artikel kami sebelumnya mengenai Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Di Internet, kemudian kamu terinspirasi untuk punya website sendiri.

Kalau saat ini kamu masih bingung mau pilih domain apa, jangan khawatir, kamu tidak sendiri, banyak orang yang mengalami hal yang sama ketika mereka mau membeli domain.  Beberapa alasan ketika memilih nama domain antara lain karena sudah ada merk dagang produk/jasa, supaya lebih mudah diingat oleh orang lain, target pasar (market targeting), meningkatkan kredibilitas, mudah di kenal oleh search engine dan sebagainya.

Kredibilitas seharunya menjadi salah satu fokus utama kamu ketika baru memulai bisnis karena kredibilas berhubungan erat dengan jumlah penjualan. Berikut 5 Cara Meningkatkan Kredibilitas Sebuah Website:

  1. SSL certificate

Ketika kamu memiliki website yang mengelola transaksi (misalnya transaksi belanja atau login) sehingga pengunjung memasukkan data-data penting mereka seperti data kartu kredit ataupun data diri, kamu sangat disarankan membeli sertifikat SSL (Secure Sockets Layer) tujuannya agar data-data tadi di encrypted atau disandikan sebelum dikirimkan dari pengunjung website ke server dimana website itu di hosting, begitu pula sebaliknya. Dengan demikian, pengunjung akan merasa aman ketika memasukkan data-data pribadi atau rahasia mereka.

Ada 2 cara mudah mengenali website yang sudah menggunakan SSL, yaitu dari browser dan dari banner. Domain website yang sudah menggunakan SSL akan dimulai dengan https (ditandai dengan icon gembok) dan website akan menampilkan gambar seperti dibawah ini.

geotrust ssl
Website Menggunakan SSL
menggunakan-protocol-https
Exabytes Menggunakan Protokol Https
  1. ccTLD (country code Top Level Domain)

ccTLD adalah domain dengan akhiran negara, misalnya .id untuk Indonesia, .sg untuk Singapore, atau .my untuk Malaysia. Untuk bisa memiliki domain lokal ini, kamu diharuskan memiliki identitas negara tersebut, misalnya KTP untuk domain .id. Dengan demikian, website kamu secara tidak langsung telah terverifikasi.

Ada beberapa keuntungan menggunakan domain lokal, antara lain:

  • Pengunjung akan dengan cepat mengenali dari negara mana website kamu berasal.
  • Website kamu lebih mudah dicari oleh pengguna internet di Indonesia.
  • Jaminan kepemilikan atas merk dagang lokal (Indonesia) yang diakses secara global.
  • Merk dagang kamu dikenal secara global tetapi mendominasi di lokal.
  • Mengurangi resiko kesalahan kepemilikan merk dagang.
  1. Testimonial Pelanggan

Ada alasan mengapa website-website review seperti Tripadvisor, Yelp, Glassdoor atau Qerja.com begitu terkenal dan meraih omset yang tidak sedikit. Calon pembeli akan merasa teryakini dengan adanya testimonial atau review sebelum memutuskan untuk membeli barang atau jasa. Testimonial bekerja sangat baik untuk meningkatkan penjualan karena testimonial berisi informasi yang transparan mengenai pelayanan kamu dan tidak menggunakan bahasa-bahasa penjualan.

Misalnya: “TV nya sudah saya terima. Bagus. Tapi pengirimannya lambat

Testimonial dari pembeli juga menjadi modal utama untuk memperbaiki pelayanan kamu. Oleh karena itu, berikan tempat khusus untuk meminta dan menampilkan testimonial dari pelanggan di website kamu.

  1. Design Website

Website kamu akan lebih dipercaya ketika memiliki tampilan yang profesional dan mudah digunakan (user friendly), menggunakan foto manusia atau foto tim yang bekerja untuk website kamu (dengan ekspresi positif seperti tertawa), penggunaan warna yang cocok, kemudahan mendapatkan bantuan bila pengunjung mengalami kesulitan serta bebas dari error apapun.

  1. Alamat Yang Jelas

Jangan lupa memasukkan alamat dan kontak yang jelas sehingga calon pembeli bisa memverifikasi kebenaran informasi di website serta memiliki ijin yang jelas karena bisnis kamu ada secara fisik bangunan.

Ada lagi yang menurut kamu bisa meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap website? Komen di bawah ya 🙂

 

Baca Juga  Melihat Peluang Bisnis Untung BESAR di Bulan Ramadhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here