17+ Perintah Dasar Linux Yang Wajib Kamu Ketahui

0
2119

Linux adalah sistem operasi turunan dari Unix yang bersifat terbuka (open source). Anda dapat menginstal linux di berbagai macam perangkat, mulai dari komputer pribadi hingga server

Akan tetapi ada beberapa persiapan sebelum Anda mulai bermigrasi ke linux, salah satu persiapannya adalah mengetahui perintah dasar linux. Tenang, perintah dasar linux ini mudah sekali untuk dipelajari.

Tapi, bukankah distro linux sekarang sudah tidak seribet dulu yang serba memasukkan kode untuk menggunakannya? 

Oke, kita mulai dari pembahasan alasan mengapa Anda harus mengetahui perintah dasar linux. Simak baik-baik ya!

Alasan Pengguna Baru Harus Tahu Perintah Dasar Linux

Ada beberapa alasan mengapa orang yang menggunakan Linux harus mengetahui perintah dasar Linux:

  • Efisiensi: Mengetik perintah di terminal dapat jauh lebih cepat daripada menggunakan antarmuka grafis.
  • Kontrol: Dengan mengetik perintah di terminal, Anda dapat memiliki kontrol yang lebih baik atas sistem. Anda juga dapat melakukan tugas secara spesifik dengan perintah yang tepat, sehingga dapat mengelola sistem dengan lebih baik.
  • Fleksibilitas: Perintah-perintah di terminal dapat diatur dalam script yang dapat dijalankan secara otomatis, sehingga Anda dapat dengan mudah mengelola tugas-tugas yang berulang.
  • Dokumentasi/tutorial: Dokumentasi/tutorial untuk banyak program linux akan menggunakan perintah di terminal sebagai contoh, sehingga mengetahui perintah dasar akan membantu Anda memahami cara program tersebut berfungsi dan bagaimana menggunakannya dengan lebih baik.

Sekarang tahu ya alasan mengapa Anda perlu tahu perintah dasar linux, sekarang yuk kita cari tahu apa saja perintah dasar linux yang harus Anda ketahui.

Perintah Dasar Linux yang Wajib Diketahui

Di bawah ini ada beberapa perintah dasar linux yang wajib Anda ketahui.

Perintah pwd

Pertama dan mungkin Anda juga sudah mengetahuinya yaitu perintah pwd (print working directory) yang merupakan perintah dasar yang digunakan untuk menampilkan lokasi direktori saat ini (current working directory) di terminal. 

Contohnya, jika Anda berada di direktori /home/user/documents, maka Anda  bisa menjalankan perintah pwd, untuk menampilkan menampilkan /home/user/documents.

perintah dasar linux

Hanya saja kami sekarang sedang berada di direktori /home/eriga, jadi yang muncul adalah /home/eriga.

Perintah cd

Perintah cd (change directory) yang bisa membantu Anda berpindah dari satu direktori ke direktori lain. Perintah ini berguna untuk menavigasi di dalam struktur direktori (folder) di sistem operasi Linux.

Contoh penggunaan cd ada di bawah ini:

17+ Perintah Dasar Linux Yang Wajib Kamu Ketahui - 2024

Gambar di atas menunjukan perintah cd akan mengubah lokasi direktori saat ini menjadi /home/user/Documents. Jika ingin kembali ke direktori sebelumnya, gunakan format yang sama cd …. sebutkan direktorinya.

Perintah mkdir

Selanjutnya ada perintah mkdir (make directory) yaitu perintah dasar  yang bisa digunakan untuk membuat direktori (folder) baru. Perintah ini sangat berguna sekali untuk membuat struktur direktori yang diperlukan pada sistem operasi Linux.

Cara menggunakan perintah mkdir, pertama-tama Anda perlu mengetahui lokasi dimana Anda ingin membuat direktori baru. Caranya menggunakan perintah pwd untuk mengetahui lokasi direktori saat ini.

Contoh penggunaan perintah mkdir:

17+ Perintah Dasar Linux Yang Wajib Kamu Ketahui - 2024

Gambar di atas menunjukan bahwa perintah mkdir akan membuat direktori baru bernama Exabytes di lokasi direktori saat ini.

Perintah rmdir

Perintah rmdir (remove directory) merupakan perintah dasar yang digunakan untuk menghapus direktori (folder) yang tidak terisi (kosong). Jika direktori yang akan dihapus terisi oleh file atau folder lain, maka perintah rmdir akan mengeluarkan error.

Catatan: Untuk menggunakan perintah rmdir, Anda perlu mengetahui lokasi dan nama direktori yang akan dihapus.

Contoh penggunaan perintah rmdir:

17+ Perintah Dasar Linux Yang Wajib Kamu Ketahui - 2024

Gambar di atas menunjukan bahwa perintah rmdir akan menghapus direktori bernama Exabytes di lokasi direktori saat ini, dengan catatan jika direktori tersebut tidak terisi oleh file atau folder lain.

Perintah rm

Perintah selanjutnya adalah rm (remove) yang Anda gunakan untuk menghapus file atau direktori (folder) dari sistem. 

Catatan: Untuk menggunakan perintah ini, Anda perlu mengetahui lokasi dan nama file atau direktori yang akan dihapus. 

Perintah cat

Perintah cat adalah perintah yang digunakan untuk menampilkan isi file di terminal atau menggabungkan beberapa file menjadi satu. Anda dapat menggunakan perintah ini dengan menyertakan nama file yang ingin ditampilkan sebagai argumennya. 

Misalnya, cat file.txt akan menampilkan isi file bernama file.txt di terminal.

Perintah echo

Perintah echo adalah perintah yang digunakan untuk menampilkan string atau variabel ke terminal. Anda dapat menggunakan perintah ini dengan menyertakan string yang ingin ditampilkan sebagai argumennya. 

Misalnya, echo “Exabytes, Layanan Hosting Terbaik!” akan menampilkan string “Exabytes, Layanan Hosting Terbaik!” di terminal.

17+ Perintah Dasar Linux Yang Wajib Kamu Ketahui - 2024

Perintah ls

Jika Anda ingin menampilkan daftar file dan direktori (folder) di lokasi direktori saat ini, maka Anda bisa menggunakan ls. Cara menggunakan perintah ini juga cukup mudah tanpa menambahkan argumen apapun. N

amun, Anda dapat menambahkan opsi atau nama direktori untuk menampilkan daftar file dan direktori yang spesifik.

Perintah locate

locate adalah perintah dasar Linux yang digunakan untuk mencari lokasi file atau direktori (folder). Cara menggunakan perintah locate, Anda dapat menambahkan nama file atau direktori setelah perintah locate untuk mencari lokasi yang spesifik.

Contoh penggunaan perintah locate:

17+ Perintah Dasar Linux Yang Wajib Kamu Ketahui - 2024

Digambar tersebut, kami mencoba mencari tahu lokasi file yang berkaitan dengan nama Documents.

Perintah find

Jika Anda ingin mencari file atau direktori (folder), maka Anda bisa menggunakan perintah find. Caranya cukup mudah dan yang perlu Anda lakukan pertama adalah Anda tahu nama file atau direktori yang akan dicari.

Contoh penggunaan perintah find:

17+ Perintah Dasar Linux Yang Wajib Kamu Ketahui - 2024

Di sini kami menggunakan perintah find untuk mencari folder bernama Documents di direktori /home/user/ dan semua subdirektori di dalamnya, lalu menampilkan lokasi file tersebut di terminal.

Perintah touch

Perintah touch adalah perintah yang digunakan untuk membuat file baru atau mengubah tanggal modifikasi file yang sudah ada. 

Jika file yang ditentukan dalam perintah ini tidak ada, maka touch akan membuat file baru dengan nama tersebut. 

Perintah sudo

Perintah dasar linux sudo paling sering digunakan oleh pengguna linux, perintah ini digunakan untuk menjalankan perintah dengan hak akses superuser (root). 

Sangat berguna ketika Anda ingin menjalankan perintah yang membutuhkan hak akses yang lebih tinggi, seperti mengakses file sistem atau mengubah konfigurasi sistem. Syarat untuk menggunakan perintah ini adalah  Anda perlu memiliki hak akses superuser atau menjadi bagian dari grup sudo yang diberikan hak akses tersebut. 

Dan Anda juga perlu mengetahui perintah yang akan dijalankan dengan hak akses superuser.

Biar lebih jelas, kami berikan contoh cara penggunaannya.

17+ Perintah Dasar Linux Yang Wajib Kamu Ketahui - 2024

Di sini, perintah sudo apt-get update akan menjalankan perintah apt-get update dengan hak akses superuser. Perintah ini digunakan untuk memperbarui database paket di sistem operasi Linux yang menggunakan sistem paket APT (Advanced Package Tool).

Jika Anda tidak memiliki hak akses superuser atau tidak terdaftar dalam grup sudo, maka perintah sudo akan mengeluarkan error.

Perintah cp

Perintah cp (copy) digunakan untuk menyalin file atau direktori (folder) ke lokasi lain di sistem operasi, perintah ini berguna untuk membuat salinan file atau direktori yang sama persis dengan aslinya.

Perintah mv

Perintah mv (move) adalah perintah dasar Linux yang digunakan untuk memindahkan file atau direktori (folder) ke lokasi lain di sistem operasi. 

Perintah ping

Perintah ping adalah perintah dasar Linux yang digunakan untuk mengetes koneksi jaringan ke alamat IP atau hostname lain.

Perintah  zip, unzip

Perintah zip digunakan untuk mengompres data yang dimiliki menjadi zip archive. Sedangkan untuk unzip biasanya digunakan untuk melakukan ekstrak terhadap file zip.

Perintah tar

Perintah tar mirip dengan zip, hanya saja perbedaannya terletak mengumpulkan data dalam format data tar dan tidak ada pengompresan.

Perintah uname

Perintah uname adalah akronim dari Unix Name, Ini adalah perintah dasar sistem operasi linux yang berfungsi untuk mencetak informasi lengkap tentang sistem linux seperti misalnya sistem operasi, nama mesin, dll.

Kesimpulan

Melalui artikel ini Anda sudah mempelajari lebih dari 15 perintah dasar linux yang wajib Anda ketahui. Mengetahui perintah dasar Linux sangat penting karena perintah-perintah tersebut merupakan dasar dari sistem operasi Linux. 

Anda juga dapat mengelola sistem dan menjalankan berbagai aplikasi dengan lebih efisien. Selain itu, Anda juga dapat memahami bagaimana sistem operasi Linux bekerja dan dapat berguna ketika menemui masalah atau error pada sistem.

Bisa menggunakan perintah-perintah dasar tersebut sangat berguna ketika Anda bekerja dengan server Linux, karena memungkinkan Anda mengelola dan mengontrol server dengan lebih efisien.

Sebut saja dengan mengetahui perintah dasar seperti ls, cd, mkdir, cp, mv, dan rm, Anda dapat mengelola file dan direktori di server dengan mudah. 

Selamat mencoba ya!

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments