Inilah Rekap SME DigitalFest 2023

0
1206

Exabytes Indonesia, sebagai penyedia layanan web hosting, mempertegas komitmennya dalam mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk bersiap menghadapi era digital. Dukungan ini dinyatakan dalam acara SME DigitalFest yang diadakan di Gedung SMESCO, Jakarta, pada tanggal 11-12 Agustus 2023.

“Kami fokus pada 5.000 UMKM yang masih beroperasi secara offline, khususnya bagi yang memiliki keterbatasan pengetahuan digital atau mengalami hambatan dalam beralih ke ranah digital,” kata Indra Hartawan, Country Manager Exabytes Indonesia, dalam sebuah konferensi pers di Jakarta pada Jumat (11/8/2023).

SME DigitalFest 2023 merangkul konsep konferensi dan bazar selama dua hari berturut-turut. Selama acara ini, peserta tidak hanya mendapatkan wawasan dari pembicara berkualitas, tetapi juga memiliki kesempatan berbelanja di area bazar yang diisi oleh puluhan gerai UMKM.

Berdasarkan data dari Exabytes Indonesia, angka pendaftaran website baru meningkat antara 3.000 hingga 5.000 per bulan. Tren pertumbuhan situs web yang positif terjadi sejak lebaran tahun ini, dengan pertumbuhan sekitar 18% MoM, serta diikuti dengan peningkatan layanan sebesar 75% setiap bulannya.

Menurut Indra, UMKM dapat mengadopsi digitalisasi melalui pemanfaatan media sosial untuk promosi bisnis, penggunaan situs web atau aplikasi untuk membuka toko online, serta pemanfaatan alat pemasaran digital seperti Search Engine Optimization (SEO) dan email.

“Dengan adopsi bentuk digital seperti situs web, diharapkan daya saing dapat ditingkatkan dan peluang usaha dapat diperluas. Ini akan membantu pelaku UMKM mengembangkan pasar dan meningkatkan ekonomi mereka,” tambah Indra.

Exabytes Indonesia terus mendukung transformasi digital berkelanjutan bagi UMKM dengan menyelenggarakan acara edukatif berkualitas, termasuk SME DigitalFest 2023. Acara ini didukung oleh EasyStore dan YouTap, dengan topik utama “Building Resilient SMEs in the Digital Era”.

Inilah Rekap SME DigitalFest 2023 - 2024

Upaya Exabytes Indonesia dalam mencapai target untuk membantu 5.000 UMKM menjadi lebih kuat secara digital juga tercermin dalam peningkatan kualitas produk dan layanannya melalui kolaborasi dengan EasyStore, yang merupakan perusahaan di bawah naungan Exabytes Group.

“Kerjasama dengan EasyStore diharapkan dapat mempermudah UMKM dalam mengelola penjualan dan pesanan toko online dari berbagai platform hanya dalam satu platform,” tambah Indra.

Herman Suharto, CEO YouTap Indonesia, menyampaikan bahwa saat ini YouTap telah membantu lebih dari 500 ribu UMKM di lebih dari 510 kota di Indonesia dalam proses digitalisasi. YouTap juga menawarkan berbagai layanan strategis untuk meningkatkan akses keuangan UMKM.

“Sebagai ekosistem digital dengan fokus pada pedagang, kami menyediakan layanan seperti aplikasi kasir digital, belanja stok online untuk memenuhi kebutuhan belanja grosir UMKM, serta program loyalitas pelanggan,” ujar Herman.

Selain itu, YouTap juga memberdayakan berbagai jenis dan ukuran bisnis dengan solusi yang komprehensif, mendorong pertumbuhan UMKM melalui proses digitalisasi.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments