Search Encrypt: Cara Mengamankan Pencarian Anda

0
138

Search encrypt adalah salah satu sistem pencarian daring yang menekankan dan memelihara kerahasiaan penggunanya.

Tidak seperti kebanyakan sistem pencarian lainnya, search encrypt menerapkan teknik enkripsi lokal pada kata kunci pencarian pengguna. Hal ini bertujuan untuk menjaga privasi pengguna dengan mengidentifikasi setiap pencarian yang berpotensi dilacak dan terhubung dengan data pribadi.

Selain itu, pelajari lebih lanjut tentang apa itu search encrypt dan langkah-langkah untuk menginstalnya di bawah ini.

Apa Itu Search Encrypt?

apa itu search encrypt adalah

Search encrypt adalah suatu peranti pencari atau mesin pencari web yang berfokus pada privasi sebagai fitur unggulannya. Fitur privasi ini menjadi ciri khas yang membedakannya dari mesin pencari konvensional lainnya.

Tujuan utama dari search encrypt adalah untuk menjaga keamanan data pengguna. Ini dicapai melalui teknologi enkripsi kueri pencarian sebelum dikirim ke server.

Enkripsi kueri bermanfaat dalam memastikan bahwa informasi yang dicari oleh pengguna tidak dapat diintip oleh pihak ketiga, termasuk penyedia layanan internet (ISP) dan peretas.

Teknologi enkripsi yang digunakan adalah enkripsi end-to-end, yang berarti hanya pengguna dan mesin pencari yang dapat mengakses informasi pencarian tersebut.

Selain itu, enkripsi pencarian juga secara otomatis menghapus riwayat pencarian setelah jangka waktu tertentu atau sesi pencarian ditutup. Ini memberikan perlindungan tambahan terhadap identitas dan keamanan data.

Karenanya, search encrypt menjadi pilihan menarik bagi pengguna yang peduli akan keamanan pencarian dan perlindungan data pribadi.

Disamping itu, search encrypt juga menawarkan alternatif menarik terhadap mesin pencari utama, terutama bagi mereka yang mungkin mencurahkan data pengguna untuk keperluan iklan atau tujuan lainnya.

Cara Kerja Search Encrypt

Berikut adalah cara kerja search encrypt:

  1. Search encrypt memeriksa URL setiap situs web yang dikunjungi oleh pengguna.
  2. Untuk melindungi privasi pengguna, search encrypt akan menghalangi permintaan saat situs tersebut terdaftar sebagai situs yang mungkin melakukan pelacakan.
  3. Search encrypt mengenkripsi pencarian pengguna menggunakan enkripsi standar industri AES-256.
  4. Pencarian yang telah terenkripsi secara lokal oleh pengguna akan dikirimkan dengan aman ke server search encrypt.
  5. Untuk memberikan hasil yang paling relevan kepada pengguna, search encrypt kemudian mendekripsi istilah pencarian dan meminta hasil dengan aman dari mitra pencarian & konten mereka.
  6. Search encrypt kemudian mengumpulkan hasil yang paling relevan dan menampilkannya dengan aman kepada pengguna.
  7. Untuk keamanan tambahan, riwayat pencarian lokal pengguna untuk pencarian yang dilindungi oleh search encrypt akan kedaluwarsa dan dihapus setelah 30 menit jika tidak aktif atau tidak ada aktivitas.

Fungsi Search Encyrpt Untuk Pengguna

fungsi dan keunggulan search encrypt

Fungsi dari search encrypt bagi para pengguna mencakup beragam aspek dengan tujuan meningkatkan pencarian serta menjadikan pengalaman menjelajah internet lebih aman. Beberapa fungsi utama dari search encrypt termasuk:

  • Perlindungan Privasi Pencarian: Alat ini mengenkripsi kueri pencarian pengguna, memastikan bahwa informasi pencarian tetap terjaga privasinya dan terlindungi dari pihak ketiga, termasuk penyedia layanan internet (ISP) dan peretas.
  • Mencegah Pelacakan: Search encrypt mengenkripsi kueri pencarian dan tidak menyimpan riwayat pencarian, sehingga membantu mencegah pengiklan dan situs web lainnya untuk melacak aktivitas pencarian pengguna.
  • Penghapusan Otomatis Riwayat Pencarian: Secara otomatis, search encrypt menghapus kueri pencarian setelah waktu tertentu atau ketika sesi pencarian ditutup, meningkatkan privasi pengguna.
  • Hasil Pencarian yang Relevan tanpa Profiling Pengguna: Search encrypt tetap memberikan hasil pencarian yang relevan bagi pengguna tanpa perlu membuat profil pengguna atau mengumpulkan data pribadi untuk personalisasi.
  • Alternatif bagi Mereka yang Mengutamakan Privasi: Menawarkan opsi bagi pengguna yang ingin menjaga pencarian mereka tetap anonim dan terlindungi dari pengumpulan data besar-besaran yang dilakukan oleh mesin pencari populer.
  • Pengalaman Browsing yang Lebih Aman: Search encrypt menciptakan lingkungan browsing yang lebih aman bagi pengguna dengan memberikan perlindungan terhadap kebocoran data.

Keunggulan Search Encrypt

Search encrypt menawarkan beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan utama. Berikut adalah beberapa keunggulan dari alat ini:

  1. Tidak Menyimpan Data Pengguna: Berbeda dengan banyak mesin pencari populer yang menyimpan data pengguna, search encrypt tidak menyimpan riwayat pencarian atau data pribadi. Hal ini mengurangi risiko penyalahgunaan data.
  2. Perlindungan Privasi yang Unggul: Dengan fokus utama pada privasi, search encrypt menawarkan perlindungan yang lebih baik terhadap pengawasan dan pelacakan online, baik dari pengiklan maupun pihak berwenang.
  3. Penghapusan Otomatis Kueri Pencarian: Kueri pencarian dihapus secara otomatis setelah sesi pencarian, memastikan bahwa informasi tidak tersimpan atau berisiko dibocorkan.
  4. Mencegah Pembuatan Profil Iklan: Karena tidak mengumpulkan atau menyimpan data pengguna, search encrypt membantu mencegah pembuatan profil iklan yang didasarkan pada aktivitas pencarian.
  5. Menghindari Filter Bubble: Tanpa personalisasi yang berlebihan berdasarkan riwayat pencarian, pengguna lebih mungkin mendapatkan hasil pencarian yang objektif dan tidak terpengaruh oleh filter bubble.

Cara Memasang Search Encrypt

Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan ekstensi Search Encrypt di Chrome:

  1. Buka chrome://extensions/ di browser Chrome.
  2. Gulir ke bagian bawah halaman, kemudian klik “Dapatkan lebih banyak ekstensi”.
  3. Cari “enkripsi pencarian” di kotak pencarian.
  4. Di samping hasil pencarian untuk “enkripsi pencarian”, pilih “+ Tambahkan ke Chrome”. Anda akan diminta untuk mengonfirmasi penambahan ekstensi tersebut.
  5. Klik “Tambahkan ekstensi” untuk menyelesaikan proses pemasangan.

Dengan demikian, Anda telah berhasil memasang ekstensi Search Encrypt di Chrome. Apakah Anda tertarik untuk mencoba mesin pencari ini?

web hosting murah terbaik blog banner