Apa Itu Self Signed Certificate dan Bagaimana Cara Install di cPanel?

0
1724

Jika Anda sekarang sedang berada di artikel ini, artinya Anda sedang mencari apa itu self signed certificate dan bagaimana cara memasangnya di cPanel? 

Kabar baiknya Anda sudah berada di artikel yang tepat, bahkan kami tidak hanya menjelaskan apa itu self signed certificate dan cara memasangnya di cPanel. Melainkan kami akan mengulas juga kelebihan dan kekurangan self signed certificate serta kapan waktu yang tepat menggunakannya.

Karena self signed certificate tidak bisa digunakan untuk semua keperluan, mari kita bahas satu persatu dimulai dari apa itu self signed certificate.

Apa itu Self Signed Certificate?

Self signed certificate adalah sertifikat yang dapat diterbitkan oleh pengguna sendiri, tanpa mengikuti proses verifikasi oleh otoritas penerbit SSL. Sertifikat ini digunakan untuk mengenkripsi komunikasi dan menyediakan identitas yang dapat dipercaya bagi server maupun aplikasi web.

Self signed certificate

Dikarenakan self signed certificate tidak diterbitkan oleh pihak ketiga, sehingga sertifikat ini tidak diakui secara umum dan seringkali ditolak oleh sebagian peramban web dan membuat kesulitan dalam proses akses ke website yang menggunakan self signed certificate. 

Oleh karena itu, sertifikat self-signed biasanya digunakan hanya untuk lingkungan internal atau percobaan saja. Namun, jika Anda membutuhkan sertifikat yang diakui secara umum, Anda perlu membeli sertifikat dari lembaga sertifikasi yang diakui.

Di bawah ini ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari self signed certificate:

Kelebihan Self Signed Certificate Kekurangan Self Signed Certificate
  • Self-signed certificate bisa digunakan secara gratis.
  • Anda dapat mengontrol dan membuat sertifikat sendiri tanpa harus tergantung pada pihak ketiga.
  • Sertifikat jenis ini dapat digunakan pada perangkat lunak yang mendukung protokol SSL/TLS.
  • Sertifikat yang ditandatangani sendiri tidak diakui oleh browser atau perangkat lunak sebagai sertifikat yang sah, sehingga mungkin menimbulkan masalah keamanan dan kepercayaan.
  • Browser akan menampilkan peringatan kesalahan ketika mengunjungi situs yang menggunakan sertifikat yang ditandatangani sendiri.
  • Kami tidak menyarankan digunakan untuk keperluan komersial.
  • Sertifikat self-signed hanya valid untuk jangka waktu yang singkat, biasanya 1 tahun.

Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Self-Signed Certificate?

Jika kita lihat penjelasan di atas, self signed certificate lebih banyak kekurangannya. Dan terkesan tidak layak untuk digunakan, tapi Anda masih bisa menggunakan self signed certificate untuk keperluan tertentu.

Anda bisa menggunakan self signed certificate untuk kebutuhan atau pengembangan sistem seperti mengamankan jaringan internal perusahaan, ketika melakukan pengujian dan pengembangan situs dan untuk aplikasi internal yang tidak diakses oleh publik.

Intinya tidak direkomendasikan untuk digunakan oleh situs web yang diakses oleh publik atau situs yang digunakan untuk transaksi komersial, karena sertifikat tersebut tidak diakui sebagai sah oleh browser atau perangkat lunak sehingga dapat menimbulkan masalah keamanan.

Sedangkan untuk kebutuhan website yang diakses oleh publik atau untuk transaksi komersial kami menyarankan Anda menggunakan sertifikat SSL yang dikeluarkan oleh otoritas penerbit SSL yang diakui secara umum.

Anda bisa beli SSL tersebut di Exabytes Indonesia, karena menyediakan SSL berkualitas dengan harga terbaik seperti Comodo PositiveSSL Certificate, Sectigo Essential SSL Certificate, Sectigo Instant SSL Premium, GeoTrust True BusinessID dan Sectigo Premium Wildcard SSL.

Anda bisa konsultasi dengan customer support kami untuk rekomendasi SSL yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Instal Self Signed Certificate di cPanel

Sementara yang ingin menggunakan SSL untuk pengujian sistem, bisa menggunakan self signed certificate yang akan kami jelaskan cara memasangnya di cPanel. Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Login ke cPanel Hosting

Langkah 1: Pertama-tama Anda perlu masuk ke member area Exabytes Indonesia, caranya kunjungi halaman billing.exabytes.co.id, bagi yang belum memiliki akun Exabytes Indonesia bisa membuatnya terlebih dahulu dengan cara klik tombol Daftar.

Apa Itu Self Signed Certificate dan Bagaimana Cara Install di cPanel? - 2024

Langkah 2: Setelah berhasil login, klik Services.

Langkah 3: Di halaman billing area terdapat beragam layanan dan domain yang Anda beli di Exabytes. Dalam demo kami klik EBiz Plus v7.

Apa Itu Self Signed Certificate dan Bagaimana Cara Install di cPanel? - 2024

Langkah 4: Selanjutnya Anda tinggal klik Login di cPanel.

Apa Itu Self Signed Certificate dan Bagaimana Cara Install di cPanel? - 2024

Selesai Anda telah berhasil masuk ke halaman cPanel.

Instalasi SSL Self Signed Certificate 

Langkah 1: Setelah berhasil login ke cPanel, temukan dan klik tombol SSL/TLS Manager di bawah bagian Security.

Apa Itu Self Signed Certificate dan Bagaimana Cara Install di cPanel? - 2024

Langkah 2: Di halaman SSL/TLS status, klik Run AutoSSL.

Apa Itu Self Signed Certificate dan Bagaimana Cara Install di cPanel? - 2024

Tunggu beberapa saat sampai ada pesan bertuliskan Domain Validated.

Selesai, Anda sudah berhasil instalasi SSL Self Signed. Cek hasil dari SSL yang sudah terpasang di www.sslshopper.com.

Ingin Dibantu Instal SSL di cPanel? Ini dia Solusinya!

Baik Anda menggunakan SSL dari otoritas penerbit SSL atau yang self signed certificate, hal pentingnya adalah Anda tau kapan harus menggunakan self signed certificate dan kapan harus menggunakan SSL dari otoritas penerbit SSL.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa self signed certificate tidak direkomendasikan untuk digunakan oleh situs web yang diakses oleh publik atau situs yang digunakan untuk transaksi komersial.

Sedangkan untuk kebutuhan website yang diakses oleh publik atau untuk transaksi komersial kami menyarankan Anda menggunakan sertifikat SSL yang dikeluarkan oleh otoritas penerbit SSL yang diakui secara umum.

Nah jika Anda tidak ingin repot instal SSL sendiri, Anda bisa beli SSL berkualitas dengan harga terbaik melalui Exabytes Indonesia dan kami bisa bantu untuk mengaktifkan SSL tersebut. 

Tidak hanya itu saja, jika Anda berlangganan salah satu cPanel hosting di Exabytes Indonesia. Technical support kami bisa membantu Anda untuk mengaktifkan SSL gratis yang sudah tersedia. Praktis sekali bukan? 

Jadi Anda tinggal fokus untuk mengelola website dan tidak direpotkan dengan instalasi SSL yang mungkin akan memakan waktu (jika belum terbiasa).

Selamat mencoba!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments