SSL Adalah : Pengertian, Fungsi, dan Jenis SSL Website

0
2574

Halo Exabytes Friends! Pernahkah kamu mendengar kata SSL sebelumnya? Pasti sebagian dari kamu juga bertanya-tanya apa itu SSL adalah? Atau kamu pernah mendengarnya tetapi tidak mengerti apa itu SSL adalah? Atau mungkin teman menyarankan menggunakan SSL.

Tapi kamu masih tidak tahu apakah perlu menggunakan SSL atau tidak. Apa efeknya jika menginstal SSL di situs? Apakah membuat error atau tidak? Apakah situs web terlindungi dari serangan peretas?

Hmm… Jangan bingung! Panduan ini akan membahas secara detail apa itu SSL, apakah perlu menggunakan SSL serta fungsi dan manfaatnya. Selanjutnya kamu akan dipandu bagaimana memilih SSL yang baik dan benar.

Jika budget terbatas, apakah ada SSL yang murah atau gratis? Oke, daripada punya pertanyaan, lebih baik kamu langsung saja melihatnya di bawah ini!

Apa Itu SSL?

apa itu ssl

SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer, salah satu komponen penting yang harus dimiliki sebuah website. Dengan SSL, transmisi data di website menjadi lebih aman dan terenkripsi. Meskipun penting, Google Chrome melabeli situs web tanpa sertifikat SSL sebagai tidak aman.

Jika sistem keamanan ini ditambahkan ke situs web kamu, URL situs web akan berubah menjadi HTTPS. Tujuan utama menginstal SSL adalah untuk mengamankan pertukaran data yang terjadi melalui internet.

Apa perbedaan antara SSL dan TLS? Faktanya, SSL sudah tidak digunakan lagi dan telah digantikan oleh TLS. Namun, karena kebanyakan orang sangat akrab dengan istilah SSL, perusahaan masih menggunakannya. Sedangkan enkripsi yang diberikan saat ini adalah TLS.

Keduanya mengamankan transmisi data di situs web. Namun, teknologi TLS lebih baik karena lebih baru dan upgrade dari SSL. Jadi kamu tidak perlu khawatir dengan perbedaan istilah.

ssl adalah

Mengapa Menggunakan SSL/TLS Untuk Situs Web?

Secara umum, SSL diperlukan untuk meningkatkan keamanan situs web kamu terhadap ancaman keamanan. Namun, ada juga alasan khusus mengapa kamu harus menggunakan SSL/TLS. Ini adalah alasan yang disebutkan:

Situs web terkesan lebih profesional

Banyak pengguna kini telah menguasai teknologi tersebut. Mereka tahu situs mana yang aman dan mana yang tidak. Website yang tidak menggunakan SSL dianggap tidak aman bagi pengunjung karena berpotensi pencurian data.

Oleh karena itu, memasang sertifikat SSL adalah solusi untuk membantu situs web kamu menjadi lebih bereputasi dan dapat dipercaya di mata pengunjung.

Melindungi data dan juga informasi yang penting

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, SSL bertindak sebagai perisai yang melindungi situs web kamu dari pencurian informasi penting oleh penyusup dan peretas.

Bahkan, penjahat cyber juga sangat mahir mencuri data melalui berbagai cara.

Mematuhi aturan transaksi yang ada di internet

Nah, jika kamu memiliki situs web e-commerce atau toko online dan kamu menawarkan sistem pembayaran kartu kredit, SSL/TLS adalah yang harus kamu gunakan. Ada aturan yang disebut Payment Card Industry Data Security Standard, yang mengharuskan situs web menggunakan SSL.

Jika situs kamu tidak menggunakannya dan membocorkan data, kamu harus membayar denda antara $5.000 hingga $500.000.

Memaksimalkan SEO

Sepintas, sepertinya tidak ada hubungan antara SSL/TLS dengan SEO. Tapi jangan salah, ternyata Google hanya ingin mempertimbangkan website yang membolehkan SSL untuk dimasukkan dalam hasil mesin pencari mereka lho!

Jadi, jika kamu ingin situs web kamu ditemukan oleh pengunjung kamu melalui Google, jangan pernah mengabaikan sertifikat ini.

Baca juga: Tutorial Cara Instal SSL di Hosting Dengan Mudah

Jenis-Jenis SSL Certificate

Sebelum membeli SSL dari penyedia SSL terpercaya Indonesia, kamu harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis SSL. Dengan begitu, kamu tahu mana yang tepat untuk kebutuhan situs kamu karena ada jenis SSL yang tidak dapat digunakan oleh sembarangan pihak.

Domain Validated (DV) SSL Certificate

SSL ini sangat direkomendasikan untuk UKM (usaha yang sedang berkembang) yang membutuhkan solusi dengan harga terjangkau. Sertifikat SSL tingkat DV ini hanya membutuhkan kepemilikan domain, yaitu DNS atau validasi email.

DV SSL hanya akan menampilkan informasi yang menunjukkan bahwa situs kamu adalah situs yang aman dan terenkripsi. Oleh karena itu, e-commerce tidak boleh menggunakan level SSL ini.

DV SSL cocok untuk digunakan di situs pengujian kamu atau situs web internal perusahaan. Jika kamu menggunakan sertifikat ini, penanda menunjukkan bahwa domain aman adalah HTTPS dan gembok berwarna hijau.

Organization Validated (OV) SSL Certificate

OV SSL sebenarnya sama dengan DV SSL. Namun, pemilik domain harus melakukan verifikasi dengan menunjukkan bukti kepemilikan dan legalitas domain. Artinya otoritas sertifikat atau CA (Certificate Authority) seperti GeoTrust, Comodo SSL dan lainnya akan memastikan bahwa domain tersebut terdaftar dengan nama perusahaan, lokasi dan informasi hukum lainnya.

OV SSL biasanya digunakan di situs web bisnis agar lebih aman dan andal bagi pengunjung. Jika kamu menggunakan sertifikat ini, penanda menunjukkan bahwa domain aman adalah HTTPS dan gembok berwarna hijau.

Extended Validated (EV) SSL Certificate

EV SSL memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan sangat direkomendasikan untuk bisnis online kamu khususnya situs e-commerce. Fitur khusus dari EV SSL ini adalah nama perusahaan kamu ditulis dengan warna hijau di bilah URL di dekat nama domain.

EV SSL mewajibkan pemilik domain untuk memverifikasi kepemilikan domain dengan sejumlah dokumen hukum. Memang SSL sering digunakan oleh orang-orang yang memiliki organisasi bisnis terpercaya seperti PT, CV dan Departemen Negara.

SSL Single Domain

Apa itu single domain SSL/TLS? Single domain SSL adalah SSL yang hanya dapat mengamankan satu domain, tidak boleh memiliki lebih dari satu domain. Beberapa manfaat single domain SSL/TLS meliputi:

  • SSL ini sangat sederhana. Otentikasi sederhana dan bagus untuk kamu yang baru memulai dengan situs web.
  • Jika kamu membeli SSL jenis ini, waktu penerbitan sertifikat sangat cepat.
  • SSL ini juga memiliki enkripsi 256-bit. Kamu harus tahu bahwa 256-bit adalah enkripsi tingkat tinggi yang peretas dapat memecahkan enkripsi ini harus mencoba hingga 2256 kombinasi untuk masuk ke situs web kamu.

SSL Wildcard

Wildcard SSL adalah sertifikat SSL dengan wildcard (tanda bintang) di domain. Tanda bintang ini bertanggung jawab untuk mengamankan banyak subdomain (server) yang terhubung ke domain utama, misalnya subdomain.websiteutama.com.

Manfaat dari sertifikasi ini antara lain:

  • Subdomain situs web dan situs utama akan dilindungi dengan SSL dan jumlah subdomain yang akan diamankan tidak terbatas.
  • Membeli wildcard SSL jauh lebih murah daripada membeli SSL single domain.

SSL Multi Domain

SSL ini merupakan SSL yang dapat memberikan keamanan pada beberapa domain, syarat utama saat membeli SSL ini adalah nama domain yang akan diamankan harus aktif. Sertifikat ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang memiliki beberapa domain dan mencari harga terbaik dibandingkan dengan membeli sertifikat individu.

Unified Communications Certificates

Unified Communications Certificate SSL adalah jenis SSL yang dibuat khusus untuk Office Communication Server dan Microsoft Exchange. Dengan membeli sertifikat ini, kamu dapat mengamankan beberapa domain dan subdomain.

Namun, SSL ini hanya dapat menggunakan otentikasi OV dan tidak dapat menggunakan otentikasi DV. Manfaat SSL UCC meliputi:

  • Beberapa domain dan subdomain dapat diamankan secara bersamaan hanya dengan membeli 1 sertifikat.
  • Tidak perlu mengedit ulang. Kamu dapat mengubah domain dengan sertifikat ini.
  • Kurangi biaya dan kelola beberapa domain sekaligus dengan mudah.

Cara Kerja Dari SSL Certificate

cara kerja ssl

Setelah mempelajari apa itu SSL dan mengapa kamu perlu menggunakannya di situs web kamu, kamu juga harus mengetahui cara kerja SSL/TLS dalam keamanan situs web.

Pada dasarnya, pertukaran data online seperti mengakses website, transaksi online, mengirim dan menerima email, dan transmisi data lainnya dilakukan oleh dua komputer: server dan komputer pengguna.

SSL/TLS mengamankan data menggunakan enkripsi ujung ke ujung atau metode end-to-end encryption. Ini berarti bahwa tidak ada komputer atau pihak ketiga yang dapat membaca informasi yang ditransfer.

Sertifikat SSL menggunakan kombinasi dua kunci enkripsi: kunci publik dan kunci pribadi. Kunci publik atau public key berguna untuk mengacak atau mengenkripsi data yang dikirimkan. Kunci pribadi atau private key berguna untuk mendekripsi atau memulihkan data acak ke dalam format yang dapat dibaca kembali oleh pengguna.

Memilih Jenis SSL Yang Tepat Untuk Situs Web

Pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan jenis-jenis SSL. Perlu diketahui bahwa ada SSL berbayar dan SSL gratis. Bagi kamu yang baru mengenal SSL murah dan ingin mengujinya tanpa mengeluarkan banyak uang, kamu dapat mencoba SSL gratis Cloudflare.

Namun, jika kamu memilih versi gratis, kamu tidak akan mendapatkan fitur premium Cloudflare. Saat blog atau website kamu mulai berkembang, kamu bisa memilih jenis SSL berbayar, DV SSL.

Jika kamu memiliki website untuk bisnis atau organisasi kamu, maka Organization Validation SSL (OV SSL) adalah pilihan yang tepat untuk memastikan kepemilikan domain terdaftar dengan nama bisnis atau organisasi, kejelasan lokasi dan informasi penting lainnya.

Yang terakhir adalah Extended Validation SSL (EV SSL). Bagi kamu yang menjalankan bisnis online atau e-commerce, jenis SSL ini adalah pilihan terbaik karena memberikan tingkat keamanan tertinggi.

Jadi, SSL Adalah …

Di era modern di mana segala sesuatunya lebih rumit dari sekarang, keamanan data sama pentingnya dengan keamanan kamu sendiri. Kemungkinan pencurian data tanpa sepengetahuan kamu juga dapat mengancam keamanan fisik kamu.

SSL mungkin merupakan cara yang tempaknya sepele, tetapi tidak boleh diabaikan. Karena keamanan online saat ini juga dapat mempengaruhi keselamatan kamu dan orang yang kamu cintai.

Nah, pada artikel kali ini kamu sudah mengetahui apa itu SSL, fungsinya, jenisnya, dan lainnya. Apa yang kamu tunggu? Lindungi situs web dan data kamu untuk keamanan kamu sendiri bersama Exabytes.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments