Simak 6 Fakta Menarik Seputar Perayaan Tahun Baru Cina #SemakinHOKI

30
3 min read

Hi Exabytes Friends,

Tidak bisa kita pungkiri bahwa salah satu faktor yang menjadi daya tarik negara Indonesia adalah keberagaman suku, budaya, serta adat istiadatnya. Karena keberagaman itu pula, kita dapat menikmati beberapa perayaan besar yang unik dan khas setiap tahunnya, salah satunya perayaan hari tahun baru cina atau yang biasa disebut dengan perayaan imlek yang jatuh pada 5 Februari besok.

Berikut beberapa fakta menarik seputar perayaan tahun baru China yang menarik untuk kita semua ketahui:

1.Imlek Dirayakan Oleh 1/6 Populasi Dunia

salah satu faktor yang paling menarik dari perayaan imlek adala jumlah populasi yang imlek, yakni mencapai satu per enam populasi penduduk dunia. Ternyata lumayan banyak juga ya Exabytes Friends?

China Town – Pixabay.com

2. Barongsai

Kalian pernah dong liat atraksi barongsai di mall ataupun public space lainnya ketika hari perayaan imlek sudah dekat? Fyi nih Exabytes Friends, barongsai ini merupakan tarian tradisional khas Cina, dimana penarinya menggunakan kostum menyerupai singa. Barongsai merupakan lambang dari kesenangan dan juga kebahagiaan.

Barongsai – Pixabay.com

3. Angpao

Tradisi imlek yang satu ini sebenarnya mirip-mirip dengan tradisi lebaran loh Exabytes Friends. Pada saat lebaran biasanya kita berbagi rezeki dengan memberikan amplop kepada orang yang lebih tua dan yang lebih muda dari kita sebagai rasa syukur. Sama halnya, imlek juga memiliki tradisi bagi bagi rezeki yang sama. Hanya saja, amplop imlek atau angpao berwarna merah dan biasanya hanya yang sudah berkeluarga dan mapan yang boleh memberikan angpao. Yang lebih unik lagi, uang yang dimasukkan kedalam angpao ini pun tidak boleh berjumlah ganjil.

4.Dekorasi rumah

Sama seperti hari besar lainnya seperti natal, tahun baru, dan lebaran, momen imlek juga digunakan untuk kumpul keluarga. Agar suasana imlek semakin terasa, biasanya mereka yang merayakan imlek akan mengecat ulang pintu rumah, menghiasi rumahnya dengan pernak pernik imlek seperti lampion berwarna merah dan keemasan yang melambangkan kesejahteraan dan keberuntungan. Tidak lupa juga kertas bertuliskan kalimat yang berisikan doa- doa baik akan menghiasi dinding dan pintu rumah yang merayakan.

5. Hidangan tradisi tahun baru Imlek

ada faktor menarik lain mengenai makanan yang disajikan pada saat perayaan imlek yang banyak tidak diketahui orang, dimana biasanya akan ada minimal 12 macam masakan dan 12 jenis kue loh! Masing – masing makanan tersebut juga memiliki makna tersendiri. Misalnya, ayam utuh yang melambangkan kemakmuran keluarga, mie panjang yang melambangkan panjang umur yang cara menyantapnya tidak boleh dipotong atau kue lapis legit yang mengartikan rezeki yang berlapis – lapis.

6. Bersih – bersih rumah

Dalam tradisi Imlek, membersihkan rumah berarti membuang segala keburukan yang menghalangi datangnya keberuntungan. Namun biasanya bersih-bersih hanya boleh dilakukan sebelum hari perayaan imlek karena bersih bersih ketika imlek dipercaya akan membuang keberuntungan di tahun tersebut.

Bersih-bersih – pixabay.com

Sekian fakta menarik mengenai salah satu perayaan kebudayaan terbesar di Indonesia yang selama ini kita kenal dengan sebutan Imlek. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan kebudayaan Exabytes Friends semua yaa!

Dan satu lagi, Exabytes doaiin kalian semua semakin hoki di tahun 2019 ini!

Gimana sih Caranya Agar Bisnis #2019SemakinHoki?

Yuk mulai fokus dengan apapun yang kamu lakukan di tahun 2019, baik itu ngeblogging, membuat konten maupun membangun bisnis sendiri agar 2019 kita semakin banyak hoki!

Agar bisnis online kamu di 2019 semakin hoki, kamu dapat dengan menggunakan domain .COM hanya Rp119.000/tahun agar bisnis kamu dapat dijangkau oleh orang diseluruh dunia!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here