Mengenal Pemenang Site of The Month IWA 2020 (Januari-Desember 2020)

126
Berkah Ramadhan
16 min read

Halo, Exabytes Friends! Sebentar lagi Exabytes akan mengadakan acara terbesar tahunannya yang selalu ditunggu oleh insan pemilik website dan web developer, apalagi kalau bukan IWA 2020 Announcement X WebDevTalk 2021!

IWA adalah singkatan dari Indonesia Website Awards. IWA merupakan ajang penghargaan terbesar dan bergengsi di Indonesia sekaligus memberikan apresiasi terhadap para pemilik website dan web developer Indonesia. Acara Indonesia Website Awards sudah memasuki tahun keempat sejak dimulai tahun 2017 di Indonesia.

Dan pada tahun ini, tepatnya 1 April 2021, IWA juga akan diselenggarakan bersamaan dengan WebDevTalk. WebDevTalk atau Web Developer Talk adalah rangkaian dari acara Indonesia Website Awards di mana Exabytes akan menghadirkan para Web Developer Expert untuk memberikan insight mengenai tren website terkini, strategi pengembangan dan pengoptimalan website hingga kisah inspiratif.

Nantinya di acara IWA x WebDevTalk 2021  juga ada pengumuman pemenang SOTM IWA 2020, SOTY IWA 2020 dan Public Favourite Website 2020.

Para peserta IWA sebelumnya telah mendaftarkan websitenya dan memilih sesuai dengan kategori yang ada. Kategorinya dalam IWA dibagi menjadi UKM (Commercial), Personal dan E-Commerce. 

Website dengan kategori UKM (Commercial) adalah website yang merepresentasikan perusahaan atau UKM dan mempunyai tujuan komersil. Dalam website biasanya diletakkan profil agar menjadi referensi bagi pelanggan.

Lalu, website dengan kategori Personal digunakan untuk kepentingan pribadi seperti blog untuk menuliskan artikel atau informasi edukatif serta berita terkini hingga portfolio.

Terakhir, website dengan kategori E-Commerce kurang lebih sama jenisnya dengan kategori UKM (Commercial) merepresentasikan sebuah perusahaan dan mempunyai tujuan komersil. Yang membedakan ialah terdapat fitur shopping cart serta payment getaway sehingga user bisa langsung membeli produk atau jasa dan melakukan pembayaran langsung di website.

Selanjutnya, para peserta yang sudah submit tepat waktu setiap bulannya akan dinilai oleh para juri panel dan juri expert serta andal di bidangnya dengan melihat dari 4 kriteria yaitu SEO, Aksesibilitas, Performa dan Konten. Dan juga vote.

Setelah dinilai oleh para juri, peserta akan disortir dan dipilih dari yang memiliki nilai tertinggi sehingga ditentukan siapa yang menjadi pemenang Site Of The Month IWA 2020.

Jadi, Site Of The Month IWA 2020 adalah kategori award di IWA 2020 di mana akan diumumkan satu pemenang SOTM IWA 2020 per kategori website (UKM atau Commercial, Personal, E-Commerce) setiap bulannya. Selain itu juga ada pemenang Site Of The Year dan Favourite Website.

Buat kamu yang penasaran siapa saja sih pemenang SOTM IWA 2020 langsung aja yuk lihat profil dan website mereka. Di IWA 2020 ada total 30 pemenang SOTM IWA 2020 dari 1.057 pendaftar dan diumumkan setiap bulannya.

Pemenang SOTM Januari 2020

Pemenang Site Of The Month IWA 2020 - Januari

Ada 3 pemenang Site Of The Month IWA 2020 di bulan Januari yaitu KoinWorks, Situsnesia dan N45HT.

KoinWorks

Pemenang SOTM IWA 2020 kategori UKM (Commercial) di bulan Januari 2020 adalah KoinWorks. Website KoinWorks merepresentasikan perusahaan KoinWorks yaitu perusahaan Peer-to-Peer Lending atau peminjaman demi membantu semua lapisan masyarakat mencapai tujuan finansial, termasuk dalam mendirikan serta mengembangkan bisnis UMKM.

Situsnesia

Pemenang SOTM IWA 2020 dengan kategori Personal di bulan Januari 2020 ialah website Situsnesia yang dimiliki oleh Fahuda Elwin Yunianto. Situsnesia merupakan website yang memberikan informasi-informasi terkini dan dari berbagai bidang kehidupan seperti pendidikan, teknologi, kesehatan, film, berita terkini hingga bermacam tips dan rekomendasi.

Untuk kamu yang mau tahu informasi terkini tentang banyak hal dan menambah ilmu pengetahuan umum yang luas, bisa rajin-rajin kunjungi website Situsnesia ya! Bermanfaat banget artikel-artikelnya.

N45HT

Pemenang SOTM IWA 2020 kategori E-Commerce di bulan Januari 2020 adalah N45HT. Website yang dimiliki oleh Choirur Rizal ini mewakili N45HT yaitu organisasi peneliti keamanan yang berdiri sejak 2015. Menawarkan layanan Security Analyst dan membantu orang/perusahaan mengamankan website dari para peretas. 

Pemenang SOTM Februari 2020

Pemenang Site Of The Month IWA 2020 - Februari

Di bulan Februari 2020 terdapat 2 pemenang Site Of The Month IWA 2020 yaitu Igniel dan BroPulsa.

Igniel

Pada bulan Februari 2020, pemenang Site Of The Month IWA 2020 kategori Personal diberikan kepada Igniel. Seperti website kategori Personal pada umumnya, Igniel memberikan informasi seputar Blogspot dan media sosial lewat artikel-artikel bermanfaatnya. Kamu bisa menemukan beragam panduan dan tips-tips tentang dunia internet dari ngeblog, hosting website hingga menggunakan media sosial dari website Igniel!

BroPulsa

BroPulsa menjadi pemenang Site Of The Month IWA 2020 di kategori E-Commerce pada bulan Februari 2020. Dengan website BroPulsa yang dimiliki oleh Mastekno Digital Media, kamu bisa melakukan isi pulsa, token listrik, membeli paket data internet hingga voucher game murah. Semua secara mudah bisa kamu dapatkan dengan melakukan pembelian di website maupun aplikasi mobile resmi BroPulsa yang bisa kamu download.

Pemenang SOTM Maret 2020

Pemenang Site Of The Month IWA 2020 - Maret

Di bulan Maret 2020, pemenang Site Of The Month IWA 2020 diberikan kepada Vrontalmedia.com dan Talenta.

Vrontalmedia.com

Pemenang SOTM IWA 2020 selanjutnya yaitu Vrontalmedia.com yang dianugerahi Site Of The Month IWA 2020 di bulan Maret 2020 pada kategori PERSONAL. Website yang dimiliki oleh Farchanny Nashrulloh ini memberikan informasi artikel seputar dunia desain grafis dari artikel mengenai Corel Draw, cara membuat Nirmana, membuat logo, vektor, bitmap dan lain-lain.

Buat kamu yang tertarik dengan dunia desain grafis dan ingin menambah keahlian desain, bisa cek website Vrontalmedia.com yah!

Talenta

Pemenang Site Of The Month IWA 2020 kategori E-Commerce di bulan Maret 2020 diberikan ke Talenta milik Dirman Suharno. Website Talenta menawarkan layanan berupa Payroll Software, HRIS Software, Performance Review dan Aplikasi Absensi Karyawan Online.

Dengan Talenta yang juga mempunyai aplikasi mobile, membantu operasional dan manajemen para HR lebih praktis melalui penggunaan teknologi yang modern.

Baca Juga  Mengenal Para Juri IWA 2020

Pemenang SOTM April 2020

Pemenang Site Of The Month IWA 2020 - April

Pemenang Site Of The Month IWA 2020 bulan April ialah Kampung Inggris Online, DolanBae dan Mariberkarya – Jual Kerajinan Tangan Online.

Kampung Inggris Online

Pemenang SOTM IWA 2020 pada bulan April 2020 dengan kategori UKM (Commercial) ialah Kampung Inggris Online milik Setyo Broto Atmojo. Kampung Inggris Online menawarkan jasa kelas online bahasa Inggris sehingga kamu bisa tetap belajar bahasa Inggris dari jarak jauh atau tanpa keluar rumah.

Selain berisikan profil perusahaan dan rincian pilihan paket kelas belajar bahasa Inggris online yang bisa diikuti berikut dengan harganya, di website Kampung Inggris Online juga menyajikan artikel informasi yang dipublikasi melalui blog, tentunya seputar penggunaan dan ilmu bahasa Inggris.

DolanBae

Pemenang Site Of The Month IWA 2020 kategori personal pada bulan April 2020 diberikan kepada DolanBae. Website DolanBae memberikan informasi tentang tempat liburan seru di Indonesia terutama di pulau Jawa. Lewat artikel-artikelnya, DolanBae mengulas tempat wisata di daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Yogyakarta, lengkap dengan foto, informasi harga hingga fasilitas.

Yang suka travelling atau berlibur bersama keluarga, bisa banget cek rekomendasi tempat liburan di Indonesia terutama di pulau Jawa lewat website DolanBae yang dimiliki oleh Hasif Priyambudi.

Mariberkarya – Jual Kerajinan Tangan Indonesia

Website Mariberkarya – Jual Kerajinan Tangan Indonesia berhasil menjadi pemenang SOTM IWA 2020 di kategori E-Commerce pada bulan April 2020. Mariberkarya adalah Mall Online Kerajinan Tangan atau Marketplace yang menjual karya pengrajin Indonesia. Di sini kamu bisa membeli berbagai produk kerajinan tangan mulai dari tas, souvenir, baju, makanan dan minuman serta buku. 

Produk kerajinan tangan di website Mariberkarya ini dijual oleh para UMKM atau pengrajin lokal, lho. Tentunya produk yang dijual berkualitas karena langsung dibuat dengan tangan sendiri atau handmade. Jadi, buat kamu yang ingin dukung kemajuan bisnis lokal bisa banget beli produk mereka di website Mariberkarya.

Pemenang SOTM Mei 2020

Pemenang Site Of The Month IWA 2020 - Mei

Website Jepret Production dan BisaBayar menjadi pemenang Site Of The Month IWA 2020 bulan Mei.

Jepret Production

Jepret Production menjadi pemenang IWA SOTM 2020 pada bulan Mei 2020 di kategori UKM (Commercial). Website yang dimiliki oleh Lugu Kurniawan ini merepresentasikan Jepret Production yaitu sebuah Production House yang terletak di Bekasi.

Jepret Production menawarkan layanan seperti membuat video iklan untuk ditayangkan di televisi, iklan digital, web series, film pendek, video klip musik dan masih banyak lagi. Jika kamu membutuhkan jasa pembuatan video profesional kamu bisa mengunjungi website Jepret Production untuk tahu lebih lanjut.

BisaBayar

Pemenang Site Of The Month IWA 2020 di kategori E-Commerce pada bulan Mei 2020 adalah BisaBayar. Website yang dimiliki oleh Muhammad Syaikhu Al Mau’izi ini juga ada versi aplikasi mobilenya yang bisa kamu dapatkan di Google Play, lho. 

Dengan segala kemudahannya, kamu bisa melakukan transaksi pembelian pulsa di BisaBayar. Selain kita bisa membeli pulsa, BisaBayar juga menyediakan aplikasi untuk para pebisnis pemula yang ingin memulai usaha menjual pulsa, paket internet, voucher game, token PLN, PPOB hingga voucher game. 

Pemenang SOTM Juni 2020

Pemenang Site Of The Month IWA 2020 - Juni

Pemenang Site Of The Month IWA 2020 di bulan Juni ada Vodjo, PenaSEO dan KARIMUNJAWA.COM 

Vodjo

Pada bulan Juni 2020, giliran Vodjo yang menjadi pemenang SOTM IWA 2020 di kategori UKM (Commercial). Website Vodjo yang dimiliki oleh Rikky Mayanto ini merepresentasikan Vodjo yaitu sebuah perusahaan yang menawarkan layanan website development, web app development hingga mobile app development.

Bisa langsung cek ke website Vodjo untuk rincian tentang layanan, contoh project, klien, testimoni hingga konsultasi gratis.

PenaSEO

Selanjutnya, pada bulan Juni 2020, pemenang SOTM IWA 2020 kategori Personal ialah PenaSEO yang dimiliki oleh Senna PenaSEO.

Website PenaSEO ini memberikan informasi tentang pengetahuan umum. Jenis artikel dibagi dengan 5 kategori utama yaitu pendidikan, fakta unik, kesehatan, teknologi hingga tools. Nah dari 5 kategori itu mempunyai subkategori seperti tentang sejarah, budaya  pertanian, kesehatan jiwa, web management tools dan masih banyak lagi.

Nah, untuk kamu yang juga ingin menambah pengetahuan tentang informasi umum bisa membaca artikel di PenaSEO.

KARIMUNJAWA.COM

KARIMUNJAWA.COM menjadi pemenang SOTM IWA 2020 kategori E-Commerce pada bulan Juni 2020. Website yang dimiliki Teguh ini menyediakan pembelian layanan paket tour ke Karimun Jawa hingga booking hotel untuk menginap. Bekerja sama dengan masyarakat lokal di pulau Karimun Jawa, maka kamu bisa berlibur dengan nyaman dan tenang. 

Pemenang SOTM Juli 2020

Pemenang Site Of The Month IWA 2020 - Juli

Pada bulan Juli, pemenang Site Of The Month IWA 2020 diberikan kepada Mangdropship.id dan Surya Digital Media.

Mangdropship.id

Pemenang SOTM IWA 2020 kategori UKM (Commercial) pada bulan Juli 2020 ialah Mangdropship.id. Website Mangdropship.id merepresentasikan perushaan Mangdropship yaitu platform B2B (Supplier to Dropshipper) dan B2C (Dropshipper to Consumer) e-commerce yang bertujuan untuk memudahkan penjualan barang dengan sistem Dropshipping.

Jadi, Mangdropship membantu mempertemukan antar Supllier dengan Consumer melalui perantara jaringan para Dropshipper yang tersebar di seluruh Indonesia.

Surya Digital Media

Pada bulan Juli 2020 di kategori E-Commerce, giliran Surya Digital Media yang menjadi pemenang Site Of The Month IWA 2020. Dimiliki oleh Tri Suryo Hari Asmoro, website Surya Digital Media merepresentasikan perusahaan yang bergerak di bidang digital marketing. 

Surya Digital Media menawarkan layanan untuk pembuatan website, manajemen website hingga media sosial, SEO pada website, pembuatan Ads di platform Instagram, Facebook hingga Google serta layanan design branding.

Dengan orang-orang yang sudah berpengalaman di bidangnya, kamu bisa menggunakan jasa Surya Digital Media untuk digital marketing bisnis kamu.

Pemenang SOTM Agustus 2020

Mengenal Pemenang Site of The Month IWA 2020 (Januari-Desember 2020) - 2021

Website Klik Lokasi dan Jimms Coffee memenangkan Site Of The Month IWA 2020 bulan Agustus.

Klik Lokasi

Pemenang SOTM IWA 2020 di kategori UKM (Commercial) pada bulan Agustus 2020 diberikan ke Klik Lokasi oleh Christian Tandi.

Klik Lokasi merupakan website yang menyajikan data lokasi di Indonesia mengenai penyedia produk atau jasa dengan berbagai kategori. Misalnya mencari alamat SPBU terdekat di daerah yang bukan daerah asli kamu.

Setiap data tentang penyedia produk atau jasa di Indonesia tidak hanya dilengkapi dengan alamat namun juga deskripsi lokasinya, kontak telepon website/sosial media dan peta petunjuk arah.

Jimms Coffee

Jimms Coffee menjadi pemenang SOTM IWA 2020 pada bulan Agustus 2020. Website yang dimiliki oleh Victor Jimmi Chandra ini merupakan E-Commerce yang menjual berbagai kebutuhan untuk para pecinta kopi. 

Baca Juga  Indonesia Website Awards (IWA) & Web Developer Talk Have Been Postponed Due to COVID-19

Yang dijual di website Jimms Coffee yaitu kopi dan beragam peralatan untuk membuat kopi. Buat kamu yang ingin buat kopi seenak kopi yang dijual di coffee shop atau bahkan ingin membuka coffee shop sendiri, bisa banget nih membeli segala peralatannya di Jimms Coffee.

Pemenang SOTM September 2020

Pemenang Site Of The Month IWA 2020 - September

Yang menjadi pemenang Site Of The Month IWA 2020 di bulan September ialah Nayfa Trans Malang, CLOTEH.com dan Toko Buku Online Original Penerbit Indoliterasi.

Nayfa Trans Malang

Pada kategori UKM (Commercial) yang menjadi pemenang SOTM IWA 2020 di bulan September 2020 ialah Nayfa Trans Malang. Website ini mewakili perusahaan Nayfa Trans Malang yaitu penyedia layanan travel di daerah Malang.

Tidak hanya menyediakan transportasi untuk disekitar Malang saja. Nayfa Trans Malang juga melayani berbagai rute yaitu Malang – Juanda dan sebaliknya, Malang-Surabaya dan sebaliknya, dan lain-lain. Selain layanan travel kamu juga bisa menyewa mobil, carter drop hingga menikmati beragam paket wisata yang ditawarkan Nayfa Trans Malang.

CLOTEH.com

Pemenang SOTM IWA 2020 selanjutnya diberikan ke CLOTEH.com pada bulan September 2020. Sama seperti website dengan kategori Personal lainnya, CLOTEH.com yang dimiliki oleh David Juan Prasetyo memberikan informasi terkini lewat artikel-artikel tentang beragam topik. 

Dari seputar dunia teknologi, bisnis, kuliner, aplikasi, hingga membagikan tips-tips juga lho. Semuanya lengkap ada di website CLOTEH.com.

Toko Buku Online Original Penerbit Indoliterasi

E-Commerce Indoliterasi berhasil menjadi pemenang Site Of The Month IWA 2020 pada bulan September 2020. Website yang dimiliki oleh Ardhi Purna Wijaya ini merupakan Official Website dari Penerbit Indoliterasi yang menjual berbagai macam buku original, mulai dengan kategori sejarah, sastra klasik, filsafat dan pemikiran, psikologi, novel dan fiksi, hingga kamus ensiklopedia.

Pemenang SOTM Oktober 2020

Pemenang Site Of The Month IWA 2020 - Oktober

Pada bulan Oktober, pemenang Site Of The Month IWA 2020 diberikan kepada Detak Pustaka dan Himpoon.

Detak Pustaka

Yang berhasil memenangkan Site Of The Month IWA 2020 di kategori UKM (Commercial) pada bulan Oktober 2020 ialah Detak Pustaka oleh Mohammad Arif. 

Di website Detak Pustaka kamu bisa melihat beragam layanan atau jasa yang ditawarkan dari jasa layout buku dan majalah, desain cover buku dan majalah, mengurus ISBN dan barcode buku, pengeditan naskah buku dan podcast, editing feed Instagram hingga pembuatan website. 

Himpoon

Website Himpoon menang Site Of The Month IWA 2020 dengan kategori Personal pada bulan Oktober. Website yang dimiliki oleh Gema Erlangga ini merupakan media digital yang menyajikan ulasan, opini dan tulisan menarik mengenai musik, film dan teknologi.

Nah, website Himpoon cocok banget nih untuk anak-anak muda kreatif yang mau tahu tentang perkembangan musik, film dan teknologi. Kamu bisa sering-sering baca artikel di Himpoon supaya tetap up-to-date.

Pemenang SOTM November 2020

Pemenang Site Of The Month IWA 2020 - November

Pemenang Site Of The Month IWA 2020 di bulan November terdiri dari Nutrifeed, OkeGugel.com dan Nuskin Indonesia Distributor.

Nutrifeed

Nutrifeed oleh Grapiku Studio menjadi pemenang Site Of The Month IWA 2020 pada bulan November 2020 di kategori UKM (Commercial). Nutrifeed merupakan website B2B dan B2C yang memasarkan produk pakan ternak sapi merek Nutrifeed produksi KJUB Puspetasari.

OkeGugel.com

Apa ada di antara kamu yang bisa bermain gitar? Sering mau memainkan suatu lagu dengan gitar tapi gak tahu chordnya? Nah website OkeGugel.com jawabannya. OkeGugel.com yang dimiliki oleh Salomo Erikson menjadi pemenang SOTM IWA 2020 pada bulan November 2020.

Di website OkeGugel.com kamu bisa menemukan banyak sekali chord gitar dan juga lirik lagu terkini.

Nuskin Indonesia Distributor

Buat kamu yang tertarik dengan produk kecantikan, yuk kenalan dengan Nuskin Indonesia Distributor, pemenang SOTM IWA 2020 pada bulan November 2020. Website yang dimiliki oleh Yogi Darmansyah ini merupakan website yang menjual produk kecantikan dari merek Nu Skin, salah satunya yaitu Nu Skin Galvanic Spa –  Alat Kecantikan Spa.

Selain itu kamu juga bisa mengetahui berbagai Distributor dan Agen Pemasaran Nuskin Indonesia di beberapa daerah di Indonesia sehingga kamu bisa membelinya langsung ke mereka tanpa keluar rumah.

Pemenang SOTM Desember 2020

Pemenang Site Of The Month IWA 2020 - Desember

Terakhir, di bulan Desember pemenang Site Of The Month IWA 2020 ialah Aqiqah Anda Bersama Meraih Berkah, Edri Brow Media dan OURCALDO.

Aqiqah Anda Bersama Meraih Berkah

Pemenang di kategori UKM (Commercial) yaitu Aqiqah Anda Bersama Meraih Berkah. Dianugerahi SOTM IWA pada bulan Desember 2020, website Aqiqah Anda Bersama Meraih Berkah yang dimiliki oleh Zuhud Muhtadi menawarkan jasa catering Aqiqah untuk daerah Bekasi, Cikarang, Jakarta dan sekitarnya.

Kamu bisa melihat pilihan paket menu siap saji untuk catering Aqiqah dan dikirimkan langsung ke lokasimu dengan mengunjungi website mereka, ya. 

Edri Brow Media

Edri Brow Media  adalah website Personal yang menjadi pemenang SOTM IWA 2020 pada bulan Desember 2020. Website yang dimiliki oleh Edri Sengaji bisa dibilang merupakan portfolio profesional karena kamu bisa melihat Edri Sengaji menjabarkan dirinya sebagai seorang Web Designer berpengalaman  7 tahun dan sudah banyak klien serta project yang ditangani.

Kerennya, di Edri Brow Media kamu juga bisa mendapatkan informasi dengan beragam topik lewat artikel yang dipublish di blognya. 

OURCALDO

Pemenang SOTM IWA 2020 di Kategori E-Commerce pada bulan Desember 2020 ialah OURCALDO. Di website OURCALDO yang dimiliki oleh Aldo Dwi Kristian, kamu bisa membeli beragam produk fashion hingga aksesoris untuk pria. Mempunyai fitur shopping cart dan pembayaran online berbagai cara, kamu bisa melakukan transaksi pembelian produk langsung di website OURCALDO.

Penutup 

Exabytes Friends, itulah 30 pemenang Site Of The Month di Indonesia Website Awards 2020 di masing-masing kategori UKM (Commercial), Personal dan E-Commerce dari bulan Januari 2020 hingga Desember 2020. Para pemenang Site Of The Month IWA 2020 telah dipilih oleh para juri andal yang dalam bidang website yang telah melewati beberapa proses penilaian.

Selain pemenang Site Of The Month IWA 2020, ada juga pemenang Site Of The Year IWA 2020 dan pemenang Public Favorite Website IWA 2020.  Penasaran siapa yang akan menyabet Site of The Year IWA 2020? Jadilah saksi dalam perhelatan ajang website terbesar ini.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang IWA hingga mengikuti rangkaian acara Web Developer Talk, segera daftarkan diri kamu di laman ini. Gratis untuk Exabytes Friends! Sampai bertemu di acara IWA x WebDevTalk 2021 nanti, ya~

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
Berkah Ramadhan