Ketahui 15 Situs Free URL Shortener Terbaik

423
Free URL Shortener
10 min read

Hi, Exabytes Friends!

Semenjak Google URL Shortener ditiadakan beberapa tahun yang lalu, jagad internet telah mencoba untuk menemukan opsi terbaik berikutnya. Tentu saja, seperti kebanyakan hal, tidak ada satu jawaban yang sepenuhnya benar. Layanan free URL shortener terbaik tergantung pada apa yang orang butuhkan dan inginkan darinya. 

URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator. (Sumber: Adobe Photo Images)
URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator. (Sumber: Adobe Photo Images)

Sebelumnya, apakah kamu tahu tentang URL? URL (Uniform Resource Locator) adalah rangkaian situs web yang tertera, berisikan nama folder, protokol bahasa dan sebagainya yang menuju ke WWW (world wide web). URL ini dapat memberikan dokumen, untuk mengingat nama dokumen yang ada di internet dan lainnya. Namun kerap kali URL sering panjang sehingga sulit diingat. Untuk itu, kamu perlu meringkas atau memperpendek URL tersebut dengan URL shortener.

Ada aplikasi free URL shortener yang sederhana dan cepat; yang berfokus pada pemasaran dan analitik dengan dasbor dan metrik terperinci; dan bahkan ada opsi yang dapat menambahkan call-to-action pribadi melalui tautan yang kamu bagikan. Sebelum tahu apa saja free URL Shortener, simak dulu penjelasannya di bawah ya.

Apa Itu URL Shortener?

URL shortener adalah sebuah teknik di World Wide Web dimana secara substansial URL bisa dibuat lebih pendek namun masih mengarah ke halaman yang dikehendaki. Secara paling mendasarnya, 

URL shortener mengubah tautan yang panjang dan berat menjadi lebih pendek dan ringan, sehingga mudah dibagikan. Ini memungkinkan orang untuk memberikan tautan yang mudah diingat dan dapat diketik di benda fisik atau di situasi lain dimana seseorang tidak dapat mengklik hyperlink. 

Contohnya seperti kartu nama, selain tentunya tidak sedap dipandang, tautan yang terlalu panjang akan menyita banyak space, karena biasanya ukuran kartu nama tidak terlalu besar dan lebar. 

Misal, http://www.example.com/my-blog/2021/my-super-awesome-profile%42069, tentu tampak terlihat lebih pantas tertera di kartu nama. Akan lebih menarik jika disingkat dengan URL shortener menjadi https://tinyurl.com/my-profile misalnya.

Manfaat URL Shortener

URL shortener mampu mengubah suatu alamat situs atau link menjadi seperti yang diinginkan. Tak hanya itu, ada juga banyak manfaat yang jarang diketahui. Berikut empat manfaat menarik yang perlu kamu ketahui.

Mudah Disebarkan

Free URL shortener memudahkan proses berbagi link. (Sumber: Adobe Photo Images)
Free URL shortener memudahkan proses berbagi link. (Sumber: Adobe Photo Images)

Manfaat pertama adalah memberikan kemudahan untuk menyebarkan shortlink di platform apapun. Salah satunya adalah Twitter. Saat ini Twitter membatasi karakter untuk tiap cuitannya sebesar 280 karakter. 

Dengan menggunakan URL shortener, tentu akan lebih mudah membagikan link kepada pengikut kamu. Agar lebih menarik orang untuk membuka shortlink, kamu dapat mengubah shortlink dengan menambahkan penjelasan singkat mengenai situs tersebut.

Mudah Dikelola

Manfaat selanjutnya adalah memberikan kemudahan untuk mengelola suatu link. Ketika membuka suatu situs, pastinya kamu sering menemukan link panjang yang sangat berantakan.

Misalnya,https://bacatulis.com/f/hskfj420-hfnk-hbd-69-hjfu666lfbso/Cara-Mengajarkan-Membaca-dan-Menulis. Memusingkan, bukan? Tentu akan lebih nyaman dilihat, jika dipersingkat dengan URL shortener menjadi https://dik.si/bacatulis.

Mudah Dilacak

Salah satu alasan mengapa akhir-akhir free URL shortener banyak digunakan pengguna internet adalah dapat membantu melacak lokasi geografis dan mengetahui di halaman situs mana pengguna membuka link.

Selain itu, juga dapat melacak siapa saja yang mengklik shortlink tersebut. Cara ini sering dilakukan oleh berbagai perusahaan dan toko online untuk mengetahui dari mana saja konsumen mereka berasal, di waktu kapan saja mereka datang, dan hal apa yang menarik mereka untuk berkunjung ke situs. Hal ini membantu para pemilik perusahaan dan toko online untuk mengembangkan produk yang lebih baik dan menghasilkan konten menarik.

Untuk melacak traffic siapa yang mengklik link kamu, kamu perlu menggunakan UTM pada link. UTM merupakan singkatan dari Urchin Tracking Module. Kode UTM adalah kode unik yang dapat ditambahkan ke tautan atau link yang memberitahu Google Analytics tentang informasi di setiap tautan. Informasi ini berisi darimana sumber traffic berasal.

Misalnya kamu ingin share link event SME DigitalFest 2021 (https://www.exabytes.co.id/events/acara/sme-digitalfest-2021) di Facebook. Maka kamu perlu membuat UTM terlebih dahulu di di Campaign URL Builder. Panduan lengkap cara membuat UTM dapat melihat dalam artikel berikut ini.

Contoh url UTM dari facebook dan sosial media dengan Campaign Name SME DigitalFest 2021 dengan sumber dari Facebook dan mediumnya adalah social media. Ketika sudah diberikan UTM di Campaign URL Builder akan seperti ini linknya:

https://www.exabytes.co.id/events/acara/sme-digitalfest-2021?utm_source=facebook&utm_medium=social-media&utm_campaign=sme-digitalfest-2021

SME DigitalFest 2021
Laman SME DigitalFest 2021

Untuk menyingkat URL yang panjang itu, maka kamu perlu URL Shortlink agar mudah dibagikan ke banyak orang. Shortlink yang dapat dibuat pun menjadi: https://go.exabytes.co.id/sme-digitalfest-2021

Setelah shortlink selesai dibuat, kamu bisa membagikan link tersebut sesuai di media atau sumber mana yang kamu cantumkan di UTM. Jika di Facebook, maka share di Facebook. Dan ketika orang-orang mengklik, kamu bisa melacak orang yang mengklik shortlink tersebut. Tentu saja ini sangat membantu kamu ketika ingin mengetahui seberapa efektif link yang kamu buat atau ingin mengetahui berapa orang yang mengklik URL tersebut.

Memiliki Berbagai Fitur

Jika awal peluncuran URL shortener di dunia hanya sekadar memendekan link, sekarang muncul berbagai fitur yang bermanfaat. Fitur tersebut antara lain adalah terdapat fitur proteksi keamanan. Jadi, kamu dapat menambahkan password di shortlink agar tidak mudah diakses oleh sembarang orang. Terdapat beberapa situs yang menyajikan berbagai fitur dan ada pula yang hanya berfungsi memendekan link.

15 Situs Free URL Shortener Terbaik

Ada banyak alat free URL shortener yang tersedia di pasaran. Berikut ini adalah daftar 15 free URL shortener teratas. Daftar ini berisi perangkat lunak open source (gratis) serta berbayar (komersial).

Bitly (Free + Premium Plans)

Free URL Shortener - bit.ly
Bitly

Bitly adalah free URL shortener tools paling populer untuk menyingkat URL. Tools ini mampu membangun dan melindungi merek dengan menggunakan tautan pendek yang kuat. Ini membantu menciptakan pengalaman pengguna yang mulus. Perangkat lunak ini juga dapat melakukan manajemen kampanye dan analitik untuk situs web kamu. 

Rebrandly (Free + Premium Plans)

Rebrandly adalah platform manajemen tautan terkemuka di industri untuk merek, melacak, dan membagikan URL singkat. Alat URL shortener khusus gratis ini menawarkan fitur seperti analitik khusus, perutean lalu lintas & tautan dalam, penargetan ulang tautan, Manajemen akun, orientasi khusus, dll.

Short.io (Free + Premium Plans)

Short.io adalah alat yang membantu mempersingkat, mempersonalisasi dan membagikan tautan pendek yang fully branded untuk audiens kamu.

Linkly (Free + Premium Plans)

URL shortener Linkly mampu membuat tautan pelacakan yang sederhana, indah, dan bermerek dengan pengalihan cerdas. Ini menawarkan fitur seperti melacak jumlah klik, menggunakan domain kamu untuk membuat URL shortener khusus, serta menarik data dari Linkly ke Google Spreadsheet. Ini bisa mengarahkan & menganalisis 2.000 pengeklik per bulan.

BLink (Free + Premium Plans)

BLink mampu mengganti URL dengan tautan pendek yang berarti membantu mendapatkan lebih banyak klik. URL shortener gratis ini juga menawarkan fitur untuk membuat kampanye dan melacak kinerja dengan mudah dengan analisis klik real time dan menawarkan kepatuhan dan kontrol tingkat perusahaan.

Cutt.ly (Free)

Cutt.ly adalah platform URL shortener & manajemen tautan yang mudah digunakan dengan URL bermerek. Ini bisa menghasilkan kode QR untuk setiap tautan pendek. Kamu juga akan mendapatkan fitur mode pratinjau dan perlindungan pengguna untuk mencegah tautan yang mencurigakan. Penyingkat tautan khusus gratis ini menawarkan daftar URL singkat yang dapat diurutkan.

SmartURL (Free + Premium Plans)

Free URL Shortener - smarturl.id
smarturl.id

SmartURL adalah alat yang mampu membuat tautan pendek yang dialihkan menurut negara dan perangkat. Free URL shortener ini menggantikan URL default dan mengarahkan pengunjung ke tujuan khusus negara. Ini menetapkan alias khusus kamu dan menambahkan deskripsi singkat tentang konteksnya. Untuk Indonesia sendiri bisa mengunjungi smarturl.id

Soo.gd (Free)

Soo.gd adalah pembuat tautan pendek. Untuk menggunakan alat ini, kamu hanya perlu menambahkan URL panjang dan akhiran kamu, lalu cukup tekan tombol perpendek. kamu juga dapat mempersingkat beberapa URL dengan bantuan alat ini.

TinyURL (Free)

Free URL Shortener - TinyURL
TinyURL

TinyURL adalah layanan URL shortener gratis untuk mempermudah pengeposan URL yang panjang, dan hanya dapat digunakan untuk URL yang sebenarnya. Alat pengubah URL ini menawarkan fitur pratinjau dan juga menawarkan tombol bilah alat untuk mempersingkat URL apapun dengan cepat.

Shorturl (Free)

Free URL Shortener selanjutnya yang bisa dicoba adalah ShortURL. ShortURL bisa mengurangi tautan panjang dari Facebook, Twitter, Linked In, dan situs populer lainnya di Internet. Yang perlu kamu lakukan hanyalah menempelkan (paste) URL panjang dan mengklik tombol URL pendek.

Kamu juga dapat memeriksa jumlah klik yang dihidupkan kembali oleh URL singkat kamu. Software ini juga kompatibel dengan smartphone, tablet, dan komputer desktop. Alat khusus URL shortener ini menggunakan protokol HTTPS dan enkripsi data.

Bit.do (Free)

Free URL Shortener - Bit.do
bit.do

Bit.do adalah alat yang mempersingkat dan mempersonalisasi tautan apa pun. Ini adalah salah satu penyingkat tautan terbaik yang memungkinkan untuk berbagi tautan di dalam pesan email tanpa memutus mata rantai. Alat URL shortener gratis ini juga bisa melacak kampanye pemasaran email dan tautan pendek pendek dengan layanan pesan instan.

Yourls (Free)

Yourls adalah satu set kecil skrip PHP yang menawarkan layanan pemendekan URL. YOURLS adalah singkatan dari Your URL Shortener. Ini menyediakan bookmarklet berguna untuk mempersingkat dan berbagi tautan. Situs gratis ini juga menawarkan fitur seperti laporan historis klik, pelacakan perujuk, lokasi geografis pengunjung, dll.

Musicjet (Free + Premium Plans)

MusicJet memungkinkanmu membuat tautan cerdas untuk pemasaran musik. Ini akan membuat dan mengelola satu atau beberapa halaman pintar dari satu dasbor. Kamu juga akan mendapatkan berbagai domain pendek terkait artis musik. Alat penyingkat tautan khusus untuk alat gratis ini juga mampu mengelola satu atau lebih halaman pintar artis dari satu dasbor.

Adf.ly (Free)

Free URL Shortener lainnya ada adf.ly yang mampu membuat dan membagikan tautan di Internet. Kamu akan dibayar jika seseorang mengunjungi URL pendek buatanmu. Adf.ly juga mampu menempatkan tautan di Facebook, Twitter, dan platform media sosial lainnya. Situs ini juga menyediakan statistik rinci yang disediakan per link.

Is.gd (Free)

Terakhir ada Is.gd yang merupakan alat pintar yang membantu mempersingkat URL. Alat URL shortener khusus untuk alat gratis ini juga menawarkan fitur seperti laporan klik dan pelacakan perujuk.

Domain Exabytes

URL adalah bagian yang mewakili sebuah domain. (Sumber: Adobe Photo Images)
URL adalah bagian yang mewakili sebuah domain. (Sumber: Adobe Photo Images)

Di dalam jagad URL shortening, setiap URL panjang dikaitkan dengan kunci unik, yang merupakan bagian yang mewakili nama domain tingkat atas. Tentunya kamu ingin menyematkan nama merek kamu ke semua tautan yang kamu bagikan, bukan? Jadi, kamu harus membeli domain baru untuk penyingkat tautan khusus kamu? Tetapi kamu mungkin merasa sulit untuk memilih.

Nah, kami menawarkan Domain Murah Exabytes mulai dari Rp97.700/Tahun. Domain bisa diarahkan ke mana pun (Gratis DNS Management). kamu dapat mengarahkan nama domain sendiri setelah mendaftar. Kamu akan menikmati kontrol penuh dan fleksibilitas pada domain murah kami yang dibuat khusus untukmu. Nama domain yang tepat bisa membuat kamu sukses di masa depan. Jadi cari nama domain yang tepat untukmu sekarang!

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi mengenai website yang menyediakan free URL shortener untukmu yang saat ini kamu butuhkan ya.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments