Mengenal Server : Pengertian, Jenis dan Fungsinya

1479
Mengenal Server
7 min read

Meski sering menggunakan laptop atau komputer, pasti ada diantara kalian yang tidak atau belum tahu apa itu server. Padahal di dunia IT (informasi dan teknologi), server itu memiliki peran yang sangat penting. Tapi jangan bingung, melalui artikel ini kamu akan mendapat penjelasan lengkap tentang pengertian server, jenis beserta fungsinya.

Apa Itu Server

Sebelum mempelajari pengertian server, sebaiknya tahu lebih dahulu makna dari data agar nanti tidak menjadi bingung. Data adalah sebuah kebutuhan penting, khususnya bagi organisasi atau perusahaan yang sering melakukan pengelolaan informasi dengan jumlah yang sangat besar.

Sedangkan server, merupakan sistem komputer yang mempunyai layanan khusus dan berkaitan erat dengan urusan penyimpanan data. Data yang terdapat dalam server ini bisa berupa dokumen atau informasi lainnya dan bersifat kompleks.

Pemanfaatan server menjadi sebuah solusi terbaik untuk melakukan pengaturan dan monitoring data. Alasannya yaitu karena server memiliki kapasitas penyimpanan data yang lebih luas dan besar daripada komputer milik klien.

Adapun tujuan dari pemberian layanan oleh server adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan klien. Caranya, dengan menyediakan dan membuka akses terhadap semua informasi pada user atau pengguna.

Selain itu server juga berperan sebagai pengirim maupun penerima data dan informasi dengan proses yang lebih cepat. Server ini sendiri punya bentuk fisik berupa jaringan komputer ukuran besar. Sehingga kemampuannya saat menampung berbagai macam komponen khususnya RAM dan processor juga sangat tinggi.

Ilustrasi server
Ilustrasi server. Foto : pixabay.com

Jenis-Jenis Server 

Menurut tujuan pemakaiannya, server terdiri dari beberapa jenis. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Web Server

Web server merupakan suatu jaringan komputer dan mempunyai fungsi khusus untuk melayani permintaan HTTP atau HTTPS. Server ini akan mendapatkan kode melalui browser dalam wujud laman web. Selanjutnya web server akan mengirim kembali ke pengguna dengan bentuk berupa CSS dan HTML.

web server
Web server. (sumber: Adobe Photo Stock)

Kemudian setelah menjalani sebuah proses, CSS dan HTML akan berubah bentuk lagi menjadi laman-laman web dengan tampilan menarik. Sehingga pengguna akan lebih mudah membaca semua data yang tersedia. Misalnya berupa teks, gambar atau foto, video dan sebagainya.  

Pada masa sekarang, web server tidak hanya berfungsi sebagai sarana publikasi www atau World Wide Web saja. Ada berbagai jenis perangkat keras yang bisa diakses dari HTTP untuk melihat manajemen tugas. Contohnya antara lain kamera, router web dan printer.

Mail Server

Ilustrasi mail server
Ilustrasi mail server. Foto :  pxhere.com

Mail server memiliki fungsi utama melayani klien yang ingin melakukan pertukaran pesan dengan sesama pengguna komputer. Server ini punya dua macam kategori dan masing-masing adalah sever surat masuk dan server surat keluar.

Baca Juga  Apa Itu Imunify360 dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Server surat masuk masih terbagi lagi menjadi dua, POP3 dan IMAP. POP3 atau Post Office Protocol 3rd version merupakan protokol pesan yang secara elektronik bertugas menyimpan pesan yang terkirim atau diterima di hard drive lokal dalam PC.

Lalu untuk IMAP atau Internet Message Acces Protocol adalah protokol yang punya tugas menyimpan duplikat pesan terkirim atau yang sudah diterima dalam mail server. Pesan ini sendiri bisa berupa tulisan, gambar, video dan lainnya.

File Server

Jaringan komputer yang bertugas memberi akses lokasi disk dalam bentuk foto, video, audio, dokumen, database dan sebagainya adalah file server. Penciptaannya memang bertujuan untuk membantu pengguna dalam menyimpan atau mengambil data melalui workstation.

Bisa dikatakan, file server adalah organ terpenting dalam sebuah jaringan komputer. Keberadaannya akan membuat sistem pengontrolan informasi dan komunikasi antar komponen pada jaringan bisa berjalan lebih lancar. Melalui server ini pula klien dapat melakukan upload atau download data, manajemen file dan lainnya dalam server.

Database Server

Data base server mempunyai peranan sebagai pemberi layanan pengaturan basis data. Selain itu juga bertugas membantu klien untuk mengakses dan membuka basis data di server. Jenisnya terbagi jadi empat, yaitu object database, relational database, relational object database dan flat file database.

Melalui database server, pemberian layanan data besar atau big data akan lebih teratur dan mudah berjalan. Sehingga pengguna juga semakin cepat menemukan data sesuai kebutuhan dan pencarian.

Proxy Server

Jenis server berikutnya, proxy server adalah jaringan komputer dengan peran sebagai alat perantara antara web server dan pengguna. Masing-masing pengguna yang ingin membuka internet akan melalui proxy lebih dulu, setelah itu melanjutkan menuju web server.

Peran lain dari proxy server yaitu menjadi media pengaman IP addres. Saat pengguna mengaktifkan internet, IP addres bisa terlihat dengan mudah karena tidak memperoleh perlindungan dari proxy. Kondisi ini berdampak pada pemunculan virus, malware dan sebagainya. Tapi dengan adanya proxy server, pengguna dapat menghindari risiko ini.

DHCP Server 

DHCP server (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah jaringan yang tugasnya memberi layanan informasi TCP/IP dan sewa IP addres untuk klien. Pada umumnya, sistem operasi pada Windows 2000 server atau Windows 2003 server dan GNU/linux sering memakai layanan ini.

Dalam menjalankan tugasnya, DHCP server akan memberi layanan berupa IP addres kepada klien, komputer atau host secara otomatis melalui jaringan TCP/IP. Sehingga administrator tidak perlu sibuk membuat IP addres secara manual, karena server telah menjalankan tugas ini.

Baca Juga  Mengenal Dedicated Server: Pengertian, Kelebihan dan Cara Kerjanya

FTP Server 

FTP server (File Transfer Protocol) merupakan suatu protokol internet dengan tugas memberi pelayanan bagi klien saat sedang mengirim file. Tapi dalam proses pengiriman file ini, FTP server akan menjalankan tugas tersebut dengan mengasihkan kode ASCII yang sebenarnya sangat berbahaya karena tidak melewati enkripsi.

Game Server

ilustrasi game server
Ilustrasi game server. Foto : pxhere.com

Jenis server terakhir, game server merupakan server yang dibuat secara khusus untuk penggemar game. Tujuannya untuk memberi sensasi permainan yang lebih menarik dan berbasis multiplayer online. Dengan adanya server ini, munculnya gangguan lag atau lainnya bisa dihindari.

Ada dua macam game server dan salah satunya adalah game server eksternal, di mana sistem penyimpanan data disediakan oleh pengembang game. Sedangkan yang kedua, game server internal berupa sistem penyimpanan data yang berada dalam komputer milik pengguna.

Fungsi Umum Server

Selain memiliki fungsi menurut jenisnya, server juga punya manfaat lain yang bersifat umum.

Menyimpan Aplikasi

Server dapat berfungsi sebagai penyimpan berbagai aplikasi. Selanjutnya klien dapat mengolah sendiri dan mengakses aplikasi tersebut. Sehingga kebutuhan dalam urusan pengelolaan data dalam perusahaan bisa lebih mudah dilakukan, termasuk pembuatan aplikasi itu sendiri.

Penghematan Anggaran

Dengan adanya server, kebutuhan anggaran untuk belanja peralatan penyimpanan data bisa lebih hemat. Karena punya kapasitas penyimpanan yang begitu besar, klien tidak perlu lagi membeli banyak komputer atau hardisk untuk menyimpan data.

Kemudahan Manajemen Data

Manfaat berikutnya, server mampu membantu mengelola berbagai jenis dokumen dan informasi dengan penanganan yang cepat. Selain itu server juga bisa menyimpan file dalam jangka waktu lebih lama dengan keamanan yang terjamin. Sehingga tidak perlu khawatir jika data hilang karena dengan server, semua data akan aman

Optimasi Fungsi Kerjasama Antar Tim

Server juga membantu mengoptimalkan fungsi kerja sama antar tim dan departemen dalam perusahaan. Apalagi bagi perusahaan yang sistem kerjanya lebih mengandalkan model remote dan online. Server punya peran besar untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan.

Penutup

Secara garis besar, server adalah suatu alat atau metode yang akan memberi berbagai kemudahan bagi pengguna komputer. Terutama dalam penggunaan skala besar seperti perusahaan atau organisasi. Selain memiliki jenis yang cukup banyak, server juga bisa membantu klien untuk mengirim, menerima, menyimpan dan mengolah data dengan kapasitas yang sangat besar.

Mengenal Server : Pengertian, Jenis dan Fungsinya - 2021
Dedicated Server Exabytes

Jika saat ini kamu sedang mencari web server terbaik, Exabytes Indonesia menyediakan server yaitu Dedicated Server yang dapat menjadi solusi mengoptimalkan website yang memiliki traffic besar. Segera kunjungi Exabytes untuk informasi lebih lengkap.

Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan lebih dalam mengenai server.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments