8 Tips Foto Produk Agar Menarik Untuk Bisnis Online Kamu

0
14296

Di era globalisasi, jual beli sekarang lebih sering dilakukan secara online. Hal ini terjadi karena selain mudah dan murah, jangkauan marketnya juga lebih luas karena bisa diakses dimana saja dan kapan saja oleh siapapun. Saat ini bisnis online memang sudah menjamur di masyarakat, dikarenakan mudahnya membuka usaha di online.

Apapun industri bisnis online yang kita punya, mulai dari industri fashion, industri makanan dan minuman hingga teknologi, layanan B hingga C dan lainnya, kita tetap sama sama harus standing out dan menemukan cara kreatif untuk melakukannya.

Di antara berbagai strategi di luaran sana yang dapat kita semua pikirkan, ada satu yang memiliki dampak besar pada perilaku pembelian di dalam internet: foto katalog produk. Setiap barang-barang yang kita foto dan upload di internet tersebut diserahkan ke market untuk menentukan apakah ia akan dibeli atau tidak, laku atau tidak. 

Market di online shop ini sangat mudah untuk dimasuki selama anda memiliki jaringan internet dan juga sosial media sebagai tempat promosi ataupun website. Namun, mudah masuk bukan berarti persaingan akan mudah. Justru ini merupakan sebuah tantangan karena banyaknya penjual di satu tempat yang sama, ini akan menjadikan persaingan yang ketat karena banyak penjual yang akan menjual barang yang sama dengan range harga yang berbeda beda.

Bisnis di online tidak saja membutuhkan riset dan juga pengenalan akan pasar yang baik, tetapi kita juga harus untuk memaksimalkan semua potensi yang mungkin bisa meningkatkan daya jual barang dan jasa.

Beberapa produsen atau pemilik produk mungkin tidak mempertimbangkan aspek-aspek eksternal, termasuk bagaimana pelanggan akan melihat barang tersebut. Termasuk foto produk itu sendiri. Banyak kaum awam di luar sana yang belum begitu paham akan pentingnya foto katalog produk untuk bisnis online shop mereka.

Maka dari itu, sebelum membagikan tips dan trik foto produk untuk bisnis online kamu, kita akan mengenali terlebih dahulu apa sih pentingnya foto produk untuk bisnis online kita? Apa saja manfaatnya? Yuk, baca sampai tuntas pentingnya foto produk di bawah ini!

Pentingnya Foto Produk

Foto suatu produk yang akan dijual melalui toko online memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang bisnis online kamu loh, bukan hanya melalui situs website online shop saja, beberapa media promosi online seperti sosial media (seperti Instagram, Twitter, dan Facebook) juga memerlukan suguhan visual produk yang semenarik mungkin agar banyak pengunjung yang tertarik dan berminat membeli produk yang kita tawarkan.

8 Tips Foto Produk Agar Menarik Untuk Bisnis Online Kamu - 2024

Pembeli pasti menginginkan visualisasi atas produk sebelum melakukan pembelian. Di zaman seperti sekarang ini, visual seperti foto produk adalah komponen yang paling penting untuk menggerakkan gagasan pelanggan kamu.

Adapun beberapa alasan lainnya mengapa fotografi produk sangat penting untuk sebuah bisnis online, diantaranya adalah:

Baca juga: Affiliate Marketing: Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya

Menarik pembeli

Di bisnis online, calon konsumen pasti akan menggunakan aplikasi, website marketplace atau e-commerce lainnya untuk mencari produk yang mereka inginkan. Setelah itu, pasti mereka akan mencari produk dengan mengetik produk yang mereka incar, seperti contohnya ‘sepatu pantofel’

Kemudian, calon konsumen akan melihat-lihat produk ini dengan melihat foto produk, tidak membaca nama produk, harga ataupun keterangan lainnya di awal awal. 

Selanjutnya apabila ada foto produk yang menarik perhatian si calon pembeli, baru ia akan melihat harga dan detail produk di deskripsi.

Dalam studi psikologi, perilaku ini terjadi karena umumnya manusia adalah makhluk visual, proses informasi yang kita dapatkan akan terproses lebih cepat melalui visual, seperti foto dan video.

Apabila foto produk kamu tidak menarik dan harga tidak sesuai dengan apa persepsi mereka terhadap brand kamu, ucapkan selamat tinggal karena mereka akan langsung mengeliminasi produk kamu di dalam otak mereka. 

Membangun Identitas Brand

Citra produk sangatlah penting untuk toko e-commerce karena menciptakan kesan pada pembeli. Foto produk ini meningkatkan deskripsi produk yang membuatnya menarik bagi pengunjung online shop. Tidak mungkin bagi pembeli untuk merasakan produk di online shop milik kita. Hal ini akan membuat mereka kesusahan dalam memilih produk terbaik dan sesuai. Sehingga mereka akan memilih untuk tidak membeli di online shop kamu karena terbatasnya foto produk atau foto produk kita yang mencuri dari internet atau toko orang lain yang tentunya membuat identitas brand kamu menjadi buruk. 

Meningkatkan keputusan pembeli

Seperti yang kita lihat di poin kedua, pembeli online selalu kesulitan membeli barang di online karena mereka tidak bisa memegang dan merasakan produk yang akan dibeli.

Menurut survey yang dilansir dari website Justuno, 93% pembeli di toko online mengatakan bahwa foto produk menjadi faktor penentu utama dalam penentuan pembelian. Hal ini dapat menjadi acuan kamu untuk memberikan foto produk yang sesuai, detail dan informatif untuk calon pembeli seperti warna, bahan dan desain. Didukung juga dengan kualitas fotografi yang baik, calon pembeli produk kita akan semakin yakin dengan brand produk kita. Jika calon pembeli sudah merasa yakin dengan brand produk kamu, peluang mereka untuk membeli produk yang kamu tawarkan akan sangat besar.

Meningkatkan Rate Penjualan

Pastinya semua calon pembeli akan menyukai penjual online yang menyediakan foto produk yang menarik, detail, dan pastinya informatif. Bahkan, mereka bisa saja akan puas setelah menerima produk yang kita jual karena produk yang diterima sesuai dengan apa yang kita promosikan via online, karena hal inilah mereka secara tidak langsung akan membantu kita. Mereka tidak akan sungkan untuk mempromosikan produk kita pada teman temannya, keluarga, atau partner kerja mereka. Inilah customer experience yang didapatkan berdasarkan pengalaman pribadi mereka yang tentunya adalah marketing alami, jujur dan ampuh untuk meningkatkan sales di kemudian hari.

Loyal Customer

Kepercayaan pelanggan kita biasanya akan timbul apabila pelanggan kita ini sudah pernah menggunakan barang atau jasa yang kita tawarkan. Kepercayaan pelanggan ini tidak diperoleh dengan gratis loh. Biasanya pelanggan yang loyal ini datang juga karena mendapatkan experience yang luar biasa. Menjaga kualitas barang dan layanan dengan baik adalah faktor kunci untuk bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan. 

Dengan foto produk yang kualitasnya sama dengan produknya akan membuat pelanggan senang dan juga mendapatkan better experience dikarenakan ia telah memilih produk yang sesuai di online shop. Hal ini bisa banget bikin pelanggan kamu jadi loyal customer dikarenakan puas belanja di toko online shop kamu!

Nah, itu beberapa manfaat foto katalog produk yang bisa kamu dapatkan untuk bisnis online kamu. Setelah mengenal pentingnya foto produk, pasti kita semua akan berbondong bondong untuk sewa jasa photographer untuk memotret produk yang kamu punya, tapi kamu juga bisa loh foto produk kamu sendiri tanpa menggunakan jasa photographer untuk meminimalisir pengeluaran dan modal usaha kamu. 

8 Tips Foto Produk

Untuk foto produk banyak yang harus kamu siapkan terlebih dahulu, lalu memilih tema dan teknik terbaik yang cocok untuk foto produk usaha online kamu. Berikut ada beberapa tips buat kamu yang ingin foto produk kamu sendiri tanpa mengeluarkan modal yang banyak! 

Pemilihan Kamera

8 Tips Foto Produk Agar Menarik Untuk Bisnis Online Kamu - 2024

Kamera tentunya crucial dalam pembuatan foto produk. Punya kamera atau peralatan dalam photography memang menyenangkan. Tentu saja kamera baru bisa membuat pengambilan foto produk lebih gampang; dengan layar yang terang, kontrol yang mudah digunakan, dan juga memiliki banyak fitur lain yang dirancang untuk memperhalus foto produk kita. Walau demikian, kalau kamu memiliki pendanaan yang terbatas, kamera bekas juga oke kok. Carilah sensor gambar yang baik, ISO tinggi dan autofocus yang cepat.

Resolusi tinggi dalam pembuatan foto produk memang merupakan aspek yang penting. Tapi jangan khawatir jika kamu memiliki budget terbatas untuk membeli atau menyewa kamera. Kamu juga bisa banget loh memanfaatkan kamera digital kamu atau smartphone kamu. 

Pencahayaan

8 Tips Foto Produk Agar Menarik Untuk Bisnis Online Kamu - 2024

Dalam foto produk, aspek terpenting adalah unsur pencahayaan. Cahaya alami atau matahari merupakan pilihan yang tepat untuk fotografi produk karena sifat cahayanya yang lembut dan lebih tersebar. 

Jika tidak ada sinar matahari langsung yang masuk ke dalam rumah kamu, bisa juga kamu memakai sumber pencahayan lain, seperti ring light atau lampu tidur sebagai alat untuk pencahayaan foto produk kamu. Jangan lupa gunakan tripod untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Tripod ini disebut sebagai investasi jangka panjang nih yang diperlukan untuk online shop kamu agar mendapatkan foto produk yang sempurna dan profesional.

Background

Pemilihan background foto produk merupakan salah satu hal yang sangat penting. Hal ini bukan hanya berlaku pada foto yang akan di­unggah di media sosial. Tetapi juga foto-foto yang akan terpampang di media promosi lain seperti pamflet, banner, website dan lain sebagainya. 

Background yang polos akan membuat produk yang difoto terlihat lebih elegan. Penggunaan background polos juga akan membuat konsumen fokus pada produk. Pilihan ini sangat cocok bila foto produk ditujukan untuk katalog. Sedangkan background dengan aksen senada dapat menonjolkan nilai dari produk yang difoto.

Background ini sendiri cukup penting untuk foto katalog produk yang kamu punya, khususnya dalam tips foto produk baju. Banyak sekali sekarang orang yang menyediakan background untuk foto agar foto produk kamu tampak menawan. 

Mencoba Tren

Di zaman seperti ini, sosial media bukanlah hal asing bagi para pengguna internet. Salah satunya adalah TikTok, sebuah aplikasi yang dipakai untuk merekam, mengedit, dan mengunggah video. Di TikTok sendiri ada beberapa hashtag dan juga topik populer mengenai #ProductPhotography dimana banyak pengusaha ataupun photographer katalog produk membagikan tips, trik dan juga ide menarik yang bisa kamu coba lakukan sendiri di rumah loh!

8 Tips Foto Produk Agar Menarik Untuk Bisnis Online Kamu - 2024
Hasil mencoba tren TikTok oleh Exabytes Team  | Source : Derisna Waisa

Contoh paling populernya adalah foto produk menggunakan kaca + wallpaper saja nih! Exabytes udah ikutan coba dan hasilnya seperti diatas! Hasilnya luar biasa keren banget dan patut untuk dicoba buat kamu pengusaha bisnis kecil kecilan maupun menengah nih! Langsung di cek saja di TikTok hashtag #ProductPhotography untuk mendapatkan banyak ide kreatif lainnya. 

8 Tips Foto Produk Agar Menarik Untuk Bisnis Online Kamu - 2024

Teknik Flat Lay

8 Tips Foto Produk Agar Menarik Untuk Bisnis Online Kamu - 2024

Teknik fotografi yang satu ini tidak kalah populer loh dan tentunya sifatnya timeless dan sangat cocok digunakan untuk kamu yang memiliki produk kecil. Nama teknik ini adalah flat lay. Selain mudah dan cepat persiapannya, teknik ini menarik sekali karena mendorong kreativitas kita semua dalam membangun identitas visual online shop. Salah satu aspek terpenting dalam melakukan fotografi produk menggunakan teknik flat lay ini adalah cara kita dalam menyusun produk agar terlihat semakin menarik di online shop dan aksesoris apa yang bisa kita gunakan untuk memperindah foto produk gaya ini.

Tipsnya sangat mudah kok!

  1. Pertama, gunakan latar belakang dengan warna yang kontras dengan produk Anda untuk membuatnya terlihat lebih menonjol, tapi lebih disarankan agar memakai warna warna netral juga agar produk terlihat outstanding dan tidak membuat pembeli pusing.
  2. Step kedua, gunakan aksesori dan benda-benda pelengkap yang relevan dengan produk. Seperti gambar diatas jika temanya adalah skincare organic maka dedaunan dan tetesan air akan sangat cocok dan melengkapi foto produk tersebut.
  3. Gunakan pencahayaan yang sesuai untuk foto produk kamu.
  4. Terakhir, pastikan bahwa fotografi produk ini tetap menonjolkan produk utama. Jangan lupa untuk memastikan juga agar aksesoris dan benda-benda pelengkap tidak bertumpang tindih atau terlalu dominan sehingga membuat foto terlihat penuh. Selain itu, pembeli akan kebingungan sebenarnya produk apa yang dijual dan ditawarkan.

Ambil foto dari berbagai sudut

Dalam mengambil foto katalog produk, satu sudut foto saja tidak akan cukup. Oleh karena itu, cobalah kamu untuk ambil foto produk dari berbagai sudut pengambilan gambar untuk mendapatkan dimensi yang sempurna.

Kamu bakalan menghasilkan tampilan karakter produk yang unik, berbeda, dan mampu membuat siapapun yang melihat tertarik melihatnya. Jangan takut untuk bereksperimen sampai mendapatkan angle yang cocok dan sesuai dengan produk kamu ya!

Posisi Produk

Mengatur posisi produk dapat menentukan hasil fotomu loh! Coba terapkan macam-macam posisi seperti atur jarak antara produk, tumpuk produk, gunakan juga alat bantu untuk menyempurnakan posisinya, dll.

Posisi produk secara tidak langsung juga bisa membantu kamu memperlihatkan detail dari produk dan juga memperjelas ukuran.

Editing

Ini merupakan langkah terakhir yang penting sebelum meng-upload foto produk kamu di sosial media atau website online shop kamu. Walaupun hal ini tidak wajib, tapi ini sangatlah berguna untuk kamu yang ingin mendapatkan efek sentuhan yang sempurna. Pengeditan akan membuat foto kamu yang kurang terang atau tidak terlalu jelas bisa menjadi jelas. Ini akan meningkatkan kualitas gambar kamu.

Memang benar, pengeditan dapat membuat foto kita menjadi bagus, namun tetap ingat bahwa kita haruslah jujur akan produk yang ditampilkan dengan yang kamu jual agar pembeli tidak merasa kecewa jika barang yang sampai ke tangan mereka tidak sesuai dengan foto produk yang kamu punya.

Itu tadi berbagai tips dan trik foto produk yang bisa kamu gunakan untuk menarik calon pembeli. Melalui foto yang menarik ini, diharapkan banyak pembeli yang akan tertarik dan memutuskan untuk membeli produk kamu.

Oh ya, jika kamu ingin memahami lebih dalam lagi mengenai foto produk, kamu bisa ikutan dalam event SME DigitalFest yang akan dilaksanakan 18-19 Juli nanti lho. Salah satu sesinya akan membahas tentang foto produk nih. Menarik banget kan? Yuk booking tiket kamu sekarang karena acara ini bakalan bermanfaat banget untukmu dan event ini free lho!

Semoga tips dan trik diatas bisa bermanfaat untuk semuanya yang sedang memulai usaha bisnis online maupun yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis online. Jangan takut untuk mencoba yaa Exabytes friends!