10 Rekomendasi CMS dan Web Builder untuk E-Commerce Terlengkap

292
10 Rekomendasi CMS dan Web Builder
Free Credit Exabytes
14 min read

Hello, Exabytes Friends!

Di era digitalisasi seperti sekarang ini, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa untuk kamu para pebisnis di luar sana dan ingin merambah ke bisnis online adalah hal yang kerap kali ditemukan. Atau mungkin kalian sudah merambah ke dunia bisnis online? Ya, adanya internet dan maraknya platform digital untuk berjualan online memang sangat menguntungkan banyak pihak. Saat ini dengan berbisnis melalui internet juga lebih menghemat dan mengefisiensi waktu yang kamu dan berjuta pebisnis online di luar sana miliki. 

Berbicara tentang berkat adanya internet, perkembangan teknologi memunculkan beragam peluang baru dalam membuka dan menjajaki bisnis online. E-commerce adalah salah satu dari sekian banyak peluang berbisnis online tersebut. 

Eits, sebelum membahas lebih jauh, kamu sudah paham betul belum tentang apa itu E-commerce? Apakah bisnis E-commerce ini menguntungkan kamu jika kamu ingin merambah lebih jauh ke dalamnya? Kalau belum dan ingin tahu, yuk simak artikel dibawah ini!

Apa itu E-Commerce?

10 Rekomendasi CMS dan Web Builder untuk E-Commerce Terlengkap

Here it is! E-commerce atau Electronic commerce adalah segala aktivitas jual beli yang dilakukan melalui media elektronik. Meskipun pada awalnya E-commerce menggunakan televisi dan telepon untuk media perantaranya, saat ini E-commerce lebih banyak melakukan aktivitas jual belinya melalui internet, fenomena ini sedang marak ditemukan terutama saat pandemi di Indonesia mulai diberlakukan. 

Selain memiliki pengertian sebagai segala aktivitas jual beli yang dilakukan melalui media elektronik, E-commerce juga memiliki arti lain yaitu suatu proses berbisnis dengan memakai teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik dan pertukaran atau penjualan barang, servis, dan informasi secara elektronik.

Kembali lagi ke pembahasan awal, bahwa saat ini E-commerce banyak melakukan aktivitas jual belinya melalui internet, dibawah ini akan dibahas alasan-alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi dan cenderung marak di era digitalisasi saat ini. 

Mengapa internet menjadi pilihan favorit untuk media jual beli E-commerce? 

10 Rekomendasi CMS dan Web Builder untuk E-Commerce Terlengkap
  1. Internet adalah jaringan public yang sangat luas dan besar, cepat, dan sangat mudah dalam mengaksesnya
  2. Internet menggunakan E-data atau elektronik data sebagai media penyampaian pesan atau data sehingga dapat dilakukan dengan ringkas, mudah, cepat, dan efisien. Aktivitas ini bisa dilakukan dimana saja, bahkan saat keadaan mendesak sekalipun. 

Oleh karena hal tersebut, kehadiran E-Commerce sebagai media transaksi yang cepat dan mudah ini tentunya menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual (retailer). Dengan menggunakan internet, proses jual beli dapat dilakukan dengan menghemat biaya dan waktu.

Gimana? Sudah mendapatkan insight dari beberapa penjelasan dan pemaparan diatas? Kalau sudah, yuk kita move on ke pembahasan selanjutnya yaitu tentang jenis-jenis E-commerce yang ada di Indonesia! Kita bahas satu persatu ya, Exabytes Friends!

Jenis-jenis E-Commerce di Indonesia

Ada beberapa jenis E-Commerce yang ada di Indonesia yakni :

  1. Business to business (B2B) 

Yaitu jenis di mana sebuah perusahaan menjual produk atau jasa kepada perusahaan lainnya. Dalam model E-commerce model seperti ini, biasanya pembeli memesan barang dalam jumlah besar. Dapat dicontohkan ketika sebuah perusahaan yang membeli perlengkapan kantor dari sebuah produsen. Seperti, Electronic city, Ralali, dan Mbiz. 

  1. Business to consumer (B2C) 

Dalam jenis E-commerce ini, sebuah perusahaan menjual produk atau jasa kepada konsumen. Pada umumnya, pelanggan dalam E-commerce B2C hanya mengecer. Jika anda pernah membeli dari suatu toko online, aktivitas tersebut termasuk dalam golongan ini. Contoh yang dapat kamu temukan di Indonesia sendiri seperti Lazada, Blibli, dan Shopee. 

  1. Consumer to consumer (C2C) 

Apakah selama ini kamu pernah menjual barang bekas ke orang lain yang membutuhkannya melalui internet? Aktivitas tersebut termasuk dalam E-commerce jenis ini. Dengan kata lain, C2C adalah transaksi online antara dua individu. Contohnya seperti OLX, Kaskus, dan Tokopedia. 

  1. Consumer to business (C2B) 

Nah, berkebalikan dengan B2C, E-commerce C2B adalah skenario di mana seseorang menjual produk atau layanan kepada sebuah perusahaan. Seorang graphic designer, misalnya, menawarkan dan menjual logo buatannya kepada sebuah bisnis makanan. Contoh nyata yang dapat kamu lihat seperti Freelancer, iStock, dan Upwork. 

  1. Business to public administration (B2A)  

Model E-commerce ini mirip dengan B2B, tetapi pelakunya adalah bisnis dan lembaga pemerintah. Contoh B2A adalah jasa pembuatan website untuk sistem administrasi online, seperti Qlue, dan Accela. 

  1. Consumer to public administration (C2A) 

Jenis E-commerce ini berjalan seperti C2B. Namun, transaksi dilakukan oleh individu dan lembaga pemerintah. Sebenarnya E-commerce dengan model C2A jarang ditemui di Indonesia. Jenis transaksi yang terjadi biasanya berbentuk jasa.

Setelah mengetahui jenis dan contoh dari E-commerce itu sendiri, sudah pasti kamu dan mungkin juga jutaan pebisnis online yang lain ingin mencari CMS (Content Management System) atau Web builder yang tepat dan ramah untuk bisnis E-commerce yang nantinya akan kamu jajaki dan menjadi keseharianmu dalam berbisnis. 

Baca Juga  Mari Mengenal Konsep 4P, Product, Price, People, Promotion untuk Melejitkan Omzet Bisnis Online Anda.
10 Rekomendasi CMS dan Web Builder untuk E-Commerce Terlengkap

Dalam pembahasan kali ini, akan dibahas satu persatu mengenai perbedaan, kelebihan dan kekurangan dari CMS dan Web Builder. Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam dan lebih lanjut tentang CMS dan Web Builder, kamu berada di section yang tepat! Jangan di skip ya, baca sampai habis!

Pengertian CMS dan Web Builder untuk E-Commerce

10 Rekomendasi CMS dan Web Builder untuk E-Commerce Terlengkap

Mungkin sebelumnya kamu sudah pernah mendengar istilah CMS dan Web Builder dalam ranah bisnis online. Namun, banyak juga orang yang salah mengartikan apa itu CMS dan Web Builder serta apa kelebihan dan kekurangan dari keduanya. 

Pada dasarnya, CMS dan Web Builder memiliki konsep yang hampir sama, atau mungkin bahkan banyak orang yang bingung membedakan karena keduanya memiliki persamaan yang mirip yaitu sama-sama digunakan untuk membuat atau membangun sebuah website yang nantinya akan digunakan untuk menjajakan bisnis online.

Namun, setelah ditelaah kembali, ternyata CMS dan Web Builder menawarkan hal atau solusi yang berbeda. CMS, misalnya, kamu dapat mengelola tipe dan jenis konten yang lebih spesifik dan “kamu banget” seperti postingan blog dalam WordPress dengan lebih leluasa. Sebaliknya, berbeda dengan CMS, Website Builder memiliki tools atau fitur yang sangat terbatas dan bisa dibilang agak kaku bahkan cenderung sulit dipahami. Walaupun begitu, keduanya tetap sangat berguna dalam beberapa kondisi dan timing tertentu.

Exabytes Friends, setelah mengetahui sedikit perbedaan dari CMS dan Web Builder yang tentu sebenarnya hampir tidak ada perbedaan, ada banyak sekali hal dan komponen yang harus kamu lakukan dan tentunya kamu pahami untuk membuat toko online, seperti memproses pembayaran, menghadapi klien, dan mengelola inventaris. Namun, sebelum kamu melakukan itu semua satu persatu, hal pertama yang harus dan sangat wajib kamu lakukan adalah memilih CMS dan Web Builder toko online yang tepat agar nantinya bisnis kamu bisa segera berkembang dan diperkenalkan melalui internet. 

Tentunya, memilih dan menggunakan CMS dan Web Builder terbaik untuk toko online akan memudahkan proses pembayaran dan bahkan di saat Anda harus menangani inventaris. 

Sebetulnya, untuk E-commerce sendiri, pilihan untuk memakai CMS atau Website Builder adalah sama saja. Kembali lagi ke kamu dan para pebisnis online khususnya penggiat E-commerce diluar sana, ingin memakai CMS atau Web Builder. Namun seperti yang sudah dijelaskan barusan, bahwasannya CMS dan Web Builder memiliki tools dan fitur yang hampir sama, yaitu dapat membangun website sesuai dengan yang kamu inginkan. Tentu, dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Nah pada intinya, CMS dan Web Builder sama-sama layak dan pantas untuk kamu gunakan, kok! 

Tapi, jika kamu masih saja bingung dengan pilihan dan langkah apa yang ingin kamu ambil dalam membangun dan mengembangkan bisnis online terutama jenis E-Commerce ini, kamu dapat mengunjungi laman ini untuk bantuan yang lebih meyakinkan dan memuaskan!

10 rekomendasi CMS dan Web Builder untuk E-Commerce!

Nah, Exabytes Friends, dibawah ini kamu juga akan mengetahui beberapa rekomendasi CMS dan Web Builder yang mungkin nantinya akan kamu butuhkan dan pakai. Yuk simak baik-baik dibawah ini, ya! 

WooCommerce 

WooCommerce adalah plugin toko online untuk platform WordPress yang dibuat oleh WooThemes pada tahun 2011 yang sekarang telah bergabung dengan Automattic. WooCommerce termasuk dalam jajaran platform online shop builder terbaik di dunia. WooCommerce merupakan open source sehingga banyak sekali khalayak umum yang menjadi kontributor pengembangan plugin ini. Platform ini adalah salah satu platform yang tergolong cepat, untuk digunakan baik bagi bisnis yang masih kecil maupun yang sudah besar.

10 Rekomendasi CMS dan Web Builder untuk E-Commerce Terlengkap

WooCommerce memiliki fungsi yang bervariasi seperti metode pembayaran & pengiriman yang berbeda, variabel produk, dll. WooCommerce mempunyai motto “The most customizable eCommerce platform for building your online business” yang artinya platform ini dapat anda kustomisasikan sesuai kehendak bisnis kamu didukung oleh ribuan ekstensi dan tema yang gratis maupun berbayar. Eits, kamu juga dapat melakukan modifikasi sendiri karena WooCommerce menyediakan catatan kode pengembangan yang cukup banyak, loh!

Wix

Wix adalah website builder untuk kamu yang menginginkan kebebasan. Dibandingkan web builder lainnya yang terstruktur, Wix menawarkan pembuatan dan pengembangan website yang lebih fleksibel, bebas, dan kreatif, sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Kamu akan mendapatkan dukungan berupa banyaknya opsi dan tools untuk pengeditan web. Ada banyak theme yang bisa kamu pilih (kurang lebih sekitar 500), fitur kreator yang tidak sedikit, dan integrasi dengan aplikasi lain juga tersedia di Wix. 

10 Rekomendasi CMS dan Web Builder untuk E-Commerce Terlengkap

Wix memberikan kuasa penuh pada setiap langkah pembuatan website yang kamu inginkan. Wix tersedia dalam edisi gratis dan edisi berbayar. Untuk edisi premium, terdapat 2 kategori perencanaan, web umum dan web ecommerce. Masing-masing kategori menyediakan paket premium yang berbeda. Paket web builder premium paling murah adalah paket Connect Domain ($5/bulan). Sementara paket termahal adalah paket VIP ($29/bulan).

Baca Juga  8 Disrupsi eCommerce yang Wajib Kamu Ketahui di Tahun 2020

Weebly

Jika kamu membutuhkan website tetapi malas utak-atik, malas coba-coba jadi kreatif dan hingga saat ini tidak menemukan program yang tepat, jika kamu adalah salah satu dari orang yang sesuai dengan deskripsi tersebut, maka kamu sangat direkomendasikan untuk menggunakan Weebly. Weebly adalah simple website builder terbaik dan memang ditujukan untuk kamu yang tidak begitu paham dunia pengembangangan website.

10 Rekomendasi CMS dan Web Builder untuk E-Commerce Terlengkap

Dari mulai tampilan hingga fitur yang tersedia, semuanya tampil sederhana. Alih-alih  sederhana, semua yang ada di Weebly 100% fungsional dan dapat diandalkan. Weebly juga menyertakan fitur app center yang menjadi perpustakaan aplikasi. Kelebihan lain dari Weebly adalah gratis. Edisi premiumnya termurahnya adalah edisi Connect ($4/bulan). Sementara edisi premium termahalnya adalah edisi Pro ($12/bulan).

Shopify

Shopify merupakan CMS toko online yang berasal dari Kanada. CMS ini cocok untuk penjualan berskala internasional khususnya pasar yang berada di Amerika, Eropa dan Kanada.

10 Rekomendasi CMS dan Web Builder untuk E-Commerce Terlengkap

Karena skala pasarnya yang terlalu luas dan kendala teknis pengiriman barang Indonesia-Amerika atau Eropa dan Kanada, maka platform ini tidak begitu terkenal atau digunakan oleh para pemilik toko online di Indonesia. 

Namun tenang saja, selalu ada solusi untuk kesulitan di dunia digital. Jika kendala menggunakan Shopify adalah masalah ongkos kirim yang tidak masuk akal dunia pasar online menyediakan pilihan pengiriman dari Cina menuju Amerika atau Eropa ataupun Kanada.

Squarespace

Squarespace adalah web builder terbaik untuk kamu yang mencari tampilan website yang elegan. Dalam urusan templates dan themes tidak ada yang mampu menandingi Squarespace. Kamu dapat mencoba dan langsung merasakan sensasi membuat website dengan user interface yang intuitif, desain mengesankan, dan fitur-fitur yang mengesankan. 

10 Rekomendasi CMS dan Web Builder untuk E-Commerce Terlengkap

Jika Anda sedang dalam tahap membuat website yang menitikberatkan pada kenikmatan visual (fotografi, dll) maka Squarespace sangat tepat untuk kamu!

Sayangnya, Squarespace ini tidak menyediakan edisi gratis. Ada opsi free trial 14 hari untuk mencoba website builder ini. Banyak dinilai mahal, Squarespace sebenarnya berusaha memberikan apa yang orang dan khususnya kamu dapat beli. Tidak ada satupun paket premium yang menawarkan fitur tidak berguna. Paket premium termurah adalah paket Personal ($12/bulan). Sementara paket termahal sekaligus terkomplit adalah paket Advanced ($40/bulan).

PrestaShop

PrestaShop merupakan CMS dedicated yang memiliki fitur sangat dinamis sehingga mampu memanjakan penjual dan pembeli. Tidak perlu dibingungkan dengan fitur yang rumit, penjual pun bisa menata barang dagangannya dengan baik.

10 Rekomendasi CMS dan Web Builder untuk E-Commerce Terlengkap

Bahkan mereka memiliki beberapa fitur pembayaran yang beragam pula, mulai dari paypal hingga transaksi transfer melalui ATM. Selain itu, penjual diuntungkan dengan adanya fitur analytics tanpa harus melakukan install plugin khusus. 

OpenCart

10 Rekomendasi CMS dan Web Builder untuk E-Commerce Terlengkap

CMS OpenCart ini memiliki fitur kustomisasi yang optimal. Sehingga penjual mampu merancang toko online miliknya dengan baik. Namun tentu saja, kamu harus menguasai dengan sangat baik tentang cara kerja pemasangan website. Dengan begitu, semua fitur optimalisasi penjualan akan bekerja dengan baik dan bisnismu akan berjalan lancar. 

Cubecart

Tidak jauh beda dengan CMS lainnya seperti fitur yang mudah digunakan hingga pilihan tema dan plugin yang beragam. Cubecart adalah CMS yang bersifat open source sehingga kamu bisa mengaksesnya dengan mudah dan gratis. CMS ini cocok bagi pemula yang sedang merintis karir toko online.

10 Rekomendasi CMS dan Web Builder untuk E-Commerce Terlengkap

Ditambah lagi, Cubecart juga memiliki fitur gambar dan pilihan pembayaran beragam yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pembeli. 

Magento 2

Magento 2 adalah platform CMS yang salah satunya banyak digunakan oleh para pemula maupun ahli. Sifatnya open source dan banyak diaplikasikan untuk membuat website E-Commerce yang dapat di kustom dan disetting sesuai dengan kemauan pemiliknya. Untuk artikel lengkapnya kamu bisa baca di membangun toko online dengan magento 

10 Rekomendasi CMS dan Web Builder untuk E-Commerce Terlengkap

Easy Store

Platform dari Exabytes ini menawarkan fitur E-Commerce yang tidak kalah baiknya dengan pendahulunya. Yang sangat menarik adalah mereka datang dengan penawaran harga terbaik dan pelayanan support lokal. Dengan segudang fitur lengkap untuk menunjang bisnis Anda. Anda bisa mencobanya langsung di Exabytes indonesia

10 Rekomendasi CMS dan Web Builder untuk E-Commerce Terlengkap

Dan yang membuat platform ini istimewa adalah mereka sangat konsen dengan bisnis kecil. Hal itu dapat diketahui dari harga paket yang mereka tawarkan dan juga visi misi yang mereka tuliskan pada website mereka.

Itulah ke 10 Website Builder dan CMS versi Exabytes! Kembali lagi, masing-masing CMS dan Web Builder mungkin memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. So, kembali lagi kepada kamu ingin menggunakan dan memilih layanan CMS dan Web Builder yang mana dan seperti apa.

Semoga artikel diatas bermanfaat untuk kamu yang sedang kebingungan cari bantuan membuat website yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Jaga kesehatan dan stay safe ya, Exabytes Friends!

Source : Aisya Damayanti Sumarno

Free Credit Exabytes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here