10 Tips Memanfaatkan Instagram Reels Untuk Promosi Bisnis

821
Instagram Reels
7 min read

Tahukah kamu, Instagram Reels sudah dapat digunakan oleh pengguna Instagram di Indonesia nih! Seperti yang kita ketahui, sebelumnya fitur Reels ini hanya dapat digunakan di beberapa negara saja. 

Namun, setelah menunggu beberapa waktu, fitur Reels tersebut pertama kali resmi dirilis di Indonesia pada tanggal 24 Juni 2021 lalu. Fitur terbaru Instagram ini juga dipercaya dapat membantu para pemilik bisnis untuk mempromosikan produknya. Penasaran apa saja kegunaan dan manfaat Reels untuk bisnis kamu? Yuk, simak artikel berikut ini!

Instagram Reels
Instagram Reels (Adobe Stock)

Apa itu Instagram Reels?

Instagram reels merupakan unggahan video 15 detik di stories yang dapat dimodifikasi dengan AR (Augmented Reality) musik dari pengguna, stiker, maupun teks, dan selanjutnya digabungkan dengan video atau foto lain. Selain itu, pengguna juga bisa memperlambat atau mempercepat video.

Berbeda dengan story Instagram biasa, kamu bisa mengeksplorasi kreativitas dengan lebih dalam pada fitur yang satu ini. Video pun terlihat menonjol dari sisi estetika, playful, dan dapat menggambarkan brand kamu dengan lebih jelas.

Fitur-Fitur Instagram Reels

Reels menawarkan berbagai fitur yang bisa digunakan untuk membuat video kreatif. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Remix

Remix yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk membuat video Reel versi mereka dan digabung dengan video Reel yang sudah ada.

Voiceover

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan suara mereka ke video. Selain itu, ada juga Mixed Audio yang memungkinkan pengguna menambahkan suara disertai lagu sebagai latar belakang.

AR effect (Augmented Reality Effect)

Ada pula fitur efek yang membantu mempercantik konten. Pengguna bisa memilih untuk menggunakan filter dari Instagram atau mencari filter favoritmu. Lalu, gunakan efek tersebut di konten Reels agar lebih menarik bagi audiens.

Timer dan Countdown

Atur waktu rekam otomatis Reel Instagram kamu untuk mempermudah proses pembuatan video dengan konsep on-stage.

Align

Fitur ini bertujuan membuat objek seperti stiker atau tulisan yang disisipkan video sebelumnya lebih rapi saat transisi. Jika kamu memotong video menjadi beberapa bagian, fitur ini juga bermanfaat agar lebih presisi. Alhasil, reel Instagram kamu terlihat lebih profesional.

Speed

Pengguna bisa mempercepat atau memperlambat video atau audio sesuai kebutuhan.

Manfaat Instagram Reels

Instagram Reels memiliki peluang besar untuk dijadikan wadah promosi bisnis, bahkan bagi kamu yang masih pemula dengan akun yang masih kecil. Berikut manfaat instagram reels untuk bisnis kamu:

Mendorong Engagement Post Instagram

Manfaat pertama Instagram Reels untuk bisnis adalah sebagai media untuk mendorong engagement Instagram. Setiap postingan Reels yang kamu upload, akan masuk ke halaman feeds dan explore Instagram. Jadi, tingkat engagementnya bisa lebih tinggi. 

Baca Juga  Yuk Cari Tahu Algoritma TikTok Agar Videomu Viral

Tapi, pastikan juga kamu membuat konten yang menarik untuk bisnis kamu sehingga calon pelanggan yang melihat Reels kamu akan tertarik untuk melihat profil Instagram bisnis online kamu dan dapat memutuskan untuk membeli produk atau menggunakan jasa kamu. 

Meningkatkan Followers

Yang kedua adalah meningkatkan followers. Karena Reels bisa muncul di explore Instagram, traffic pengunjung Instagram kamu pun bisa meningkat dan berujung pada kenaikkan followers. 

Semakin banyak follower artinya usaha kamu semakin dikenal banyak orang. jika follower kamu adalah target dari usaha kamu, biasanya kepercayaan akan tumbuh seiring dengan konten yang dibuat.

Media Kolaborasi Bisnis

Jika sebelumnya para Content Creator banyak membuka kerja sama dengan brand untuk mempromosikan produk, biasanya mereka akan mempromosikan produk brand tersebut hanya melalui Instastory atau postingan feeds Instagram saja. Namun kini, Reels bisa dimanfaatkan sebagai media kolaborasi dengan Content Creator juga lho! 

Ini akan sangat menguntungkan untuk usaha kamu. Biasanya ketika konten yang kamu buat itu menghibur, pengikut kamu akan membagikan postingan ke beranda mereka atau biasa disebut dengan repost.

Cara Menggunakan Instagram Reels

Setelah memahami penjelasan singkat dan fitur-fitur yang ada di Instagram Reels, kamu tentu perlu mengetahui cara menggunakannya. Terutama untuk kamu pemilik bisnis yang ingin memanfaatkan fitur ini. Berikut ini cara mudah menggunakan Instagram Reels:

  • Buka akun Instagram lalu navigasikan ke screen Stories, lalu geser ke arah Reels di bagian bawah screen.
10 Tips Memanfaatkan Instagram Reels Untuk Promosi Bisnis - 2021
  • Gunakan tools kreatif yang tersedia di Reels, seperti music, speed, effects, dan timer.
10 Tips Memanfaatkan Instagram Reels Untuk Promosi Bisnis - 2021
  • Tap dan tahan tombol record yang ada di bagian bawah screen. Jika tidak ingin menahan tombol record, bisa juga menggunakan timer di mana kamu akan melihat hitungan mundur sebelum rekaman dimulai.
10 Tips Memanfaatkan Instagram Reels Untuk Promosi Bisnis - 2021
  • Setelah selesai merekam, kamu juga bisa mempercantik klip tersebut dengan stiker, teks, dan drawing

.10 Tips Memanfaatkan Instagram Reels Untuk Promosi Bisnis - 2021

  • Tap tombol (Next >) di bagian pojok untuk memposting Reel yang sudah kamu buat.

Cara Menganalisis Instagram Reels

Lalu, bagaimana cara membaca Insights Instagram Reels? Mari kita simak berikut ini:

Reels Insights bisa dilihat pada Menu setting pada Reels Instagram dan terdapat 2 kategori pada Reels Insights yaitu:

  • Discovery yang berisi Account Reach adalah jumlah akun unik yang melihat Reels tersebut minimal sekali, dan saat seseorang melihat ulang Reels tidak masuk dalam Reach. Kemudian Plays adalah jumlah berapa kali Reels tersebut diputar setelah impresi terhitung diluar pemutaran ulang (replay).
  • Interactions adalah respon aktivitas yang didapat Reels tersebut yang terdiri dari 4 jenis interaksi yaitu Likes, Comments, Shares dan Saves. Secara umum, mirip seperti interaksi pada jenis Feed Post Instagram.

Seperti yang sudah kita pelajari pada cara optimasi Instagram Reels, semua metrik yang diberikan pada Reels Insights sebaiknya digunakan untuk perbandingan. Sehingga bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai performa Reels tersebut.

Baca Juga  7 Alasan Pentingnya Beriklan di Sosial Media Untuk Bisnis Online
Instagram Reels
Instagram Reels (Adobe Stock)

Tips Memanfaatkan Instagram Reels untuk Bisnis

Nah, bagi pelaku bisnis tentu butuh ide atau inspirasi konten. Di bawah ini kami akan berikan beberapa contoh konten yang bisa dibuat dengan menggunakan Instagram Reels:

Tutorials (Panduan)

Konten reels yang juga cukup populer adalah konten tutorial atau panduan yang tentu bisa diaplikasikan untuk industri apapun. Misalnya tutorial makeup, mix and match fashion, dan lain sebagainya.

Tips & Trick (Edukasi)

Konten Reels Tips adalah jenis konten yang bisa dilakukan siapa saja, dan di industri apapun. Karena sangat umum dan aplikatif. Tentunya jenis konten yang sangat banyak digemari dan sangat membantu oleh banyak orang. 

Challenges (Tantangan)

Reels juga sering kali digunakan untuk berinteraksi satu sama lain dalam bentuk tantangan (challenges). Beberapa waktu terakhir mungkin kamu juga pernah mendengar tantangan dance tertentu. Ini juga salah satu konten yang bisa kamu manfaatkan.

Vlog (Virtual Blog)

Jenis konten Reel yang bisa dilakukan siapa saja tentu adalah mendokumentasikan aktivitas sehari-hari dalam bentuk Vlog. Hal ini sangat mudah dan bisa dimanfaatkan juga lho!

Art/Craft (Karya)

Konten Reels Art merupakan jenis konten hiburan yang tentunya sangat menarik untuk Konten Reels. Selain itu, Art atau Karya juga bisa digunakan untuk semua jenis Industri tergantung kreatifitas.

Product Showcase (Promosi Produk)

Bagi kamu yang ingin memanfaatkan Konten Reel untuk mempromosikan produk. Kamu bisa memanfaatkan jenis konten Product Showcase atau promosi produk dengan menunjukan detail dari produk kamu. Bisa jadi secara hard sell atau soft sell. Keduanya sama-sama baik untuk dicoba agar bisa diketahui mana yang lebih baik.

Product Review (Review Produk)

Selain menampilkan Produk, kamu juga bisa membuat konten Reels Review Produk. Hal ini selain bisa memperjelas hal-hal yang menjual, tentunya bisa menarik minat orang yang melihat untuk mempelajari lebih tentang sebuah Produk.

Behind The Scene

Konten Reels yang menarik untuk dicoba adalah cerita sehari-hari dibalik layar. Karena banyak orang tentu penasaran dengan keseharian orang lain. Maka konten Behind the Scenes (BTS) ini sangat baik buat kamu coba. Contoh dari konten ini misalnya menyajikan behind the scene dari bisnis yang kamu jalankan.

Before and After

Konten jenis ini bisa digunakan untuk penyedia jasa cleaning service, penata rambut, make up artist, dan lain sebagainya. Caranya, kamu bisa memperlihatkan kondisi sebelum menggunakan jasamu lalu selanjutnya berikan klip hasil kerjamu.

Storytelling

Ceritakanlah bisnis yang kamu jalankan dengan sejujur-jujurnya dan tentunya harus jelas. Misalnya, bisa diawali dengan cerita visi dan passionmu dalam menjalankan bisnis ini.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu dapatkan dengan hadirnya fitur Reels ini. Menarik banget kan? Tools yang dimiliki fitur terbaru ini pun dapat dibilang cukup lengkap. Jadi, pastikan kamu memanfaatkan fitur Reels ini untuk bisnis kamu ya. 

Ketahui juga tips dan informasi mengenai sosial media atau digital marketing di Blog Exabytes. Selamat mencoba!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments