Bagaimana Cara Cek Kecepatan Website Dengan Mudah? Simak 7 Cara Ini!

72
Cara cek kecepatan website
8 min read

Sekarang ini, kecepatan website menjadi salah satu faktor utama google untuk meranking website. Dengan kecepatan situs yang cepat, kamu bisa dengan mudah masuk ke peringkat utama pencarian. Untuk mengecek semua hal tersebut, kita bisa menggunakan situs cek kecepatan website. Lalu apa saja sih situs-situsnya? Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Kecepatan website
Kecepatan website (Sumber: Adobe Stock)

Apa itu Kecepatan Website?

Kecepatan website adalah salah satu aspek terpenting yang perlu diperhatikan terutama bagi para pemilik website. Kecepatan website perlu diperhatikan untuk semua website mulai dari blog, portfolio, company profile, website bisnis, toko online maupun jenis website lainnya.

Kecepatan website juga bisa dicek menggunakan berbagai tools yang tersedia di internet saat ini, semakin cepat maka semakin bagus hasilnya. Untuk itu bagi kamu pemilik website perlu melakukan pengecekan rutin website secara berkala. 

Berapa Kecepatan Website Yang Cepat / Ideal?

Dengan banyaknya website yang beredar saat ini, pengguna internet tentunya dipusingkan dengan begitu banyaknya konten yang beredar di dunia maya. Hal ini juga berimbas kepada singkatnya waktu yang bisa mereka sisihkan untuk melihat konten yang menarik perhatian mereka. Untuk itulah sebuat website diharapkan untuk tampil dalam waktu yang cepat. 

Menurut penelitian Google, 53 persen pengunjung akan meninggalkan website kamu jika loadingnya lebih dari tiga detik. Bahkan, seperempatnya akan meninggalkan website yang tidak bisa muncul dalam waktu empat detik.

Manfaat Cek Kecepatan Website

Sebelum kamu mulai memeriksa kecepatan akses website, kamu juga perlu mengetahui apa sebenarnya pentingnya cek kecepatan website dan berikut beberapa penjelasannya:

Ranking Google

Untuk menentukan rating pada hasil pencarian, maka Google juga akan melihat dari berbagai faktor dan salah satunya adalah kecepatan website yang kamu miliki. Jika loading website semakin cepat, maka akan semakin bagus juga nilai website yang ada miliki di mata Google. Faktor ini juga berlaku untuk hasil pencarian di desktop serta mobile.

Berdampak Jangka Panjang

Jika situsmu memiliki kecepatan loading yang lambat tanpa ada perbaikan untuk waktu yang lama, ini bisa berdampak negatif lho! Tidak hanya bounce rate-nya tinggi, conversion rate-nya rendah, dan tidak tampil optimal di halaman hasil pencarian, konsumenmu pun akan berhenti menyukai brand-mu.

Mempengaruhi Pendapatan

Pengunjung yang kabur karena website yang lambat tersebut bisa jadi adalah pengunjung potensial yang siap membelanjakan uangnya atau berkontribusi positif pada konten yang kamu buat. Tentu saja, hal tersebut akan berdampak pada pendapatan yang sudah kamu proyeksikan sebelumnya.

Kesan yang Baik

Kecepatan web adalah kesan pertama yang akan didapatkan oleh pengunjung. Jika kesan pertama sudah buruk, maka kesan tersebut akan menempel lama di benak pengunjung. Konsekuensinya, Mereka tidak akan kembali dan bahkan bisa saja berbicara kepada orang lain mengenai pengalaman buruk yang dialami.

Bounce Rate

Pentingnya kecepatan sebuah website bukan hanya karena dampaknya pada conversion rate, tetapi juga bounce rate. Pengunjung tidak akan mau berlama-lama di situsmu ataupun bernavigasi ke halaman lainnya yang tersedia jika tahu waktu yang dibutuhkan untuk loading-nya lama. Hal ini terjadi karena user experience atau pengalaman penggunanya yang buruk saat mengunjungi situs mu.

Baca Juga  Langkah Mudah Mempercepat Loading Website

Kecepatan website
Website yang cepat merupakan impian pemilik website (Sumber: Adobe Stock)

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Website

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan loading website. Diantaranya sebagai berikut:

Lokasi dan Spesifikasi Server

Jika lokasi server lebih dekat dengan lokasi negara pengunjung, mereka akan mengaksesnya lebih cepat. Karena jika server berada di negara lain, koneksi harus melalui banyak jaringan terbuka yang berbeda, sehingga menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengaksesnya. 

Oleh karena itu, jika kamu telah membeli hosting, mohon diprioritaskan memilih penyedia host lokal atau sebuah server, hindari menggunakan shared hosting untuk performa website yang lebih baik.

Ukuran File, Gambar, Video pada Website

Gambar atau video menjadi salah satu konten yang bisa mendukung sebuah fakta, serta juga untuk membuat pengunjung lebih tertarik membaca informasi yang ada. Tapi salahnya, kebanyakan gambar memiliki ukuran file yang cukup besar, dan pastinya mengambil banyak data untuk mengunduhnya.

Ada baiknya, File yang akan kamu upload di website sebelumnya harus di compress terlebih dahulu agar ukurannya lebih kecil. File yang besar akan membuat loading website menjadi lebih lambat, jadi semakin kecil file maka semakin cepat loading websitenya.

Plugin pada Website

Untuk kamu pengguna WordPress, tidak disarankan untuk menggunakan plugin website terlalu banyak. Plugin WordPress akan membuat server bekerja lebih berat sehingga efeknya berpengaruh pada kecepatan loading website. Untuk itu, minimalkan plugin yang digunakan, sesuaikan dengan kebutuhan saja.

Banyaknya Permintaan HTTP

Saat pengguna mengunjungi situs web, browser mengirimkan beberapa permintaan HTTP untuk mengakses konten situs web. Namun, jika situs website kamu memiliki gambar, CSS, dan JavaScript yang berlebihan, diperlukan waktu lebih lama untuk memproses permintaan tersebut, sehingga mengurangi kecepatan pemuatan halaman. 

Tim pengembangan harus menggunakan Sprite CSS untuk mengurangi permintaan HTTP dan jumlah file di halaman. Perkecil file JavaScript dan CSS untuk mengurangi waktu muat dan penggunaan bandwidth di situs web.

Salah Menggunakan Tema

Tema merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh platform WordPress agar penggunanya bisa membangun website secara profesional. Namun harus diketahui bahwa beberapa tema disebut-sebut dapat membuat kinerja situs menjadi lebih lambat. Terutama tema yang memiliki banyak desain, widget, javascript, dan masih banyak lagi. 

Oleh karenanya, sangat disarankan bagi kamu untuk memakai tema sederhana saja, simpel, minimalis, namun tetap dilihat profesional.

Widgets

Widgets yang kamu gunakan pada website juga dapat mempengaruhi kecepatan suatu website karena terdapat beberapa tombol action/ button yang dapat memperlambat kecepatan loading page website kamu.

Untuk itu, kamu harus sangat selektif dalam memilih widgets yang dipergunakan pada website. Pilihlah widgets yang kiranya memang diperlukan dan kurangi jumlah widgets yang kurang efisien.

Source Code Website

Untuk membuat sebuah website pasti memerlukan adanya source code agar website tersebut bisa berjalan dan memiliki kemampuan dengan baik. Karena selain sebagai rangka sebuah website, source code tersebut juga berperan dalam kemampuan website tersebut beroperasi.

Namun, jika semakin banyaknya baris dan perintah yang ada pada source code tersebut maka website akan semakin lama saat untuk memprosesnya.

Baca Juga  Ketahui 13 Alasan Pentingnya Artikel Pada Website

Kecepatan Koneksi Internet

Terakhir faktor yang mempengaruhi kecepatan koneksi internet adalah kecepatan internet. Jika kecepatan koneksi kamu lambat maka proses membuka website membutuhkan waktu yang lebih lama juga.

Kecepatan website
Kecepatan koneksi internet pengguna menjadi salah satu faktor kecepatan pemuatan website. (Sumber: Adobe Stock)

Cara Cek Kecepatan Website

Adapun cara untuk cek kecepatan website yang perlu kamu ketahui yaitu:

Google PageSpeed Insight

Alat buatan Google ini akan membantumu menganalisis isi websitemu. Lalu, memberitahu kecepatan loadingnya dalam bentuk skor (skala 1-100). Semakin tinggi skornya, semakin bagus.

Tidak hanya itu, alat ini juga akan menjelaskan apa saja bagian dari website yang bisa kamu perbaiki agar performanya bisa terus meningkat. Skor dan hasil analisis yang ditampilkan tidak hanya untuk desktop saja, tapi juga untuk perangkat mobile.

GTmetrix

GTMetrix adalah nama yang cukup populer di kalangan alat cek kecepatan website. Sebab, alat ini memang menyediakan fitur yang cukup lengkap untuk menganalisis waktu loading website mu.

Di dalamnya, kamu bisa tahu apa saja yang memperlambat websitemu. Indikator yang digunakan pun cukup spesifik. Itulah mengapa GTMetrix cocok jika digunakan oleh orang-orang yang paham dengan sisi teknis website.

Pingdom

Dengan Pingdom, kamu dapat mengetes kecepatan website mu dari beberapa lokasi. Mulai dari Asia, Eropa, Amerika Utara, hingga Australia.

Berdasarkan hasil analisisnya, kamu bisa melihat berbagai faktor yang menghambat kecepatan websitemu. Contohnya seperti ukuran gambar yang terlalu besar atau masalah request HTTP.

Page Scoring

Situs ini juga secara online dapat mengetahui seberapa render kecepatan halaman website mu. Dengan melalui di berbagai browser (Chrome, Firefox dan IE). Situs ini juga bagus karena memang banyak diminati.

Sucuri Load Time Tester

Sucuri adalah plugin keamanan yang cukup terkenal di WordPress. Selain untuk mengukur tingkat keamanan website, Sucuri juga menyediakan alat untuk mengukur kecepatan website.

Alat ini fokus pada membandingkan kecepatan website dari berbagai lokasi. Kemudian, menampilkan grafik yang menunjukkan hasil perbandingan kecepatannya. Sehingga, kamu bisa langsung tahu dari mana websitemu paling cepat diakses.

Web Page Test

Dalam fitur Web Page Test, kamu dapat menggunakan apabila ingin cek kecepatan website yang kamu punya. Fitur yang ada di situs web page test ini ada prosentase besar ukuran website berdasarkan gambar, font, HTML, dan Javascript dalam bentuk Pie. 

KeyCDN Website Speed Test 

Alat ini merupakan alternatif yang bagus jika kamu mencari alat cek kecepatan website yang simple. Karena tampilannya sederhana dan proses analisisnya cukup cepat. Sama seperti situs-situs sebelumnya, KeyCDN website speed test dapat menampilkan skor kecepatan websitemu. Lalu, membeberkan faktor-faktor yang menghambat kecepatan website.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat melihat kecepatan loading setiap jenis file website. Misalnya seperti CSS, JavaScript, dan sejenisnya. Fitur ini mempermudah kamu menemukan biang kerok yang memperlambat websitemu. 

Nah, itulah cara cek kecepatan dengan mudah, banyak juga kan situs cek kecepatan website yang bisa kamu pakai gratis? Sekarang kamu tinggal cek kecepatan websitemu dengan situs-situs tersebut. Dari hasilnya, kamu jadi tahu langkah yang perlu dilakukan untuk optimasi websitenya.

Jika kamu membutuhkan hosting, Exabytes menyediakan hosting murah untukmu dengan berbagai kapasitas sesuai kebutuhan. Dengan teknologi SSD Storage yang cepat, perlindungan Imunnify360 dan berbagai fitur unggulan lainnya membuat website kamu bekerja optimal. Segera kunjungi Exabytes Indonesia sekarang.

Selamat mencoba!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments