5 min read

Pengusaha menjadi salah satu pilihan banyak orang sebagai jalan karirnya. Banyak orang yang sudah malas menjadi karyawan di sebuah perusahaan sehingga salah satu jalan yang bisa dipilih yaitu memulai usahanya sendiri.

Bagi pengusaha pemula mungkin budget menjadi salah satu kendala kecuali bagi pengusaha yang memang terlahir dari keluarga yang kaya.

Nah, bagi kamu yang mau memulai usaha dengan budget yang minim, salah satu alternatif yang bisa kamu pilih yaitu usaha via online.

Apapun produknya kamu dapat memanfaatkan dunia online sebagai pasar dimana tempat kamu berjualan.

Lalu, apa saja yang mesti kamu persiapkan untuk memulai usaha bagi pemula?

Tentukan Produk

Sebelum memulai usaha kamu, tentu hal yang sangat penting yang mesti dipikirkan yaitu apa yang akan kamu jual.

Ya, kamu harus memikirkan secara matang produk apa yang akan kamu pasarkan. Usahakan untuk membuat produk yang berbeda daripada yang lainnya.

Dengan begitu kamu memiliki target market sendiri. Ketika kamu memiliki produk yang berbeda dan unik, produk kamu akan mudah dikenal dan diingat masyarakat.

Menentukan Target Market

Membuat produk dan menentukan target market merupakan dua hal yang tidak terpisahkan. Karena dalam menentukan produk seperti apa yang akan dibuat tentu harus memperhatikan faktor market yang akan dituju.

Tentukan target market yang jelas mulai dari usianya, gendernya, lokasinya.

Membuat Akun Sosial Media

Sosial media seperti instagram, facebook, line kini menjadi pasar yang cukup strategis untuk berjualan.

Potensinya yang tinggi dalam mendatangkan pelanggan untuk brand kamu sehingga sosial media ini khususnya instagram untuk saat ini harus dibuat dan dikelola dengan baik.

Bahkan kamu juga bisa memanfaatkan fitur adsense atau iklan yang ada pada instagram untuk meningkatkan impressi syukur-syukur banyak yang mengunjungi akun instagram kamu.

Manfaatkan Marketplace

Pertumbuhan marketplace di negara kita cukup pesat, bisa kamu lihat banyak sekali pendatang baru di dunia per-marketplace-an. Kamu bisa memanfaatkan marketplace sebagai tempat untuk berjualan.

Belajar dan Rajin Ikut Seminar

Yang tidak kalah penting bagi seorang yang baru mengawali usahanya yaitu banyak belajar tidak hanya dari media seperti buku, youtube tapi juga mengikuti seminar-seminar yang tentu saja berkaitan dengan usaha yang sedang kamu rilis.

Banyak seminar atau event yang mendatangkan speakers yang ahli dibidangnya, mereka akan membahas berbagai tips atau apapun yang tentunya akan sangat bermanfaatkan.

Nah, kebetulan sekali bagi kamu yang ingin sukses memiliki usaha di dunia online, Exabytes menyelenggarakan event tahunan khusus baggi para pelaku UMKM yang ingin sukses usaha via online.

Kebetulan di tahun 2019 ini Exabytes Ecommerce Conference kembali hadir pada 14 Agustus mendatang dengan menghadirkan 35 Speakers yang handal dibidangnya.

Tingkatkan Penjualan Dengan Membangun Website Sendiri

Di zaman yang serba online ini, kebutuhan sandang, pangan, papan bisa kamu cari dan dapatkan hanya melalui telepon genggam.

Bahkan ada prediksi yang mengatakan suatu saat nanti Mall bakal tutup karena kini masyarakat lebih tertarik untuk melakukan belanja online.

Namun tidak sedikit pedagang yang masih bertahan dengan berjualan konvensional dan enggan tersentuh dengan teknologi digital seperti sekarang ini.

Perkembangan dunia digital yang kian melesat mau tidak mau berdampak pada pedagang konvensional.

Jika tidak mau beradaptasi dengan perkembangan digital, lama kelamaan mereka akan tergusur.

Meskipun penjualan lewat online masih ada kekurangan seperti pembeli tidak bisa memastikan barang yang di foto sesuai atau tidak.

Hal ini yang masih menjadi salah satu kendala yang mungkin membuat sebagian orang malas untuk berbelanja online.

Website pribadi sangat penting dalam membangun bisnis online sekalipun bagi mereka yang baru memulai usaha.

Brand kamu akan jauh lebih banyak dikenal sehingga kemungkinan untuk menjual lebih banyak produk kamu jauh lebih besar.

Jadi pikirkan dan cepat bergerak mulai dari sekarang jika ingin brand mu tetap berdiri kokoh di antara sengitnya persaingan seperti saat ini.

Alasan Mengapa Harus Membuat Website Sendiri

Marketplace dan sosial media tidak cukup untuk membangun brand yang lebih besar, kalau untuk berjualan saja mungkin iya.

Untuk itu penting sekali untuk membuat sebuah website pribadi untuk brand kamu. Banyak kelebihan yang bisa di dapat jika kamu memiliki website sendiri.

Jauh Lebih Hemat

Bagi pengusaha pemula, alternatif yang bisa kamu pilih untuk memulai usaha dengan budget yang tidak begitu besar yaitu berjualan secara online.

Satu poin sederhana dari pentingnya membuat sebuah website untuk memulai usaha yaitu kamu tidak perlu untuk menyewa ruko, cukup stok produk kamu dirumah dan menjualnya via online.

Terlihat Profesional

Coba tengok brand brand besar, hampir semuanya memiliki website pribadi. Bahkan jika kamu lihat di instagram, di bio nya pasti akan mengarahkan kamu ke website pribadinya.

Berbeda dengan mereka yang hanya berjualan tanpa mementingkan sebuah brand, mereka hanya sibuk berjualan di marketplace.

Meningkatkan Kredibilitas

Mendapatkan kepercayaan dari pelanggan merupakan hal yang penting dalam sebuah bisnis. Website pribadi ibarat rumah bagi brand kamu.

Ketika brand kamu sudah memiliki alamat dan rumah pribadi, orang yang akan mencari brand kamu akan jauh lebih mudah dan tidak akan nyasar ke tempat lain.

Menjangkau Pelanggan Lebih Luas

Dengan memiliki toko online dalam bentuk website pribadi, dapat menjangkau target market yang lebih luas.

Jika berjualan offline hanya orang-orang disekitar tokomu saja, berbeda jika berjualan online semua orang baik di dalam negeri hingga luar negeri dapat menjangkau produk kamu.

Dalam membangun sebuah website, ada beberapa hal yang harus kamu siapkan yaitu:

Siapkan Domain dan Hosting

Sebelum membuat website langkah pertama yang harus kamu persiapkan yaitu domain. Pilih nama domain sesuai dengan brand kamu, tentu saja nama brand kamu harus yang unik dan mudah diingat oleh banyak orang.

Hosting merupakan untuk menyimpan data-data yang ada di website kamu. Jika kamu ingin website kamu dapat diakses, tentu saja domain dan hosting ini sangat penting.

Exabytes menjadi pilihan provider domain dan hosting yang tepat karena menyediakan nama domain yang lengkap.

Hosting yang ditawarkan di Exabytes juga memiliki storage yang besar dan juga memiliki server tidak hanya di Indonesia tapi juga Singapore.

Lihat berbagai penawaran menarik domain dan hosting disini.

Tapi buat kamu yang memiliki target market di Indonesia, lebih baik pilih server yang ada di Indonesia.

Untuk memudahkan dalam pengelolaan website lebih baik kamu juga beli hosting di tempat yang sama.

Sehingga jika ada terjadi suatu kendala, kamu dapat dengan cepat menangani hal tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here