Cara Mengidentifikasi Email Penipuan

62
Cara Mengidentifikasi Email Penipuan
4 min read

Setiap hari kamu memasuki dunia digital yang disebut ‘internet’ dan mungkin bertemu atau bersinggungan dengan beberapa orang yang jahat di dunia maya. Orang jahat yang kami maksud adalah seseorang yang mencoba melakukan berbagai hal berbahaya pada Anda atau komputer Anda.

Kami melakukan yang terbaik untuk menjaga kontak masuk Anda dari orang-orang jahat itu, basis data spam utama kami dan mekanisme Anti-Spam khusus untuk memblokir orang-orang jahat ini, tetapi entah bagaimana email-email yang berpotensi jahat berhasil menyelinap melalui filter kami dengan konten yang sangat standar dan umum dalam komunikasi bisnis.

Sambil membantu Anda mengembangkan bisnis online, kami selalu mengajari klien kami cara tetap aman saat online. Mari kita lihat bagaimana kami dapat mengidentifikasi email penipuan yang dikirimkan kepada Anda. Untuk membuat segalanya lebih mudah diingat, ingat saja beberapa poin ini A, B, C, D, E.

Cara Mengidentifikasi Email Penipuan 2

Scam Lampiran

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan, barang yang dibungkus seperti hadiah memengaruhi penerima untuk memiliki sikap yang lebih baik untuk membuka lampiran.

Ketika penerima menerima email (dari pengirim yang tidak dikenal) yang berisi lampiran seperti PDF, Documents, dll., Itu bisa berupa email dengan niat buruk yang memberi umpan kepada penerima untuk membukanya dan mengunduh Malware tanpa sepengetahuannya.

Berikut adalah contoh bagaimana scam lampiran akan terlihat.

Cara Mengidentifikasi Email Penipuan 3

Hal yang perlu diingat:

– Pastikan Anda mempercayai asal lampiran, hubungi pengirim jika memungkinkan

– Pindai dengan program Antivirus Anda yang diperbarui jika Anda benar-benar ingin membuka lampiran

Cara Mengidentifikasi Email Penipuan 4

Penipuan Bitcoin Scam

Orang jahat atau Scammers akan menggunakan berbagai jenis cerita dan teknik menulis kepada Anda. Mereka bahkan dapat menutupi alamat email mereka sehingga Anda tidak dapat melacak kembali ke alamat email mereka. Sebagian besar konten email mereka mengandung unsur pemerasan di mana mereka menyimpan informasi penting Anda dan akan meminta tebusan agar Anda mendapatkan kembali informasi Anda.

Bitcoin adalah mata uang kripto yang tidak mencatat informasi pengirim dan penerima, membuat transaksi sepenuhnya anonim. Ini adalah salah satu alasan scammers memilih ini sebagai media untuk tebusan mereka. Sebagai ringkasan, orang asing mengancam Anda dengan imbalan bitcoin menggunakan templat peringatan.

Cara Mengidentifikasi Email Penipuan 5

Hal yang perlu diingat:

Selalu waspada ketika Anda melihat email semacam ini dan pastikan Anda tidak jatuh ke perangkap

Pastikan Anda menjelajah internet di jaringan yang aman setiap saat

Cara Mengidentifikasi Email Penipuan 6

Checksum Scam

Scammers mencoba mengirim Anda email yang meminta konfirmasi Anda tentang pendaftaran tertentu, verifikasi login, atau peringatan palsu sistem seperti kotak surat penuh. Jenis email ini semakin pintar, mereka akan membuat konten mereka agar terlihat seperti perusahaan asli yang mengirim Anda email.

Itu umpan korban untuk mengklik pada tautan untuk mengunduh Malware atau kunci tertentu dalam detail mereka dan merencanakan serangan kedua mereka. Kami menangkap satu email penipuan yang menyamar sebagai verifikasi keanggotaan cPanel pada bulan Desember 2018. Berikut adalah contoh lainnya.

Cara Mengidentifikasi Email Penipuan 7

Hal yang perlu diingat:

Jika Anda tidak mendaftar dari perusahaan mana pun, abaikan saja.

Periksa dengan penyedia layanan email Anda atau vendor pada peringatan palsu.

Cara Mengidentifikasi Email Penipuan 8

Penipuan Domain

Ketika Anda mendaftarkan domain baru, informasi pribadi Anda diterbitkan ke direktori WHOIS, yang tersedia untuk siapa saja. Bag bag akan mengumpulkan detail ini dan mencoba menipu pemilik domain dengan konten seperti tanggal kadaluarsa domain atau pengiriman SEO yang mengharuskan Anda melakukan pembayaran tambahan. Lihatlah contoh emailnya.

Hal yang perlu diingat:

Dapatkan perlindungan dengan Perlindungan Privasi Domain

Periksa dengan pendaftar domain Anda pada kejujuran email, jangan pernah mengklik tautan itu.

Cara Mengidentifikasi Email Penipuan 9

E-payment Scam

Ketika akun email Anda terganggu, scammers tidak hanya mengakses kotak suara Anda untuk membaca semua email Anda saat ini, mereka juga akan membuat aturan penerusan/ pemfilteran untuk memantau komunikasi email Anda dengan klien Anda secara diam-diam.

Mereka menunggu dengan sabar sampai saat Anda mendiskusikan detail pembayaran dengan klien Anda, dan saat itulah mereka terjun ke pertukaran email (berpura-pura mereka adalah Anda) dan menawarkan detail rekening bank penipuan klien Anda. Kasus penipuan terjadi ketika klien menyetor pembayaran ke rekening bank scammer. Karena klien Anda tidak tahu akun riil Anda, mereka mungkin melanjutkan pembayaran tanpa tindakan pencegahan apapun. Ini adalah salah satu contoh dari situasi ini.

Cara Mengidentifikasi Email Penipuan 10

Hal yang perlu diingat:

Jangan mengakses akun email Anda menggunakan jaringan / perangkat yang tidak aman

Ubah login email Anda secara teratur dengan kata sandi yang kuat

Akses control panel dan periksa apakah ada aturan penerusan / penyaringan yang tidak diketahui

Hubungi klien Anda secara langsung untuk mengklarifikasi pembayaran

Bisakah Anda mengingat semuanya? A, B, C, D, E. Di atas hanyalah satu jenis contoh email phising, Anda dapat memahami jenis penipuan phishing lain yang ada di luar sana.

Jika Anda ragu dengan email mencurigakan yang dikirim oleh pihak Exabytes, Anda dapat klarifikasi dengan tim kami. Email ke support@exabytes.com dengan subjek yang lengkap. Demikian cara agar email Anda bisa mendapatkan perhatian penuh. Subjek membantu kami untuk lebih memahami email yang Anda terima.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here