Ketahui Tips Mengoptimalkan Domain Untuk Bisnis Online

136
Tips Mengoptimalkan Domain Untuk Bisnis Online
10 min read

Cara kerja internet dan tren yang ada di era digital sekarang tentunya sudah mempengaruhi segala hal yang dialami oleh seorang pebisnis. Dari penggantian cara advertising, tempat penjualan, sampai keharusan untuk memiliki website.

Apapun bisnis yang kamu sedang jalani, maupun online atau offline, memiliki website  sudah menjadi hal yang wajib. Oleh karena itu, teruntuk kamu yang sedang menjalankan bisnis online, memiliki domain yang tepat menjadi salah satu hal yang harus diprioritaskan. 

Tips Mengoptimalkan Domain untuk Website milikmu

Mengapa Domain? Karena domain dapat membantu bisnis kamu untuk memiliki identitas yang unik dan berbeda dari yang lain. Karena itu, penggunaan domain sangatlah  krusial untuk mengembangkan bisnis kamu, tapi gimana sih tips mengoptimalkan domain untuk bisnis online kamu?  Apa saja step-step dan perihal yang harus ditelitikan? Yuk, simak dibawah. 

Tak kenal maka tak dekat, bukan? Sebelum membahas tips nya, yuk cari tahu dulu apa itu domain dibawah ini !

Apa Itu Domain

Apa itu Domain

Singkatnya, domain adalah nama unik dan spesifik yang digunakan untuk mengidentifikasikan server di bawah jaringan/server internet kamu. Jadi, bisa dibilang bahwa nama domain adalah alamat agar orang bisa mencari website kamu. 

Kenapa begitu ? 

Jadi, kamu pasti sudah tahu bahwa server internet ini terdiri dari banyak sekali jaringan, sering dibilang sebagai “giant network”, dimana jaringan tersebut terhubung dengan satu sama lain. Setiap jaringan dari sebuah server tentunya bisa berkomunikasi dengan server yang lain.

Karena kebanyakan, setiap koneksi jaringan dari sebuah website/komputer diberikan sebuah IP address, yaitu; serangkaian angka yang bisa mengidentifikasikan sebuah jaringan dari server. IP address biasanya terlihat seperti ini: 

22.371.22.5

Nah, IP address yang tertulis seperti itu terlihat sangat sulit kan? Bayangin kalau target market kamu harus menulis semua itu untuk membuka website bisnis kamu? Sangat susah dan gak mungkin bisa. 

Oleh karena itu, domain digunakan untuk mempermudahkan masalah tersebut; agar target market/pembeli kamu tidak harus menulis angka-angka tidak jelas, hanya dengan menggunakan nama domain yang telah kamu buat. Contohnya; exabytes.com

Kenapa Sih Domain ini Penting? 

Sebuah pertanyaan yang sering sekali dibingungkan para pebisnis online adalah; kenapa sih domain ini penting? Terus seberapa Penting? 

Nyatatnya, penggunaan domain sangatlah penting, lebih penting yang dari kamu pikirkan karena nama domain kamu inilah yang merepresentasikan bisnis kamu di internet. Dengan domain yang tepat, akan lebih banyak orang yang dapat mengunjungi website, sehingga, semakin banyak pembeli. Berikut juga beberapa alasan kenapa kamu harus memiliki Domain !

Ilustrasi Domain

Menunjukkan Inisiatif 

Ketika website bisnis online kamu mempunyai nama domain tersendiri, hal tersebut menunjukkan kepada orang-orang bahwa kamu mempunyai pengetahuan dasar yang bagus untuk bisnis online kamu karena telah membuat website hingga domain nya juga. Hal tersebtu terlihat kecil, namun itu membuat bisnis mu lebih maju dari yang lain. 

Meningkatkan Profesionalisme 

Dengan memiliki nama domain tersendiri, hal tersebut akan meningkatkan kredibilitas bisnis online kamu! Bisnis online kamu akan terlihat lebih profesional dan tentunya, lebih terpecaya. 

Memudahkan Pencarian Visitor 

Menggunakan nama domain yang unik untuk website bisnis online kamu akan menggampangkan visitor/ target market untuk mencari website kamu karena website mu akan lebih mudah untuk ditemukan. Hal tersebut akan menghasilkan keningkatan pada traffic website kamu. Pada akhirnya, mampu untuk menambahkan sales loh!

Membangun Branding 

Yang paling penting, nama domain dapat membangun branding bisnis online kamu! Jika kamu memilih nama domain yang pas untuk bisnis online kamu, hal tersebut akan memperkuat brand, sehingga membuat kostumer terus kembali, dan akhirnya berlangganan. Juga, nama brand kamu dapat tersebar melalui “word of mouth” karena kustomer bisa saja menyebarkan nama domain kamu kepada teman – teman nya. 

Baca Juga  Kenali 6 Trend Blogging di 2020

Nah, jika kamu sudah mengetahui kepentingan nya domain untuk website online bisnis kamu, gimana sih cara mengoptimalkan domain ini untuk mendapatkan hasil yang bagus dari website online business kamu? 

Tips Mengoptimalkan Domain Bisnis Online Kamu 

Jika kamu ingin mendaftarkan nama domain ataupun sudah punya domain untuk website online bisnis kamu, banyak sekali aspek yang bisa kamu pertimbangkan agar website bisnis kamu terus menghasilkan hasil yang maksimal.

 Yuk, intip dibawah bagaimana tips mengoptimalkan domain bisnis online

Memilih Jenis Domain

Memilih Jenis Domain dan Ekstensi Yang Sesuai 

Jenis domain terbagi menjadi tiga jenis dan semua memilik ekstensi yang berbeda. Diantara ribuan ekstensi yang ada, kamu harus memilih ekstensi serta jenis yang tepat!  Berikut adalah jenis dan ekstensi domain yang perlu kamu ketahui.

Top-Level Domain

Top level domain (TLD) ini adalah tipe yang paling populer diantara jenis yang lain. TLD ini sering sekali digunakan oleh banyak perusahaan, bisnis online, ataupun hanya untuk pribadi. Oleh karena itu, jenis domain ini mempunyai eksistensi yang sering sekali diinget oleh konsumen karena lebih umum dan general. Berikut adalah beberapa contoh ekstensi yang ditawarkan oelh TLD: 

  1. .com = sering digunakan untuk keperluan bisnis commercial 
  2. .net = sering digunakan untuk pelayanan netwrk 
  3. .org =  digunakan untuk organisasi resmi 
  4. .info = untuk melayani informasi resmi 
  5. .edu = untuk pendidikan 

TLD ini dapat di break-down ke beberapa jenis lagi yaitu : 

  1. Country – Code Top Level Domain (CCTLD) : domain yang berdasarkan negara seperti; .id (untuk Indonesia), .uk (untuk Inggris)
  2. Generic Top Level Domain (GTLD) : domain yang sering digunakan seperti yang tertera di atas; .com , .org 
  3. Premium Top Level Domain (PTLD) : domain yang lebih spesifik dan dapat di custom seperti; .host, .travel, .site, .web

Second Level Domain

Second Level Domain adalah turunan dari TLD yang bertujuan untuk menspesifikasikan website online bisnis kamu. SLD ini merupakan nama unik domain kamu yang telah kamu daftarkan. Misalnya, www.exabytes.com. Exabytes adalah SLD sementara .com adalah TLD. 

Subdomain 

Subdomain ini adalah domain turunan dari sebuah website yang besar. Biasa digunakan untuk mengarah konsumen kepada konten yang berbeda, namun masih dibawah website tersebut. Subdomain terletak sebelum nama domain website kamu dan terpisah oleh dot (.) ataupun bisa juga di belakang domain kamu. Contoh: articles.exabytes.com atau www.exabytes.com/articles. Hal tersebut bisa disesuaikan dengan selera kamu, jadi fleksibel sekali lho!

Memilih Nama Yang Unik 

Nama Untuk Domain

Karena domain adalah nama yang digunakan oleh konsumen untuk mencari bisnis kamu, pastikan bahwa nama domain kamu sangat unik dan original!

Ingat, nama domain kamu bisa merepresentasikan bisnis kamu, jadi itulah nama yang di refer oleh para konsumenmu. Oleh karena itu, disaat kamu sedang memilih nama domain inilah beberapa hal yang bisa kamu perhatiin ! 

Mudah Diingat 

Pastikan nama domain kamu tidak terlalu sulit dan yang gampang biar bisa diingat oleh konsumen kamu! Dengan nama domain yang gampang diingat, itu akan membuat konsumen kamu terus balik ke website online bisnis kamu. Sehingga, menaikkan traffic dan visitor pada website mu lho. 

Pendek, namun Distinct

Berikan nama domain website online bisnis kamu yang singkat, ringkas, original, namun sangat eye-catching agar bisa menangkap perhatian para konsumen. Jangan memberikan nama yang membingungkan karena hal tersebut akan langsung dilupakan oleh konsumen mu, tapi kamu juga harus pastikan bahwa nama domain kamu tidak bertentangan dengan area bisnismu sendiri. 

Informatif dan Intuitif 

Nama domain yang ideal biasanya terbuat dengan kata yang bersangkut dengan area bisnis kamu atau kata yang familiar dengan para konsumen saat mereka ingin browsing website yang terkait dengan bisnis onlinemu. Kemudian, pastikan nama domain kamu juga mudah dimengerti agar para potential visitor/consumer ngerti atas barang/layanan yang bisnis online kamu berikan. 

Baca Juga  10 Daftar Tema WordPress Terbaik Tahun 2020

Cek Ketersediaan Nama Domain Kamu 

Tips mengoptimalkan domain bisnis online selanjutnya adalah dengan cek dulu domain yang kamu inginkan. Di saat kamu sudah selesai memilih nama untuk domain kamu, sebaiknya kamu cek ketersediaannya di Domain Name Generator.

Selain fungsinya yang bisa memilihkan nama untuk domain website kamu, Domain Name Generator ini bisa memberitahu apakah nama domain kamu sudah digunakan apa belum. Hal ini penting banget untuk diperhatikan karena persaingan antara nama domain semakin erat di era digitalisasi seperti sekarang. 

Cek ketersediaan Domain di Domain Name Registration

Oleh karena itu, untuk tetap bisa nge-klaim nama domain kamu, kamu bisa menggunakan Domain Name Generator ini. Bingung harus gunakan name domain name generator yang mana? Kamu bisa cek rekomendasi Domain Name Generator dari Exabytes berikut!

Ketersediaan untuk mendaftarkan nama domain kamu sangatlah penting karena kamu harus sebisa mungkin, mendaftarkan nama yang belum digunakan oleh pebisnis lain. Karena jika sudah, kamu bisa saja terkena copyright issues dan hal-hal lain yang terkait. 

Menyambungkan dengan Layanan Hosting 

Disaat kamu sudah mempunyai domain bisnis online kamu, saatnya kamu menyambungkan domain bisnis kamu ke hosting server. Jika kamu belum mempunyai hosting server untuk website kamu, kamu bisa membeli hosting murah dari Exabytes.

Mengapa harus disambungkan ke hosting server kamu? Hal tersebut dikarenakan, hosting merupakan tempat dimana kamu bisa menyimpan data yang ada di website kamu (contoh; gambar, audio, video, dan yang lain-lainnya) dan agar rincian tersebut bisa di view oleh para konsumen  melalui domain, kamu harus menyambungkan domain yang sudah kamu miliki ke hosting kamu. 

Jadi, agar domain kamu bisa tertampil dan diakses, kamu harus menyambungkan domain kamu ke server hosting kamu. Untuk mengabulkan hal tersebut, dibutuhkan beberapa antar penghubung yang bisa kamu gunakan yaitu: 

  1. Domain Name System (DNS) : Sistem yang dapat menerjemahkan nama domain yang telah dibuat ke IP address yang anda inginkan. 
  2. Nameserver : Nama tersendiri yang bisa merepresentasikan nama server DNS, di mana di dalam nya terisi dengan dengan keterangan IP address yang mengarah ke server hosting yang telah ditentukan. Nameserver biasanya menggunakan nama domain agar lebih mudah untuk diingat.  

Kesimpulan 

Menggunakan domain tersendiri untuk website online bisnis kamu memang sangat penting dan akan menghasilkan return yang sangat bagus. Tapi, bagaimana caranya domain kamu bisa ngebantu website bisnis kamu? Pertanyaan ini bisa diselesaikan dengan inisiatif kamu tersendiri. 

Kamu harus pintar menyesuaikan kebutuhan online bisnismu dengan beberapa aspek, yaitu; memilih jenis domain serta ekstensi yang tepat dan juga memilih nama yang unik. Kemudian, kamu juga bisa mulai dengan menjawab pertanyaan tersebut; Siapa target bisnis online kamu? Bisnis kategori termasuk ke area apa? Apa produk yang ingin kamu tawarkan? 

Jadi, misalnya, bisnis kamu terkait dengan fashion dan ingin fokus dengan konsumen lokal, sebaik nya kamu memilih ekstensi .id agar gampang ditemukan. Nama domain kamu pun harus terkait dengan fashion ataupun barang yang kamu tawarkan. Tetapi, jika bisnis online kamu termasuk di kategori travel, kamu mungkin harus memilih ekstensi PTLD ; .travel agar visitor bisa lebih gampang mengenal website kamu. 

Dengan demikian, kamu bisa dengan gampang menggunakan domain untuk memaksimalkan potensi bisnis onlinemu!

Untuk kamu yang masih bingung bagaimana dan di mana harus beli domain untuk website online bisnis kamu, Exabytes menawarkan banyak sekali promo-promo yang berkaitan dengan domain lho. Tentunya, dengan promo tersebut, kamu juga akan di-guide untuk pemakaian domainnya. Yuk, langsung aja berlangganan dengan Exabytes!

Semoga tips mengoptimalkan domain bisnis online di atas bisa bermanfaat ya, Exabytes Friends.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak