Trafik Mulai Tinggi? Yuk, Migrasi Server

106

Kamu mungkin adalah salah satu pebisnis online yang sedang mengalami masalah yang sama dengan jutaan pebisnis online lain. Kamu dihadapkan masalah dimana trafik kamu mulai tinggi dan shared hosting kamu sudah tidak mampu menampung beban trafik yang masuk. Dan Web developer meminta untuk secepatnya melakukan migrasi ke Server untuk mendapatkan bandwidth lebih besar dibandingkan shared hosting Kamu sekarang,

Tunggu dulu, kamu juga perlu memikirkan matang-matang langkah tersebut. Apakah sekarang  adalah waktu yang tepat melakukan migrasi server? Apa saja pilihan untuk migrasi server? Dan apa kelebihan dan kekurangan migrasi server? Tentunya pengetahuan tersebut akan menjadi gambaran ke depan bisnis online yang sedang kamu geluti.

Apakah sekarang adalah waktu yang tepat melakukan migrasi server?

Setidaknya terdapat ada 4  faktor yang mempengaruhi untuk melakukan migrasi server.

  1. Website/ Aplikasi kamu berjalan sangat lamban
  2. Kamu mendapatkan banyak sekali notifikasi 509 Bandwidth anda melebih batas
  3. Kamu membutuhkan perangkat lunak / software untuk di jalankan di server.
  4. Bisnis online kamu sedang berkembang ( traffic , profit, bisnis, dan lain lain) dan kamu menginginkan keamanan lebih untuk menjaga data pelanggan.

Apa saja pilihan untuk migrasi server?

Dedicated server bisa menjadi pilihan tepat migrasi server. Dedicated server memiliki kemampuan performa tinggi yang disiapkan untuk trafik besar. Namun kamu juga perlu memikirkan kembali biaya yang kamu keluarkan untuk dedidcated server. Karena dedicated server memiliki harga yang lebih tinggi.

Baca Juga  Cara Instal Toko Online Cuma Hitungan Menit Dan GRATIS

Opsi kedua adalah migrasi ke VPS server. VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server. VPS server memiliki kemampuan yang mirip dengan dedicated server. Dimana VPS server VPS adalah sebuah tipe server yang menggunakan teknologi virtualisasi untuk membagi hardware server fisik menjadi beberapa server virtual yang di hosting di infrastruktur fisik yang sama. 

Apa kelebihan dan kekurangan migrasi server?

Dengan melakukan migrasi server kamu dapat mengatasi masalah traffic dan kendala lain di website/ aplikasi kamu. Dan kamu jika memiliki kontrol lebih terhadap data yang tersimpan pada server kamu. Kamu juga harus melakukan investasi lebih karena seiring berjalannya waktu tentunya biaya yang dibutuhkan untuk merawat dedicated / vps server akan lebih tinggi dibandingkan shared hosting.

Jadi sudah siapkah kamu untuk migrasi server?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here