10+ Jenis Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan, Mau Coba?

0
2441

Ramadhan adalah bulan yang sangat dinantikan oleh umat muslim di Indonesia bahkan seluruh dunia. Selama ramadhan mereka melakukan ibadah seperti puasa selama sebulan penuh dan melakukan hal kebaikan lainnya. Di tahun 2022 umat beragama muslim masih melaksanakan bulan puasa dengan situasi pandemi COVID-19.

Menjelang hadirnya bulan suci Ramadhan dapat memanfaatkan momen ini dengan membuka usaha rumahan di Bulan Ramadhan atau usaha kecil-kecilan untuk menambah penghasilan. Ada beragam ide bisnis bulan Ramadhan yang bisa dicoba untuk menambah penghasilan menjelang idul fitri.

Tak perlu khawatir soal modal, bisa mencoba mulai dengan modal yang kecil dan kamu dapat menjualnya melalui pemesanan online dan offline store di depan rumah. Atau di lahan kosong khusus pedagang kaki lima yang akan berjualan untuk buka puasa. 

Apakah kamu salah satu yang tertarik untuk memanfaatkan momen Ramadhan dengan membuka suatu usaha rumahan?Jika iya berikut ada beberapa Usaha rumahan di Bulan Ramadhan yang dapat memberikan penghasilan tambahan di tahun ini. 

Berikut ulasannya!

Katering Makanan Berbuka dan Sahur

Salah satu jenis usaha rumahan di Bulan Ramadhan yang cocok untuk dikelola adalah katering. Usaha katering ini tidak seperti katering pada umumnya, melainkan usaha katering khusus untuk buka puasa bersama. Ramadhan tanpa agenda buka puasa, sepertinya ada yang kurang.

catering - usaha rumahan di bulan ramadhan
Usaha catering bisa menjadi usaha rumahan di bulan Ramadhan yang bisa dicoba (Sumber: iStock Photo)

Tradisi ini bisa menjadi peluang jenis Usaha rumahan di bulan Ramadhan yang menguntungkan, apalagi di era pandemi yang membuat ruang gerak manusia semakin terbatas. Jika dulu orang bebas berpencar di sana-sini, untuk sekarang buka puasa bersama di rumah. Menggunakan jasa katering adalah pilihan yang tepat. 

Banyak orang yang terlalu sibuk dan tidak sempat menyiapkan makanan untuk sahur atau berbuka puasa. Cobalah untuk menawarkan jasa katering menu buka puasa dan sahur. Memiliki pilihan menu yang bervariasi dengan jenis yang lengkap mulai dari lauk pauk, sayuran, buah-buahan dan tambahan susu untuk melengkapi menu sahur.

Kamu juga bisa menawarkan jasa pesan antar makanan. Selain itu juga bisa menawarkan kegiatan ini ke kantor, sekolah atau kampus yang ingin mengadakan acara buka puasa bersama.

Jualan Takjil

usaha takjil - usaha rumahan di bulan Ramadhan
Kolak Pisang Kurma sebagai teman berbuka (source: iStock image)

Peluang Usaha di bulan Ramadhan berikutnya yang laris manis adalah takjil. Tentu kamu tahu betul dan sering melihat banyak penjual takjil di jalanan saat bulan puasa, bukan? Coba rebut peluang ini dengan membuka lapak, lalu tawarkan ke lingkungan sekitar. Namun jika ingin lebih serius, kamu bisa mulai mencari warung dari sekarang dan pastikan lokasinya strategis.

Saat buka puasa bersama, keberadaan takjil selama bulan Ramadhan juga sudah menjadi tradisi yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Dengan  ungkapan “buka puasa dengan manis-manis”, orang biasanya memilih makanan manis mulai dari kolak pisang, biji salak, serabi, pisang ijo hingga bubur sumsum. 

Sekarang kamu bisa menjual jenis takjil seperti referensi tersebut atau jenis kreasi takjil buatan kamu sendiri.

Usaha Laundry

usaha laundry - usaha rumahan di bulan Ramadhan
Usaha laundry di rumah (source: iStock image)

Selanjutnya, jenis usaha Rumahan di Bulan Ramadhan yang bisa dilakukan adalah membuka usaha laundry. Usaha ini sedikit memerlukan modal yang cukup besar dari bisnis-bisnis sebelumnya. Karena kamu membutuhkan mesin cuci lebih dari satu.

Tapi jangan khawatir masih ada solusi untuk tetap bisa membuka usaha ini, yaitu mencoba mempromosikan dari mulut ke mulut di lingkungan sekitar kamu. Ketika pelanggan sudah mulai banyak dan pendapatan sudah cukup, maka kamu bisa menambah mesin cuci kamu.  

Usaha laundry sedikit demi sedikit akan kamu akan memiliki banyak pelanggan, apalagi di bulan puasa sekarang ini. Jika pelayanan kamu bagus makan orang-orang akan terus berlangganan untuk menaruh pakaian mereka di tempat kamu. 

Buka Jasa Jahit

10+ Jenis Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan, Mau Coba? - 2024
Menjahit baju pesanan (source:iStock image)

Menjelang Idul Fitri, biasanya tidak sedikit orang yang ingin tampil dengan baju baru yang cantik dan menawan. Tidak hanya perempuan, tetapi laki-laki  juga. Usaha bisnis rumahan di bulan Ramadhan ini cocok bagi kamu yang memiliki keahlian menjahit. 

Banyaknya model baju yang sama di pasaran terkadang membuat orang semakin kurang tertarik dan akhirnya memilih untuk membeli kain dan menjahitnya sendiri di penjahit dengan model yang diinginkan. 

Pemikiran  seperti ini bukan hanya untuk satu atau dua orang saja, Jadi jakalaupun bisa  memanfaatkan peluang ini, uang yang didapat dari  menjahit tidaklah sedikit asalkan kualitas dan pelayanan yang kamu tawarkan mampu memuaskan pelanggan.

Kue Kering

kue kering - usaha rumahan di bulan Ramadhan
Berbagai jenis kue kering yang di jadikan usaha rumahan (source: iStock image)

Menjelang Idul Fitri, kue kering menjadi favorite setiap lebaran yang akan dibanjiri banyak orang. Kue kering akan menjadi hidangan wajib bagi para tamu yang datang berkunjung ke rumah saat Idul Fitri. 

Bagi yang hobi membuat kue, peluang ini bisa jadi pilihan, selain menyalurkan hobi kuliner, kamu juga bisa mendapatkan banyak keuntungan saat menjalankannya. Usaha rumahan di Bulan Ramadhan ini biasanya mulai ramai 13 hari sebelum hari raya Idul Fitri tiba. Maka dari itu cobalah untuk mulai mempersiapkan ide jualan bulan puasa dari sekarang.

Jasa Layanan Pesan Antar

10+ Jenis Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan, Mau Coba? - 2024
Jasa pesan antar ke rumah (source: iStock image)

Ide usaha rumahan Bulan Ramadhan berikutnya adalah membuka jasa layanan pesanan antar untuk bisnis rumahan yang kamu buka. Ini sebuah kesempatan untuk bisa memperluas jangkauan pesanan makanan kamu. 

Saat Ramadhan biasanya masyarakat sering sekali melakukan pemesanan secara online untuk berbuka maupun sahur. Ini menjadi solusi yang sangat baik dan bisa dilakukan demi menjaga bisnis kuliner di tengah pandemi dan permintaan meningkat di bulan puasa tahun ini. 

Nah kamu bisa membuat dulu nih menu dari bisnis kuliner kamu yang disertakan jasa layananan pesan antar. Kamu bisa membuat jadwal mulai buka-tutup agar terstruktur rapi saat melakukannya. Kemudian kamu juga harus memikirkan pengiriman yang efisien agar makanan yang diantar ke pelanggan bisa tetap hangat dan segar. Misalnya dari packaging dan kebersihan. 

Perlengkapan Sholat dan Busana Muslim

10+ Jenis Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan, Mau Coba? - 2024
BErjualan berbagai model busana muslim (source: iStock image)

Menjelang Lebaran, pasti banyak orang yang ingin memiliki baju dan perlengkapan sholat yang baru, jadi manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan mencoba Usaha Rumahan di bulan Ramadhan ini

Busana muslim dan perlengkapan sholat yang baik sangat diminati terutama bagi para ibu-ibu, bapak-bapak, remaja yang ingin tampil keren dan baru di hari fitri  yang umumnya dibutuhkan adalah busana muslim yang seragam bersama dengan keluarga. 

Memulai usaha membutuhkan modal yang tidak sedikit, namun jangan ragukan keuntungan yang akan kamu dapatkan nantinya. Untuk ini memang harus membutuhkan modal yang sedikit besar, tetapi tidak menutup kemungkinan kamu tidak bisa berjualan karena sekarang ada sistem dropship. 

Jadi kamu hanya menjual barang dan mempromosikan barang milik orang lain lewat media sosial. Kamu akan mendapatkan keuntungan dari penjualan tersebut tanpa harus mengeluarkan modal yang besar.

Produk Kecantikan

10+ Jenis Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan, Mau Coba? - 2024
Perlengkapan alat kosmetik (source: iStock image)

Nah menjual produk kecantikan sebagai bisnis rumahan bulan ramadhan ini biasanya sangat digemari oleh para wanita. Tidak hanya terlihat bagus dengan pakaiannya, tetapi wanita sering kali ingin terlihat lebih optimal dengan riasan (makeup) atau perawatan kulitnya.

Cobalah menjadi reseller kosmetik atau produk perawatan kulit (skincare) seperti lipstik dan eyeshadow untuk riasan atau Sheet Mask untuk perawatan kulit. Ingatlah untuk mendapatkan izin BPOM dan juga menganalisis SWOT agar usaha berjalan lancar. 

Selain itu, perawatan kulit ini merupakan elemen yang sangat diperlukan dalam cuaca apapun, bahkan selama bulan puasa.

Perabotan Rumah 

10+ Jenis Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan, Mau Coba? - 2024
Jenis perlengkapan alat dapur yang terlihat aesthetic (source: iStock image)

Dilansir dari dua perusahaan  ecommerce di Indonesia Tokopedia dan Shopee, adanya peningkatan peningkatan transaksi untuk kategori produk rumah tangga saat pandemi COVID-19. Banyak kebutuhan yang diperlukan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan kegiatan mereka selama di rumah dengan berbelanja online. 

Nah ini bisa banget dicoba sebagai usaha rumahan di Bulan Ramadhan ini. Melihat target market yang kian melonjak belanja online, ini saat nya untuk mengembangan usaha dari rumah di bulan Ramadhan dengan menjual perabotan rumah tangga. 

Saat bulan ramadhan pastinya banyak sekali keperluan yang dibutuhkan seperti ingin mengganti suasana atau makeover kecil kecilan agar tidak jenuh dan semangat dalam berpuasa dan membuat makanan untuk berbuka dengan alat masak yang baru. 

Membuka usaha air minum isi ulang

Jenis usaha ini tentunya bisa di kembangkan dengan modal yang sedikit. Sekarang ibu-ibu rumah tangga sangat membutuhkan jasa isi ulang air minum. Hal ini karena lebih praktis dan cepat. Kamu bisa mempromosikan tetangga untuk memesan isi ulang air minum di tempat kamu, dengan menukarkan galon mereka atau bisa juga mereka meminta yang baru ke kamu. 

Jasa penitipan hewan peliharaan

Usaha rumahan di bulan Ramadhan yang terakhir yang bisa dilakukan adalah membuka jasa penitipan hewan peliharaan. Jika kamu menyukai hewan, inilah pilihan yang tepat. Hewan peliharaan yang dimaksud bisa kucing, anjing, ikan hingga hamster dan hewan lainnya.

10+ Jenis Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan, Mau Coba? - 2024
Mature woman is at the reception in the dog grooming salon with her pet cockapoo. The dog is leaning over the counter to recieve affection from the dog groomer.

Ini bisa menjadi peluang menjanjikan karena jasa ini akan sangat dicari ketika mendekati musim mudik atau idul fitri tiba. Banyak orang yang akan mudik sehingga mau tak mau harus meninggalkan hewan peliharaan ke tempat penitipan. Dan usaha ini tidak perlu modal yang banyak.

Demikian usaha rumahan di Bulan Ramadhan yang kami referensikan bagi kamu, menambah penghasilan. Kamu bakal buka usaha rumahan yang mana nih? bagi kamu yang ingin resmi membuka usaha pastikan usaha yang akan dibuka itu sesuai dengan modal yang kamu  miliki. 

Kamu bisa mengembangkan bisnis rumahan kamu secara online dengan jasa hosting atau website dari Exabytes. Di sana kamu akan mendapatkan panduan mengenai website yang akan kamu buat. Ayoo segera mengembangkan usaha rumahan dengan website yang menarik dengan Exabytes. Semoga bermanfaat!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments