Error 502 Bad Gateway: Penyebab & 10+ Cara Mengatasinya

202
8 min read

Menurut Anda kegiatan apa yang saat ini paling sering banyak orang lain lakukan untuk mendapatkan informasi di internet? Jawabannya adalah browsing. Dan mungkin Anda adalah salah satu orang yang paling sering melakukan browsing di dunia maya dengan menggunakan aplikasi browser kesayangan Anda.

Dan mungkin juga Anda pernah bertemu dengan sebuah masalah error saat sedang asik melakukan browsing, bisa itu error establishing database connection, error 403 forbidden, error 404 dan error 502 bad gateway.

Error 502 bad gateway adalah salah satu jenis error yang paling banyak ditemui di blog maupun website yang menggunakan web hosting server.

Apa itu Http Error 502 Bad Gateway?

Error 502 bad gateway adalah salah satu kode error yang umum terjadi ditemukan di website baik itu yang menggunakan platform WordPress, Shopify, Drupal dan yang lainnya. Error 502 bad gateway ini bisa terjadi karena gateway maupun proxy menerima respons yang tidak valid dari hosting server.

Ketika error 502 bad gateway ini terjadi, pengunjung website tidak akan bisa mengakses website alias website tersebut down, Anda mengunjungi halaman cara cek website down untuk informasi lebih lengkap tentang website down.

Di bawah ini adalah contoh tampilan ketika error 502 bad gateway muncul.

error 502 bad gateway
Contoh tampilan Error 502 Bad Gateway

Jika website yang Anda kelola mengalami hal ini, segera atasi karena dampak negatif jika tidak segera diatasi adalah jumlah pengunjung website Anda akan berkurang drastis, sehingga peringkat website Anda di hasil pencarian akan menurun.

Oh iya, terkadang tampilan error 502 bad gateway ini tidak sama seperti di atas. Berikut beberapa variasi tampilan error 502 bad gateway yang perlu Anda ketahui:

  • 502 Bad Gateway.
  • Error 502 Bad Gateway.
  • 502 Proxy Error.
  • HTTP Error 502.
  • Bad Gateway.
  • Error 502.
  • HTTP 502.
  • 502 Server Error.
  • 502 Service Temporarily Overloaded.
  • Layar Blank Putih.
  • That’s an Error.

Penyebab Error 502 Bad Gateway

Setelah kita mengetahui lebih dalam tentang error 502 bad gateway dan mengetahui variasi tampilan error tersebut. Mungkin, muncul pertanyaan apa penyebab error 502 bad gateway tersebut?

Memang penting untuk diketahui penyebab error 502 bad gateway tersebut muncul. Sehingga dengan Anda mengetahui penyebabnya bisa meminimalisir di kemudian hari untuk error ini muncul kembali.

Kami menemukan kurang lebih 5 penyebab error 502 bad gateway seperti 

  • Adanya log error
  • Adanya masalah error di CDN yang digunakan
  • Plugin maupun tema yang belum diupdate
  • DNS bermasalah, dan 
  • Perlu menghapus cache browser.

Tapi, error sudah terjadi nih bagaimana cara mengatasinya? Tenang saja, karena kami akan menjelaskan secara lengkap cara efektif dalam mengatasi error 502 bad gateway.

Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway

Ada banyak penyebab yang bisa menjadikan munculnya error 502 bad gateway dan salah satu penyebab paling krusial adalah berhubungan dengan masalah web hosting yang digunakan. Oleh karena itu sebagai pencegahan, kami menyarankan untuk menggunakan layanan hosting yang aman dan Exabytes Indonesia berkomitmen untuk memberikan layanan hosting terbaik.

Anda bisa memilih hosting dengan cPanel hosting atau Plesk hosting yang kami sediakan. Jika Anda membutuhkan penjelasan tentang layanan hosting yang ada di Exabytes, jangan ragu untuk hubungi customer support kami untuk mendapatkan promo hosting dan detail informasi lainnya.

Untuk cara mengatasi error 502 ini mungkin akan ada banyak cara, kerana cara untuk mengatasinya berbeda-beda tergantung penyebabnya. Kami telah berhasil merangkum beberapa cara mengatasi error 502 bad gateway yang sesuai dengan penyebab terjadinya error tersebut.

Hapus Cache Browser

Cara yang pertama dan cara yang menurut kami lebih mudah adalah menghapus cache browser. Tentu saja cara ini bisa dilakukan jika Anda sebelumnya telah merefresh terlebih dahulu browser Anda tapi error 502 tetap saja muncul.

Langkah-langkahnya sangatlah mudah, ikuti saja ya!

Langkah 1: Di browser kesayangan Anda (disini kami menggunakan Google Chrome) buka menu Customize and Control Google Chrome.

Langkah 2: Klik Settings .

Apa saja penyebab hingga cara mengatasi error 502 bad gateway? Simak panduannya di sini

Langkah 3: Di halaman Advanced klik Privacy and Security > Clear Browsing Data > Clear Data.

Error 502 Bad Gateway: Penyebab & 10+ Cara Mengatasinya - 2022
Clear browsing data
Error 502 Bad Gateway: Penyebab & 10+ Cara Mengatasinya - 2022
Clear data

Jika error masih muncul, mungkin cara berikutnya bisa membantu.

DNS

Cara ini bisa Anda lakukan jika Anda lupa mengganti nameserver, sehingga domain belum mengarah ke server hosting Anda yang baru. Kesalahan ini terjadi biasanya karena sebelumnya Anda baru saja memindahkan domain ke server yang baru.

Solusinya adalah Anda segera ganti name server dari server lama ke server yang baru Setelah proses pergantian tunggu sampai proses propagasi selesai. Kurang lebih propagasi akan selesai sekitar 24 jam.

Ganti Browser Kesayangan

Ketika Anda mencoba menghapus cache browser dan Anda sudah selesai mengganti nameserver namun masih belum menyelesaikan masalah error 502 bad gateway tersebut. Maka cobalah ganti browser kesayangan Anda dengan browser yang lain.

Cara ini cukup efektif untuk mengetahui apakah error 502 bad gateway tersebut terjadi karena browser bermasalah atau tidak. Jika setelah Anda mengganti browser dan masalah terselesaikan, itu artinya browser Anda mengalami masalah.

DNS Cache di Perangkat Komputer

Cara berikutnya adalah menghapus dns cache yang ada di komputer dengan cara melakukan flush DNS. Cara ini mengganti DNS yang di cache tadi dengan DNS yang baru, bisa dibilang cara ini mirip dengan cara pertama yaitu hapus cache di browser.

Langkah 1: Masuk ke Command Prompt dan ketik ipconfig/flushdns dan tekan enter.

Error 502 Bad Gateway: Penyebab & 10+ Cara Mengatasinya - 2022

Langkah 2: Buka kembali browser Anda untuk cek apakah sudah normal atau belum.

Jika ternyata dengan menggunakan cara ini error 502 bad gateway masih belum teratasi, mungkin cara berikutnya bisa membantu.

Akses Website di Perangkat Lainnya

Jika Anda belum menemukan secara pasti penyebab error 502, maka Anda perlu menjajal perangkat lainnya baik itu komputer PC, laptop dan smartphone. Cara ini diperlukan untuk memastikan apakah masalah yang terjadi justru ada pada koneksi internet atau perangkat yang digunakan.

Nonaktifkan Sementara Plugin atau Tema yang digunakan

Plugin dan tema bisa menjadi salah satu penyebab error 502 bad gateway muncul, terutama untuk pengguna WordPress. Biasanya masalah timbul karena script atau query mengalami masalah. Sehingga server akan menghentikan plugin dan juga tema tersebut dan akhirnya error 502 bad gateway muncul.

Cara mengatasinya adalah dengan menonaktifkan plugin atau tema yang digunakan. Selanjutnya akses kembali website apakah sudah normal atau belum.

Nonaktifkan CDN Sementara

Jika website Anda menggunakan salah satu layanan seperti CloudFlare, maka Anda perlu mencoba untuk menonaktifkan sementara CDN tersebut untuk mengetahui apakah ada perubahan atau tidak. Cara melakukannya adalah arahkan name server CloudFlare ke nameserver hosting yang Anda gunakan.

Jika Anda mengalami kesulitan silahkan untuk meminta bantuan technical support Exabytes Indonesia. Oh iya, proses pemindahan nameserver memerlukan waktu beberapa jam sampai selesai.

Cek Layanan Hosting yang Digunakan

Layanan hosting terkadang menjadi salah satu penyebab error 502 bad gateway muncul, misalnya saja dikarenakan website Anda terlalu banyak mendapatkan traffic atau query. Jika error 502 bad gateway yang Anda alami ternyata penyebabnya dari web hosting yang Anda gunakan, kami menyarankan Anda untuk beralih ke salah satu layanan dari Exabytes Indonesia.

Cek Error Log

Apakah Anda mengalami error 502 bad gateway tersebut setelah Anda melakukan beberapa perubahan? Jika iya, mungkin perubahan tersebut yang menyebabkan error 502 muncul.

Melakukan pengecekan pada error log merupakan salah satu jalan terbaik untuk mengetahuinya. Hanya saja terkadang untuk pengguna WordPress, error log tidak aktif.

Nah untuk mengaktifkannya, ikuti cara dibawah ini ya!

Langkah 1: Buka wp-config.php.

Langkah 2: Tambahkan beberapa kode di bawah ini ke file wp-config.php tersebut.

define( ‘WP_DEBUG’, true );

define( ‘WP_DEBUG_LOG’, true );

define( ‘WP_DEBUG_DISPLAY’, false );

[Gambar]

Langkah 3: Akses file tersebut di wp-contents/debug.log. Gunanya adalah untuk melihat perubahan entry yang terjadi.

[Gambar]

Hubungi Penyedia Layanan Hosting

Jika error masih tidak bisa diatasi, Anda bisa menghubungi penyedia layanan hosting dan meminta bantuan mereka untuk mengatasi error 502 bad gateway. Jelaskan apa saja masalah dan kronologi masalah tersebut muncul, sehingga pihak penyedia layanan bisa menganalisa penyebab dan membantu mengatasi masalah tersebut.

Namun, ternyata jika cara ini tidak berhasil atau pihak penyedia layanan tidak merespon pesan Anda. Maka Anda mungkin saatnya menggunakan cara terakhir ini.

Migrasi ke Layanan Hosting yang Baru

Jika Anda sudah mencoba dari mulai cara pertama yaitu hapus cache browser sampai Anda meminta bantuan penyedia layanan, tapi masalah error 502 bad gateway masih saja belum teratasi. Mungkin itu adalah pertanda bahwa Anda harus segera berpindah ke layanan hosting yang baru.

Alasan utamanya karena segala cara sudah dicoba, kemungkinannya masalah ada pada layanan hosting yang digunakan. Bisa traffic Anda sudah tidak bisa ditampung penyedia layanan tersebut atau memang sudah tidak kompatibel dengan website Anda. Oleh karena itu, kami merekomendasikan Anda untuk bermigrasi ke layanan hosting khusus WordPress yang lebih powerful.

Atasi Masalah Error 502 Bad Gateway Sekarang Juga!

Itu pembahasan tentang error 502 bad gateway lengkap dengan penyebab dan cara mengatasinya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa penyebab error 502 bad gateway bisa beraneka ragam.

Oleh karena itu kami menjelaskan beberapa cara yang disesuaikan dengan penyebab yang ada. Tenang saja, bagi Anda pengguna layanan kami di Exabytes Indonesia, tim technical support akan siap membantu dalam menghadapi masalah tersebut.

Selamat mencoba ya!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments