Web 3.0 Adalah Era Baru Internet

0
1295

Hingga saat ini teknologi internet terus dikembangkan untuk kepentingan umat manusia di masa depan. Munculnya internet versi pertama, yakni web 1.0 hanya bisa digunakan oleh perusahaan dan beberapa orang saja yang paham akan cara penggunaannya.

Selanjutnya, hadir web 2.0 pada tahun 2006 yang mana lebih mudah untuk digunakan oleh siapapun. Para pengguna bisa mengumpulkan, menciptakan, serta mendistribusikan data dalam skala besar hanya dengan beberapa langkah saja.

Kemudian, munculah web 3.0 yang terus dikembangkan hingga sekarang. Teknologi ini memiliki kelebihan yang bisa memproses informasi lebih cepat dan cerdas berkat kemampuan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence yang disematkan ke dalamnya.

Nah, jika Anda penasaran mengenai apa itu web 3.0 mari simak penjelasan lebih lanjutnya di bawah ini. Mulai dari pengertian, karakteristik, dampak, tantangan, hingga potensinya di masa yang akan datang.

Pengertian Web 3.0

web 3.0 adalah

Apa itu web 3.0? Web 3.0 adalah generasi terbaru dari internet yang bisa menghubungkan data secara terdesentralisasi dan terus dikembangkan sampai kini. Hal ini membuat web 3.0 mampu memberi pengalaman berselancar di internet dengan lebih cepat.

Web 3.0 sendiri merupakan pengembangan lebih lanjut dari versi web 2.0 sebelumnya. Pengembangan tentunya ini memberikan banyak fungsionalitas tambahan pada web 3.0 yang belum dimiliki oleh web 2.0.

Web 3.0 sendiri dibangun dengan menggunakan kecerdasan buatan atau umum dikenal sebagai Artificial Intelligence. Web 3.0 juga dikembangkan menggunakan Machine Learning, Web Semantik, dan blockchain yang berfungsi menjaga data dan informasi pengguna.

Perbedaan antara Web 3.0 dengan Web 2.0

web 3.0 adalah

Perbedaan antara web 2.0 dengan web 3.0 adalah terletak pada sistem yang terdesentralisasi. Dengan sistem tersebut memungkinkan Anda untuk menggunakan aplikasi apa saja tanpa harus mengorbankan data pribadi pengguna.

Cara kerja dari web 3.0 adalah karena aplikasi berjalan di dalam blockchain yang langsung terdesentralisasi. Hal ini membuat tidak akan ada campur tangan dari pihak lain sehingga data pribadi pengguna tetap aman.

Selain itu, web 3.0 juga lebih canggih dengan kehadiran komponen composability yang memungkinkan web 3.0 bisa digunakan secara open source. Hal ini membuat web 3.0 bisa berkembang lebih pesat dibandingkan dengan sistem yang masih sentral.

Mengapa Web 3.0 menjadi Penting?

Web 3.0 menjadi penting di era kemajuan teknologi saat ini karena beberapa alasan, di antaranya yaitu:

  • Tidak adanya kontrol pusat yang membuat pihak terkait tidak dapat mengontrol data pengguna sehingga mengurangi risiko sensor dari pemerintah.
  • Meningkatnya interkonektivitas informasi yang akan membuat informasi yang dicari menghasilkan data yang lebih spesifik karena banyaknya algoritma yang telah dianalisis dengan akurat.
  • Search engine menjadi lebih baik karena dapat menemukan apa yang ingin dicari dengan lebih relevan dan tepat sesuai keyword yang dimaksud.
  • Membuat periklanan online menjadi lebih relevan dengan kebutuhan pengguna sehingga tidak mengganggu aktivitas berselancar di internet.
  • Meningkatkan dukungan layanan pelanggan dengan chatbot yang lebih cerdas sehingga bisa melayani banyak pengguna sekaligus.

Karakteristik Web 3.0

Web 3.0 memiliki karakteristik tersendiri dibandingkan dengan web 2.0 pendahulunya, yaitu:

  • Artificial Intelligence (AI)

Web 3.0 dibuat dengan kecerdasan buatan (AI) sehingga dapat mengakses informasi yang dibutuhkan dengan hasil yang lebih cepat dan akurat.

  • Internet of Things (IoT)

Dengan sistem ini meningkatkan keamanan dan kecepatan proses bisnis melalui otomatisasi tugas-tugas tertentu yang akan membawa banyak keuntungan terutama di bidang e-commerce.

  • Blockchain

Sistem blockchain ini dapat memberikan kemampuan desentralisasi yang menjamin keamanan kriptografi dari data pengguna.

  • Data Interoperability

Dengan web 3.0 ini memungkinkan pengguna mengatur seluruh data pribadi mereka sehingga dapat mengurangi penyalahgunaan informasi.

  • Semantic Web

Semantic web atau dikenal sebagai web yang memahami manusia. Kemampuan ini memungkinkan komputer dapat memahami kata manusia dengan lebih baik sehingga mampu memberikan informasi yang dicari menjadi lebih akurat.

Dampak Web 3.0 pada Masyarakat dan Bisnis

Web 3.0 Adalah Era Baru Internet - 2024

Kehadiran web 3.0 nyatanya membawa dampak yang positif kepada kepentingan masyarakat dan bisnis, di antaranya yaitu:

  • Perubahan perilaku pengguna internet yang menjadi lebih selektif dalam mencari informasi yang diinginkan tanpa khawatir lagi akan banyaknya hoax.
  • Pengaruh pada bisnis dan industri membawa dampak yang signifikan pada perekonomian negara berkat kecanggihan teknologinya yang mampu membantu menunjang segala kebutuhan masyarakat.
  • Pengembangan teknologi baru tentunya akan menjadi semakin cepat dan mudah berkat dukungan teknologi saat ini yang makin canggih.
  • Munculnya peluang bisnis baru juga berdampak positif terhadap kehidupan sosial masyarakat dan perekonomian negara.

Contoh Aplikasi Web 3.0

Web 3.0 Adalah Era Baru Internet - 2024

Semakin berkembangnya web 3.0 memunculkan beberapa aplikasi yang sangat berguna bagi manusia, di antaranya yaitu:

Aplikasi Kesehatan

Dengan pengembangan web 3.0 membuat aplikasi kesehatan dapat melayani klien secara cepat dan efisien melalui fitur daring atau online. Sehingga klien bisa berkonsultasi tanpa harus datang terlebih dahulu ke rumah sakit.

Smart City

Melalui web 3.0 ini dapat menciptakan konsep smart city di masa depan dengan layanan publik yang lebih canggih dan mewujudkan kepemerintahan yang bersih dan transparan. Seperti halnya kebutuhan material pembangunan yang dapat diketahui oleh publik.

Industri Kreatif

Dengan memanfaatkan web 3.0 akan mengembangkan industri kreatif secara masif karena sifat dari web 3.0 yang open source. Sehingga memungkinkan banyak orang yang bergerak di industri tersebut bisa saling terkoneksi satu sama lain.

Transportasi

Perkembangan web 3.0 juga berdampak pada transportasi yang mana pelayanannya bisa secara daring. Pengguna dapat memesan tiket tanpa harus datang ke lokasi serta bisa mencari transportasi yang dibutuhkan di manapun dan kapanpun.

Tantangan Pengembangan Web 3.0

Pengembangan terhadap web 3.0 ini tentu memiliki tantangannya tersendiri, alasannya sendiri yaitu:

  • Masalah Keamanan

Mengingat sistem blockchain yang tidak bisa dipercaya secara default memungkinkan web 3.0 masih rentan akan serangan tertentu.

  • Keterbatasan Teknologi

Tentunya dalam pengembangan web 3.0 tidak bisa dilakukan secara masif karena keterbatasan teknologi yang belum mampu menunjang kebutuhan pengembangan.

  • Kompleksitas Data

Sistem pada web 3.0 yang terdesentralisasi membuatnya sangat kompleks sehingga membutuhkan pemrograman yang lebih rumit.

Masa Depan Web 3.0

Web 3.0 memiliki potensi masa depan yang menjanjikan, yakni:

  • Potensi yang belum tereksplorasi

Dengan munculnya teknologi baru yang semakin canggih tentu dapat memunculkan potensi yang belum pernah tereksplorasi sebelumnya di berbagai bidang.

  • Munculnya teknologi baru

Perngembangan web 3.0 tentunya dapat menciptakan teknologi baru yang bisa berdampak signifikan terhadap kebaikan umat manusia di masa depan.

Pentingnya Mengikuti Perkembangan Teknologi

Bisa disimpulkan web 3.0 dapat memberikan peluang baru terhadap inovasi, kolaborasi, dan produktivitas masyarakat di suatu negara. Kehadiran teknologi yang semakin canggih tentunya dapat membantu segala kebutuhan manusia menjadi lebih mudah terpenuhi.

Mengikuti perkembangan teknologi dapat menjadikan diri lebih kreatif, inisiatif, dan inovatif dalam menciptakan sebuah peluang. Selain itu, dengan memanfaatkan teknologi dapat membantu diri kita mencapai efektivitas dan efisiensi dalam segala bidang.

Dari uraian mengenai apa itu web 3.0 tentunya akan memberikan banyak keuntungan terutama dalam pemanfaatan teknologi untuk berbagai bidang industri. Oleh sebab itu, kemampuan beradaptasi terhadap perkembangan teknologi wajib dikuasai di era sekarang.

Yuk kuasai era teknologi sekarang, dan raih kesuksesan Anda di dunia online dengan Exabytes Indonesia. Kunjungi situs web kami di www.exabytes.co.id sekarang juga, dan temukan solusi domain dan web hosting yang tepat untuk Anda.

Good luck!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments