WooCommerce 4.0 Telah Hadir! Kenali fitur terbaru dari WooCommerce 4.0 

93
Fittur Terbaru WooCommerce
11 min read

Hi Exabytes Friends!

Sebelumnya mimin sudah sempat membahas tentang bagaimana cara memulai toko online dengan WooCommerce dan rekomendasi tema WooCommerce yang bisa kamu gunakan untuk toko online mu. Kali ini mimin akan membahasa lagi seputar WooCommerce. Memang ya pembahasan mengenai WooCommerce ini ga ada habisnya dan pastinya selalu menarik. Setuju kan Exabytes Friends?

Nah, kamu tahu kan kalau platform apa pun tentunya butuh untuk diperbarui. Tujuannya agar platform tersebut dapat berjalan secara optimal. Nah, hal ini juga bisa membantu pekerjaan para pengguna nya[ Begitu pun dengan WooCommerce. WooCommerce merilis versi 4.0 agar dapat memperbaiki kekurangan di versi sebelumnya dan memberikan peningkatan fitur-fitur yang ada. Pembaruan yang dibuat oleh WooCommerce pastinya akan memudahkan toko online yang menggunakan plugin WooCommerce.

Penasaran kan apa aja sih fitur terbaru yang ada di WooCommerce versi 4.0? Simak artikel ini ya!

WooCommerce 4.0

WooCommerce 4.0 Telah Hadir! Kenali fitur terbaru dari WooCommerce 4.0  - 2020

source: https://www.cloudways.com/blog/woocommerce-4-0/

WooCommerce adalah sebuah plugin untuk toko online yang tersedia di platform WordPress.WooCommerce ini menjadi salah satu plugin toko online favorit. Selain karena kemudahan dalam penggunaan nya, fitur-fitur serta tema yang disediakan juga sangat banyak. Tentunya, WooCommerce juga selalu memperbarui fitur-fitur nya serta memperbaiki plugin tersebut sehingga dapat terus digunakan secara optimal oleh pengguna nya.

Kali ini, tim WooCommerce akhirnya mengumumkan bahwa WooCommerce 4.0 resmi diluncurkan. WooCommerce 4.0 ini sebenarnya sudah dikembangkan sejak bulan Januari tahun 2020 dan pada tahun-tahun sebelumnya tepatnya tahun 2018 sudah mulai dilakukan perbaikan. Jadi, WooCommerce juga sudah mulai memikirkan ingin meluncurkan versi 4.0 sejak lama Friends. Awalnya bagian inti WooCommerce memiliki 743 komitmen dari 21 kontributor dan pada saat ini telah berkembang dan menjadi 3.500 komitmen dari 45 kontributor yang termasuk ke dalam bagian inti WooCommerce.

Pembaruan WooCommerce 4.0 merupakan pembaruan yang besar, menurut tim WooCommerce. WooCommerce versi 4.0 ini bisa saja tidak kompatibel dengan beberapa website yang menjalankan berbagai versi WooCommerce 3.x. Akibatnya versi 4.0 tidak dapat dijalankan secara optimal seperti pembaruan yang direncanakan. Oleh karena itu, tim WooCommerce memberikan saran kepada pengguna nya agar dapat melakukan pengecekan dan pengujian terlebih dahulu sebelum mulai menggunakan versi tersebut. Kamu juga bisa melakukan pengujian tersebut di store yang dapat mengurus pembaruan versi serta membuat backup kode dan database. Jika kamu ingin melaukan pembaruan WooCommerce menjadi versi 4.0 kamu bisa melihat disini dan menerapkan nya pada versi WooCommerce yang akan digunakan.

Fitur Terbaru di WooCommerce 4.0

WooCommerce versi 4.0 ini merupakan sebuah pembaruan besar yang dilakukan oleh tim WooCommerce. Tentunya terdapat beberapa fitur yang diperbarui dan diperbaiki agar performa plugin WooCommerce lebih optimal saat dijalankan. Tim WooCommerce juga mengumumkan bahwa langkah pertama yang diperbarui pada versi 4.0 ini untuk membuat user experience yang lebih modern adalah WooCommerce Admin yang didukung dengan JavaScript.

WooCommerce Admin

WooCommerce 4.0 Telah Hadir! Kenali fitur terbaru dari WooCommerce 4.0  - 2020

Sebelumnya, pengumuman mengenai pembaruan menjadi versi 4.0 ini sudah dirilis oleh tim WooCommerce di blog WooCommerce Development. Para pembaca blog tersebut juga mungkin sudah mengetahui informasi tersebut. WooCommerce menjadi salah satu plugin yang telah digunakan secara aktif oleh lebih dari 1 juta pengguna atau toko. Oleh karena itu WooCommerce menganggap bahwa WooCommerce Admin perlu untuk dimasukkan ke bagian inti WooCommerce sehingga dapat membawa perubahan menjadi lebih baik untuk toko-toko yang menggunakan plugin WooCommerce. 

Beberapa pembaruan yang ada pada WooCommerce Admin yaitu dashboard baru untuk para pemilik toko online sehingga tampilan dashboard baru tersebut dapat memudahkan pengguna ketika mengelola toko online nya. Tools untuk manajemen toko juga diperbarui supaya pemilik toko dapat mengatur toko online nya lebih mudah. Tools yang disediakan pun tersedia di versi 4.0 juga tetap banyak seperti versi-versi sebelumnya. Notification yang ada di plugin WooCommerce juga diperbarui loh Friends, sehingga pengguna yang memiliki toko online selalu mendapatkan informasi terbaru terkait toko online nya. Report untuk toko online pun diperbarui dan menjadi lebih baik dari versi sebelumnya. 

Kali ini WooCommerce Admin akan menyediakan report yang lebih baik daripada versi sebelumnya, seperti menyediakan filter, perbandingan, serta tinjauan umum tentang kinerja toko online yang dimiliki oleh pengguna WooCommerce. Pada report ini akan disediakan laporan mengenai kinerja toko dalam hal penjualan, pendapatan, produk mana saja yang paling populer atau paling laris, serta dilengkapi dengan data analitik dari konsumen yang melakukan pembelian di toko online. Selain itu ada juga Coupons Report, Taxes Report, Categories Report, Downloads Report, dan lain-lain yang tentunya sangat membantu pengguna nya. Dengan adanya pembaruan ini, WooCommerce tidak langsung menghapus fitur report yang sebelumnya. Tim WooCommerce akan menonaktifkan report sebelumnya di kemudian hari dan tentunya dengan menginformasikan terlebih dahulu kepada pemilik toko online. 

Baca Juga  3 Langkah Mudah Melakukan Redirect 301

Selain itu, WooCommerce juga ingin membantu pengguna nya agar lebih mudah untuk mengekspor data dari sebuah report agar dapat melancarkan operasi dengan sistem lain. Dengan adanya WooCommerce Admin, WooCommerce juga akan menyediakan Activity Panel yang telah diperbaiki bagian order management nya. Order Management Workflow tersebut juga tetap konsisten ketika digunakan di desktop mau pun smartphone. Sehingga user experience nya akan sama saja, tetap baik meskipun dengan device yang berbeda. Namun kamu haru memahami bahwa WooCommerce Admin ini hanya dapat digunakan untuk toko-toko online yang menggunakan WordPress 5.3+. Sehingga bagi toko online yang tidak menggunakan WordPres 5.3+, maka WooCommerce Admin nya akan dinonaktifkan secara otomatis dan tidak dapat digunakan.

Action Scheduler

Salah satu teknologi yang menjadi dasar WooCommerce versi 4.0 untuk mengaktifkan WooCommerce Admin adalah Action Scheduler yang bekerja sebagai job runner pada WooCommerce. Pada WooCommerce versi 4.0, Action Scheduler yang diperbarui saat ini akan memiliki kinerja yang lebih baik dengan memanfaatkan tabel-tabel khusus agar bisa menciptakan experience yang luar biasa bagi konsumen, serta dapat digunakan juga di semua toko yang memiliki volume pesanan tinggi serta database yang besar. Ketika kamu menggunakan Action Scheduler, tim WooCommerce tentunya akan memastikan Action Scheduler tersebut berjalan stabil di plugin WooCommerce. Tim WooCommerce memastikan hal tersebut agar para penggunanya yang berjumlah lebih dari 10.000 website dapat menggunakan secara optimal. Kamu juga harus memastikan ketika ingin menggunakan Action Scheduler ini, jika terdapat masalah maka tim WooCommerce akan menangani nya. 

New Onboarding Experience

WooCommerce 4.0 Telah Hadir! Kenali fitur terbaru dari WooCommerce 4.0  - 2020

Dengan adanya fitur ini, tim WooCommerce ingin memberikan pengalaman yang sangat berkesan untuk pengguna nya yang baru akan memulai membuat toko online. WooCommerce akan membantu pengguna nya akan dapat membuat toko online serta menjalankan toko online tersebut secara mudah karena memulai toko online tentunya tidak semudah yang dibayangkan. Namun dengan adanya WooCommerce, membuat toko online bisa lebih mudah. Selain itu, dengan bantuan plugin WooCommerce pun membuat WooCommerce memiliki 50% pengguna baru yang baru memulai pengalaman untuk toko online. 

Saat membuat toko online melalui plugin WooCommerce, WooCommerce akan menyediakan form tentang bisnis yang akan dipilih untuk plugin WooCommerce. Jadi, ketika kamu ingin mendaftar dan menggunakan plugin WooCommerce dapat menceritakan tentang bisnismu seperti menginformasikan jumlah produk, harga produk yang ditentukan, pendapatan toko, dan lain-lain. Sehingga WooCommerce bisa mengetahui informasi tentang bisnis mu dan dapat menciptakan experience baru yang tak terlupakan ketika menggunakan WooCommerce.

Selain beberapa fitur di atas yang terdapat pada pembaruan WooCommerce 4.0, kamu juga mendapatkan beberapa pembaruan seperti peningkatan layar edit order yang memungkinkan pengguna nya untuk mengedit order di toko online secara mudah, perbaikan terbaru untuk Block Package WooCommerce, pembaruan terkait Brexit dan VAT, dan perbaikan penanganan email untuk konsumen agar respon nya lebih cepat. Optimalisasi untuk pembayaran juga diadakan loh pada versi 4.0 ini. Sehingga akan memudahkan konsumen mu ketika akan melakukan order di toko online mu. 

Upgrade WooCommerce versi 4.0

Sebelumnya mimin udah menjelaskan kalau WooCommerce 4.0 ini adalah versi utama dan besar. Sehingga bisa saja tidak kompatibel dengan beberapa versi WooCommerce yang sebelumnya. Perubahan besar yang diperkenalkan oleh WooCommerce hanya pada database level dari Action Scheduler saja, sehingga pembaruan tersebut dapat bekerja dengan baik untuk sebagian besar pengguna WooCommerce. Nah, WooCommerce juga merekomendasikan kepada pengguna nya agar bisa melakukan pengecekan serta backup data sebelum melakukan pembaruan sesuai dengan panduan yang telah diberikan oleh WooCommerce. Hal ini diinformasikan oleh WooCommerce agar meminimalisir terjadinya permasalahan dan risiko yang tidak diketahui. 

WooCommerce juga menyarankan kepada para pengguna nya agar selalu melihat panduan tentang bagaimana caranya melakukan pembaruan WooCommerce versi 4.0. Ada beberapa hal yang berhubungan dengan database dan perlu dilakukan setelah memperbarui WooCommerce ke versi 4.0. Untuk toko online dengan database yang besar, WooCommerce menyarankan untuk melakukan pembaruan secara rutin dengan command WP CLI wp cp dibandingkan jika melalui admin interface.

Baca Juga  4 Alasan Utama 80% Bisnis Gagal Di Tahun Ke-3

Memperbarui Ekstensi dan Gateway Pembayaran

Jika kamu ingin melakukan semua pembaruan pada toko online mu yang menggunakan plugin WooCommerce serta dibeli melalui WooCommerce.com, kamu dapat membuka WooCommerce dan memilih menu Extensions. Kemudian terdapat beberap pilihan menu, kamu perlu mengklik menu WooCommerce.com Subscriptions. Ketika kamu melakukan tahapan tersebut, pastikan bahwa toko online kamu sudah tersambung ke akun WooCommerce yang kamu miliki. Penting banget loh Friends untuk kamu menghubungkan toko online mu dengan akun WooCommerce yang kamu punya agar dapat melihat status WooCommerce yang kamu gunakan serta ekstensi dan gateway pembayaran yang ingin kamu terapkan. Dari status itu, kamu bisa mengetahui apakah pembayaran mu sudah cocok atau belum. Sehingga kamu dapat mengetahui informasi terbaru seputar ekstensi dan pembayaran mu. Selain itu, kamu juga dapat melakukan filter pada akun WooCommerce berdasarkan ekstensi yang sudah terpasang, sudah diaktifkan, sudah didownload, mau pun updatean terbaru yang sudah tersedia. Sehingga ekstensi yang kamu miliki dapat selalu kamu ketahui kapan diupdate nya dan membuat WooCommerce berjalan lebih optimal. Tak hanya 2 hal itu saja yang bisa kamu dapatkan ketika kamu menghubungkan toko online mu dengan akun WooCommerce. Kamu juga bisa menentukan ekstensi serta pembayaran yang paling pas digunakan untuk versi WooCommerce yang kamu gunakan. Sehingga dua hal tersebut juga dapat bekerja secara maksimal karena cocok dengan versi WooCommerce.

WooCommerce 4.0 Telah Hadir! Kenali fitur terbaru dari WooCommerce 4.0  - 2020

Contohnya yaitu pada plugin WooCommerce yang kamu gunakan, kamu dapat melakukan pengecekan WooCommerce version tables. Dengan pengecekan tersebut, kamu dapat melihat bahwa gateway pembayaran WooCommerce PayPal ternyata cocok atau kompatibel pada versi WooCommerce tersebut yaitu WooCommerce 3.9. Nah, jika kamu sudah menggunakan WooCommerce versi 3.9.1, kamu juga perlu melakukan uji pada staging site seperti gambar yang ada di atas.

Update melalui Pihak Ketiga

Jika kamu menggunakan ekstensi, gateway pembayaran, serta tema yang disediakan oleh developer pihak ketiga maka jika terdapat masalah atau pembaruan, hal tersebut tidak dikembangkan dan dikelola oleh WooCommerce. Nah, ketika terdapat pembaruan yang tersedia untuk versi WooCommerce yang kamu gunakan, maka kamu perlu menghubungi developer pihak ketiga secara langsung agar bisa mendapatkan bantuan dukungan tentang pembaruan dan kompatibilitas dari WooCommerce mu. Hal ini perlu dilakukan agar plugin WooCommerce yang kamu gunakan dapat berjalan secara optimal.

Pemberitahuan Pembaruan Database WooCommerce

Pemberitahuan mengenai pembaruan database WooCommerce akan diinformasikan kepada kamu jika kamu telah meningkatkan serta memperbarui WooCommerce yang kamu gunakan ke versi yang lebih tinggi. Oleh karena itu, pembaruan database juga menjadi perlu untuk dilakukan oleh pemilik toko online dengan plugin WooCommerce.

WooCommerce 4.0 Telah Hadir! Kenali fitur terbaru dari WooCommerce 4.0  - 2020
  • Perbarui Database WooCommerce

Kamu perlu memperbarui database WooCommerce dengan cara memperbarui database dan menyesuaikan nya dengan versi plugin WooCommerce yang kamu gunakan. Database ini penting untuk diperbarui karena database berfungsi untuk mengatur, menyimpan, serta menjaga produk, order/pesanan, postingan, serta page yang adai di toko online mu. Dengan melakukan pembaruan database, data-data yang ada di akun WooCommerce mu pasti akan aman Friends. Ketika ingin memperbarui database, pastikan kamu sudah melakukan backup terlebih dahulu. Baru setelah itu kamu dapat menekan tombol Update WooCommerce Database. Setelah itu proses pembaruan database akan dimulai.

  • Pelajari Lebih Lanjut

Jika kamu memilih menu learn more about updates, maka kamu akan diarahkan ke halaman yang menjelaskan tentang bagaimana cara terbaik ketika kamu ingin melakukan pembaruan versi WooCommerce beserta ekstensi, gateway pembayaran, serta banyak informasi lain mengenai apa saja yang perlu diperbarui pada versi WooCommerce tersebut.

  • Melihat Progress

Setelah itu, kamu akan diarahkan ke halaman action scheduler dan dapat melihat bagaimana progress dari pembaruan yang dilakukan. Apakah pembaruan tersebut tertunda atau tidak, sehingga ketika terjadi masalah dengan pembaruan yang tertunda kamu dapat langsung mengatasinya ya Friends.

Setelah selesai melakukan pembaruan, kamu akan melihat pemberitahuan dari WooCommerce seperti yang ada pada gambar di bawah ini.

WooCommerce 4.0 Telah Hadir! Kenali fitur terbaru dari WooCommerce 4.0  - 2020

Itu dia pembahasan tentang WooCommerce versi 4.0 Friends. Gimana nih, apa kamu udah memutuskan untuk memperbarui versi WooCommerce lama mu ke 4.0?

Semoga artikel ini bisa menjadi sumber informasi untuk kamu dan bisa bermanfaat ya Friends!

Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya!

Credit to: Salma Nur Hanina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here