Memulai Toko Online dengan WooCommerce

69
10 min read


Tertarik Pindah Hosting ke Exabytes?

Segera Dapatkan Diskon Pindah Hosting 50% selama 1 tahun.

Ya, saya tertarik


Hi Exabytes Friends!

Di artikel sebelumnya, mimin udah sempet jelasin tentang apa sih WooCommerce itu? WooComerce merupakan salah satu plugin toko online yang disediakan oleh WordPress agar dapat digunakan untuk membuat display produk dari toko online mu Friends. WooCommerce merupakan salah satu platform yang memiliki kecepatan tinggi, dan bisa digunakan untuk semua jenis toko online baik yang sudah besar maupun yang baru memulai. Fungsi-fungsi yang ditawarkan oleh WooCommerce juga beragam loh Friends, terdapat pilihan metode pembayaran, pengiriman, jenis produk, dan lain-lain.

Memulai Toko Online dengan WooCommerce

Nah, mau tahu gimana caranya membuat WooCommerce untuk memulai toko online mu? Simak artikel berikut ini!

Mengapa Harus Menggunakan WooCommerce?

Sebelum kamu membuat toko online mu di WooCommerce, kamu harus tahu dulu tentang kelebihan yang dimiliki WooCommerce. Sehingga kamu bisa mengetahui manfaat yang bisa didapatkan dari WooCommerce dan tidak salah pilih platform ya Friends. Nah, mimin akan share terlebih dahulu tentang beberapa alasan untuk memilih WooCommerce sebagai platform untuk toko online mu. 

1. Dapat Dipasang dengan WordPress

WooCommerce ini merupakan salah satu plugin yang dikembangkan secara langsung oleh WordPress dan sudah terintegrasi dengan baik juga. Sehingga sangat mudah jika ingin memasang WooCommerce di WordPress kamu nih Friends. Selain itu, kamu juga dapat terhubung dengan semua pengguna WordPress yang ada di seluruh dunia, serta berkemungkinan untuk melihat produk yang kamu display di WooCommerce.

2. Keamanan yang Terjamin

Keamanan menjadi hal yang sangat penting ketika membuat toko online karena di dalam toko online terdapat aktivitas-aktivitas yang perlu dijaga dan diamankan, seperti melakukan transaksi produk, menyimpan data konsumen yang bersifat pribadi dan rahasia, dll. WooCommerce telah menjadi platform yang memiliki pengamanan ketat untuk melindungi segala data dan transaksi yang terjadi di toko online mu agar tidak jatuh ke pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab. Sehingga konsumen mu tidak pelrlu takut untuk berbelanja di toko online mu. Dengan menggunakan WooCommerce, secara tidak langsung kamu telah meyakinkan konsumen mu terkait dengan keamanan data yang dilindungi karena WooCommerce ini adalah platform untuk bisnis terbaik yang berintegritas tinggi.

3. Dipercaya oleh Jutaan Pengguna

WooCommerce menjadi salah satu platform untuk toko online yang telah dipercaya oleh 59 juta pengguna di seluruh dunia. Mengapa WooCommerce telah dipercaya oleh banyak sekali masyarakat di dunia? tentunya karena kualitasnya yang baik dan keamanan nya yang terjamin loh Friends. Selain itu, bisnis-bisnis yang menggunakan WooCommerce sebanyak 21% dari total pengguna WooCommerce pun pernah berhasil masuk ke Top 1 Million Sites. 

4. Didapatkan Secara Gratis

Hal yang menarik dari WooCommerce selanjutnya adalah memiliki kumpulan ekstensi yang gratis loh. Ekstensi ini digunakan untuk melakukan kustomisasi WooCommerce agar menyesuaikan dengan toko online yang kamu buat Friends. Fitur-fitur gratis yang disediakan di WooCommerce juga banyak loh, tetapi ada juga yang berbayar ya tentunya.

Baca Juga  7 Tema Premium WordPress Yang Populer di Tahun 2020

5. Tema yang Bervariasi

Nah ini merupakan satu hal yang pastinya dibutuhkan oleh kamu jika ingin membuat toko online Friends. Tema yang tersedia di WooCommerce ini banyak banget loh. Mulai dari tema yang memiliki design simple, casual, colorful, classic, dan lain-lain. Kamu bisa menyesuaikan dengan image toko online mu agar dapat sejalan dengan konsep toko online mu. Selain itu, fungsi-fungsi yang tersedia di tema WooCommerce sangat banyak dan selalu memiliki update terbaru. Tema yang tersedia pun sudah memiliki high resolution performance agar display produk mu terlihat real dan baik. Tentunya, tema yang ada di WooCommerce juga sangat responsif dan tidak akan mengalami loading yang lambat. Menarik banget kan Friends?

Tutorial Memulai WooCommerce

Sekarang, mimin akan menjelaskan secara detail tentang bagaimana tutorial membuat toko online dengan WooCommerce. Yuk simak tutorial nya dan jangan sampai ada yang kelewat ya!

1. Install dan Aktivasi WooCommerce

Memulai Toko Online dengan WooCommerce

Pertama, kamu dapat membuka akun WordPress mu dan klik Plugin di menu sebelah kiri. Kemudian klik tombol Add New yang ada di atas untuk menambahkan plugin WooCommerce di WordPress mu.

Memulai Toko Online dengan WooCommerce

Selanjutnya, cari keyword WooCommerce di kolom pencarian di pojok kanan atas. Kemudian akan muncul beberapa pilihan dan kamu harus memilih hasil pencarian yaitu yang berlogo ungu khas WooCommerce, kemudian klik Install Now. Setelah kamu mengklik Install Now, tombol tersebut akan berubah menjadi tulisan Activate. Kamu dapat mengklik tombol Activate untuk mengaktifkan WooCommerce mu.

2. Memulai WooCommerce

Memulai Toko Online dengan WooCommerce

Setelah menginstall dan mengaktifkan WooCommerce, saatnya kamu melakukan setting wizard untuk toko online mu. Kamu dapat mengklik tombol Help yang ada di halaman WooCommerce dan memilih Setup Wizard. Jika kamu baru memulai WooCommerce pun kamu akan secara otomatis masuk ke pengaturan wizard ya Friends. Pertama yang harus kamu lakukan adalah pengaturan toko (Store Setup) yaitu mengisi lokasi toko mu dan mengatur mata uang yang akan dipakai dalam melakukan transaksi di toko online.

Memulai Toko Online dengan WooCommerce

Selanjutnya, pilih metode pembayaran (Payment) yang akan kamu terapkan di toko online mu. Kamu bisa memilih Bank Transfer dan Cash On Delivery sebagai metode pembayaran untuk konsumen mu nanti.

Memulai Toko Online dengan WooCommerce

Pengaturan selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu mengatur Shipping. Kamu dapat mengatur biaya pengiriman yaitu Flat Rate atau Free Shipping. Flat Rate yaitu menentukan biaya pengiriman dengan tetap, dimanapun lokasi konsumen biaya pengirimannya pun akan sama. Sedangkan Free Shipping yaitu biaya pengiriman akan dibebankan kepada kamu selaku pemilik toko online nya Friends.

Memulai Toko Online dengan WooCommerce

Sekarang, kamu sudah siap untuk menjual produk loh Friends. Langkah selanjutnya, kamu hanya perlu klik tombol Create a Product untuk menampilkan variasi produk yang kamu jual di toko online mu.

3. Menampilkan dan Mengatur Produk di Toko

Memulai Toko Online dengan WooCommerce

Tambahkan produk yang akan kamu jual dan tampilkan di toko online mu dengan menekan tombol Add New di menu Products

Baca Juga  Bagaimana Membuat Redirection Sebuah Domain/URL
Memulai Toko Online dengan WooCommerce

Kemudian akan muncul seperti gambar di atas dan kamu dapat memberikan nama produk yang sesuai dengan produk mu. Misalnya disini nama produknya adalah Pleated Skirt by Toko Salma karena dijual oleh toko-salma.com. Tambahkan juga deskripsi dari produk yang kamu jual ya Friends. Gak perlu panjang-panjang loh, singkat saja asal menggambarkan bentuk produk mu.

Memulai Toko Online dengan WooCommerce

Selanjutnya atur product data ‘general’ yang memuat informasi tentang harga produk. Disini mimin menetapkan harga normal Rp250.000 untuk produk Pleated Skirt dan harga diskon Rp200.000. Kamu bisa memasukkan harga diskon jika produk tersebut akan kamu jadikan sale product. Namun jika harga tersebut tidak diskon, kamu hanya perlu mengosongkan kolom sale price dan hanya mengisi regular price.

Memulai Toko Online dengan WooCommerce

Kemudian aturlah ketersediaan produk mu di bagian Inventory agar konsumen dapat mengetahui berapa jumlah produk yang masih dijual oleh toko online mu Friends. 

Memulai Toko Online dengan WooCommerce

Jangan lupa untuk menambahkan ukuran produk agar dapat memudahkan kamu ketika akan melakukan shipping produk ke konsumen. Jika pembelian konsumen melebihi batas dari maksimum shipping, maka akan dikenakan biaya tambahan. Sehingga info mengenai ukuran dan massa barang sangat penting supaya kamu gak rugi loh Friends.

Memulai Toko Online dengan WooCommerce

Oiya, ingat ya Friends bahwa kamu juga harus mengupload foto produk agar dapat memudahkan konsumen untuk membayangkan seperti apa sih produk yang dijual di toko online mu itu. Kamu dapat menambahkan foto melalui menu product images yang ada di sebelah kanan dan mengambil foto produk dari folder computer mu. 

Memulai Toko Online dengan WooCommerce

Setelah melakukan setting produk, klik publish dan periksa lagi produk yang sudah kamu atur sehingga menghasilkan tampilan seperti di atas. 

4. Mengelola WooCommerce 

Memulai Toko Online dengan WooCommerce

Sekarang kamu dapat mengatur stock produk yang ada di toko online mu. Kamu dapat menyunting, menambahkan, dan membuat produk mu menjadi lebih menonjol. Selain itu jika ingin menambahkan banyak produk di toko online mu, kamu dapat menerapkan bulk action ya Friends.

Memulai Toko Online dengan WooCommerce

Kamu juga bisa membuat coupon untuk konsumen toko online mu loh Friends. Dengan memberikan kupon, konsumen mu akan lebih tertarik pada produk yang kamu jual. Kamu bisa membuat kupon di bulan-bulan tertentu yang sesuai dengan konsep produk mu. Di WooCommerce pun kamu dapat mengatur kupon tersebut yaitu dengan mengatur minimal pembelian, tanggal berakhirnya kupon, berapa besar nilai kupon tersebut, dan lain-lain.

Memulai Toko Online dengan WooCommerce

Terakhir, kamu juga dapat melakukan cek terhadap penjualan mu di toko online. WooCommerce menyediakan fitur reports untuk melihat grafik penjualan mu dalam tahunan, bulanan, mingguan, mau pun pada tanggal-tanggal tertentu. Fitur ini bisa sangat membantu loh karena dapat memonitor penjualan agar kamu dapat terus meningkatkan penjualan.

Itu dia beberapa alasan untuk kamu memilih WooCommerce dan tutorial untuk memulai toko online mu dengan WooCommerce. 

Selamat mencoba dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya!

Credit to: Salma Nur Hanina
View her LinkedIn: 
https://www.linkedin.com/in/salma-nur-hanina-b39baa192/

1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here