Promo WordPress Hosting
4 min read

Hi Exabytes Friends, WordPress merupakan salah satu yang selalu menjadi pilihan bagi para pembuat website karena memiliki banyak sekali plugin yang dapat digunakan untuk mempercepat pembuatan sebuah website.

Plugin WordPress merupakan salah satu kumpulan paket yang dapat menambah fungsionalitas lain dalam website seperti optimasi keamanan, kecepatan, SEO, media sosial dan estetika dalam situs web modern.

Yuk tidak usah tunggu lama lagi, simak plugin WordPress yang dapat kamu instal untuk mengembangkan situs website yang kamu miliki.

Promo EEC Promo

1. Akismet – Anti Spam

Akismet adalah plugin anti-spam yang memeriksa semua komentar dan menyaring komentar spam.  Plugin ini yang berguna untuk melindungi keamanan WP kamu. Adapun fitur yang dimiliki oleh Akismet yaitu secara otomatis memeriksa semua komentar dan memfilter yang terlihat seperti spam, URL ditampilkan di badan komentar untuk mengungkapkan tautan tersembunyi atau menyesatkan, fitur buang yang langsung memblokir spam buruk, menghemat ruang disk dan mempercepat situs

2. Jetpack

Jetpack adalah plugin yang harus dimiliki untuk setiap situs web WordPress. Jetpack menangani keamanan situs, kinerja situs web, pertumbuhan lalu lintas, pengoptimalan gambar, dan penampilan situs web. Adapun fitur yang dimiliki oleh jetpack yaitu site stats plus untuk menganalisa pengunjung dan kata kunci, serta melihat halaman mana yang banyak di lihat pengunjung, fitur bantuan ejaan dan grammar, fitur monitor untuk melacak downtime

3. Yoast SEO

Yoast SEO adalah plugin untuk membuat konten yang lebih baik serta SEO friendly dan meningkatkan peringkat website pada hasil pencarian. Selain itu, Yoast SEO juga membantu meningkatkan cara halaman / posting terlihat pada hasil pencarian dengan pratinjau cuplikan, Membuat tajuk berita yang lebih menarik dapat sangat meningkatkan rasio klik-tayang untuk situs website kamu. Adapun fitur yang dimiliki oleh Yoast SEO yaitu membuat breadcrumbs yang dapat memudahkan navigasi sebuah situs, memeriksa kata kunci untuk memperbaiki halaman / post url / slug,

4. WooCommerce

WooCommerce adalah salah satu plugin WordPress terbaik untuk kamu yang ingin membuat toko online. Dengan Woocommerce kamu dapat menambahkan sesuatu untuk dijual di situs website kamu diantaranya stock produk maupun layanan yang akan ditawarkan, opsi pengiriman, pilihan metode pembayaran dan masih banyak lagi.

5. Google XML Sitemaps

Google XML Sitemaps adalah plugin SEO lain yang sangat berguna untuk WordPress. Plugin ini membantu mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dll. Untuk mengindeks situs website dengan sitemap XML khusus dan mengambil hasilnya lebih efisien. Plugin ini mendukung semua jenis halaman yang dihasilkan WordPress serta URL khusus. Selain itu google XML sitemaps memberi tahu semua mesin pencari utama setiap kali kamu membuat posting tentang konten baru.

6. Wordfence Security – firewall & malware scan

Sebagai pemilik situs web, salah satu hal terpenting yang harus dilakukan adalah menjaga keamanan situs dari peretas. Untuk menjaga keamanan situs ada plugin Wordfence Security. Plugin ini menampilkan perlindungan Firewall yang mencegah situs kamu diretas, pemindaian malware, pemblokiran, keamanan login, pemantauan lalu lintas langsung secara real-time termasuk robot, manusia, 404 kesalahan, login, dan keluar

7. Social Icons

Social Icons adalah plugin WordPress gratis yang menyediakan cara mudah untuk menampilkan ikon sosial populer di situs web kamu. kamu dapat menambahkan ikon media sosial ke halaman atau posting melalui widget atau kode pendek. Plugin ini mendukung lebih dari 100 platform media sosial populer. Plugin ini menawarkan opsi penyesuaian untuk ikon seperti mengubah ukuran ikon, mengubah bentuk menjadi persegi atau bulat, merubah tata letak ikon.

8. MailChimp for WordPress

MailChimp adalah salah satu layanan pemasaran email untuk mengelola pelanggan, mengirim email, dan melacak hasil secara massal. Ini adalah plugin gratis yang memungkinkan kamu untuk menambahkan formulir berlangganan.  Jika kamu ingin menggunakan plugin untuk tujuan komersial kamu dapat mencoba versi premium. MailChimp ini memungkinkan kamu membuat formulir opt-in untuk menambahkan lebih banyak pelanggan ke daftar email kamu. Selain itu, kamu dapat dengan mudah mengintegrasikan plugin dengan formulir lain di situs seperti formulir kontak, komentar atau formulir checkout. Ini mendukung semua plugin formulir utama seperti Formulir Kontak 7, WooCommerce dll.

9. Google Analytics for WordPress by monsterinsights

Google Analytics merupakan alat statistik gratis yang digunakan untuk memahami lalu lintas situs web. Plugin ini memungkinkan kamu untuk memantau berbagai statistik waktu nyata mengenai situs web, melacak tampilan pengguna dari berbagai platform dan perangkat, menerima berbagai laporan demografis dan minat ini berarti kamu dapat melacak popularitas produk, tingkat konversi, dan nilai pesanan tanpa kesulitan sama sekali. Plugin ini juga terintegrasi dengan Google Adsense, sehingga kamu dapat melacak kinerja iklan. Fitur tambahan lainnya dari plugin ini adalah memungkinkan kamu untuk melacak nomor unduhan, pelacakan tautan keluar, pelacakan peristiwa dan kinerja, laporan penemuan pengguna.

10. Duplicator – Migrasi WordPress

Duplicator merupakan plugin yang memiliki kemampuan untuk bermigrasi, menyalin, memindahkan, atau mengkloning suatu situs dari satu lokasi ke lokasi lain dan juga berfungsi sebagai utilitas cadangan sederhana. Duplikator menangani penggantian serial dan basis64. Migrasi WordPress standar dan cadangan WordPress mudah ditangani oleh plugin ini seperti juga migrasi downtime nol.

Nah itu dia 10 plugin yang dapat kamu instal agar website yang kamu miliki dapat berjalan dengan baik juga menarik perhatian para pengunjung website.

Promo EEC Promo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here