10 Tips Sehat Selama Bulan Ramadhan untuk Programmer

29
12 min read


Tertarik Pindah Hosting ke Exabytes?

Segera Dapatkan Diskon Pindah Hosting 50% selama 1 tahun.

Ya, saya tertarik


Hi Exabytes Friends!

Saat menjalani puasa penuh di bulan Ramadhan, kita pasti mengalami perubahan pola gaya hidup seperti pola tidur, aktivitas dan makan. Dari jam makan yang berubah sampai tidur dan kegiatan lain pun ikut menyesuaikan di bulan penuh suci selama 30 hari penuh. Perubahan pola ini akan membuatmu bisa merasa drop atau sakit karena perubahan yang dadakan jika nggak diikuti dengan pola hidup yang sehat.

Buat kamu yang seorang programmer pasti dibutuhkan untuk tetap sehat agar bisa terus produktif selama berpuasa di bulan Ramadhan. Apalagi saat puasa kita harus menahan diri untuk nggak makan dan minum lebih dari 13 jam. Sudah tak asing lagi kalau programmer sering dihadapi dengan deadline yang cukup banyak dan begadang semalaman untuk coding. Oleh karena itu, kamu perlu banget menjaga tubuhmu supaya lebih fit. Dengan tubuh yang fit, pekerjaanmu akan semakin lancar meskipun sedang menjalani puasa. 

Karena itu, seorang programmer harus menjaga kesehatannya di bulan Ramadhan. Nggak hanya programmer saja, semua orang yang menjalankan puasa pun harus demikian demi ibadah yang lancar. Oleh karena itu, kamu perlu membaca tips di bawah ini agar tubuhmu tetap sehat selama berpuasa di bulan Ramadhan. Kamu bisa melakukan apa yang dianjurkan atau do dan menghindari hal-hal yang disarankan atau don’t

Penasaran apa saja sih tipsnya? Berikut adalah 10 tips sehat selama bulan Ramadhan untuk programmer, simak di bawah ini ya Exabytes Friends!

Penuhi Asupan Cairan

Di bulan puasa, perubahan pola makan dan minum akan berubah drastis yang akan berlangsung selama 30 hari penuh. Dan salah satu tantangan umat muslim adalah menahan rasa haus. Kita nggak bisa minum di siang hari seperti biasanya karena sedang berpuasa. Otomatis hal ini perlu kita siasati untuk nggak kehilangan cairan tubuh yang berakibat dehidrasi. Nggak cuma dehidrasi saja lho bahkan bisa berakibat fatal seperti gangguan ginjal. 

10 Tips Sehat Selama Bulan Ramadhan untuk Programmer

Oleh karena itu, pastikan kamu memenuhi asupan tubuh dengan cairan saat sahur dan berbuka puasa. Dan yang paling tepat adalah dengan minum air putih, bukan dengan es sirup, teh manis atau minuman manis lainnya ya.

Do

Kamu bisa melakukan trik 2-4-2 untuk minum air putih selama bulan Ramadhan. Maksud dari 2-4-2 ini adalah 2 gelas air saat berbuka puasa, 4 gelas air saat di malam hari sehabis shalat tarawih atau sebelum tidur dan 2 gelas air saat sahur. Trik ini bisa membuat tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari saat berpuasa.

Don’t

Jangan kurang minum air putih atau terlalu berlebihan minum air. Jika kekurangan akan mengakibatkan dehidrasi. Sementara itu, jika berlebihan minum air putih saat sahur akan membuatmu sering buang air kecil sehingga cairan tubuh pun akan berkurang dalam waktu cepat. Jangan juga berlebihan minum air saat berbuka puasa karena nanti perut akan merasa kembung.

Mengurangi Kopi

Hayo, pasti pekerjaanmu sebagai programmer menuntutmu untuk melek terus kan? Apalagi kalau kamu terbiasa begadang depan komputer sambil coding. Sudah pasti kamu sering minum kopi atau malah nggak bisa lepas dari minuman kafein. Kopi sudah menjadi rutinitas sehari-hari programmer.

10 Tips Sehat Selama Bulan Ramadhan untuk Programmer

Kopi memang ampuh banget untuk menangkal rasa kantuk. Tetapi sebaiknya kurangi untuk minum kafein terlebih dahulu ya saat puasa. Hal ini dikarenakan kafein mengandung zat asam yang akan menimbulkan maag. Selain itu, minum kopi juga bisa mengakibatkan mual, kembung, mulas hingga gangguan pencernaan yang akan menghambat puasa kamu dan pekerjaanmu.

Do

Kalau kamu terbiasa minum dua hingga tingga cangkir kopi dalam sehari, sebaiknya mulai mengurangi kopi dengan hanya minum secangkir saja pas puasa. Tambahkan susu atau krimer agar lebih baik. Atau bisa mencoba kopi decaf. Kopi decaf adalah kopi tanpa kafein yang dimana sebanyak 94 persen kafeinnya telah dihilangkan. Waktu yang tepat untuk meminum kopi adalah sejam – dua jam setelah berbuka puasa dimana perut sudah nggak dalam keadaan kosong. Bila memungkinkan, kamu stop sementara dulu untuk mengkonsumsi kopi akan jauh lebih baik.

Don’t :

Minum kopi terlalu sering apalagi langsung saat berbuka puasa. Saat berbuka puasa, perut masih dalam keadaan kosong dimana jika minum kopi akan membuat iritasi dan merusak bagian dalam perut yang menimbulkan maag. Oh ya, jangan minum saat sahur juga karena akan menyebabkan produksi urin lebih banyak yang beresiko mengakibatkan dehidrasi nantinya.

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Buah dan sayur memang penting banget untuk tubuh apalagi di bulan puasa lho. Buah dan sayur banyak mengandung serat yang tinggi yang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Vitamin dalam dua hal ini bisa menjaga daya tubuh agar selalu fit dan mencegah berbagai macam penyakit. Selain itu, buah dan sayur yang kaya akan serat akan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Buah juga mengandung banyak air yang membuat tubuh agar tetap terhidrasi. 

Baca Juga  Peluang Bisnis Reseller Hosting di Era Digital
10 Tips Sehat Selama Bulan Ramadhan untuk Programmer

Kamu bisa mengkonsumsi buah dan sayur saat berbuka puasa dan sahur. Buah yang tak boleh terlewatkan adalah kurma yang sangat baik untuk mengembalikan energi tubuh setelah seharian berpuasa. 

Do

Konsumsi banyak buah yang mengandung banyak air. Contoh buah-buahan kaya air adalah semangka, pepaya, pir, anggur dan apel. Buah-buah ini bisa dikonsumsi saat waktu sahur maupun berbuka. Buah ini dapat memenuhi cairan yang diperlukan dan melancarkan pencernaan. Oh ya, kamu juga bisa mengkonsumsi alpukat karena mengandung lemak dan protein nabati yang bisa dijadikan alternatif untuk pengganti nasi lho. Selain itu, sayur yang cocok dikonsumsi adalah bayam, brokoli, wortel, selada, mentimun, tomat dan sayuran hijau lainnya yang mengandung banyak air dan serat.

Don’t

Hindari mengkonsumsi buah yang mengandung asam atau citrus seperti jeruk atau lemon ya saat berbuka. Karena tingkat keasaman buah ini cukup tinggi yang bisa membuat perut kaget ketika berbuka puasa. Sebaiknya makan buah ini setelah beberapa jam berbuka puasa ya.

Hindari Makanan Berminyak

Hayo ngaku deh pasti kamu suka makan gorengan saat berbuka puasa kan? Gorengan seperti risol, lumpia, tempe goreng, tahu isi, bakwan dan lainnya menjadi kudapan menggiurkan. Makanan yang berminyak seperti gorengan nggak disarankan sebenarnya karena gorengan sulit dicerna. Saluran pencernaan membutuhkan waktu yang lama untuk mencerna gorengan dan bisa menghambat untuk mencerna gizi lainnya. Perut nggak terasa kenyang dan membuat kamu makan lagi dan lagi tanpa sadar. 

10 Tips Sehat Selama Bulan Ramadhan untuk Programmer

Jika perut sensitif, gorengan juga bisa menyebabkan asam lambung naik lho karena kandungan lemak jenuh yang bisa menyebabkan heartburn. Dan gorengan pun memicu berbagai penyakit lho seperti jantung, stroke hingga kanker. Sebenarnya kamu boleh menyantap makanan berminyak kok asalkan jangan dikonsumsi berlebihan ya Exabytes Friends.

Do :

Jika ingin makanan yang berminyak, pastikan minyak yang digunakan minyak goreng yang bersih dan jernih. Atau sebaiknya menggoreng sendiri di rumah daripada membeli gorengan di luar yang kita nggak tau bersih atau nggak minyak yang dipakai. Jika ingin lebih sehat, ganti gorengan dengan menu bukaan lainnya yang lebih sehat seperti buah-buahan.

Don’t

Mengkonsumsi gorengan berlebihan atau terlalu sering terutama saat berbuka puasa.

Membatasi Makanan Manis

Nggak afdol rasanya berbuka puasa tanpa sesuatu yang manis. Es teh manis, kolak, es buah, es pisang ijo, puding dan jajanan tradisional manis pasti sering dijumpai saat Ramadhan tiba. Pasti kita pun tergoda dan kalap belanja makanan tersebut untuk berbuka puasa. Tradisi makanan manis ini memang paling tepat untuk berbuka. Konon, makanan manis memang bisa membuat energi naik ketika seharian penuh berpuasa.

10 Tips Sehat Selama Bulan Ramadhan untuk Programmer

Namun sebaiknya kamu membatasi untuk makan makanan manis. Hal ini dikarenakan gula hanya memberikan energi yang banyak dalam waktu singkat. Nantinya kamu akan merasa lemas di siang hari. Selain itu, mengkonsumsi kudapan manis bisa meningkatkan gula darah yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan lho.

Do

Sebaiknya makan kurma karena selain rasanya manis, kurma dapat mengembalikan energi untuk tubuh. Atau mengkonsumsi buah yang tak hanya manis tetapi juga menyegarkan.

Don’t

Membatasi makanan manis dan nggak berlebihan mengkonsumsinya.

Makan Bertahap

Karena sudah seharian berpuasa, pasti merasa lapar sekaligus lapar mata nih biasanya. Apapun yang dilihat langsung dibeli dan ingin segera dimakan saat suara bedug terdengar. Salah satu yang sering diabaikan adalah langsung menyantap makanan yang banyak saat buka puasa. Padahal hal ini bisa membuat perut merasa kaget dan bisa mengalami gangguan pencernaan lho. Nggak cuma itu, bisa menambah berat badan juga lho.

10 Tips Sehat Selama Bulan Ramadhan untuk Programmer

Do

Sebaiknya makan secara bertahap. Mulai dari makanan yang ringan terlebih dahulu seperti kudapan kecil atau snack dan buah-buahan. Berikan jeda setiap melahap makanan agar perut pun jadi terbiasa dan nggak kaget. Kemudian disusul dengan makanan utama dengan porsi yang cukup tak berlebihan. Untuk makanan utama sebaiknya disantap setelah sholat tarawih ya.

Don’t

Makan yang berlebihan secara sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Jangan Melewatkan Sahur

Karena terlalu capek bekerja tak jarang kelupaan untuk bangun sahur atau malah melewatkannya dengan sengaja. Padahal sahur itu penting banget lho Exabytes Friends. Kalau kamu melewatkan sahur, kemungkinan besar kamu akan lemas, mudah capek dan nggak ada tenaga untuk seharian. Kamu pun akan merasa lebih cepat merasa haus dan lapar. Nggak menutup kemungkinan juga kamu akan mengalami maag saat puasa.

Baca Juga  Mantap! Berikut 6 Tips Mengikuti Acara WordCamp Jakarta
10 Tips Sehat Selama Bulan Ramadhan untuk Programmer

Do : 

Usahakan untuk makan dan minum saat sahur meskipun sedikit asalkan perutmu nggak kosong sehingga nggak menimbulkan maag nantinya. Konsumsi makanan yang bergizi dan tinggi serat yang baik untuk tubuh.

Don’t

Jangan nggak makan sahur! Oh ya, jangan tidur setelah sahur. Karena tidur setelah sahur nggak baik untuk kesehatan. Sebaiknya beri jeda beberapa menit agar makanan yang kamu konsumsi bisa dicerna dengan baik.

Lakukan Olahraga Ringan

Meskipun dalam keadaan puasa bukan menjadi alasan nggak olahraga ya. Dengan adanya aktivitas fisik, tubuh akan menjadi bugar dan fit. Setidaknya kamu perlu mengeluarkan keringat untuk membuang racun dalam tubuh. Karena sedang puasa, kamu bisa melakukan olahraga yang ringan dengan waktu yang cukup. 

10 Tips Sehat Selama Bulan Ramadhan untuk Programmer

Do

Jalan kaki bisa dilakukan di sekitar rumah atau perjalanan ke kantor di pagi hari. Cukup dengan waktu 15-30 menit berjalan kaki. Atau lakukan olahraga 90 – 30 menit sebelum waktu berbuka. Oh ya bisa juga nih bersepeda saat sore hari pas ngabuburit, lumayan nih sambil menunggu waktu buka puasa. Kalau kamu punya waktu lebih, mungkin olahraga di tempat gym juga bisa dilakukan setelah berbuka puasa.

Don’t

Sebaiknya nggak olahraga berat dulu selama puasa. Olahraga yang berat saat puasa bisa menyebabkan kepala pusing, tekanan darah rendah hingga cedera. Hindari berolahraga di siang hari karena nanti akan membuatmu lelah dan dehidrasi. Minum 

Vitamin Bila Perlu

Saat puasa, asupan makanan dan minuman yang diserap tubuh akan semakin berkurang daripada hari-hari biasanya. Selain itu, perubahan pola hidup pun akan sedikit berubah ketika puasa. Tak heran bila kita sering merasa lemas atau kurang enak badan. 

10 Tips Sehat Selama Bulan Ramadhan untuk Programmer

Oleh karena itu nggak masalah kok kalau kamu mengkonsumsi vitamin. Vitamin bisa memenuhi kebutuhan asupan yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin bisa meningkatkan kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh lebih fit dan nggak mudah capek sekaligus terhindari dari beberapa penyakit.

Do

Minum vitamin sekali saja saat berbuka puasa atau saat sahur. Sesuaikan vitamin yang dibutuhkan dengan kondisi tubuh ya.

Don’t

Hindari vitamin dengan kandungan dosis yang tinggi bila nggak diharuskan. Karena dosis yang tinggi bisa mengganggu kesehatan.

Tidur Yang Cukup

Nah, buat kamu yang sering begadang sebaiknya dikurangi ya saat Ramadhan. Karena selain perubahan pola makan, perubahan jam tidur pun pasti terasa di bulan puasa. Ditambah lagi kamu perlu untuk bangun lebih awal untuk melaksanakan sahur. Pasti akan terasa mudah mengantuk di siang hari yang nantinya akan menghambat kinerjamu.

10 Tips Sehat Selama Bulan Ramadhan untuk Programmer

Jika memang ada aktivitas yang mengharuskanmu untuk begadang seperti ngoding, kamu bisa menyiasatinya dengan tidur siang. Selain karena sunnah nabi, tidur siang selama 30 menit dapat merefresh otak agar nggak ngantuk di siang hari. 

Do

Usahakan tidur lebih cepat dari jam biasanya misalnya seperti sehabis sholat tarawih. Pasang jam tidurmu dan tidur sebelum jam 10 malam agar masih bisa sahur saat dini hari. Atau tidur siang sebentar selama 30 menit di siang hari jika sudah merasa lelah atau sulit konsentrasi terhadap pekerjaan. Tidur siang bisa menghilangkan rasa kantuk lho.

Don’t

Begadang! Hindari begadang bila nggak diperlukan.

Gimana, sudah jelas dan mudah kan tipsnya? Ingat ya, tipsnya nggak khusus buat programmer saja kok tapi untuk semua orang. Selain tips-tips yang sudah dipaparkan di atas, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar tubuh kamu bugar dan tetap sehat selama menjalani puasa di bulan Ramadhan. 

Antara lain kamu bisa mengurangi aktivitas fisik yang nggak diperlukan, nggak beraktivitas di luar ruangan di bawah terik matahari dalam waktu yang lama dan nggak merokok. Jika perlu, kamu bisa berkonsultasi ke dokter untuk memeriksa kesehatan kamu dan meminta saran dokter mengenai pola makan yang pas atau vitamin yang diperlukan saat menjalani puasa.

Pastikan kamu lakukan tips-tips yang ada di atas ya. Semoga kamu tetap sehat saat berpuasa di bulan Ramadhan. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya Exabytes Friends! Jangan lupa untuk mengecek promo Exabytes ya

Credit to Audina Chairun Nisa

View her LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/audina-chairun-nisa-760303158

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here