12 Bisnis Bulan Ramadhan Yang Bisa Dikerjakan di Rumah

683
13 min read

Hi Exabytes Friends!

Dalam sebulan lebih ke depan kita akan merasakan bulan Ramadhan di Indonesia lho. Wah, nggak terasa kan? Di bulan penuh suci ini selain dikenal juga sebagai bulan penuh berkah juga dianggap bulan penuh rezeki. Banyak sekali orang yang mencari uang tambahan di bulan ini lho dengan menekuni bisnis tertentu yang menguntungkan di Ramadhan. 

Bagi orang-orang yang memiliki passion di bidang bisnis, bulan puasa pasti nggak bisa dilewatkan begitu saja. Orang-orang akan berlomba melakukan bisnis baik itu menjual sesuatu atau dalam bentuk jasa. 

Mungkin kamu bertanya-tanya kan bulan Ramadhan masih sekitar sebulan lagi tapi kok sudah memikirkan bisnis usaha sih? Nggak terlalu cepat nih? 

Emang sih masih cukup lama tapi nggak ada salahnya sudah dipersiapkan lho Exabytes Friends. Justru lebih cepat lebih baik agar bisa lebih matang dan maksimal usahamu nanti untuk meraup keuntungan yang lebih banyak pastinya. Kamu bisa memulainya dari bulan ini untuk menyiapkan apa yang ingin dilakukan saat bulan Ramadhan untuk menambah penghasilan tambahan. Lumayan nih uangnya bisa buat beli keperluan saat lebaran, untuk biaya mudik atau sebagai THR yang dibagikan kepada sanak keluarga.

Kalau kamu masih bingung mau melakukan bisnis apa, coba deh intip beberapa ide bisnis di bawah ini. Siapa tahu kamu bisa terinspirasi dan bisa memulai bisnis ini di bulan Ramadhan nanti. Apalagi bisnis ini juga bisa dilakukan di rumah kok, mudah kan? Jadi buat kamu yang saat ini lagi memiliki waktu senggang di rumah, ibu rumah tangga atau pun pekerja kantoran bisa ikut melakukan bisnis ini. 

Yuk simak 12 bisnis bulan Ramadhan yang bisa dikerjakan dari rumah dalam ulasan di bawah ini

Membuat Catering Untuk Menu Berbuka dan Sahur

Bulan Ramadhan, orderan catering biasanya akan meningkat naik. Hal ini karena banyak yang membutuhkan jasa catering yang menyediakan menu untuk berbuka puasa. Biasanya jasa catering dipakai umumnya untuk acara buka puasa bersama di kantor, sekolah atau komunitas dan beberapa event lainnya yang mengadakan acara buka bersama. Atau catering buka puasa bisa ditujukan untuk per orang yang dikirim ke rumah masing-masing bagi yang nggak punya waktu untuk memasak.

12 Bisnis Bulan Ramadhan Yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Nggak hanya menu berbuka puasa saja lho, catering juga dibutuhkan untuk sahur. Apalagi kalau kamu tinggal di lingkungan mahasiswa, karyawan atau karyawati dan anak kost yang pasti jarang masak buat menyiapkan sahur. Wah, pasti ngebantu banget nih untuk solusi sahur.

Dengan catering menu sahur dan berbuka puasa, asupan makanan pun terpenuhi untuk menjalani puasa. Tentu saja ide ini bisa menjadi ladang rezeki buat kamu apalagi kalau kamu pintar masak atau punya resep unik. Pilihlah menu yang bervariatif yang nggak membosankan setiap harinya yang pastinya sehat dan bergizi ya.

Membuat Takjil

Sudah pasti di bulan Ramadhan kita akan menemukan pedagang takjil baik itu di pinggir jalan, di pasar Ramadhan maupun di sekitar kompleks rumah di sore hari. Takjil memang menjadi tradisi di setiap bulan puasa tiba. Jajanan takjil yang khas antara lain seperti kolak, jajanan pasar atau kue tradisional, gorengan, es buah, bubur kacang ijo dan masih banyak lagi. Banyak orang akan membuka stand jajanan takjil menjelang buka puasa yang pasti akan diburu saat waktu ngabuburit. Jangan dianggap remeh lho, laba keuntungan yang didapatkan oleh pedagang musiman ini juga meroket tinggi lho padahal modalnya nggak terlalu besar. 

12 Bisnis Bulan Ramadhan Yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Namun, kamu nggak perlu berjualan di pinggir jalan kok untuk berdagang kalau memang nggak bisa melakukannya. Kamu bisa memanfaatkan sosial media untuk promosi jajanan takjil yang kamu jual. Jadi kamu menerima pesanan takjil setiap ada yang pesan lewat sosial media. Dengan begitu kamu masih bisa melakukannya mulai dari memasak sampai berjualan tanpa harus ke luar rumah. Oh ya, tetap mematok harga yang sewajarnya ya sesuai dengan menu takjil yang kamu bikin.

Menjual Pakaian Muslim dan Perlengkapan Shalat

Nggak cuma soal makanan, pakaian muslim juga paling banyak dicari di bulan Ramadhan nih. Mulai dari baju koko, kopiah, gamis hingga hijab pun akan banyak diborong apalagi mendekati hari H lebaran nanti. Kamu bisa mulai mencari inspirasi gaya busana muslim yang akan ngetren lebaran nanti.

Baca Juga  Apa saja yang harus kamu persiapkan untuk datang ke Exabytes E-Commerce Conference
12 Bisnis Bulan Ramadhan Yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Selain pakaian muslim, perlengkapan sholat juga banyak diburu nih. Permintaan perlengkapan sholat tinggi karena umat muslim semakin meningkatkan ibadahnya demi mengejar pahala sebanyak-banyaknya di bulan penuh suci.. Biasanya orang-orang akan memberi perlengkapan sholat baru yang digunakan saat shalat Ied, hadiah untuk keluarga atau dijadikan parcel untuk relasi. Tak hanya itu, mukena dan Al Quran pun banyak diborong dan diberikan ke masjid atau mushola sebagai ladang pahala. Kamu bisa memanfaatkan momen ini dengan menjual perlengkapan sholat.

Peluang bisnis ini kamu bisa lakukan dengan kerjasama sebagai reseller atau dropshipper. Kamu bisa membuka butik kecil di rumah. Atau lebih baik lagi kamu bisa memasarkan produk kamu lewat sosial media supaya bisa lebih dijangkau oleh masyarakat luas di berbagai kota di Indonesia. Bila ingin lebih profesional lagi, kamu bisa memasarkannya lewat website nih menjadi online shop. Gimana, tertarik untuk mencoba? 

Usaha Parcel atau Hampers Lebaran

Parcel atau hampers akan menjadi barang yang sering dipajang di supermarket atau di toko-toko di pinggir jalan. Parcel tak pernah lepas dari hari perayaan besar termasuk saat menjelang hari lebaran. Usaha ini cukup menjanjikan lho untuk meraup keuntungan. Banyak orang yang akan memberikan parcel untuk keluarga yang jauh. Selain itu, parsel diberikan untuk orang-orang penting seperti rekan kerja dan perusahaan untuk mempererat silaturahmi.

12 Bisnis Bulan Ramadhan Yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Dengan ide kreatif memilih isi parcel dan mengemasnya dengan menarik, kamu bisa membuka usaha ini. Parcel tak harus makanan seperti snack, buah atau kue kering kok. Kamu bisa menyiasati parcel kamu agar berbeda seperti parcel atau hampers berisi perlengkapan alat sholat seperti sajadah, mukena, sarung dan Al Quran, perlengkapan dinnerware untuk lebaran seperti piring, sendok dan garpu, hampers toples kue yang unik dan sebagainya. Atau bisa juga bikin hampers yang bisa di custom seperti coklat, cookies, dan lainnya.

Menjual Kue Kering

Kue kering menjadi salah satu kudapan yang tak pernah lepas di setiap rumah umat muslim yang merayakan lebaran. Beragam kue kering akan disajikan seperti kue kastengel, nastar, putri salju dan banyak. Untuk membuat kue kering membutuhkan ketelatenan, tenaga serta waktu yang cukup banyak. Tak heran banyak orang yang memilih untuk membeli kue kering ketimbang membuatnya sendiri untuk menghemat waktu dan tenaga.

12 Bisnis Bulan Ramadhan Yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Jika kamu jago membuat kue kering, menjual kue kering bisa menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Penjualan kue kering bisa meningkat drastis sekitar 2 minggu sebelum lebaran. Sebaiknya kamu sudah membeli bahan-bahan dari jauh hari untuk mempersiapkan pesanan kue kering. Kamu juga bisa mengemas kue kering dengan toples yang lucu atau wadah yang unik untuk menambah nilai tambah dan keuntungan nih.

Jasa Rental Mobil

Mudik sudah menjadi tradisi yang dilakukan masyarakat di Indonesia mendekati hari lebaran. Buat perantau yang di luar kota pasti ingin kembali pulang ke kampung halaman untuk berkumpul dengan saudara. Berbagai tiket transportasi umum sudah dibooking dari jauh hari. Namun buat yang nggak kebagian tiket pesawat atau kereta, naik mobil menjadi alternatif untuk mudik. 

12 Bisnis Bulan Ramadhan Yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Menyediakan jasa rental mobil bisa menjadi peluang menggiurkan. Apalagi nggak semua orang memiliki mobil jadi mereka akan memilih untuk menyewa mobil untuk mudik atau sekedar bersilaturahmi ke rumah kerabat dalam kota. Biasanya rental mobil dipatok kisaran 300-500 ribu untuk 24 jam rental. Jika kamu memiliki mobil pribadi dan tidak ada rencana untuk mudik, mungkin kamu bisa memanfaatkan peluang ini. 

Jasa Penitipan Hewan

Buat yang hendak mudik, pasti mengalami masalah sebelum bepergian. Apalagi kalau memiliki hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Bingung gimana cara mengurus hewan peliharaan bila nggak ada orang di rumah. Belum tentu juga bisa dibawa pergi ke tempat mudik, pasti akan sangat repot. Alternatif masalah tersebut adalah mencari jasa penitipan hewan. Biasanya pet shop menyediakan jasa ini namun tak jarang akan penuh karena banyak titipan. 

12 Bisnis Bulan Ramadhan Yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Jika kamu menyukai dan memiliki kucing atau anjing serta bisa mengurusnya dengan baik, mungkin ini bisa jadi solusi untuk menghasilkan uang tambahan. Jadi pemilik hewan pun nggak perlu cemas lagi karena sudah ada yang merawat peliharaan mereka selama pemiliknya mudik ke luar kota. Kamu tinggal merawatnya ketika sang pemilik nggak ada dengan rutin memberikan makanan dan vitamin bila diperlukan sekaligus membersihkan tempat tinggalnya atau kandangnya.

Jasa Penitipan Kendaraan

Nggak cuma hewan peliharaan saja yang dititipkan, kamu bisa membuka usaha menitipkan kendaraan baik motor atau mobil. Pemudik yang menggunakan transportasi umum seperti pesawat, kereta, bus dan kapal untuk mudik pasti meninggalkan kendaraannya di rumah. Ada sebagian pemudik yang meninggalkan mobil di tempat penitipan kendaraan di bandara namun harganya cukup mahal apalagi bila beberapa hari dititipkan.

Baca Juga  7 Alasan Banyak Orang Masih Menggunakan Email
12 Bisnis Bulan Ramadhan Yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Bila kamu tertarik, usaha ini nggak perlu modal besar kok. Yang kamu perlukan adalah menyiapkan garasi atau lahan yang luas untuk memarkir kendaraan. Pastikan kendaraannya aman dan terlindung dari terik sinar matahari serta hujan ya.

Jasa Laundry

Sehabis mudik biasanya baju kotor akan menumpuk. Apalagi kalau asisten rumah tangga mudik pasti nggak ada yang mengurus. Belum tentu pemilik rumah memiliki waktu cukup untuk mencuci dan menyetrika pakaian. Kalau sudah begini, laundry menjadi harapan.

12 Bisnis Bulan Ramadhan Yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Usaha laundry cocok dijadikan bisnis saat Ramadhan tiba. Tidak hanya saat lebaran saja dibutuhkan, laundry juga dibutuhkan bila wanita karir nggak memiliki waktu yang cukup untuk melakukannya. Kamu perlu menginvestasikan modal untuk laundry ini seperti mesin cuci dan setrika. Meskipun budget yang dikeluarkan lumayan besar tetapi bila kamu tekun melakukannya maka bisnis ini bisa berkembang pesat. Bahkan laundry ini nggak cuma saat bulan Ramadhan saja tetapi setelah lebaran pun bisa ditekuni. Usaha ini bisa menjadi besar bila pelayanan yang diberikan juga memuaskan pelanggan. 

Jasa Asisten Rumah Tangga

Asisten rumah tangga paling sering dicari saat lebaran tiba. Hal ini karena biasanya asisten rumah tangga mudik ke kampung halaman. Selama beberapa hari kita diharuskan untuk menyiapkan segalanya sendiri di rumah tanpa bantuan ART seperti membereskan rumah, mencuci pakaian dan memasak. Tentu saja hal ini membuat kita lelah. Apalagi bila mengadakan open house saat lebaran, pasti sangat membutuhkan bantuan untuk membersihkan rumah atau menyiapkan makanan untuk tamu. 

12 Bisnis Bulan Ramadhan Yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Kamu bisa menawarkan jasa asisten rumah tangga khusus untuk hari raya idul fitri. Tawarkan kepada orang-orang yang membutuhkan jasa ART. Lalu kamu tawarkan juga kepada orang-orang yang tertarik untuk menjadi ART sementara selama lebaran. Biasanya beberapa orang ada yang nggak merayakan lebaran atau pulang kampung atau membutuhkan uang tambahan. Peluang ini bisa kamu lakukan di rumah kok asalkan kamu bisa menghubungkan orang yang tertarik bekerja dan yang memerlukan jasa ART.

Travel dan Penjualan Tiket

Lebaran sering dimanfaatkan selain untuk mengunjungi rumah keluarga juga untuk liburan. Cuti bersama idul fitri yang panjang dijadikan aji mumpung untuk liburan ke destinasi wisata impian. Nah, ini bisa jadi kesempatan buatmu membuka bisnis travel dan penjualan tiket. 

12 Bisnis Bulan Ramadhan Yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Kamu bisa menawarkan paket travel liburan untuk keluarga ke destinasi tertentu yang bisa disesuaikan dengan budget. Atau bisa menjual tiket pesawat, kapal, kereta atau bus secara online untuk pemudik. Dalam usaha ini, kamu perlu research yang mendalam dan mencari banyak connection ke perusahaan travel. Tenang saja, kamu bisa melakukannya ini di rumah kok dengan laptop dan wifi saja.

Menjual Serba Serbi Ramadhan

Sadar nggak sih kalau ada beberapa barang atau makanan yang hanya ada saat Ramadhan? Contohnya adalah kurma. Buah ini berwarna kecoklatan ini memang paling mudah dijumpai saat bulan puasa tiba. Kata orang tidak afdol rasanya bila berbuka puasa tanpa memakan kurma. Banyak orang yang berbondong-bondong mencari kurma untuk kudapan berbuka puasa. Menjual kurma bisa menjadi peluang untukmu nih.

12 Bisnis Bulan Ramadhan Yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Selain kurma, ketupat juga banyak ditemukan menjelang hari raya Idul Fitri. Ketupat menjadi santapan favorit bersama dengan lauk khas lebaran seperti rendang dan opor ayam. Kita bisa menjual ketupat dengan memesan beberapa hari sebelum lebaran dan mengirimnya H-1 sebelum lebaran. 

Selain makanan, kamu juga menjual amplop atau kartu ucapan bernuansa islami atau idul fitri. Amplop paling sering dicari untuk membagikan THR kepada sanak saudara. Sementara kartu ucapan dicari untuk dikirim bersama dengan hadiah atau parcel lebaran. Selain menjual, kamu bisa membuka jasa desain amplop atau kartu ucapan yang unik jika kamu jago design grafis nih. Karena kartu ucapan nggak hanya berbentuk fisik kertas tapi bisa juga dibagikan lewat sosial media lho. Kartu ucapan yang didesain pun pastinya unik dan berkesan. Wah, menarik kan?

Gimana nih Exabytes Friends? Tertarik untuk mencoba beberapa ide di atas untuk bisnis di bulan Ramadhan nanti. Kamu bisa mulai menyiapkannya dari sekarang lho. Ide bisnis di atas nggak hanya bisa dilakukan saat bulan puasa saja lho. Kalau kamu rajin dan menekuni usaha ini, bisnis kamu akan berkembang maju dan bisa jadi mata pencaharian kamu. I

Semoga artikel ini bermanfaat dan usahamu lancar ya, Exabytes Friends!

Credit to Audina Chairun Nisa

View her LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/audina-chairun-nisa-760303158


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here