5 Cara Mudah Mengganti Permalink WordPress Dengan Aman

84
11 min read

Halo Exabytes Friends!

Kamu pernah nggak sih pas buka link sebuah website ada tulisannya “404 Page Not Found” ? Nah, bisa jadi link ini rusak sehingga kita nggak bisa akses ke link tersebut. Kalau sudah begini, pasti kita yang mengunjungi website akan merasa kesal dan pemilik website pun merasa panik karena nggak bisa diakses.

Permalink yang rusak dapat mempengaruhi traffic website. Selain mengganggu kenyamanan pengunjung yang mengakses, hal ini juga berdampak pada menurunnya jumlah pengunjung website.

5 Cara Mudah Mengganti Permalink WordPress Dengan Aman

Tetapi biasanya yang nggak bisa diakses itu hanya link tertentu saja, bukan website utamanya. Bila seperti ini, berarti permalink tersebut rusak dan perlu diganti agar bisa diakses kembali. Hal ini kemungkinan terjadi karena ada perubahan yang dilakukan oleh pemilik website sehingga menyebabkan permalink error. 

Nah untuk itu di artikel ini akan dibahas tentang permalink, fungsi dari permalink, alasan kenapa harus mengubah permalink hingga bagaimana caranya mengganti permalink WordPress dengan aman supaya pemilik website bisa memperbaikinya dan bisa diakses kembali oleh pengunjung website. 

Selengkapnya akan diulas di bawah ini ya Friends

Apa itu permalink?

Permalink yang merupakan singkatan dari permanen link adalah istilah untuk URL yang mengikuti nama domain yang merujuk pada konten atau halaman sebuah website baik berupa halaman statis maupun posting yang menjadi identitas sebuah halaman blog.

5 Cara Mudah Mengganti Permalink WordPress Dengan Aman

Yang membedakan URL dengan permalink adalah permalink akan langsung mengarahkan kita ke link halaman tertentu dari website utama yang ditambahkan dengan kategori, judul, tahun, tanggal atau kode lainnya di belakang URL. 

Seperti contoh, kita sudah tahu kalau alamat URL website Exabytes adalah https://www.exabytes.co.id/ tetapi ketika mengklik ke halaman hosting di website Exabytes, maka URL akan berubah menjadi https://www.exabytes.co.id/hosting-murah. Tulisan /hosting-murah di belakang URL ini yang menjadi penambah yang menjadikannya permalink.

Fungsi dari permalink

Memudahkan pengunjung saat mengunjungi halaman tertentu

Fungsi dari permalink adalah untuk memudahkan pengunjung saat masuk ke dalam halaman tertentu sebuah website. Alhasil  memudahkan kita untuk mengingat tanpa buka kembali ke website utama dan mencari laman yang dimaksud.

Memberikan SEO

Selain itu, fungsi lainnya yang tak kalah penting dari permalink adalah memberikan SEO kepada konten yang ada di dalam website. Permalink selalu ditambahkan dengan kata kunci atau kategori yang relevan. 

Membuat mesin pencari menemukan topik yang dicari

Karena permalink memberikan keyword yang relevan maka ini memudahkan mesin pencari untuk menemukan konten topik atau artikel yang sesuai dengan pencarian.

Menyediakan lokasi permanen 

Permalink ini bersifat permanen sehingga bagi bagi pengunjung dan mesin pencari dapat kembali lagi agar dapat membaca konten yang pernah dibaca atau dicari.

Alasan kenapa harus mengubah permalink

Ada beberapa alasan kenapa kita perlu mengubah struktur permalink yang telah dibuat. Terutama jika kita sudah menggunakan pengaturan default dari WordPress. Mengubah permalink relatif sederhana. Tetapi perubahan ini bisa memiliki konsekuensi jika tidak direncanakan sebelumnya. 

Karena itu kamu harus mempertimbangkan apakah kamu perlu mengubah struktur permalink atau tidak. Berikut ini ada beberapa alasan kenapa harus mengubah permalink

Menggunakan versi WordPress lama

Kalau kamu menggunakan WordPress versi lama, mungkin kamu masih mengikuti struktur default sebelumnya yaitu Post ID. Perlu diketahui bahwa struktur ini tidak memberikan informasi yang tepat tentang konten dan tidak memberikan dampak baik terhadap SEO.

Mengalihkan halaman

Jika kamu ingin mengalihkan halaman ke lokasi yang lain, kamu perlu mengubah struktur permalink. Misalnya jika kamu awalnya tidak memasukkan tanggal di permalink, lalu kamu ingin membuat postingan berita dimana tanggal tertera di permalink, maka kamu memasukkan tanggal di permalink. 

Untuk keperluan branding

Sebagian orang membeli website sebagai investasi untuk keperluan bisnis dimana orang tersebut mewarisi website yang pernah digunakan oleh orang lain. Jika hak milik website sudah menjadi milikmu tetapi dirasa ada beberapa permalink yang kurang pas dengan brand kamu, kamu perlu mengganti struktur permalink untuk re-branding bisnis yang kamu promosikan di websitemu.

Baca Juga  Migrasi Hosting WordPress ke Exabytes WordPress

Permalink rusak

5 Cara Mudah Mengganti Permalink WordPress Dengan Aman

Tak jarang bahwa permalink juga bisa rusak atau tidak mau dibuka lho Friends. Munculnya tulisan 404 Page Not Found ini menandakan bahwa permalink ini rusak dan tidak bisa diakses. Beberapa hal di bawah ini bisa memicu rusaknya permalink

1. Menginstal Plugin Baru

Jika kamu baru saja memasang plugin baru, plugin ini bisa saja tidak cocok yang akhirnya dapat merusak permalink di WordPress atau website kamu.

2. Update

Pembaruan atau update dapat merusak permalink lho. Mungkin saja pembaruan ini menimbulkan ketidakcocokan setelah mengupdate plugin, tema atau core dari WordPress.

3. Migrasi Website

Jika kamu melakukan migrasi website ke domain atau server baru bisa saja merusak permalink. Tidak hanya migrasi, saat kamu backup restore WordPress bisa terjadi hal demikian.

Saat kamu melakukan migrasi ke server baru dan kamu menemukan adanya masalah, kemungkinan bahwa masalahnya berhubungan dengan izin FTP file .htaccess.

4. Adanya Perubahan Terhadap File .htaccess

Pada dasarnya, file .htaccess pada adalah file yang memutuskan siapa atau apa yang harus dilakukan untuk melihat menggunakan file apa di website kamu. Jika file itu sendiri telah diubah, atau merubah izin izin file untuk file .htaccess dapat membuat permalink rusak.

Bagaimana cara mengganti struktur permalink dengan aman?

Sebelum kamu membuat perubahan pada struktur tautan website, penting bagi kamu untuk mengetahui tentang permalink terlebih dahulu. Mungkin sebagian orang berpikir bahwa mudah untuk mengubah permalink. Padahal sebenarnya tindakan mengubah permalink itu memiliki konsekuensi dan harus direncanakan sebelum mengubahnya.

5 Cara Mudah Mengganti Permalink WordPress Dengan Aman

Secara umum, opsi Post Name adalah struktur ideal sebagian besar pengguna website. Struktur Post Name ini sudah baik untuk semua website meskipun website tersebut berhubungan dengan berita yang biasanya ingin menyertakan tanggal dalam permalink.

Jika kamu menggunakan WordPress, kamu harus mengklik Settings > Permalinks di dashboard WordPress. Secara default, permalink WordPress menggunakan option day and name.

Jika kamu ingin fokus dengan konten yang akan diposting daripada tanggal posting, kamu bisa menggunakan option post name. Opsi ini akan lebih berfokus dengan kata kunci yang digunakan. Sementara opsi lainnya date followed by the post name dimana biasanya website yang berfokus pada berita dimana tanggal menjadi komponen dalam struktur permalink. 

Tetapi bila kamu ingin mengubah permalink, ada beberapa tutorial yang bisa kamu terapkan yang tentunya aman dilakukan. 

Cara 1 : Mengubah Struktur Permalink di WordPress

Cara yang paling sederhana adalah mengatur ulang struktur permalink di WordPress. Cara-caranya adalah sebagai berikut :

  1. Login ke Dashboard WordPress
  2. Klik Settings > Permalinks
  3. Ubah pengaturan permalink sesuai yang kamu inginkan.

Misalkan saat ini kamu menggunakan struktur permalink yang hari dan nama (day and name) lalu ingin mengubah struktur agar hari tidak diikutsertakan, maka pilihlah nama post (post name). Contohnya seperti gambar di bawah ini.

5 Cara Mudah Mengganti Permalink WordPress Dengan Aman
  1. Setelah menentukan dan mengubahnya, jangan lupa klik save changes atau simpan perubahan. 
  2. Jangan lupa, setelah menyimpan perubahan, kamu perlu melakukan pengecekan pada permalink yang sudah kamu ubah dengan mengklik preview post.

Permalink kamu kini sudah diperbarui! Dengan cara ini, secara otomatis akan memperbarui semua URL internal di WordPress kamu dengan syntax yang baru. 

Jika permalink masih rusak, kamu bisa menggunakan tutorial selanjutnya untuk mengatasi masalahmu..

Cara 2 : Menonaktifkan Plugin

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa permalink bisa rusak saat kita menginstall plugin baru. Plugin baru ini dapat menimbulkan kerusakan pada struktur URL di WordPress. Dengan menonaktifkan plugin bisa mengembalikan permalink yang rusak.

Berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan untuk menonaktifkan plugin yang bisa kamu lakukan : 

  1. Login ke dashboard WordPress
  2. Klik menu Plugins > Installed Plugin
  3. Nonaktifkan salah satu plugin yang telah diinstall di WordPress dengan mengklik deactivate

Sebaiknya deactivate plugin yang terbaru atau yang baru dipasang untuk menemukan plugin mana yang bermasalah yang menimbulkan kerusakan pada permalink tersebut.

  1. Klik save changes untuk menyimpan perubahan yang telah dilakukan
  2. Akses kembali halaman atau permalink yang error.
  3. Jika sudah tidak error, berarti plugin pemicu yang bermasalah telah berhasil diatasi. Tetapi jika masih error, silahkan lakukan langkah ini untuk menemukan plugin yang bermasalah agar laman bisa diakses kembali.

Jika kamu sudah menemukan plugin yang bermasalah, sebaiknya kamu menghubungi pihak developer atau forum komunitas yang bersangkutan agar plugin tersebut bisa diperbaiki untuk menemukan penyebab utamanya.

Cara 3 : Mengganti File .htaccess

Bila dua langkah di atas masih belum bisa mengatasi kerusakan permalink, mungkin masalahnya terletak dengan konfigurasi file .htaccess. Oleh karena itu, kamu perlu mengganti file .htaccess dengan yang standar atau default dari WordPress.

Baca Juga  Ini Dia 5 Plugin WooCommerce Terbaik Biar Toko Online Kamu Makin Laris

# BEGIN WordPress

<IfModule mod_rewrite.c>

RewriteEngine On

RewriteBase /

RewriteRule ^index\.php$ – [L]

RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f

RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d

RewriteRule . /index/php [L]

</IfModule>

#END WordPress

Untuk memperbaikinya, silahkan mengikuti tutorial di bawah ini

  1. Buka cPanel > File Manager
  2. Masuk ke folder utama WordPress
  3. Setelah itu, klik kanan pada file .htaccess dan rename 
  4. Ganti nama dengan nama yang berbeda, misalnya:.htaccess1. Gunanya agar file ini dinonaktifkan
  5. Lalu, buatlah file baru dengan nama .htaccess dengan cara klik tombol +file di pojok kiri atas. Nanti akan muncul kolom new file lalu isi kolom new file name dengan .htacess kemudian klik tombol create new file
  6. Edit file .htaccess yang baru kamu buat. Setelah itu, salin script default file ,htaccess yang tertera. Jangan lupa klik save.
  7. Jika sudah mengklik save, coba lakukan testing dengan mengakses URL atau permalink yang error atau tidak bisa diakses. 

Cara 4: Memperbaiki Tautan Rusak Dengan 301 Redirect

Ada solusi sederhana untuk masalah ini dan itu adalah mengatur dengan pengalihan atau 301 redirect di situs website. Redirect 301 pada dasarnya memberitahu browser tentang sesuatu yang datang ke website kamu menggunakan URL terstruktur permalink lama tempat konten yang relevan berada. 

Hal ini Ini membuat mesin pencari tahu bahwa ini adalah perubahan permanen. Anda mungkin juga ingin menyesuaikan halaman 404 page not found untuk menangkap tautan internal atau manual yang rusak.

Langkah ini bisa digunakan dengan menggunakan plugin redirect 301. Untuk membuat redirect di WordPress, salah satu opsi plugin yang digunakan adalah Simple 301 Redirects

Caranya adalah kamu perlu menginstal dan mengaktifkan plugin Simple 301 Redirects. Setelah kamu melakukannya, plugin ini akan otomatis tersedia di menu baru ke area Settings di dashboard WordPress.

Di halaman pengaturan atau setting, akan tersedia dua bidang. Satu berlabel Request dan satu lagi berlabel Destination Dua hal ini pada dasarnya adalah tempat kamu memasukkan struktur permalink lama dan struktur permalink baru. Kamu hanya perlu menambahkan informasi setelah nama domain kamu ke bidang ini.

Contohnya, di kolom Request adalah konfigurasi untuk Month and Name permalink yang rusak atau tidak bisa diakses. Sementara di kolom Destination adalah konfigurasi WordPress untuk struktur permalink name post dimana permalink ini yang dapat diakses. Setelah menambahkan di dua kolom tersebut, simpan perubahan dan kamu klik save changes

Dengan menggunakan redirect 301 maka nantinya mesin pencari yang masuk ke tautan lama akan pergi ke tautan baru (destination) yang telah kamu tambahkan.

Cara 5 : Mengubah Tautan Mesin Pencari ke Struktur Baru (Pengindeksan Ulang)

Jika masih terdapat error atau tidak bisa diakses kemungkinan bahwa search engine memiliki informasi yang salah setelah kamu memperbarui struktur permalink. Mesin pencari secara otomatis akan merayapi website secara teratur dan memperbarui ketika mesin menemukan perubahan sehingga masalah ini akan teratasi dengan sendirinya.

Namun, kamu dapat membantu prosesnya dengan membuat Peta Situs XML (XML Sitemap) dan kemudian mengindeks ulang situs website kamu secara manual dengan mesin pencari.

Jika masih error, cobalah mengingat perubahan apa yang telah kamu lakukan sebelum terjadi kesalahan. Jika permalink rusak saat melakukan pembaruan tertentu di website, melakukan restore backup bisa dilakukan agar permalink bisa diakses kembali.

Kesimpulan

Seperti yang diketahui bahwa ketika kita menemukan laman yang bertulisan 404 Page Not Found itu menandakan bahwa ada sesuatu yang salah atau rusak dengan permalink. Jika permalink rusak maka akan berakibat pada traffic website dan penurunan jumlah visitor.

Hal-hal pemicu yang membuat rusak permalink adalah karena menginstall plugin baru, melakukan pembaruan atau update, migrasi website dan adanya perubahan terhadap file .htaccess. Selain karena permalink yang rusak, ada beberapa alasan kenapa kamu perlu mengganti permalink yaitu karena menggunakan versi WordPress yang lama, untuk mengalihkan halaman dan untuk keperluan branding. 

Langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengganti struktur permalink dengan mudah dan aman ada 5 cara yaitu mengubah struktur permalink di WordPress, menonaktifkan plugin, mengganti file.htaccess, memperbaiki tautan yang rusak dengan 301 redirect dan terakhir mengubah tautan mesin pencari ke struktur baru (pengindeksan ulang).

Semoga cara-cara di atas dapat dilakukan dan bermanfaat untuk mengatasi permalink yang rusak di website kamu ya Friends.

Credit to Audina Chairun Nisa

View her LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/audina-chairun-nisa-760303158

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here