5 Rekomendasi Tema Woocommerce untuk Toko Online

244
Tema WooCommerce Terbaik
Free Credit Exabytes
11 min read

Hi Exabytes Friends!

Woocommerce merupakan sebuah plugin toko online yang dikhususkan untuk platform WordPress. WooCommerce menjadi salah satu platform untuk mengembangkan toko online terbaik di dunia. Dengan tagline Woocommerce yaitu “The most customizable eCommerce platform for building your online business” yang memiliki arti bahwa platform WooCommerce ini dapat menjadi platform yang dapat disesuaikan dengan menyediakan banyak sekali tema yang dapat dipilih secara bebas oleh para pemilik toko online agar dapat mengembangkan toko online nya. Sehingga WooCommerce mendukung pengembangan ekonomi digital serta turut berkontribusi dalam membantu toko online dalam pengembangannya. 

5 Rekomendasi Tema Woocommerce untuk Toko Online

WooCommerce ini juga merupakan gabungan atau kombinasi dari website dan ecommerce. Terdapat ratusan bahkan lebih tema yang dapat dipilih oleh pengguna WooCommerce untuk mendukung pengembangan toko online. Exabytes Friends yang tertarik untuk menggunakan WooCommerce juga dapat mempertimbangkan tema-tema yang tersedia salah satunya dengan memilih tema yang sesuai dengan image brand kamu Friends. Sehingga toko online yang kamu miliki sangat mencerminkan citra dari produkmu. Selain itu, kamu juga dapat memilih tema WooCommerce yang sering memiliki update-an, karena tema yang sering diupdate akan mengurangi kemungkinan lambatnya loading, kerusakan fitur, dan lain-lain.

Nah, kalau kamu penasaran apa aja hal yang harus diperhatikan dalam memilih tema WooCommerce dan rekomendasi tema WooCommerce mana saja yang bisa digunakan untuk toko online mu, baca artikel ini sampai habis ya!

Apa Saja yang Harus Diperhatikan saat Memilih Tema WooCommerce?

Design

Ketika kamu hendak memilih tema untuk toko online mu, pilihlah yang sesuai dengan jenis produk yang kamu jual dan target pasar atau audiens yang dituju. Serta perhatikan juga brand image seperti apa yang ingin kamu tanamkan di benak konsumen mu Friends. Sehingga ketika konsumen melihat tema WooCommerce mu, mereka akan tertarik karena tema tersebut memiliki design yang menarik. Pilihlah tema dengan warna-warna yang colorful jika produk yang kamu jual merupakan produk cute stuff atau beauty.

Update dan Support

Setelah memilih design yang tepat dan sesuai dengan produk mu, pertimbangkanlah tema yang telah didukung dengan pembaruan yang berkelanjutan. Sebuah tema tentunya harus memiliki pembaruan untuk memperbaiki fitur-fitur sebelumnya yang masih dianggap kurang. Perhatikan juga apakah tema tersebut telah didukung dan dipelihara agar dapat menghindari adanya permasalahan yang terjadi saat pembaruan dilakukan.

Fungsi Custom

Rencanakan dengan baik konsep yang diinginkan ketika akan membuat toko online. Jika kamu menginginkan toko online mu memiliki fungsi custom seperti slider atau widget custom, maka kamu harus memilih tema-tema yang memungkinkan untuk adanya customize. Sehingga ketika kamu membutuhkan fungsi-fungsi custom tersebut, kamu hanya perlu mengkustomisasi tema tersebut sesuai dengan kebutuhanmu.

Design yang Responsif

Design yang responsif juga menjadi poin penting yang harus kamu perhatikan loh Exabytes Friends. Gak hanya design yang menarik dan lucu saja, design dari tema WooCommerce yang akan kamu pilih harus memiliki kualitas yang baik. Design yang responsif memiliki ciri-ciri yaitu loadingnya yang cepat sehingga tidak ada kata lemot saat diakses. Hal ini juga bisa menarik para konsumen saat mengakses toko online mu. Jika toko online mu memiliki loading yang lambat, apakah konsumen mau mengunjunginya? Tentu tidak Friends! Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan design yang dipilih sehingga tetap responsif dan dapat diakses dengan cepat.

5 Rekomendasi Tema WooCommerce Terbaik

Nah! setelah kamu mengetahui apa aja sih yang perlu diperhatikan ketika akan memilih tema untuk toko online mu, sekarang saatnya mimin akan memberi beberapa rekomendasi tema WooCommerce yang bisa jadi inspirasi tema untuk toko online mu Friends. Tema yang akan direkomendasikan tentunya banyak macamnya ya, ada tema yang bernuansa cerah dan colorful, tema yang memiliki design simple, tema yang bergaya casual, dan lain-lain.

1. Flatsome

5 Rekomendasi Tema Woocommerce untuk Toko Online

Tema yang satu ini adalah salah satu tema best seller yang favorit dan memiliki penjualan sangat tinggi loh Friends. Dengan rating 4.8 dari 5 dan penjualan yang mencapai 115 ribu, tema Flatsome ini memiliki fitur yang sangat lengkap dan design yang sangat menarik nih tentunya. Design yang tersedia pun dapat disesuaikan dengan toko online yang kamu miliki seperti design yang cerah seperti gambar di atas. Tema Flatsome ini juga memiliki banyak layout yang dapat digunakan untuk produk-produk fashion, accessories, technology, dan lain-lain.

Baca Juga  Tips Memilih Hosting Terbaik Sesuai Kebutuhan

Fitur-fitur yang tersedia di tema Flatsome ini banyak loh Friends. Main feature yang ada di tema Flatsome yaitu pertama, Getting Started Guide yang dapat membantu pemilik toko online mengetahui cara dari pemasangan tema Flatsome ini. Selanjutnya terdapat Blog Features yang memungkinkan toko online mu memiliki konten artikel seputar produk seperti peluncuran produk baru ataupun review produk. Fitur ini bisa jadi daya tarik toko online mu agar dikunjungi konsumen loh Friends. Selain itu, Flatsome juga menyediakan elemen-elemen unik yang dapat melengkapi design toko online mu Friends. Elemen-elemen untuk menunjukkan hal yang berhubungan dengan seperti scroll to, price table, grid book, search button, dll.

Flatsome ini juga dilengkapi dengan SEO Optimized yang dapat membuat toko online kamu berada di pencarian paling atas juga loh Friends, sehingga toko online mu berpotensi dikunjungi banyak konsumen. Kamu juga perlu tahu bahwa tema Flatsome ini memiliki Ultra High Performance serta menjadi tema yang memiliki kecepatan paling tinggi dan tentunya jika dicek menggunakan page speed test hasilnya akan berada di range berwarna hijau yang berarti cepat. Menarik banget kan Friends?

2. The Retailer

5 Rekomendasi Tema Woocommerce untuk Toko Online

Nah, tema The Retailer ini cocok banget buat kamu yang menjual produk-produk casual Exabytes Friends. Design nya yang simple dan modern membuat tema ini tampak easy going. The Retailer ini mendapatkan rating 4.63 dari para pengguna nya. Penjualan tema ini pun juga sudah melebihi angka 15 ribu loh. Tema The Retailer juga dapat dipilih oleh Exabytes Friend yang menjual produk pakaian, sepatu, atau produk casual lainya.

Fitur yang ditawarkan oleh The Retailer yaitu kemudahan dalam bertransaksi di toko online. The Retailer memungkinkan pengguna nya agar dapat menentukan payment method apa yang diinginkan di toko online serta jenis shipping apa yang dapat dilakukan oleh toko online misalnya shipping worldwide. Selain itu, terdapat juga fitur yang dapat menyesuaikan lokasi, bahasa, bahkan currency yang dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen. Sehingga memudahkan konsumen saat melakukan pembelian melalui WooCommerce.

Hal yang menjadi kelebihan dari tema The Retailer ini adalah design nya yang mobile friendly. Jadi, konsumen yang tidak dapat mengakses lewat PC pun dapat dengan mudahnya mengakses dimana pun dan kapan pun melalui smartphone nya. Selain itu, terdapat fitur Horizontal-Vertical Shop Sidebar yang memungkinkan konsumen untuk melihat produk dengan tampilan yang lebih lebar lagi. Tidak hanya itu, tentunya tema The Retailer ini sudah menjadi tema yang responsif dan anti lemot loh Friends, tema ini juga selalu memiliki update-an terbaru yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan yang ada.

3. Woodmart

5 Rekomendasi Tema Woocommerce untuk Toko Online

Tema yang satu ini cocok banget untuk Exabytes Friend yang menjual produk handycraft atau produk yang memiliki keunikan tersendiri. Tema Woodmart ini telah diorder lebih dari 12.000 loh guys. Rating nya pun juga sangat tinggi yaitu 4.95 dari 5. Woodmart juga menyediakan 60 template yang bisa digunakan untuk produk lain selain handmade product seperti fashion, accessories, dan lain-lain.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Woodmart yaitu tampilan mega menu yang bisa menampilkan semua produk yang dijual di toko online mu. Selanjutnya, terdapat fitur swatch yang dapat memudahkan konsumen untuk melihat variasi produk dengan warna lain yang berbeda dengan tampilan produk. Kamu juga dapat melakukan customize header dan layout dengan mudah untuk toko online mu Friends, karena Woodmart menyediakan fitur drag and drop untuk mengcustomize header sesuai dengan konsep yang kamu inginkan.

Bukan cuma itu saja fitur yang disediakan oleh Woodmart, tema Woodmart ini memiliki fitur RTL atau Right to Left yang dapat digunakan untuk bahasa arab serta hebrew. Tema ini juga sudah 100% responsif dan retina ready loh Friends. Jadi toko online mu ketika menggunakan tema Woodmart tidak akan mengalami loading yang lambat. Oleh karena itu juga, rating dari pengguna nya mencapai 4.95 dari 5. Tema Woodmart juga memiliki tampilan yang high resolution sehingga produk-produk yang ditampilkan di toko online akan jernih dan tampak bagus. Dan yang paling penting, tema Woodmart juga mendukung SEO Optimized yang membuat toko online kamu berada di atas jika konsumen melakukan pencarian. Hal ini sangat menguntungkan loh untuk para pemilik toko online agar tokonya bisa dikunjungi oleh konsume dan tentunya produk di toko online akan dilihat oleh konsumen.

4. Aurum

5 Rekomendasi Tema Woocommerce untuk Toko Online

Tema WooCommerce yang satu ini sangat cocok untuk menjadi tema pilihan toko online mu jika produk yang dijual merupakan produk yang sederhana namun memiliki value yang tinggi. Desainnya yang minimalis membuat tema Aurum ini menjadi sangat elegan dan klasik. Tema Aurum ini juga memiliki rating 4.74 dari 5 serta penjualan yang mencapai 6.332 loh Friends! Tema Aurum ini dapat digunakan untuk toko online yang menjual produk-produk pakaian, buku, teknologi, perhiasan, dan lainnya. 

Baca Juga  Mana Yang Lebih Baik Untuk Server, CentOS atau Ubuntu?

Tema Aurum juga menawarkan beberapa fitur yang sangat penting dan tentunya dibutuhkan oleh semua toko online. Pertama, tema Aurum ini dilengkapi dengan Welcome Page yang tentunya dibutuhkan toko online sebagai intro dari toko online nya. Welcome Page ini dapat menampilkan menu untuk memilih lokasi dari konsumen tersebut, serta bahasa yang ingin digunakan konsumen ketika mengakses toko online. Selain itu, tema Aurum juga menyediakan banyak pilihan bahasa yang dapat disesuaikan dengan konsumen.

Tema Aurum juga melengkapi penampilannya dengan fitur RTL atau Right to Left yang dapat digunakan untuk bahasa arab dan hebrew sehingga memudahkan konsumen yang mengakses toko online dengan bahasa tersebut. Selain itu, terdapat fitur SEO Optimized yang dapat membuat toko online mu lebih baik dan mendapat ranking di pencarian loh! Sehingga toko online mu berkemungkinan untuk muncul paling atas di pencarian. Keren bukan? Tema Aurum juga memiliki hal paling penting yaitu tema yang responsif, high resolution, dan widget ready. Seperti yang udah dibahas sebelumnya mengenai hal yang perlu diperhatikan ketika memilih tema, tema Aurum ini mencakup semua poin-poin penting yang harus diperhatikan loh!

5. Puca

5 Rekomendasi Tema Woocommerce untuk Toko Online

Tema Puca ini merupakan salah satu tema yang memiliki konsep colorful nih Friends. Cocok banget buat kamu yang punya toko online dan menjual produk-produk dengan design cheerful dan colorful. Tak hanya itu, tema Puca juga memiliki design yang simple sehingga tidak terlihat terlalu ramai atau pun ribet. Pokoknya tampilannya oke banget Friends. Puca menjadi tema yang memiliki rating tinggi loh yaitu 4.79 dari 5 dan penjualannya pun sudah melebihi angka 1.000. Tema Puca juga menyediakan banyak layout untuk toko online yang menjual produk fashion, furniture, dan lainnya.

Puca memiliki banyak sekali pilihan design yang sangat menarik yaitu lebih dari 350 design yang bisa disesuaikan dengan produk yang ada di toko online mu Friends. Selain itu, tema Puca juga memungkinkan toko online untuk menuliskan artikel mengenai produknya karena Puca menyediakan blog layouts yang juga beragam design nya. Blog layout ini dapat digunakan untuk menuliskan artikel tentang review produk atau testimoni dari para konsumen yang telah membeli produk di toko online mu Friends. Akses mobile untuk tema Puca juga sangat bisa untuk dilakukan karena tema Puca ini sudah dirancang agar dapat diakses dengan cepat melalui mobile phone dan pastinya tidak lemot ya Friends loading nya. Kecepatan loading yang dimiliki oleh sebuah tema WooCommerce ini merupakan hal yang sangat penting dan tidak boleh dilupakan ya.

Seperti tema-tema yang best seller, Puca juga sudah menerapkan fitur yang sangat penting seperti SEO Optimized yang dapat meningkatkan ranking toko online mu di mesin pencarian. Tak lupa, tema Puca juga sudah memasukkan Error 404 page sehingga ketika terjadi error di toko online akan otomatis muncul dan memberitahukan konsumen mengenai hal tersebut. Hal yang penting yang perlu disediakan oleh toko online adalah fitur untuk meletakkan wishlist dan membandingkan harga. Biasanya, konsumen tidak akan langsung membeli barang tanpa membandingkan harganya terlebih dahulu. Dengan menggunaan tema Puca, kamu bisa mempunya fitur Product Wishlist dan Product Compare agar konsumen dapat membandingkan harga dari produk-produk mu. Canggih sekali bukan?

Nah, itu dia kelima tema WooCommerce yang dapat kamu pilih dan sesuaikan dengan produk yang akan kamu jual di toko online mu. Terdapat banyak sekali pilihan tema yang tersedia, mulai dari tema yang best seller, tema-tema baru, tema dengan fitur yang bervariasi dan lainnya.

Jangan lupa juga ya Friends untuk selalu memperhatikan hal penting dalam memilih tema WooCommerce. Jangan sampai hanya tampilannya saja yang menarik, tapi fungsi dari tema tersebut tidak berjalan dengan baik. Apalagi jika tema tersebut tidak memiliki kecepatan loading yang baik. Gak mau kan konsumen mu mengeluh tentang tema WooCommerce yang kamu gunakan?

Selamat mencoba tema WooCommerce terbaik rekomendasi dari mimin ya guys! Ingat 2 poin penting yaitu tema yang menarik dan responsif.

Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Credit to: Salma Nur Hanina

Free Credit Exabytes

1 KOMENTAR

  1. […] mimin udah sempat membahas tentang tema WooCommerce yang bisa digunakan untuk toko online. Kali ini beda loh Friends! Berhubung sudah mendekati bulan […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here