Cara Instalasi Midtrans Untuk Toko Online Milikmu

2762
Free Credit Exabytes
13 min read

Hi Exabytes Friends!

Hayo, ngaku deh kalau kalian pasti sering banget kan belanja online? Sekarang memang lebih mudah berbelanja online dibandingkan dengan belanja di toko atau mall. Pola berbelanja ini sudah mulai berubah dalam satu dekade terakhir seiring dengan perkembangan teknologi.

Sudah banyak banget e-commerce, marketplace dan online shop yang menjamur untuk kemudahan kita sebagai konsumen. Tak jarang banyak barang yang sulit dijumpai di toko atau mall mudah ditemukan via online. Tinggal scroll dan klik langsung check out barang belanjaanmu, begitu mudah hanya dengan jari saja.

Cara Instalasi Midtrans Untuk Toko Online Milikmu

Oleh karena itu, sekarang banyak orang-orang yang beralih dari toko konvensional dengan membuka toko online. Atau beberapa usaha mulai mendaftarkan usahanya ke e-commerce demi menggaet konsumen baru. Dan orang-orang berlomba-lomba memilih menjalankan bisnis online demi menghasilkan uang karena melihat prospek bisnis online yang.semakin cerah di masa mendatang. Apakah kamu salah satunya?

Jika iya, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal untuk menjalani bisnis online milikmu. Dimulai dari menentukan apa yang akan dijual atau ditawarkan, membuat website untuk mempromosikan produk hingga sistem pembayaran yang tersedia. Sistem pembayaran pun harus aman dan memudahkan calon pembeli untuk bertransaksi. 

Salah satu pembayaran yang sering digunakan adalah payment gateway. Tapi Exabytes Friends tahu enggak sih apa itu payment gateway?

Apa itu Payment Gateway?

Payment gateway adalah sistem transaksi online yang disediakan oleh penyedia layanan aplikasi e-commerce atau toko online yang mengotorisasi proses pembayaran baik menggunakan kartu kredit, transfer bank atau pembayaran langsung seperti direct debit, dan e-wallet. Payment gateway dapat disediakan oleh bank kepada pelanggannya tetapi ada juga yang disediakan oleh penyedia layanan keuangan khusus sebagai layanan terpisah. Sistem enkripsi data nomor kredit atau kartu debit yang dilakukan payment processor menjamin transaksi aman dan nyaman.

Cara Instalasi Midtrans Untuk Toko Online Milikmu

Mekanisme dari payment gateway secara singkatnya adalah customer (pembeli) → online shop atau online sellerpayment processor → bank → seller (penjual). Penjelasannya mekanismenya sebagai berikut :

  • Calon pembeli toko online melihat dan memutuskan untuk membeli suatu produk berdasarkan informasi pada sumber payment gateway. 
  • Selanjutnya payment gateway akan meneruskan informasi tersebut ke prosesor pembayaran bank milik penjual. 
  • Dari prosesor pembayaran akan meneruskan informasi transaksi ke asosiasi penerbit kartu yang digunakan, misalnya Mastercard atau Visa. 
  • Lalu, bank terkait akan menerima permintaan dan mengirimkan balasan ke prosesor dengan kode khusus sehingga memberikan informasi apakah transaksi tersebut berhasil atau gagal. 
  • Terakhir, dari prosesor pembayaran akan mengirimkan pesan ke payment gateway yang kemudian akan diteruskan ke website penjual serta pemegang kartu hingga transaksi dinyatakan berhasil.

Keuntungan Payment Gateway

Payment gateway ini memiliki beberapa keuntungan bagi kedua pihak yakni pembeli dan penjual. Keuntungan untuk pembeli yaitu transaksi menjadi lebih mudah dan aman dilakukan sekaligus pembeli tidak perlu ribet membuka website penjual dan website pihak ketiga untuk melakukan transaksi. Pembeli juga bisa melihat terlebih dahulu pilihan rekening atau alat pembayaran yang digunakan sebelum melanjutkan berbelanja karena pembeli dan penjual bisa menerima transfer dari semua rekening yang bisa diteruskan ke rekening utama tempat pembeli berbelanja.

Sementara itu keuntungan bagi penjual antara lain:

  • Lebih mudah untuk memeriksa pembayaran dengan kartu debit atau kartu kredit. Selain itu lebih cepat untuk transaksi massal karena metode ini dapat memproses data transaksi dalam jumlah banyak bahkan hingga ribuan transaksi dalam waktu yang sangat singkat.
  • Tidak perlu khawatir terkena kecurangan (fraud) atau ancaman kejahatan cyber karena payment gateway dilengkapi dengan teknologi fraud detection yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kecurangan pembayaran di toko online atau e-commerce. Selain itu, metode ini juga melindungi data kartu kredit dengan teknologi enkripsi data dan informasi saat pembeli melakukan transaksi. Metode ini sudah memiliki prosedur standar dalam melindungi transaksi pelanggan melalui tiga sistem pelacakan : 
  1. Address Verification System (AVS). Dengan ini, rincian tagihan pembeli akan diperiksa dan disesuaikan dengan alamat kartu yang terdaftar
  2. Card Security Code (CV2). Dengan ini, setiap proses transaksi akan diminta untuk memasukan tiga digit terakhir pada bagian belakang kartu kredit atau debit.
  3. 3D Secure Password sebagai alat untuk mengotorisasi transaksi pembayaran
  • Tidak perlu lagi menyediakan banyak rekening dari bank karena dengan metode ini bisa menerima dana transfer dari berbagai rekening bank dan menyalurkannya ke satu rekening milik toko online atau e-commerce terkait
  • Ramah digunakan atau user friendly karena payment gateway dilengkapi dengan dashboard yang membantu penjual maupun pembeli dalam proses rekonsiliasi penjualan seperti laporan penjualan, detail pembeli, void dan refund transaksi bila sudah terbayar.
Baca Juga  Mengulas Webinar Exabytes Digital Day On Air : How to Boost Sales with Facebook Ads

Buat kamu yang akan memiliki atau sudah memiliki bisnis online seperti online shop, sepertinya kamu bisa mencoba menerapkan payment gateway untuk memudahkan transaksi. Sudah banyak keuntungan dari metode ini yang telah dipaparkan di atas lho. Dan sudah banyak merchant atau e-commerce atau online shop yang menggunakannya.

Ada beberapa channel atau aplikasi payment gateway yang berkembang di Indonesia beberapa tahun terakhir ini. Salah satu payment gateway yang terkenal adalah Midtrans.

Apa Itu Midtrans?

Midtrans adalah channel payment gateway yang menerima pembayaran yang sangat beragam. Midtrans berdiri pada tahun 2012 dengan nama Veritrans untuk memfasilitasi bisnis online di Indonesia. Teknologi dari Midtrans dapat memfasilitasi pemilik bisnis online dengan memberikan layanan pembayaran yang memungkinkan lebih mudah beroperasi dan dapat meningkatkan penjualan.

Cara Instalasi Midtrans Untuk Toko Online Milikmu

Midtrans menerima pembayaran 20 metode pembayaran berupa kartu kredit maupun debit, transfer ke semua bank di Indonesia (bank BUMN maupun bank swasta), cardless credit, direct debit, e-wallet hingga over the counter seperti di minimarket Indomaret dan Alfamart yang sudah terintegrasi dengan VT Link, VT Web dan VT Direct. 

Cara Kerja Midtrans

Tak berbeda jauh dengan cara yang telah dipaparkan di atas, cara kerja Midtrans hampir sama dengan payment gateway lainnya. Yang pertama kali perlu dilakukan adalah mendaftarkan toko online dengan cara terhubung ke merchant admin portal Midtrans dalam mode testing. Hal ini akan dipaparkan lebih lanjut di bagian bawah.

Selanjutnya, daftar dengan memenuhi beberapa dokumen yang ada. Dokumen berupa persyaratan yang akan diverifikasi oleh Midtrans. Dokumen ini ada dua jenis yaitu KTP dan NPWP dimana dokumen ini menjadi syarat agar kita bisa menerima pembayaran dari bisnis online yang dijalankan untuk masuk ke sistem pembayaran card payment atau transfer via bank.

Akun yang dimiliki bisa dimanfaatkan untuk bisnis individu maupun beberapa orang secara kolektif seperti sebuah perusahaan. Terakhir, kamu harus mengintegrasikan teknis yang sudah disediakan ke toko online atau e-commerce milikmu dengan tim developer. Hal ini dilakukan agar bisa memudahkan proses check out dari pembeli. 

Enggak perlu khawatir, Midtrans menyediakan banyak pilihan untuk berbagai platform yang dapat digunakan untuk toko online milikmu. 

Bagaimana Cara Menginstall Midtrans Untuk Toko Online?

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar bisa mengintegrasi akun toko onlinemu dengan Midtrans. Semuanya akan dibahas dalam ulasan di bawah ini.

Persiapan Awal

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar merchants atau online shop milikmu bisa melengkapi syarat yang diperlukan sebelum melakukan integrasi dengan Midtrans.

  1. Daftar ke akun Midtrans Sandbox / Production

Midtrans memiliki satu akun login untuk mengakses akun sandbox dan production. Akun sandbox digunakan untuk development atau testing sementara akun production digunakan ketika merchant sudah melakukan integrasi dan siap untuk go live. Kamu bisa mendaftarkan akunmu ke akun Midtrans di sini.

Cara Instalasi Midtrans Untuk Toko Online Milikmu

Setelah masuk, akan ada tombol kecil di bagian atas dari dashboard yang menampilkan anda sedang di dalam mode sandbox atau production. Warna biru muda untuk production. 

production

Dan warna kuning untuk mode sandbox seperti di bawah ini. 

sandbox

  1. Lengkapi informasi yang diperlukan di Merchant Admin Portal (MAP)

Silahkan isi informasi yang diperlukan dengan mengklik Settings – General Settings. Isilah nama merchant yang valid dengan syarat kurang dari 25 karakter dan tanpa ada simbol. 

General Setting
  1. Catat Access Keys akun Anda
Baca Juga  10 Plugin WordPress Terbaik di Tahun 2019

Acces Keys akun Anda dapat dilihat di Settings – Access Keys. Dan pastikan untuk menjaga Server Keys akunmu.

Access Keys
  1. Konfigurasi Redirect URL

Pengguna akan dikembalikan ke website Anda setelah proses pembayaran selesai. Silahkan lihat diagram di bawah untuk memahami bagaimana redirection URL digunakan.

A) Snap payment pop-up mode:

Untuk set redirection URL jika menggunakan pop-up mode, silahkan masuk ke Settings > Snap Preference > System Settings

redirect_url
B) Snap payment redirect mode:
snap-redirect-diagram

Untuk set redirection URL jika menggunakan redirect mode, silahkan masuk ke Settings > Configuration

redirect_url

Tahapan Integrasi Snap Woocommerce

Midtrans bisa diintegrasikan ke beberapa plugin, salah satunya adalah Woocommerce. Woocommerce adalah plugin e-commerce yang open source yang dapat didesain dan dikustomisasi di WordPress. Untuk kamu yang menggunakan Woocommerce untuk toko online milikmu atau e-commerce, kamu bisa mengintegrasikan Woocommerce dengan Midtrans sebagai pembayaran. Kenapa menggunakan WooCommerce? Karena mayoritas orang-orang menggunakan WordPress sebagai platform untuk membuat toko online dengan fungsionalitas dan performanya yang baik serta cukup mudah dilakukan.

Ada dua tahap yang harus dilakukan untuk melakukan integrasi Midtrans dengan Woocommerce yaitu instalasi plugin dan tes transaksi.

  1. Instalasi Plugin

Sebelum melakukan instalasi plugin, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan yakni:

  • WordPress minimal v3.9.1 (sudah di tes hingga v4.5.x).
  • WooCommerce minimal v2.1.11 (sudah di tes hingga v2.5.x).
  • PHP minimal v5.4.
  • MySQL minimal v5.0.
  • Plugin Midtrans untuk WooCommerce (bisa didownload di ZIP)

Setelah mendownload plugin Midtrans, silahkan melakukan instalasi dengan cara login ke WordPress di admin panel. Buka menu plugins dan klik add new. Search dengan nama Midtrans-WooCommerce untuk menemukan plugin. Setelah itu, install dan ikuti petunjuknya dan lanjut ke proses konfigurasi berikut ini :

Proses Konfigurasi
  1. Masuk ke menu WooCommerce – Settings – Checkout – Midtrans, masukan data-data yang diperlukan.
  • Isi Title dengan text yang akan ditampilkan kepada pelanggan.
  • Pilih Environment. Sandbox untuk test transaksi dan Production untuk transaksi asli.
  • Isi Client and Server key. Anda dapat menemukan ini di Midtrans MAP Dashboard. 
Cara Instalasi Midtrans Untuk Toko Online Milikmu
2) Login ke portal MAP untuk mengubah konfigurasi berikut ini:
URL RoleRedirect URL
Payment Notification URLhttp://[your web]/?wc-api=WC_Gateway_Midtrans
Finish Redirect URLhttp://[your web]/?wc-api=WC_Gateway_Midtrans
Error Redirect URLhttp://[your web]/?wc-api=WC_Gateway_Midtrans
Unfinish Redirect URLhttp://[your web]/?wc-api=WC_Gateway_Midtrans

Setelah kalian melakukan tahapan-tahapan di atas, kini kamu sudah bisa membayar melalui Midtrans dengan banyak pilihan metode pembayaran yang tersedia.

Cara Instalasi Midtrans Untuk Toko Online Milikmu

2. Tes Transaksi

  1. Lakukan transaksi sukses di toko anda dengan menggunakan nomor kartu kredit dummy berikut (sandbox mode):
TypeVisa
Card Number4811 1111 1111 1114
CVV123
Exp. Month01
Exp. Year2020
  1. Cek beberapa poin berikut untuk memastikan plugin sudah ter-install dan bekerja dengan baik.
Check PointExpected ResultWhen Unexpected Result Occurs
Check order status in WooCommerce back endOrder status recorded in backendCheck endpoint/payment notification URL setting in MAP
Merchant receives email notificationReceive notificationCheck MAP menu setting – email notification
Customer receives email notificationReceive notificationCheck MAP menu setting – email notification

Silahkan melihat halaman berikut ini untuk melihat daftar nomor test yang lebih lengkap.

Biaya Penggunaan Midtrans

Dengan berbagai kemudahan dan keuntungan yang disediakan oleh Midtrans, kita hanya perlu membayar ketika proses pembayaran telah berhasil. Harga yang dikenakan pun bisa dibilang sangat terjangkau yakni tidak lebih dari Rp 5000 dalam setiap transaksi.

Biaya tersebut sudah termasuk dengan biaya proses dari bank maupun sistem deteksi fraud. Jadi, kita enggak perlu khawatir dikenakan biaya lainnya seperti biaya awal, biaya maintenance dan lainnya. 

Inovasi Lainnya Dari Midtrans

Midtrans terus meningkatkan inovasi yang bisa dinikmati ketika memakai layanannya. Inovasi yang dimiliki oleh Midtrans yaitu Iris dan Aegis. Iris adalah sistem teknologi yang dikembangkan oleh Midtrans dimana dapat mempermudah dan menyederhanakan proses pengiriman dana yang ada untuk partner atau vendor yang terlibat secara instan. Cuma satu klik untuk berbagai rekening dan bank.

Sementara Aegis adalah teknologi yang mengkombinasikan manusia dan mesin pintar. Aegis digunakan untuk menganalisis dan mengelola resiko yang ada. Jadi Aegis bisa meminimalisir kecurangan (fraud) dalam transaksi bisnis online. Inovasi ini bisa mencegah kamu dari kebocoran transaksi yang sering dialami di zaman sekarang dan bisa memaksimalkan keuntungan bisnis yang sedang dijalankan.

Simpulan

Di era yang serba digital ini, pola gaya hidup pun berubah termasuk dengan berbelanja. Saat ini mayoritas orang lebih menyukai berbelanja online sehingga orang-orang pun membuat bisnis online untuk menghasilkan uang. Salah satu hal yang perlu dipersiapkan oleh pemilik bisnis online atau toko online adalah sistem pembayaran yang mudah dan aman yang bisa dilakukan dengan menggunakan payment gateway. Dan salah satu payment gateway yang bisa digunakan adalah Midtrans. Midtrans memberikan kemudahan dalam bertransaksi dan memberikan keuntungan bagi para pembeli dan penjual. Ada beberapa langkah yang harus dipersiapkan di awal seperti mendaftar akun di Midtrans dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Dan ada dua langkah mengintegrasikan Midtrans untuk toko onlinemu yang berbasis WordPress dengan menggunakan Woocommerce yaitu instalasi plugin dan tes transaksi

Free Credit Exabytes

4 KOMENTAR

  1. Hai Kak, terima kasih untuk penjelasan dan petunjuknya. Kedepannya apakah bisa dibantu pemasangan midtrans untuk website dengan platform laravel atau code igniter? Thanks Kak.

  2. mas agung di awal domain contoh Settings – General Settings dengan domail url tokoecommerce.com
    namun pada contoh pengaturan Settings > Snap Preference > System Settings. menggunaan domain sneekers.com
    apakah maksudnya satu akun merchant bisa dua domain atau bagaimana?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here