Startup Omset Besar berawal dari Tugas Kuliah

Beberapa tahun belakangan ini, Exabytes melihat ada banyak sekali startup berbasis teknologi dengan ide brilliant yang meramaikan pasar startup Indonesia. Kabar baiknya, startup-startup teknologi tersebut merupakan hasil garapan mahasiswa dan anak muda Indonesia. Bangga ga si kalian Exabytes Friends?

Nah berikut Exabytes punya info mengenai startup berbasis teknologi yang berawal dari tugas kuliah untuk menginspirasi kalian!

Kwikku

googleusercontent.com

Kwikku merupakan startup jejaring sposial garapan mahasiswa UIM Malang, ide kwikku bermula dari kegelisahan para founder mengingat Indonesia merupakan salah satu negara dengan penggunaan jejaring sosial asing terbesar, namun tidak memiliki produk jejaring sosial sendiri. Berbeda dengan jejaring sosial lainnya, Kwikku memiliki fitur gamifikasi dimana pengguna akan mendapatkan poin untuk aktivitas mereka di dalam platform. Dari segi konten, Kwikku juga memiliki konten khas Indonesia pada website seperti berbagai bahasa daerah, emoticon, stiker khas Indonesia, dan sebagainya. Menurut data tahun 2015, Kwikku sudah memiliki lebih dari 30.000 akun terdaftar di dalam website-nya. Aplikasi Kwikku sendiri sudah di-download sebanyak 400 kali di Google Play.

PaperPlay
Berawal dari tugas kuliah mahasiswa jurusan Teknik Informatika di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), sekarang PaperPlay sudah menciptakan 13 aplikasi Android untuk berbagai fungsi. Salah satu aplikasi PaperPlay yang paling banyak di download di Google Play adalah Ongkos Kirim Indonesia, dengan total lebih dari 10.000 download. Aplikasi ini menarik pangsa pasar karena maraknya tren online shopping di Indonesia.

Selain dua startup lokal hasil karya mahasiswa Indonesia diatas yang baru eksis di pasar startup beberapa tahun belakangan ini, ada beberapa startup yang sudah cukup besar dan lama di jalankan di Indonesia dan dunia yang juga merupakan hasil garapan tugas kuliah loh!

KASKUS

wikimedia.org

KASKUS merupakan hasil karya Andrew Darwis yang juga berawal dari tugas kuliah. Ketertarikannya dengan dunia teknologi membawanya ke Seattle dengan iming-iming bisa bertemu dengan Bill Gates. Kuliah di Seattle, Andrew mendapatkan tugas untuk membuat website pribadi, namun karena Andrew adalah pribadi yang tertutup, Dia memilih untuk membuat situs sosial yang diberi nama KASKUS. Singkat cerita, Pada tahun 2008, Andrew membawa pulang Kaskus ke Indonesia dan pada saat itu KASKUS hanya di kelola oleh dua orang karywan. Diluar dugaan, KASKUS berkembang pesat dan sejak tahun 2009 KASKUS sudah menjadi pemain penting di ranah online Indonesia, dan menerima beberapa penghargaan seperti “The Greates Brand of Decade”, dan masih banyak lagi.

Tiket.com

imcode.co.id

Sama seperti KASKUS, Tiket.com merupakan usaha garapan seorang pemuda introvert Natali Ardianto yang sudah menyukai industri IT sejak kecil. Sejak kuliah, Natali sudah aktif mengerjakan proyek freelance sebagai web developer dan juga beberapa kali bekerja di perusahaan digital. Natali mengaku pengalaman-pengalaman yang ia dapat semasa kuliah sambil bekerja lah yang membantunya dalam membangun Tiket.com.

Facebook
Tidak hanya KASKUS dan Tiket.com loh, perusahaan raksasa teknologi Facebook juga pertama kali dijalankan di kamar asrama di Harvard University pada 4 Februari 2004. Facebook dibuat ketika Mark Zuckenberg terinspirasi dengan buku tahunan digital yang di publikasikan oleh Phillips Exeter Academy. Facebook pertama kali dibuat dengan nama Harvard Thing, nama tersebut diubah ketika Zuckenberg memutuskan untuk membuat aplikasi yang sama untuk Unversitas yang lainnya. Tidak lama setelah itu, Facebook sukses besar dan menjadikan Mark Zuckenberg orang nomer 1 dalam top 100 orang paling berpengaruh pada era informasi di tahun 2010, dan hingga sekarang Facebook merupakan platform jejaring sosial nomor 1 di Indonesia dan dunia.

Jadi mulai sekarang, pola berfikirnya sedikit diperluas, yang mungkin awalnya mengerjakan tugas kuliah supaya mendapat nilai, kedepannya, tugas yang dikerjakan harus bisa bermanfaat untuk orang banyak, sukur-sukur bisa dibuat sebagai proyek bisnis yang bisa menambah uang jajan kamu.

Untuk mendukung semangat itu, Exabytes mengeluarkan paket hosting khusus untuk kamu, para mahasiswa yang uang jajannya terbatas, yaitu dengan paket EStudent (Domain .COM dan Hosting 1GB).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here